Share Pengalaman: Tips Memilih Cemilan Sehat & Enak untuk Diet

camilan-sehat-untuk-diet

Akhirnya….. Berat badan saya yang selama bertahun-tahun stuck di angka 54 kg, bahkan pernah menyentuh 57 kg, sekarang sudah balik jadi 47 kg. 

Yup, saya akhirnya berhasil menurunkan berat badan 10 kg, setelah 10 bulan berdiet. Berkah yang terjadi setelah saya meluruskan niat berdiet, bukan lagi supaya langsing, tapi diet untuk kesehatan. 

FYI aja, ini bukan kali pertama saya menjalankan diet. Sekitar 3 tahun lalu, saya sudah mencoba berbagai macam pola diet. Tepatnya sih, saya menempuh berbagai cara supaya bisa langsing lagi. 

Mulai dari skip makan nasi, coba minuman ini itu, olahraga intens, sampai mengurangi jadwal makan. Dulu saya sering makan siang dalam porsi besar, lalu skip makan malam. 

Waktu itu berat badan sempat turun signifikan. Bayangin dalam waktu 3 bulan saja sudah turun 5 kg. Tapi nggak lama vertigo saya kambuh, rambut rontok dan berbagai macam keluhan kesehatan lain. 

Nggak lama, berat badan pun naik lagi. Malah jadi lebih gemuk dari sebelumnya, sampai 57 kg. 

Lalu Agustus 2021 silam, saya terkena GERD. Nggak usah saya gambarkan lagi lah, betapa sengsaranya kalau GERD lagi kumat. Serba salah deh pokoknya. 

Dokter yang memeriksa saya waktu itu mengatakan, nggak ada obat dokter yang bisa menyembuhkan GERD 100%. “Obat terbaik dan terampuh adalah memperbaiki pola makan dan pola hidup,” tegas dia waktu itu. 

Maka, selain meresepkan berbagai obat untuk meredakan gejala GERD. Dokter juga memberi saya daftar aturan pola makan sehat yang harus saya patuhi, setidaknya sampai gejala penyakit ini reda. 

Saya nggak punya pilihan. 

Saya sadar, kalau mau sembuh berarti saya harus rombak total kebiasaan makan selama ini. 

Langkah awal yang paling sederhana yang saya lakukan waktu itu adalah berhenti makan pedas dan minum kopi. Pengin nangis rasanya. Puluhan tahun saya berteman dengan sambal dan kopi, kini saya harus tinggalkan mereka semua. 

camilan-sehat-untuk-diet
ilustrasi

Makan jadi nggak enak. Tapi ada bagusnya sih, karena nggak bisa makan pakai sambal, saya jadi nggak bisa makan nasi dalam porsi besar lagi. 

Porsi nasi dalam sekali makan berkurang hingga 75% dari porsi semula. 

Jam makan besar juga lebih tertib. Saya nggak pernah lagi makan terlalu malam menjelang tidur. 

Karena ternyata, langsung rebahan setelah makan juga memicu GERD. Jadi setelah makan, saya harus ambil jeda 3 jam dulu sebelum rebahan. 

Dokter juga menyuruh saya rutin olahraga. Nggak perlu setiap hari, bisa 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit saja nggak apa kok, yang penting rutin. Begitu kata dokter. 

Dasarnya emak-emak mageran, saya hanya sanggup olahraga dua kali seminggu tiap senin kamis. Itu pun hanya yoga di rumah berbekal panduan aplikasi kesehatan. Nggak apa lah ya, daripada nggak sama sekali. 

Daftar aturan pola hidup sehat yang disarankan dokter sudah berhasil saya jalani satu persatu. Tapi ada satu hal yang jadi PR terberat, yaitu soal ngemil. 

camilan-sehat-untuk-diet
ilustrasi

Yup, saya doyan banget ngemil. Lagi ngedrakor ngemil, lagi kerja ngemil, lagi masak juga kadang sambil ngemil. Bahkan dulu, saya nggak bisa tidur kalau nggak ngemil dulu. Nggak heran kan kalau badannya jadi tambun, berat badan nggak turun-turun. 

