Cara Memulai Bisnis Kecantikan Tanpa Modal

aplikasi-reseller-raena

Karena suka bikin review beauty products di blog dan media sosial, saya sering dikira jualan skincare. Nah lho! 

Beberapa kali ada DM dan komentar di blog yang minta konsultasi permasalahan kulit. Ah, kalau sekadar minta pendapat gitu sih saya masih maklum. Tapi nggak sedikit juga yang langsung nembak dan bertanya, “Kak, harga krimnya berapa? Pengiriman dari mana?” 

Jujur, sebagai blogger. Saya tentu merasa bahagia saat mendapat feedback dari pembaca. Tapi kalau dia malah tanya harga dan asal pengiriman, itu kan namanya salah sasaran. 

Lha kok malah dikira jualan? 

“Ya kalau gitu sekalian aja jualan skincare,” usul beberapa teman. 

Hmmm kelihatannya jualan skincare dan make up adalah hal yang menarik. Apalagi saya juga sangat tertarik dengan dunia skincare, dan kerap membuat review product. Kenapa nggak sekalian nyebur jualan aja sekalian? Bisa nambah cuan. 

Pasar beauty products di Indonesia sangat besar. Kesadaran untuk merawat dan mempercantik diri kian tinggi. Target pasarnya juga luas banget. Mulai dari remaja, perempuan dewasa, bahkan pria. Ya nggak? 

Masalahnya, saya nggak tahu bagaimana cara memulai bisnis produk kecantikan. 


Saya sempat bertanya ke adik dan beberapa teman yang sudah lebih dulu berbisnis produk kecantikan. Mereka semua melakukan bisnisnya secara online dan tampaknya berhasil mendapat keuntungan besar. 

“Bisnis produk kecantikan memang potensial sih, tapi banyak kendala juga,” kata seorang teman yang sudah 3 tahun berjualan produk kecantikan melalui e-commerce. Sayangnya setahun terakhir, ia tak lagi aktif berjualan karena menghadapi berbagai kendala. Dan akhirnya lebih memilih untuk fokus pada kerja kantoran. 

Beberapa kendala bisnis produk kecantikan versi teman saya, antara lain : 

1. Kesulitan melengkapi pasokan varian produk. 

Dikatakan dia, persaingan di dunia bisnis produk kecantikan lumayan tinggi. Dan biasanya pembeli cenderung lebih memilih belanja di toko yang punya banyak varian produk dan stok produk komplit. Alasannya sederhana, jadi hemat ongkos kirim. 

Padahal, menurut teman saya, untuk melengkapi varian produk di tokonya, ia butuh modal lumayan besar. Pihak brand produk, umumnya mensyaratkan pembelian produk dalam jumlah tertentu dan sebagian lagi mensyaratkan reseller untuk memberi deposit. 

2. Mempersiapkan materi promo 

Yang namanya jualan di dunia maya, materi promo berupa foto produk dan deskripsi produk yang menarik merupakan hal mutlak. Bisa dibilang, materi promosi yang menarik menentukan 50% dari kesuksesan jualan. 

Ya coba lihat saja dari kacamata pembeli, mana ada sih orang yang minat beli kalau foto produk yang ditampilkan ala kadarnya. Kesannya nggak professional banget, dan malah dikira barang palsu. 

Makanya, materi promo juga harus disiapkan secara serius. Foto produknya harus rapi, deskripsi produk dan copywriting-nya juga harus mengundang pembeli.

“Kalau sekadar jualan doang sih nggak terlalu susah, tapi giliran mempersiapkan materi promosi, wah benar-benar menguras waktu dan energi deh,” kata dia. 

Raena Beauty, Aplikasi Reseller untuk Memulai Bisnis Kecantikan 

Nyesel banget karena baru sekarang menemukan aplikasi Raena. Kalau tahu dari dulu-dulu, mungkin sekarang saya lagi kipas-kipas duit sambil skincare-an. Kulit kinclong, rekening menggendut. 

