Review : Carasun Solar Smart 2in1 UV Cushion

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Yang suka skip pakai sunscreen, atau yang sudah rajin pakai sunscreen tapi malas reapply, sini merapat! 

Saya tahu banget, buat kebanyakan orang memakai sunscreen setiap pagi itu sangat merepotkan. Nggak usah jauh-jauh, ibu saya yang rajin skincare-an dari zaman muda-nya pun sampai sekarang masih suka malas pakai sunscreen

Alasannya klise, “Kan nggak keluar rumah. Kalau keluar juga cuma sebentar, emang masih perlu pakai sunscreen?” 

Faktanya, sinar UV bisa menembus jendela kaca dan celah serat pakaian lho. 

Jadi, untuk penghuni negara tropis seperti kita, idealnya pemakaian sunscreen memang harus dilakukan setiap hari. Bahkan saat kita cuma berdiam di rumah aja! 

Sebenarnya, ada alasan lain yang bikin orang-orang juga kerap malas mengaplikasikan sunscreen. Yaitu, sunscreen bikin kulit nggak nyaman. Berasa gerah, berminyak, whitecast-nya ganggu dan bikin mata perih saat lumer terkena keringat. 

Buat pemilik kulit cenderung oily seperti saya, memilih sunscreen yang nyaman dan nggak bikin tambah berminyak memang seperti memilih jodoh. Prosesnya panjang dan berliku. 

Saya sendiri baru rutin memakai sunscreen sekitar 5 tahun terakhir, saat akhirnya saya tahu betapa pentingnya memproteksi kulit dari sinar UV. Memakai sunscreen nggak selalu bikin kulit nyaman, tapi mau bagaimana lagi, saya toh tak punya pilihan lain bukan? 

Carasun Solar Smart UV Protector 

Sunscreen lokal ini pertama kali mengundang rasa penasaran saya karena hype banget di forum beauty. Konon, ini sunscreen lokal terbaik saat ini. Sudah gitu affordable pula. 

Waktu produk ini hype, saya memantau dulu dari jauh. Masih bisa menahan diri buat nggak beli karena emang sudah terlanjur purchase stok sunscreen agak banyak. 

Tapi akhir tahun lalu, Carasun meluncurkan produk terbaru yang bikin saya nggak bisa menahan diri lagi. Itu adalah Carasun Solar Smart UV Cushion

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

UV Cushion?
Yup, kalian nggak salah baca. 

Carasun memang merilis sunscreen dalam bentuk cushion yang bikin produknya makin praktis buat di-apply. Tagline-nya pun memberi kita gambaran yang jelas tentang produk ini, yaitu “cara baru pakai sunscreen"

Yuk kita langsung bahas produknya. 

Carasun Solar Smart UV Protector Cream 

Nggak afdhol kalau kita nggak bahas dulu produk Carasun UV Protector Cream. Sunscreen yang direkomendasikan oleh banyak teman-teman beauty enthusiast yang punya kulit berminyak. 

review-carasun-solar-smart


Klaim 

Nggak pakai basa-basi, sunscreen ini diklaim sengaja diformulasikan untuk perlindungan kulit tropis. Carasun, The Tropical Skin Expert memiliki kandungan SPF 45 PA ++++ yang memberi perlindungan optimal dari sinar matahari tropis yang intens. 

review-carasun-solar-smart

Selain itu, sunscreen ini juga disebut punya CloudLike tekstur yang nyaman. Dan mengandung Rice Extract & CityStem yang menutrisi, melembabkan dan melindungi dari polusi. 

Kemasan 

Carasun yang saya punya ini adalah kemasan 30 ml yang berbentuk tube berwarna kuning cerah dengan tutup flip top putih. Di bagian depan tertera nama produk dan di belakang tertulis keterangan serta klaim produk. 

review-carasun-solar-smart

Sementara untuk cara pakai, ingredients bisa dibaca di box kemasan. Tapi kalau mau versi mini yang harganya lebih murah, tersedia pula Carasun dalam kemasan sachet ukuran 8 ml. 

Tekstur & Aroma 

Klaim CloudLike teksturnya ternyata bukan omong kosong. Benar-benar seringan itu. 

Tekstur Carasun ini krim putih yang sangat lembut. Warna putihnya juga bukan putih yang glossy gitu, tapi agak doff. Ya seperti putih kapas lah. 

review-carasun-solar-smart

Krim ini mudah banget diratakan, nggak meninggalkan kesan berminyak dan nggak bikin kulit gerah. Di wajah saya, ada sedikit efek tone up yang nggak lebay. Cakep dan nyaman banget. 

