Novakid, Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Paling Menyenangkan untuk Ibu & Anak

kursus-bahasa-inggris-online

Narend, anak saya, sekarang kelas 2 Sekolah Dasar (SD). Biar begitu, dia sekalipun belum pernah merasakan duduk di bangku sekolah dan belajar bersama dengan guru dan teman sebaya. 

Yup, sejak kali pertama ia masuk SD, pemerintah sudah menetapkan pemberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Satu-satunya guru yang Narend kenal saat ini hanya saya, ibunya. 

Ternyata nggak mudah jadi guru buat anak. Saya butuh adaptasi lebih dari 3 bulan sampai akhirnya menemukan ritme dan metode mengajar yang pas buat Narend. Kami berdua sempat berada di fase menikmati belajar di rumah. 

Kami bisa belajar dari mana saja. Bisa dari aktivitas di rumah, dari buku-buku yang rutin dibeli tiap bulan, hingga melalui berbagai kelas online. Salah satu yang Narend sukai adalah kelas menggambar. 

Jadi guru untuk anak di rumah memang ada konsekuensinya. Saya harus merelakan sebagian besar waktu saya untuk mendampingi Narend belajar. Intinya kapanpun dia mau belajar, saya harus stand by untuk menjawab pertanyaaan, membantu mengerjakan tugas dan menemani dia mencari jawaban soal di google atau buku. 

Awalnya seru, tapi kini saya sampai di titik jenuh. 

Saya stress!! 

Rasanya seperti beban berat di kepala. Saking beratnya, dada jadi ikut sesak. 

Beberapa pekerjaan remeh yang sempat terbengkalai sekarang menumpuk tinggi, tinggi sekali. Sampai-sampai saya tidak tahu harus mengurai kekusutan dari mana. 

Andai saja, saya punya sedikit waktu. Mungkin sekitar setengah jam. Sekadar untuk menikmati moment of silence, sambil merawat kulit. Misalnya sambil maskeran? 

Jeda sejenak rasanya cukuplah untuk mengatur jadwal untuk menyelesaikan tugas yang sempat keteteran. Ibu juga butuh me-time, bukan? 

Tapi kalau saya asyik me-time, Narend harus belajar dengan siapa? 

Bagaimana kalau dia bosan dengan kelasnya lantas malah asyik bermain game sampai lupa waktu? 

Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan 

“Bu, Narend hari ini belajar bahasa inggris ya,” pinta dia bulan lalu. 

“Kok tiba-tiba mau belajar bahasa inggris?” 

“Ya biar bisa cepat ngerti kalau nonton Jurassic Park. Terjemahannya cepat banget, Narend suka ketinggalan,” kata dia beralasan. 

Narend sangat menyukai dinosaurus. Hampir setiap hari dia bolak balik nonton film-film Dinosaurus. Kadang juga mencari video Discovery Channel tentang dinosaurus. 

Masalahnya, saya pun kerepotan mengajari bahasa inggris untuk Narend. Bukan hanya karena kemampuan bahasa inggris saya terbatas, tetapi juga karena saya belum menemukan metode belajar bahasa inggris yang asyik buat Narend. 

Dulu, saya pernah mengajari bahasa inggris dengan metode belajar ala sekolah tahun 90-an. Itu loh, belajar sambil mengeja, “this is an apple”. “How do you spell apple? Apple, A-P-P-L-E”. 

Hasilnya, dia bosan! Dan keesokan harinya dia ogah diajak belajar bahasa inggris lagi dan meminta diajarkan hal lain. 

Saat itu saya nggak lagi memaksanya untuk buru-buru belajar bahasa inggris. Toh hal ini bukan kemampuan yang mendesak, begitu anggapan saya. 

Tapi sekarang, belajar bahasa inggris sudah jadi hal mendesak buat Narend. Motivasinya seperti yang saya sebut di atas, tak lain tak bukan adalah supaya dia bisa menikmati film dan video berbahasa inggris kesukaannya. 

