The Boy Next Door : Ada Apa dengan Jang Ki Yong & Choi Woo Sik?

jang ki yong & choi woo shik

Buat penggemar drakor yang lagi ter-kiyong-kiyong atau lagi ter-wooshik-wooshik, web series The Boy Next Door wajib banget masuk ke watch list. Super recommended! 

Kapan lagi kan melihat Jang Ki Yong dan Choi Woo Shik main drama bareng. As a “couple” pula… 

Whats?!! 

Tenang. Ini bukan drama LGBT kok, walau memang ada sedikit mengarah ke sana juga. Secara garis besar, drama ini adalah drama penuh kesalah pahaman yang konyol dan kocak. 

Coba deh bayangin, kalau kalian tetiba mergokin kawan cowok kalian dalam posisi seperti di foto ini dengan teman tetangga kostnya. Apa yang terlintas di pikiran? 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Ya begitulah, sebagai tetangga, karakter yang dimainkan Ki Yong dan Woo Shik seringkali terjebak dalam situasi yang bikin orang-orang sekitarnya salah paham. Dan jadi kepikiran yang nggak-nggak. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Drama yang rilis tahun 2017 ini tayang dalam bentuk sketsa berdurasi 5-10 menit per episode. Total ada 15 episode. Jadi kalau ditotal keseluruhan episode, durasinya cuma sekitar 1,5 jam doang. 

The Boy Next Door diangkat dari webtoon berjudul Some Guy karya Bae Chul Wan. Naskah series-nya ditulis oleh Choi Woo Joo dan Wang Young Hee, yang divisualkan secara apik oleh sutradara Yoo Il Han dan Oh Soon Sung

review-sinopsis-the-boy-next-door

Sayangnya webtoon resminya nggak dirilis di Naver versi Indonesia. Kalau versi terjemahan Bahasa inggris sih ada yang versi bajakan. Tapi itu pun hanya tersedia dalam 8 episode awal. Sementara di webtoon resminya sudah sampai 70 episode. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

review-sinopsis-the-boy-next-door

Kalau melihat sekilas, penggambaran versi webtoon dan seriesnya nggak terlalu berbeda. Tapi saya lebih suka versi webseries karena lebih greget. 

Kita masuk ke sinopsis dulu ya 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Sinopsis The Boy Next Door 

Cerita The Boy Next Door berkutat pada interaksi antara Park Kyu Tae (Choi Woo Shik) yang tinggal di kamar 301 sebuah asrama pelajar, dengan Sung Gi Jae (Jang Ki Yong) yang tinggal di kamar 302. 

choi-woo-sik

jang-ki-yong

Sejak awal pertemuan, hubungan keduanya sudah canggung. Dan sebenarnya nggak bisa dibilang saling suka juga. 

Tapi namanya juga bertetangga, mau dihindari bagaimanapun tetap saja jadi sering ketemu. Kadang mereka bertemu saat merokok bareng di selasar. Kadang berpapasan saat keluar rumah. Susah kalau mau menghindar sepenuhnya. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Sama seperti kita, Kyu Tae dan Gi Jae pun kadang berbasa-basi saat ketemu. “Hai, kapan-kapan kita minum bareng yuk.” Ya seperti itulah. 

Mungkin saking seringnya basa basi, keduanya pun berakhir dengan benar-benar minum bareng di kedai. Jangan tanya betapa canggung suasananya. 

Tapi di pertemuan itu pula, mereka berdua bertemu dengan Kim Min Ah (Jang Hye Ryung) yang ternyata mengenal keduanya. Jadi bisa dibilang, Min Ah ini semacam pencair suasana yang hampir selalu hadir dalam hubungan Kyu Tae dan Gi Jae. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Hingga suatu saat, sebuah kecelakaan kecil terjadi. 

Kamar Kyu Tae terbakar akibat konsleting listrik. Induk semang mereka, Byung Joon (Lee Byung Joon) menyarankan Kyu Tae untuk menginap sementara di kamar Gi Jae sambil menunggu kamar Kyu Tae diperbaiki. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Saran itu, bukannya tanpa alasan. Sang induk semang sebelumnya juga sempat salah paham saat melihat interaksi Kyu Tae dan Gi Jae hingga mengira keduanya merupakan pasangan sejenis. 

Semenjak tinggal satu kamar, makin banyaklah situasi yang membuat orang sekitarnya salah paham dengan hubungan mereka berdua. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

jang-ki-yong-choi-woo-shik

jang-ki-yong-choi-woo-shik

Nggak cuma di asrama, kesalah pahaman itu berlanjut di kampus, sehingga membuat banyak teman kampus mereka mengira keduanya pasangan gay. 