Sementara aromanya agak susah dideskripsikan. Sedikit mirip dengan salep kulit dari dokter. 

Carasun Solar Smart 2in1 UV Cushion 

Untuk mendapat perlindungan optimal, kita seharusnya mengaplikasi ulang sunscreen setidaknya tiap 2 jam sekali. Apalagi kalau kita banyak melakukan aktivitas di luar rumah. 

Teorinya sih gitu, tapi prakteknya? 

Saya tahu persis betapa ribetnya kalau harus reapply sunscreen. Terutama waktu kita ada di luar rumah dan memakai make up. Kalau reapply langsung diatas make up, sunscreen sering bikin make up "geser" dan nambah kerjaan buat merapikannya. 

Cara lain, ya harus cuci muka dulu, reapply sunscreen, baru pakai make up lagi. Sama aja ribetnya. Makanya, kalau saya suka skip reapply sunscreen saat di luar rumah. Jadi nggak optimal sih perlindungannya, tapi daripada ribet. Hahaha 

Sepertinya banyak orang diluar sana yang seperti saya, malas reapply sunscreen karena ribet. 

Makanya kehadiran sunscreen dalam bentuk cushion seperti yang dirilis Carasun ini amat sangat membantu kita untuk lebih rajin reapply sunscreen

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Ingat, kita tinggal di negara tropis yang dapat sinar matahari 12 jam setiap hari lho. Paparan UV yang kita dapat jauh lebih banyak ketimbang orang-orang yang tinggal di negara dengan 4 musim. Bukan begitu? 

Yuk kita langsung masuk ke ulasannya. 

Klaim 

Carasun Solar Smart UV Cushion diklaim sebagai produk multifungsi. Produk memberi kita manfaat : 
  • Protection, karena punya kandungan SPF 50+ & PA++++ serta blue light protection yang memberi perlindungan intens dari sinar UV A, UV B dan UV C. Sinar UV C juga dipancarkan dari gadget. 
  • Make up, karena juga mengandung fungsi koreksi warna kulit selayaknya cushion dengan coverage medium, terasa ringan dan membuat kulit terlihat lebih cerah selama 8 jam.
  • Treatment, karena produk ini juga mengandung Centella Asiatica (Rau Ma) Extract dan Rice Oil yang menutrisi kulit.
  • Touch up, memudahkan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam tanpa bikin make up geser. 

Oh iya, produk ini juga diklaim non comedogenic, sehingga aman untuk kulit sensitif.

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Carasun Solar Smart UV Cushion langsung tersedia dalam 8 shades yang sesuai dengan kulit orang Indonesia, plus satu pilihan warna transparan. Berhubung kulit saya medium dengan neutral undertone, saya memilih shades 04 Natural. 

Seperti ini panduan untuk memilih shades yang cocok : 

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Ingredients

Water, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Cetyl Ethylhexanoate, Cyclohexasiloxane, Zinc Oxide, Ethylhexyl Salicylate, Lauryl PEG-10 Tris(Trimethylsiloxy)silylethyl Dimethicone, Silica, PEG-10 Dimethicone, Dipentaerythrityl Hexa C5-9 Acid Esters, Glycerin, 1,2-Hexanediol, Synthetic Fluorphlogopite, Magnesium Sulfate, Diphenyl Dimethicone/Vinyl Diphenyl Dimethicone/Silsesquioxane Crosspolymer, Aluminum Hydroxide, Glyceryl Caprylate, Disteardimonium Hectorite, Butylene Glycol, Stearic Acid, Betaine, Triethoxycaprylylsilane, Centella Asiatica Extract, Niacinamide, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Adenosine, Ethylhexylglycerin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Tocopheryl Acetate, Dimethicone, Pentylene Glycol, Allantoin, Anthemis Nobilis Flower Extract, Disodium EDTA, Lactic Acid, BHT, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Extract, Palmitoyl Tetrapeptide-7, Caffeine, Chrysin, Tocopherol 

Cara Pakai 

Seperti layaknya mengaplikasikan cushion. Cukup tap tap dan ratakan ke seluruh wajah menggunakan puff yang tersedia. Untuk reapply bisa menggunakan warna transparan. 

Kemasan 

Produk ini punya ukuran 15 gram. Di bagian dalamnya ada kaca bawaan dan puff yang cukup lembut. Menurut klaimnya, cushion puff ini sudah bersertifikat antibacterial, dan bermanfaat membantu mencegah iritasi dan jerawat. Canggih juga ya? 