Sebelumnya saya disarankan untuk mengganti menu snack diet jadi buah dan sayur. Tapi saya nggak sanggup. 

Ngemil rebusan labu siam dan buah bikin saya craving. Kompensasinya saya jadi pengen nambah porsi lauk gorengan dan tergoda pengen makan cemilan lebih banyak lagi. 

Postingan tentang tips diet dari Dien Limano, seorang personal trainer dan founder komunitas GGL memberi pencerahan. Di videonya, Dien menjelaskan cemilan dan menu makan yang terlalu plain memang bisa membuat kita craving dan jadi kepengin makan lebih banyak. 

So, nggak masalah kok makan dengan menu yang kaya bumbu dan penuh rasa. Yang perlu diatur adalah porsi makannya. 

Nah, kali ini saya mau share jenis-jenis cemilan sehat dan enak yang saya konsumsi selama diet, sampai bisa menurunkan BB 10 kg. 

camilan-sehat-untuk-diet

Sebelumnya disclaimer dulu, tips ini didasarkan pada pengalaman pribadi dan tidak bisa dikategorikan saran ahli kesehatan. Jadi mohon bijak dalam menyikapi saran cemilan untuk diet ini ya. 

Saya juga mengatur jadwal ngemil, dari yang sebelumnya ngemil kapan pun saya mau, sekarang hanya ngemil di jam tertentu yaitu antara waktu sarapan dan makan siang dan sore hari sekitar jam 3 sore. 

Intinya, kita nggak perlu khawatir nggak bisa ngemil saat diet. Yang perlu kita lakukan hanya lebih bijak memilih jenis snack diet dan mengatur porsinya.

Apa saja pilihan cemilan untuk diet sehat? 


1. Nggak ngemil gorengan 

cemilan-sehat-untuk-diet

Motivasi terbesar saya berhenti ngemil gorengan sebenarnya bukan sekadar diet, tetapi juga karena minyak goreng mahal cuuy. Tukang gorengan langganan saya sempat nggak jualan dan setelah jualan juga stocknya nggak banyak. 

Di rumah, saya juga jadi jarang menggoreng karena hemat minyak. Motivasi awalnya memang masalah ekonomi, tapi ternyata efeknya cukup bagus buat kesehatan. 

FYI, saya nggak 100% berhenti ngemil gorengan juga sih. Ada lah sesekali saya makan gorengan, tapi itu juga sebulan sekali doang. 

Kalau lagi kangen makan tempe goreng, saya saranin cobain keripik tempe Chimi dari Lemonilo aja. Rasa gurihnya pas, dan lebih sehat. Ada pilihan rasa balado juga. Mau buat cemilan bisa, dimakan jadi lauk juga enak. 

cemilan-sehat-untuk-diet


2. Telur rebus dan bumbu kacang 

cemilan-sehat-untuk-diet

Ngemil telur rebus ternyata enak. Saya biasanya makan satu telur rebus bulat dicocol bumbu pecel atau bumbu siomay yang berbahan baku kacang tanah. Makan satu aja puas rasanya. 

3. Yoghurt 

cemilan-sehat-untuk-diet

Sekarang yoghurt jadi salah satu cemilan sehat favorit saya. Rasanya enak dan mudah dibeli di minimarket. 

Ada banyak varian yoghurt yang tersedia tapi saya lebih suka yoghurt plain dan menambahkan sendiri buah yang tersedia di rumah. Kadang ditambah potongan apel, pir, atau semangka. 

4. Kacang-kacangan 

cemilan-sehat-untuk-diet

Konon, kacang adalah cemilan yang baik untuk diet karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan asam lemak yang baik untuk kesehatan karena bisa diserap sempurna oleh usus. 

Pun begitu, porsinya juga nggak boleh berlebihan dan usahakan memilih kacang yang tidak diproses dengan digoreng. 