Berbagai usaha Kyu Tae dan Gi Jae untuk menyelesaikan kesalah pahaman itu akhirnya hanya membuat Min Ah dan orang sekitar mereka makin yakin bahwa keduanya adalah pasangan sejenis. 

Awalnya canggung, selanjutnya….. 

Sejak awal nonton, drama ini sudah langsung bikin saya teriak-teriak gemes. 

Ya bagaimana nggak gemas dan ngakak, laki-laki sekiyut Choi Woo Shik, tetiba jatuh di pangkuan lelaki manly seperti Jang Ki Yong. Kan gemes jadinya. 

jang-ki-yong-choi-woo-shik

Belum lagi, berbagai kesalah pahaman yang terjadi tak putus-putus, juga sukses bikin ngakak. Adegan-adegan komedi tersusun rapi dan disetting dengan baik. Komedi begini lumayan cocok dengan selera saya 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Durasinya yang singkat membuat The Boy Next Door cocok sebagai rekomendasi tontonan ringan. Ceritanya unik, ringkas, dan didukung oleh akting Woo Shik dan Ki Yong yang nggak perlu diragukan lagi deh. 

Saya sempat baca sedikit versi webtoonnya, tapi menurut saya, kekuatan akting dan dramatisasi dalam web series-nya bikin cerita ini lebih hidup dan lebih nyaman diikuti. 

Tenang saja, meski sekilas bernuansa LGBT tapi drama ini sama sekali tak menampilkan hubungan romantis antara kedua tokoh utama. Yang muncul adalah bromance yang bikin geli. Dari hubungan canggung antar tetangga, berlanjut jadi hubungan persahabatan. 

review-sinopsis-the-boy-next-door

Saya juga suka dengan selipan konflik plot twist di sepertiga akhir drama ini. Konfliknya ringan sih, tapi cukup memberi warna dalam cerita. 

The Boy Next Door juga menampilkan beberapa cameo yang cukup punya nama di industri hiburan korea, seperti komedian dan presenter Yoo Se Yoon, musisi Muzie, dan Joy Red Velvet

review-sinopsis-the-boy-next-door

Makanya, kalau lagi butuh tontonan ringan setelah pusing nonton drama penuh intrik, saya rekomendasikan buat nonton The Boy Next Door aja. Dijamin bakal makin ter-kiyong-kiyong dan ter-wooshik-wooshik deh. 

Drama lengkapnya bisa ditonton di channel youtube Dingo, sudah ada subtitle Bahasa inggrisnya juga. Link nontonnya yang ini ya  

review-sinopsis-the-boy-next-door

Gimana? Ada yang sudah nonton belum? 

Semoga jadi tambah tahu.

23 komentar

  1. Waaaah langsung seger lihat foto mereka berdua nih mbak Jang Ki Yong main sama Choi Woo Shik, harus nonton ini sih. Mukanya Choi Woo Shik itu baby face banget :)
    Karena kedekatan mereka ya jadi dikira pasangan gay.
    Aku belum nonton, mau nonton ah

    BalasHapus
  2. Wah, kalau per episode hanya 5-10 menit durasinya, kayaknya gemes nontonnya hahah :) Mendingan cuuuz langsung 1,5 jam ya mbak wkwkwkwk. Sekilas ini kayak LGBT tapi ternyata The Boy Next Door ini mengangkat kisah persahabatan. Lucu juga awalnya basa-basi doang, lama2 minum di kedai walau agak canggung hihihi :)

    BalasHapus
  3. Aku punya anak lelaki 2 orang dan kalau disuruh melihat foto yang pertama seperti di atas tanpa tahu ceritanya, saya pun akan berpikiran jelek. Dan langsung akan bilang amit-amit. Untunglah drama ini bukan bercerita tentang hubungan terlarang ya mbak. Tapi kalau membaca review dari artikel ini sekilas rasanya memang ada mengarah ke sana. Tapi disamarkan secara lembut selembut kulit para aktornya 😄

    BalasHapus
  4. Kebayang pas kamarnya korsleting, dari yang semula canggung akhirnya diminta induk semang pindah ke sebelah...Kalau lucu dan ada komedinya gini bakal terhibur hati...Tha Boy Next Door mesti ditonton

    BalasHapus
  5. Waah seruu ini filmnyaa menghibur tar mau cari aah mo nonton buat mengisi waktu di saat leyeh leyeh mau tidur.

    Aq sukaa yang lucu buat hiburan kalau yg bikin deg2an serius bikin tegang malahan di badan.