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Cushion ini juga tersedia dalam bentuk refill. Panduan cara memasang refill ke kemasan regular sudah diinformasikan juga di box kemasannya. 

Kesan Setelah Pemakaian 

Saya mengaplikasikan Carasun UV Protector setiap hari. Carasun UV Protector dalam bentuk cream biasa saya pakai untuk keseharian. Saat saya nggak ada rencana keluar rumah.

Seperti yang disarankan saya pakai sebanyak 2 jari untuk perlindungan maksimal dan reapply dalam jangka waktu 4 jam. Alasannya sederhana, kalau di rumah saja dan nggak berkeringat saya pikir saya nggak perlu perlindungan sebanyak itu. 

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Bagaimana dengan Carasun UV Cushion?
 

Jujur, saya cukup surprise dengan performanya. Terutama untuk Carasun UV Cushion shades o4 Natural yang saya pakai ini. Selain warnanya sangat pas buat kulit saya, coverage-nya juga sangat memuaskan. 

Dia bisa menutup bekas jerawat dengan sangat baik. Bagian undereye juga tersamarkan dan bikin tampilan kulit saya jadi lebih segar, cerah dan warnanya merata. 

review-carasun-solar-smart-2in1-uv-cushion

Cushion ini juga terasa sangat ringan di kulit. Bisa dibilang rasanya seperti nggak pakai complexion apapun. Enteng banget. Di kulit yang yang normal to oily, cushion ini memberi finish satin. Nggak terlalu matte tapi juga nggak dewy. 

Sementara itu, warna transparan-nya biasa saya pakai untuk touch up sunscreen saat berada di luar rumah. Klaimnya yang menyebut bahwa cushion ini nggak geser make up, terbukti. 

Warna transparan nggak menambah coverage, tapi menurut saya sangat membantu untuk membuat tampilan kulit terlihat lebih segar. Dan sekali lagi, sama sekali nggak terasa berat, berminyak dan bikin kulit gerah. 

Bentuknya yang compact juga memudahkan untuk dibawa. Sekarang kita benar-benar bisa reapply sunscreen dimana saja dan kapan saja. 

Sungguh, saya apresiasi banget inovasi Carasun yang sudah bantu kita menemukan cara baru untuk reapply sunscreen. Carasun Solar Smart 2-IN-1 UV Cushion ini bisa dibeli di offline store dan website Sociolla ya. Harganya Rp175.000 dan refill-nya Rp115.000. 

Semoga jadi tambah tahu.

24 komentar

  1. Aku termasuk yang malas pake sunscreen apalagi reapply..hehe Boleh juga nih produk Carasun..Apalagi ada panduannya juga untuk memilih shades yang cocok..Kalo kemasannya aku auto suka

    BalasHapus
  2. Waah komplit ya kakk produk carasun ini secara harga juga masih worth it, makasih sharingnya jadi penasaran pengen beli

    BalasHapus
  3. Kemasaannya cantik. Imut.. aku tim yang jarang bahkan hampir nggak pernah mke sunscreen, tp gara-gara mbaca artikel ini jadi tau...klo di rumahpun trnyta kulit kita ttp butuh sunscreen

    BalasHapus
  4. Inovasinya keren banget nih, sunscreen tabi berbentuk cussion. Apalagi ini produk lokal juga, mantap lah.

    Jadi nggak ada alasan lagi buat bilang ribet saat mau reapply sunscreen ya mbak, tinggal tap tap aja. Mudah dan cepat

    BalasHapus
  5. Jangankan re-apply, apply sunscreen aja lupa akuuutu. Duh. Apalagi saat pandemi merasa kan di rumah aja, alhasil menggelap deh kulit wajah. Pas bener kalau apply dan re-apply pakai Carasun 2in1 yang packagingnya cerah dan pemakaiannya pun mudah

    BalasHapus
  6. Sayaaa... Malas pake sunscreen. Enak pake cushion ini, ya. Praktis dan hasilnya lebih nyaman di kulit.

    BalasHapus
  7. Selama pandemi memang jadi nggak pernah lagi nih pake sunscreen. Tp kalo sekarang kayaknya akan lebih sering ke luar rumah meski nggak sering dan dalam jangka waktu lama. Artinya tetep harus pake sunscreen dong ya. Yuk ah pake Carasun.

    BalasHapus
  8. sebagus itu hasilnya ya memakai cushion dari carasun two in one ini ya mbak. keren deh. Aku kayaknya lebih suka yang transparant karena kadang enggak begitu suka pakai bedak. Selain kuatir membekas di jilbab juga. Tapi Carasun ini bagus yaa.