Wah saya harus mulai putar otak lagi nih. Karena ini berarti, saya harus cari metode belajar bahasa inggris yang menyenangkan buat anak SD. Dan yang jelas, cara itu bukan cara yang sama seperti saya belajar bahasa inggris saat sekolah dulu. 

“Kalau begitu carikan kursus bahasa inggris online saja,” usul suami. 

“Kursus bahasa inggris online yang bagaimana lagi? Narend itu belajarnya agak susah. Nanti kalau bosan bagaimana?” Jujur saja saya khawatir kalau anak ini bosan, dan mogok belajar ditengah jalan. Bisa rugi bandar kan ibunya.

Soalnya sudah beberapa kali kejadian seperti itu. Sudah bayar lunas biaya kursus, ternyata anaknya malah malas belajar. 

Apalagi ini kelas online lho, beda dengan kelas offline yang bisa mudah kita pantau, hanya dengan menelpon tempat kursus dan menanyakan kehadiran anak di kelas. Kalau kursusnya online, bagaimana cara memantau perkembangan anak? 

Novakid, Rekomendasi Tempat Kursus Bahasa Inggris untuk Anak SD 

kursus-bahasa-inggris-online

Saat mencari-cari informasi kursus bahasa inggris online untuk siswa SD, saya menemukan informasi tentang Novakid di artikel di bisnis.com. 

Dalam artikel itu disebutkan bahwa Novakid memiliki format pembelajaran yang unik, yaitu dengan menggabungkan silabus belajar yang interaktif dengan pelajaran online private

Dalam kelas private ini, guru dan murid sama-sama hanya menggunakan bahasa inggris. Tidak ada ruang untuk bicara bahasa lain karena para pengajarnya pun merupakan native speakers yang belum tentu fasih atau mengerti bahasa indonesia. 

kursus-bahasa-inggris-online

Kalau soal kualifikasi pengajar sih kayaknya nggak perlu diragukan. Kok bisa? Nih alasannya : 
  • Para native speakers yang jadi pengajar di Novakid minimal sudah memiliki minimal 2 tahun pengalaman mengajar 
  • Semua pengajar bersertifikasi CELTA, TEFL, TESOL atau TKT 
  • Para pengajar mengikuti pelatihan bulanan untuk melanjutkan pengembangan profesionalnya 
Barangkali ada yang yang bertanya-tanya, kalau guru tak bisa bahasa Indonesia, bagaimana dia berkomunikasi dengan anak? 

Lha lantas bagaimana cara mengajarnya? 

Inilah keunikan metode pengajaran Novakid. 

Metode pengajarannya sangat jauh berbeda dengan cara kita, anak 90-an, belajar bahasa inggris saat di sekolah dulu. 

Dulu kita belajar bahasa inggris dengan berfokus pada tata bahasa (grammar). Metode pengajarannya abstrak dan minim praktek. Akibatnya perkembangan kemampuan bahasa inggris jadi lambat. 

Hayo coba diingat lagi, buat siswa yang belajar di sekolah umum, dulu berapa kali sih kita berbincang dalam bahasa inggris. Paling-paling kita mengucapkan kosakata bahasa inggris hanya saat ditunjuk guru membaca kalimat. 

Saya sendiri, merasa kemampuan bahasa inggris lebih terasah karena suka menonton serial Friends dan serial berbahasa inggris lain. Bedanya cukup kentara kok dengan teman-teman saya yang tidak suka menonton serial berbahasa inggris. 

Nah, metode pengajaran bahasa inggris yang dilakukan oleh Novakid adalah dengan mengajak anak mengenal langsung kosakata bahasa inggris menunjukkan gambar atau contoh barangnya, lalu bersama-sama pengajar menyebut kata dalam bahasa inggris. 

kursus-bahasa-inggris-online

Dengan cara ini, anak akan makin termotivasi untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris. Menarik kan? 