Memangnya Raena ini aplikasi apaan sih? 

Raena merupakan aplikasi reseller produk-produk kecantikan terbesar di Indonesia. Raena punya koleksi lebih dari 1000 varian produk dari 250+ brand kecantikan. Baik brand lokal maupun luar negeri. 

aplikasi-reseller-raena

Sederhananya, Raena menyediakan produk kecantikan dengan harga super kompetitif, yang bisa kita jual lagi dengan harga pasaran. Jadi bisa dapat cuan deh. 

Raena menawarkan dua jenis model penjualan, yaitu: 

Dropship, Ini untuk pebisnis pemula yang belum punya modal. Kita bisa memulai berjualan produk kecantikan tanpa modal. Cukup melakukan promo di media sosial dan toko e-commerce, terima pesanan dan lakukan pemesanan melalui aplikasi Raena, dan sisanya mulai dari pengemasan dan mengiriman akan dilakukan oleh Raena. 

Reseller, model bisnis yang ini cocok buat kalian yang sudah punya modal atau punya toko offline. Kalian bisa memilih dan membeli produk kecantikan dalam jumlah tertentu melalui aplikasi Raena. Dan selanjutnya Raena akan mengirimkan produk pesanan ke alamatmu, free ongkir. Dengan begini, margin keuntungan yang didapat bisa lebih besar. 

Nah, supaya makin paham, yuk kita ulik lebih jauh, apa saja yang ada di aplikasi Raena Beauty: 

  1. Free ongkir, Raena menawarkan ongkos kirim gratis untuk setiap pembelian. Ini poin yang kelihatannya sepele, tapi selalu jadi pertimbangan utama pembeli. 
  2. Harga produk kompetitif. Harga jual yanga ada di aplikasi Raena adalah harga khusus reseller. Jadi sudah pasti dibawah harga jual pasaran. Kita bisa menentukan margin keuntungan sendiri, tapi biasanya Raena juga menulikan harga jual yang disarankan.
  3. Produk komplit dan banyak produk hits. Raena menyediakan produk kecantikan yang sedang viral dan hits, jadi mudah dijual lagi. 
  4. Produk original. Semua produk di aplikasi Raena dijamin keasliannya. 
  5. Tersedia materi promo. Raena menyediakan materi promo yang bisa diunduh dan dipakai untuk memasarkan produk. Dengan begitu, sebagai reseller & dropshipper, kita nggak perlu lagi menyiapkan materi promo.
  6. Pilihan pembayaran beragam. Raena menyediakan banyak pilihan pembayaran. Bisa dengan transfer bank dan e-wallet. 
  7. Tanpa biaya admin atau target penjualan. Untuk mulai berbisnis bersama Raena kita hanya perlu mendownload aplikasi dan melakukan pembelian produk. Tak perlu ada biaya admin, apalagi target pembelian. Kita bebas menentukan target penjualan kita sendiri, tanpa tekanan. Tapi Raena menawarkan reward menarik buat reseller dan dropshipper yang berhasil melakukan pembelian dalam nominal tertentu. 
  8. Ada pelatihan untuk reseller & dropshipper.  Raena secara berkala juga mengadakan pelatihan untuk para reseller & dropshipper. Jadi nggak perlu khawatir kalau kita merasa nggak punya ilmu jualan. Ada banyak video dan pelatihan yang bisa kita ikuti. 
aplikasi-reseller-raena