    BalasHapus
  9. Wah sunscreen bentuk cushion? Memang beneran cara baru pake sunscreen ya mbak
    Jadi pengen nyoba, pasti praktis banget ya
    Spf nya juga tinggi
    Sangat melindungi kita dari paparan sinar UV ini

    BalasHapus
  10. Lucu banget kemasannya ya warnanya juga kuning cerah, baru tahu ada sunscreen yang bentuknya cushion jadi lebih mudah reaply lagi di muka yaa..biasanya takut reapply karena khawatir merusak make up

    BalasHapus
  11. Dulu saya termasuk yang heran juga. Kenapa harus tetap pakai sunscreen saat di rumah?

    Tetapi, sekarang malah semakin terbiasa. Malah berasa kurang kalau gak pakai. Carasun ini udah masuk whislist untuk dicobain

    BalasHapus
  12. Praktis ya mbak ini. Skincare-an sekaligus make-up an... Hasilnya bagus pula. Cantik dan aman... Pengen beli kan aku jadinya..

    BalasHapus
  13. Wow.. Terkaget-kaget Carasun ngeluarin chusion.. Nanti, nanti, setelah cushionku habis, aku coba ini. Lihat hasilnya oke ini

    BalasHapus
  14. Dari kemarin aku cari reviewnya Carasun akhirnya nemu disini. Waktu ke Watson aku lihat produknya tapi pas mau beli masih mikir kira-kira sunscreen nya bisa menyesuaikan dengar warna kulit nggak. Lega deh begitu baca reviewnya mba ternyata bisa koreksi warna kulit. Cus ah aku jadi mau beli

    BalasHapus
  15. Oh, ternyata sudah ada panduan shadesnya ya..
    Jangan sampai terlalu gelap atau terlalu terang, mepet-mepet warna asli kulit untuk menggunakan produk Carasun Solar Smart 2in1 UV Cushion.

    Naksir banget, bolak-balik aku liat iklannya di Sociolla.
    Hihii...memang butuh cushion nih..

    BalasHapus
  16. Kelakuanku banget ini yang malas reapply sunscreen. Wong di rumah aja sering gak pakai padahal penting. Senang deh kalau ada sunscreen dalam bentuk Cushion kaya Carasun. Nanti coba cari sekalian habiskan yang ada

    BalasHapus
  17. waaa protectionnya bisa enak berarti sekalian jadi cantik ya mak. aku sendiri suka milih2 masalah sunscreen ini yang ga aneh2 pokoknya biar wajah tetep cerah, ga item karena uv. bisa nyoba juga ini produk biar tahu

    BalasHapus
  18. Wah jarang2 lho aku tau ada sunscreen yang emang buat kulit berminyak apalagi SPF-nya tinggi gtu mbak. Kemasannya lucuk ya cerah kuning2 gtu.
    Cushionnya juga menarik nih mayan banget ada 8 pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan jenis kulit ya TFS infonya

    BalasHapus
  19. Boleh juga nih mba yang Carasun cushion, enak juga ya dibawa kemana-mana dan ga ribet bolak-balik apply. Kadang emang berasa ribet deh kalau harus reapply mulu. Tapi kalau enggak kok ya gimanaaa... kurang perlindungan gituh.

    BalasHapus
  20. gak tau kenapa setiap pakai sunscreen suka jerawatan, mungkin karena kandungan minyaknya yang agak banyak.... ntar mo coba corasun , kali aja cocok di kulit. makasih reviewnya,,

    BalasHapus
  21. kemasannya menarik ya mudah dibawa pula, pastinya melihat review-nya hasilnya bagus dan menarik dicoba deh

    BalasHapus
  22. Wah keren banget kalau ada sunscreen berbentuk cushion. Jadi pengen beli juga karena aman bagi kulit oily and sensitive. Gak takut muncul acne kalau pakai ini.
    Praktis lagi ya reapplynya, kan kadang merasa ribet kalau mau pakai sunscreen lagi di tengah kesibukan ya mbak

    BalasHapus
  23. Kesan pertama lihat kemasannya, wow, menarik. Warna-warna ceria. Pas lihat hasilnya yang sudah dipakekan ke wajah, wow lagi. Merata gitu ya. Bagus deh. Jadi kepengen nyoba. Etapi, bisa buat usia 40 ke atas gak? Hehehe... takutnya cuma buat maksimalnya 35-an. :D

    BalasHapus
  24. pas banget nih dari kemarin lagi nyari cushion yang 2in1 giniii.. PAckagingnya carasun lucu banget pulaaa.. mau langsung cari di ecommerce ah!

    BalasHapus