    BalasHapus
  6. Wah ini Choi woo Sik dan Jang Ki Yong masih unyu unyu ya
    Pasti kocak ya mbak
    Di Aplikasi streaming film adakah kah mbak? Pengen nonton aku

    BalasHapus
  7. Hahahaa, kiyuut banget siihh merekaa unyu2 pisan. Kbayang tuh dua lelaki ini saling pangku, pandang2an ahhhh, lucu pisan ide cerita drakor The Boy next door ini. Penggemarnya pasti jejeritan nonton ini.

    BalasHapus
  8. Bodoorr ih...
    Kiyowoook~

    Woo Sik dengan image lucu dan polos barengan sama Ki Yong yang namja.
    Uuh!

    Aku pikir tadi The Boy Next Door ini dramanya all member EXO.
    Hihii~

    Seru...seru!
    Aku juga mau punya tetangga cowok-cowok kiyowoo begini...HELP!

    BalasHapus
  9. Choi Woo Sik karakternya nerd ya di sini, dan Jang Ki Young manly banget hehe sepertinya unik ceritanya walau agak gimana gitu hehe

    BalasHapus
  10. kalau lihat para pemainnya memang gemes - gemes cute gimanaa gitu ya mba. APalagi kalau dikemas komedi, makin segar deh yang nonton

    BalasHapus
  11. Singkat banget ya, per episode durasinya cuma 5-10 menit. Ceritanya juga ringan, lumayan bisa buat ngisi waktu luang

    BalasHapus
  12. Terkiyong-kiyong sama terwooshik-wooshik itu artinya apa ya? tergila-gila? atau semacam termehek-mehek? (haha istilah yang belakangn udah jarang dipakai ya?). Aku memang jarang nonton serial (mau korea ataupun barat), prefer film yang sekali habis gitu.
    Tapi baca review ini, kayaknya lucu banget yaaa... Kalau lihat foto2 di atas, ya gimana orang luar ga akan nyangka macem2 yaa? Karena aku pun dulu pernah sahabatan dg sesama perempuan dan ternyata ada yg mikir kami pasangan sejenis...ampuuun deh.

    BalasHapus
  13. Wah baca sinopsisnya dramanya bener bener bikin salah paham yaa. Apalagi kalau cuma lihat potongan scene nya.. Buat tontonan ringan rasanya cocok juga ya. Makasih rekomendasinya mbak

    BalasHapus
  14. Wah ternyata ada yang sepemikiran dengan saya tentang drama ini, dikira hubungan terlarang, hehe. Semoga bukan ya. Wah nemu satu blog lagi yang mereview drakor.

    BalasHapus
  15. wah kayaknya seru yaa ceritanya dan kocak lihat kesalahpahaman yang terjadi antara keduanya. baru tahu nih woo shik dan jang ki yong ada drama bareng

    BalasHapus
  16. Hahahaha sungguh aku jengkel pas nonton ini, antara gemes krn org2 selalu salah paham ma mereka
    Tapi aku menikmati peran keduanya yang kyknya karakternya sesuai ama usianya dan no jaim2 :D

    BalasHapus
  17. aku geliii lihatnya tapi baca reviewnya aman yah, bukan eljibiti walau sungguh deg-degan lihat tiap adegan. Syukurlah kalau mereka jadi bersahabat. Punya tetangga yang asyik itu bonus!

    BalasHapus
  18. Waduh ada Babang Kiyong. Setelah Si Gumiho, aku belom nonton dia lagi. Bahkan yang bareng Song Hye Kyo pun belom nonton. Nanti deh abis yang ongoing sekarang beres aku tonton. Kangeeen sama Babang Kiyong :D

    BalasHapus
  19. Sebelum ada Our Beloved Summer, aku udah tahu The Boy Next Door dan niat nonton. Eh lupa dong apalagi sempat cuti ngedrama juga. Habis ini bakalan nonton deh. Dari cuplikan aja bikin salah paham, hehehe

    BalasHapus
  20. aku belum nonton yang ini, emang nih lagi antre nonton semua projeknya jang ki yong, hahaha. Kayaknya Oppa satu ini hampir tiap tahun ada projeknya yah

    BalasHapus
  21. Sampai teriak-teriak ya Mbak nontonnya, hihihi.. Kayaknya emang kocak banget The Boy Next Door ini. Cocok ya untuk selingan, ditonton buat refreshing :)

    BalasHapus
  22. Woo shik kok cantik banget di sini hahaha. Setelah liat dia di Our beloved summer jadi penasaran sama drama yang lainnya.

    BalasHapus
  23. Masuk watchlist ah, kayaknya seru nih di tonton sela-sela on going. Bener-bener aman kan Mak? Hehe, àku kadang geli sih kalau cowok sama cowok dekat gitu, apalagi sekarang banyak banget pelangi 🌈 😭

    BalasHapus