Misalnya Kanilo Kacang Campur Panggang dari Lemonilo. Kanilo ini praktis banget buat pilihan snack diet, karena dalam satu kemasan sudah terdiri dari berbagai jenis kacang. 

cemilan-sehat-untuk-diet

Ada kacang mede, almond, pistachio dan macadamia. Semua diproses dengan cara dipanggang dan dibumbui dengan takaran gurih yang pas. 

5. Ubi rebus 

cemilan-sehat-untuk-diet

Ngemil ubi rebus juga enak. Karena ubi sudah punya rasa manis dan gurih yang pas dengan selera saya. Nggak perlu ditambahin macam-macam lagi. Saya biasanya menghabiskan dua potong ubi rebus untuk snack diet. Segitu sudah lebih dari cukup buat ganjal perut. 

6. Brownies

cemilan-sehat-untuk-diet

Eehhh, nggak salah nih? Lagi diet kok malah makan brownies?
Tenang ibu-ibu, karena prinsip diet saya adalah diet bahagia, saya nggak membatasi diri makan makanan manis. 

Toh, sekarang ada banyak kok pilihan brownies untuk diet. Kebetulan ada tetangga yang hobi bikin kue, kadang dia terima pesanan bikin brownies diet. Rasanya enaaaaaak dan bikin puas lidah. 

Kalau mau yang lebih praktis bisa juga tuh beli Brownies Crispy dari Lemonilo yang dibuat dari tepung singkong. 

cemilan-sehat-untuk-diet

Demikian menu cemilan sehat untuk diet yang saya konsumsi selama ini. Diet bukan berarti jadi anti cemilan. Malah, ngemil snack diet dalam porsi yang tepat, membantu saya mengendalikan nafsu makan. Jadi nggak terlalu kalap. 

Di awal diet, saya sering tergoda untuk ngemil lebih banyak. Apalagi kalau lagi gabut, bawaannya pasti pengin ngemil mulu. 

Ntar abis ngemil pasti berasa ngantuk dan langsung rebahan. Lha gimana nggak kena GERD, ya kan? 

Makanya sekarang kalau mulai gabut, saya langsung bangun dan cari aktivitas fisik. Kadang beberes rumah, senam santai atau nemenin Narend main diluar. Pokoknya badan harus gerak deh biar lupa ngemil. 

Tips lain supaya nggak kalap ngemil adalah kendalikan stress. 

Belakangan saya sadar, tiap kali ketemu deadline kerjaan, GERD saya pasti kambuh atau keinginan saya buat ngemil pasti tak terkendali. Kemungkinan sih, itu kompensasi saya saat lagi stress. 

Solusinya tentu saja harus mengendalikan stress. Saya bikin jadwal kerja dan berusaha disiplin. Jadi meminimalisir kerja kebut-kebutan dengan deadline. Cara ini lumayan berhasil mengendalikan stress lho. 

Oh iya, ada lagi nih tips buat yang susah mengendalikan keinginan minum kopi. Tiap kali kalian pengin minum kopi, gantilah dengan minum air putih yang banyak. Trik ini lumayan berhasil di saya. 

Semoga curhatan seputar diet ini bisa berguna juga buat kalian yang lagi berjuang untuk sembuh dari GERD dan menurunkan berat badan ya. 

Yang penting luruskan dulu niatnya, berdietlah untuk kesehatan bukan semata untuk langsing. Karena kalau sehat dan metabolism tubuh baik, berat badan ideal pasti lebih mudah diraih. 

Semoga jadi tambah tahu.