Buat yang belum tahu, EduTech Novakid merupakan layanan belajar berbasis online yang berasal dari Amerika Serikat. Program pengajaran bahasa inggris yang diterapkannya dibuat sesuai dengan Common European Framework of Reference for Language (CEFR)

Novakid saat ini telah tersedia di 30 negara, antara lain : Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Denmark, India, Brazil, Argentina dan lainnya. Di Indonesia, layanan ini bisa diakses di https://id.novakidschool.com/ atau dengan mengunduh aplikasinya di app store atau google play store

Metode pengajaran Novakid dirancang khusus untuk anak usia 4-12 tahun, program pelajarannya juga bisa dipersonalisasi sehingga sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. 

Kita juga bisa memilih program berdasarkan 2 kategori yaitu berdasarkan usia anak dan berdasarkan level kemampuan bahasa inggris anak. Selain itu tersedia pula program belajar bahasa inggris intensif untuk tingkat advanced yaitu program Time2Talk

Siswa akan diberi materi bertahap, mulai dari yang paling sederhana dan perlahan meningkat ke program yang lebih rumit. Para pengajar akan mendampingi dan membenahi materi secara perlahan agar siswa bisa belajar dengan nyaman dan menyenangkan. 

kursus-bahasa-inggris-online

kursus-bahasa-inggris-online

Nah, kalau begini saya jadi nggak was-was mempercayakan pendidikan bahasa inggris Narend. Pasalnya dengan kursus secara private, kondisi psikologisnya juga akan terjaga. Dia jadi nggak mudah bosan dan termotivasi buat terus belajar bahasa inggris. 

Ada dua program yang dapat dipilih, yaitu : 
  • Kelas Standar, yang merupakan kelas dengan guru berkemampuan bahasa inggris tingkat tinggi sesuai standar pengajar Novakid 
  • Kelas Premium, kelas kursus dengan pengajar penutur asli (native speakers) bahasa inggris.

Lantas berapa lama program kursus bahasa inggris Novakid berlangsung? 

Program belajar bahasa inggris di Novakid berlangsung selama 25 menit. Durasi ini disebut sebagai waktu belajar yang ideal bagi anak untuk belajar. Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, 25 menit merupakan waktu yang optimal bagi anak-anak untuk berkonsentrasi pada pelajaran individu dengan penutur asli. 

Di Novakid, orangtua bisa melakukan penjadwalan kelas dan memilih pengajar. Caranya cukup dengan klik fitur “Jadwal” pada akun Novakid atau dengan menghubungi customer service melalui fitur chat. 

kursus-bahasa-inggris-online

Tak hanya merencanakan jadwal regular, kita juga bisa melakukan penjadwalan ulang kelas. Misalkan nih, anak tetiba nggak mood atau punya kegiatan mendadak, kita bisa melakukan pembatalan dan penjadwalan ulang kelas melalui akun Novakid paling lambat 1 jam sebelum kelas dimulai. 

Berkat Novakid, ibu bisa menikmati me-time 

Sungguh! Saya nggak berlebihan kok waktu bilang berkat Novakid, saya jadi bisa menikmati me-time yang amat sangat saya butuhkan saat ini. 

Kenapa bisa begitu? Karena metode pembelajaran Novakid yang menyenangkan membuat Narend betah berlama-lama belajar. Sementara saya bisa asyik menikmati me-time sambil maskeran, ngeteh, dan meneruskan nonton serial drama korea. 

Awal-awal kelas, saya memang masih harus mendampingi dia. Maklum lah Narend kan bisa dibilang nyaris tak punya basic belajar bahasa inggris sebelumnya. Jadi dia harus mulai belajar dari nol. 

Awalnya dia malu-malu dan takut berinteraksi dengan gurunya di Novakid. Tapi setelah merasa nyaman di kelas pertama, dia tak mau lagi ditemani belajar. Jadi saya punya waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tumpukan pekerjaan yang tertunda. 

kursus-bahasa-inggris-online

Hanya setengah jam, tapi berarti banyak untuk Narend yang akhirnya bisa menikmati pelajaran bahasa inggris bersama Novakid. Dan juga untuk saya yang akhirnya bisa memiliki setengah jam menikmati waktu saya sendiri. 