Cara Memulai Bisnis Kecantikan Bersama Raena 

  1. Download aplikasi Raena, yang sudah tersedia di app store dan google play store 
  2. Lakukan pendaftaran dengan memasukan nama, email, dan nama toko.
  3. Setelah berhasil membuat akun, kita bisa mempelajari dulu materi jualan yang ada di aplikasi. Ada beberapa video pelatihan yang bisa ditonton
  4. Download materi promosi yang tersedia, meliputi foto dan deskripsi produk
  5. Sebarkan melalui media sosial atau pajang di toko online yang dimiliki
  6. Layani pelanggan dan terima pesanan dari customer
  7. Lakukan pemesanan di aplikasi Raena
  8. Kita bisa memilih alamat pengiriman, apakah akan dikirim ke alamat kita atau alamat pelanggan.
  9. Setelah menerima pembayaran dari customer, lakukan pembayaran ke Raena
  10. Raena akan mengemas dan mengirim pesanan pelanggan. Kita juga bisa melacak paket melalui fitur lacak paket.
  11. Jangan lupa minta feedback dari pelanggan. 
aplikasi-reseller-raena

Pengalaman Belanja di Raena 

Nggak afdhol dong, kalau mau jualan pakai aplikasi Raena tapi nggak tahu cara kerjanya. Makanya, awal minggu kemarin saya sekalian belanja beberapa beauty product di Raena. 

Kebetulan pas saya intip ada barang-barang inceran yang dijual dengan harga miring di Raena. Selisihnya lumayaaaaaaan banget, bikin girang pokoknya. 

Kita bisa memilih produk berdasarkan kategori dan brand. Ada juga fitur flash sale yang menawarkan produk dengan harga super murah. Saya membeli dua eye cream, sabun, lip tint dan sunscreen. Total belanjanya hanya Rp 351.000. Jauh lebih hemat. Free ongkir pula. 

aplikasi-reseller-raena

Menurut saya selain jadi solusi untuk para calon pebisnis kecantikan, Raena juga merupakan aplikasi belanja produk kecantikan yang recommended buat para beauty enthusiast yang doyan review produk. Lumayan lho bisa dapat harga skincare hits dibawah harga pasar. 

Semoga jadi tambah tahu ya

23 komentar

  1. Setuju sekali ini sih, memang lebih baik sekalian aja jualan ya hehe. Lumayan tanpa modal tapi bisa dapat penghasilan tambahan. Makasih infonya kaa :)

    BalasHapus
  2. Seru banget ya ada aplikasi Raena untuk jualan tanpa modal. Dropship memang metode yang cocok di masa seperti sekarang. Asal ada kemauan, smartphone bisa jadi sumber cuan. Jangan tunda-tunda lah, gasskeun jualan di Raena

    BalasHapus
  3. wah ternyata ada yaa aplikasi belanja sekaligus penambah cuan. pas banget buat para biuti influencer untuk makin merentangkan karir di aplikasi Raena :)

    BalasHapus
  4. Pas kalau gitu, sambil ngreview bisa nambah cuan. Ada Raena sekarnag. Apalagi Raena punya koleksi lebih dari 1000 varian produk dari 250+ brand kecantikan. Baik brand lokal maupun luar negeri. Wah..lengkap sekali!!

    BalasHapus
  5. Bener yaaa... ini aplikasi pas banget buat yang punya passion di beauty. Jadi semua yang dibutuhkan para beautyliner terpenuhi disini. Termasuk ruang untuk berjualan produk2 beauty.

    BalasHapus
  6. Benar sekali mba dengan adanya Raena, aku semakin terpikir untuk memulai usaha bisnis kecantikan ini mba. Mudah pula dan anti ribet

    BalasHapus
  7. Baru hari ini saya tahu Aplikasi Raena. Menarik juga karena bisa dapat cuan dari belanja di sana. Kalau saya, jadi pengen coba belanja untuk pemakaian pribadi dulu. Lumayan kalau beli banyak dengan harga miring, bisa hemat banyak :D

    BalasHapus
  8. Betul banget, rasanya kurang afdol kalau mau jualan tapi belum cobain aplikasinya dan beli produknya. Makin mudah nih buat yang tertarik bisnis seputar make up, skin care gitu, jadi bisa dapat untung lumayan. Belanja di Raena harganya murmer banget.