19 komentar

  1. Banyak variasinya ya kalau niat mau lebih sehat. Tinggal kitanya aja kuatkan tekad untuk sukses diet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. kalau niatnya sehat biasanya lebih semangat sih

      Hapus
  2. Aku nggak ngefek ih. Pengen ngopi ya ngopi dulu meski abis itu minum air putih banyak, haha.
    Anakku tu juga apal banget sama Lemonilo. Mie sehat tanpa pengawet, pewarna katanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, lu mah gitu jajan kopi mulu. Nggak ngajak2 lagi.. hihihi

      Hapus
  3. Sambal memang merusak diet hehehe. Saya suka berasa rugi kalau makan cuma sedikit saat pakai sambal. Padahal pengen banget bisa nurunin berat badan :D

    Gorengan juga masih godaan, nih. Ya, mungkin ini bisa dicoba dengan camilan sehat

    BalasHapus
  4. Tentang percamilan ini yaa.. meskipun tampak sepele tapi kalo sembarangan juga ga baik. Apalagi buat yang program diet. Penting banget info kaya ginii..

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nih lihat Lemonilo yang kacang2 an padahal pengen nyoba... baru nyoba yg mie nya aja.

    BalasHapus
  6. Yang paling susah bagiku adalah ninggalin gorengan. Huhu...padahal cita-cita mah mau nurunin 10 kg juga :( Kalo kopi aku masih, cuma gulanya diganti dan dikurangi. Makasih tips ngemil sehatnya, btw. Jadi semangat buat ngemil eh diet sehat bahagia dan kembali langsing :))

    BalasHapus
  7. sukses banget bisa nurunin sampe 10 kilo, sangat susah pastinya dan butuh perjuangan, belum lagi kudu merubah pola hidup dan kebiasaan. Untung sekarang banyak cemilan sehat dong ya

    BalasHapus
  8. Aku suka ubi rebus. Tp klo gak abis tinggal kasih tepung trus digoreng. Huhu.. Bener2 ya susah ngilangin gorengan aku tuuuu....

    BalasHapus
  9. Ini BB aku dari dulu 47-48 nih tapi skr senang nih udah naik & BMInya gak kurang lagi, itu juga pakai proses diet makanan & olahraga. Dulu aku pikir diet itu cuma untuk menurunkan berat ternyat auntuk menjaga berat bada pun bisa ya termasuk menaikan.
    Oh ternyata perna kena GERD ya, syukurlah kalau sekarang sudah pulih. Memang pola hidup sehat sedikit harus dipaksakan, aku pun kadang masih makan makanan yang gak sehat kaya gorengan

    BalasHapus
  10. Ternyata Lemonilo punya beberapa varian sebagai pilihan terbaik untuk cemilan sehat ya ... saya juga nih suka ngemil, Mbak. Kapan2 boleh deh coba cemilan dari Lemonilo.

    BalasHapus
  11. Aku lagi gendut niih, tapi masih rajin makan gorengan. Mau semangat olahraga lagi, semoga bisa lebih kurus lagi...

    BalasHapus
  12. Mencoba mengurangi konsumsi nasi ini saya pun tengah mempraktikkan nya. Alhamdulillah benar ada hasilnya juga. Lengan dan paha saya mengecil secara alami

    BalasHapus
  13. Huaaa pengen banget turun berat badan, aku termasuk susah turun nih berat badannya dari kecil. Btw, lemonilo ternyata varian produknya macem-macem ya mbak, kirain mie aja

    BalasHapus
  14. Daku juga ada gangguan lambung, dan gak berani makan pedes banyak² walaupun kepengen hehe.
    Apalagi kalau udah ketemu gorengan, ya pakai cabe kan udah klop banget gak bisa dipisahkan haha

    BalasHapus
  15. ngomongin atur pola makan, aku lagi ngurangin tepung dan minuman manis, masih ditahap ngurangin sih hehehe

    BalasHapus
  16. Pas banget mba aku sekarang lagi terapin pola diet sehat. Berat badan aku meningkat terus ke kanan. Waktunya untuk menurunkan.

    BalasHapus
  17. Ga tau kenapa jadi sedih saat sampai pada cerita tentang berhenti makan sambel dan minum kopi. Kerasa sekali karena saya ga bisa pisah dari keduanya. Tapi akhirnya ikutan seneng sih karena ada banyak camilan sehat, bahkan mi instan yang sehat

    BalasHapus