Nilai plus-nya lagi, saya tetap bisa memantau perkembangan belajar Narend melalui laporan berkala yang bisa diakses di Novakid. Asyik kan? 
Oh iya, buat orangtua lain yang mungkin butuh me-time tapi ingin memastikan anaknya mendapat pendidikan yang tepat boleh juga mendaftarkan anaknya untuk kursus bahasa inggris di Novakid. 

Begini caranya : 
  • Register melalui link https://cutt.ly/KEBxNovakid 
  • Pilih trial subscription (promo price Rp327,000 get 4 classes) 
  • Pakai kode 25MENUTESSEP saat checkout dan dapatkan 1 extra class!
  • Kode promo berlaku sampai 30 September 2021

Semoga jadi tambah tahu ya.

24 komentar

  1. aku nih suka dengan metode belajarnya, jadi bikin anak betah dan semangat belajar juga. waktu 25 menit itu cukup banget menurutku untuk anak-anak, apalagi untuk anakku yang masih 7 tahun dia senang banget belajarnya.

    BalasHapus
  2. Wah, pantesan ya anak2 demen belajar bahasa Inggris online Novakid. Ternyata metode pengajarannya berdasarkan gestur anak. Belajarnya ga membosankan, ada permainan juga. Buat anak2 yang usianya 4-12 tahun cocok banget nih kursus Novakid. 327K bisa dapat 4 kelas lagi promo, ceki2 ah.

    BalasHapus
  3. Mungkin karena metode pembelajarannya dirancang khusus untuk usia 4-12 tahun jadi anak-anak tuh banyak yang suka, nyaman dan bahagia belajar di Novakid ini. Kalau anak senang mudah belajar, kita orang tua juga happy ya dibuatnya

    BalasHapus
  4. Kursus bahasa inggris online buat anak2 jaman now ya Novakid, duuh apalagi skedul bisa menyesuaikan itu yang terpenting. Btw anak2nya yang belajar emaknya jadi tambah pinter yaaa bahasa inggrisnya , seruuuu apalagi sambil maskeraan ituuhhh.

    BalasHapus
  5. Seru banget, nih. Anak jadi bisa belajar dengan fun bareng native speaker.

    BalasHapus
  6. Awal sekolah sudah mulai daring ya, pastinya semua anak butuh penyesuaian termasuk orangtuanya yang harus mendampingi. Tapi kadang kan kita butuh me time juga ya, nah lewat belajar bahasa Inggris di Novakid kita bisa me time sejenak tanpa harus khawatir anak belajar sendiri krn pakai metode yg menyenangkan

    BalasHapus
  7. Pas banget mba. Aku juga lagi cari tempat kursus bahasa inggris online buat anakku mba. Dan au setuju durasi belajar 25 menit kalau efektif buat anak, ini pilihan terbaik pastinya

    BalasHapus
  8. Keren nih Novakid. Sarana yang menurutku pas banget bagi anak yg minat belajar Bahasa Inggris. Apalagi Novakid ternyata ada di banyak negara ya. Wah berarti oke nih kualitasmya.

    BalasHapus
  9. Jadi pengin langganan Novakid juga niihh
    assoy geboy, udahlah tarifnya affordable, metode belajarnya ciamik bangett
    ntar aku info ke ponakan ahh
    moga2 mereka pada mauu

    BalasHapus
  10. Kadang mikir keian juga anak-anak sekolah online terus. Kek gak gaul banget gitu, beneran terisolasi.
    Tapi klo inget bermunculan cluster sekolah mikir juga, huft. Semoga sih, bisa makin kondusif.
    Lumayan banget ada Novakid, meskipun sama-sama online tapi cara belajarnya beda. Lebih fun, dan menarik. Anak jadi nggak bosen karena waktunya juga 25 menit aja.
    Semangat terus ya Narend, semoga dunia lekas membaik.

    BalasHapus
  11. Wah,menarik sekali ini metode pengajarannya.. ada gambarnya pula, jadi bikin akan cepat paham ya. Pas banget aku lagi cari kursus bahads inggris online buat anakku. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
  12. Lumayan ya, Mak, 25 menit cukup untuk maskeran, hihi... Yang aku suka di Novakid, meskipun online, tapi Amay tetap bisa fokus karena kelasnya private. Waktunya efektif, anaknya diajak ngobrol terus sama teacher-nya, ngga tunggu-tungguan kayak kelas online lain. Aku nemenin pas kelas perdana doang, selanjutnya dia bisa ditinggal sendiri.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah seneng banget bacanya mbak. Bagus program kelas bahasa inggrisnya novakids ini ya mbak. Interaktif dan membuat anak betah belajarnya. bundanya juga jadi bisa santai dikit yaa hehe

    BalasHapus
  14. Jd inget dulu aku sneeng banget sebenernya belajar bahasa Inggris tapi gurunya ga asik hahah. Beda kalau di novakid ya, anak2 pasti betah karena materinya dirancang khusus untuk anak2. Harga 300rb-an untuk 4 kelas itu pasti worthed banget ya

    BalasHapus
  15. Keren banget.
    Belajar di Novakid lagsung sama ahlinya, native speaker. Jadi anak-anak terbiasa mendengar dan mengucapkan bahasa Inggris dengan baik dan benar.
    Belajar online begini memang penuh suka dan duka yaah..
    Kudu banyak-banyak berdoa, huhuu...biar ibu sabar.

    BalasHapus
  16. Novakid membangun kebiasaan ngomong bahasa Inggris sejak dini. Anak cepat tanggap dan mamak juga aman

    BalasHapus
  17. Kalau blajar bhs inggris fun dn nyaman kayak gini pasti bikin anak jadi lebih cepat mnguasai ya Dan Novakid, bisa jadi Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Paling Menyenangkan tentunya

    BalasHapus
  18. Aku baru tau novakid ini, kebetulan emang lagi nyari juga info buat si Athifah dia lagi doyan belajar lingua di TV. Ma kasih yah ulasannya lengkap

    BalasHapus
  19. iya mba sepakat aku ikut kursus minim praktek tapi dijejalin mulu teori alhasil saat mesti conversation jadi blah bleh bloh..menyenangkan ya kursus di novakid apalagi sistemnya beda jadi pengen kepoin

    BalasHapus
  20. Wah ternyata semua pengajar native speaker, jadi mau nggak mau anak diajakin untuk berani berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Narend senang ya semangat belajarnya, agar bisa nonton Discovery Channel tentang dinosaurus.

    BalasHapus
  21. ahhh seruuu kalau buat anak gini bener-bener diperhatiin perkembangan anak. aku pernah mak di tempat lain ya ampun anaknya banyak banget sampai ratusan dan jelas ga akan diperhatikan miss nya :(

    coba ah mumpung lagi banyak promo

    BalasHapus
  22. Lagi ramai ya ikutan les bahasa inggris online Novakids, karena ibu bisa enjoy dan anak tetap bisa belajar dengan baik. Bikin aku kepo nih

    BalasHapus
  23. Lumayan ya, 25 menit beneran bisa santai tanpa diributin anak-anak. Santainya berkualitas pula karena anak-anak belajar dengan ahlinya. Btw, info promonya lumayan banget. Bisa nih buat daftarin anakku yang kedua.

    BalasHapus
  24. Juna bisa nih kursus di Novakid... Oh ya Mak, selama pandemi ini anak2 sekitar ada yang main enggak? Godaanku selama PJJ nih, Juna jadi males belajar kalau temen2nya udah main di halaman rumahku

    BalasHapus