    BalasHapus
  9. Aku langsung install dong mbak aplikasi Raena. jujur penasaran sama produk-produknya. hmm .. ternyata produk antiaging yang saya cari belum ada di sana. Tapi gapapa. jadi tertarik sama challengenya juga hiihhi makasih ya mbak

    BalasHapus
  10. Saya jadi ingin segera bisa install aplikasinya. Sayang nih memori belum cukup. Harus menghapus yang sekiranya tidak penting dulu.
    Soalnya saya tertarik juga nih dengan bisnis ini. Semoga cocok dan bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Aamiin...

    BalasHapus
  11. Kalau kita memang suka ngulas skincare, sekalian bisnis juga oke. Kan kita tahu dan bisa merekomendasikan mana produk yang cocok buat kulit a, b, c. Ikut Raena boleh juga ya

    BalasHapus
  12. Kok kita samaan sih? Ngeshare produk kecantikan, dikira jualan. Kayaknya kalau kita jualan bakalan laku keras, iya nggak sih? hahahaha.

    Seneng kan ya kalau kulit kinclong, dan rekening menggendut.

    BalasHapus
  13. Asyik juga ya bisa jualan atau bisnis skincare dari rumah, pastinya nambah banyak pundi2 uang walau dari rumah

    BalasHapus
  14. Wah, Mbak Wid sudah ada modal dong buat jualan via Raena. Begitu ada feedback pembaca nanyain harga and pengiriman, langsung deh kasih link toko :)
    Produk kecantikan mmg besar pasarnya ya, mulai dari harga rendah sampai tinggiii... Se-enggak dandannya seseorang, rasanya pasti ada produk perawatan yang dipakai.

    BalasHapus
  15. senengnya tuh di aplikasi RAENA selalu ada aja penawaran menarik dari berbagai produk yang ada di aplikasi, harganya juga cukup baik buat dijual lagi

    BalasHapus
  16. Seneng banget sebagai blogger terus dapet feedback positif seperti itu yaa..
    Dan ternyata gayung bersambut dengan adanya aplikasi RAENA yang bisa membantu mewujudkan belajar berbisnis sekaligus mendapatkan keuntungan dengan minim resiko.
    RAENA memang solutif.

    BalasHapus
  17. Nah, saya tertariknya karena harganya di bawah pasar. Paling gak dipakai untuk diri sendiri dulu. Apalagi pembeliannya bisa tanpa minimum quantity

    BalasHapus
  18. fix, aku dah donlot, banyak yang mereview aplikasi ini, jadi pengen ikutan juga , mana tahu hoki bisa jualan nambahin buat beli mobil baru, aamiin

    BalasHapus
  19. Mbak Wied, cocok banget nih kalau ikutan bisnis kecantikan ini secara tulisan dirimu itu loh sangat meyakinkan dan dapat mempengaruhi customer untuk beli.

    BalasHapus
  20. Wah asyik kalau ada pilihan droshiper gtu mbak, soalnya kdng mau usaha modalnya gak cukup buat stock barang hehe
    Tinggal memanfaatkan media sosial kita dengan baik aja ya, nanti udah bisa ngejualin, siapa tau kalau dah ada modal bisa beralih jd reseller atau bahkan usaha sendiri :D

    BalasHapus
  21. Wah menarik nih RAENA ini. Aku jadi penasaran. Bisa buat nyari uang tambahan ya. Gak pake modal besar pula. Cobain download dan install ah. Siapa tahu cocok buat aku.

    BalasHapus
  22. jadi bisa beli harga murah sambil jualan tanpa modal ya mak
    enak juga buat awalan usaha jualan. kitanya atau orang beli dapat komisi
    kitanya juga ga perlu nyetok

    BalasHapus
  23. Selama ini aku masih jarang beli lagi kebutuhan skincare karena memang pekerjaan review bikin stok produk masih ada sebagian yang cukup jadi PR untuk dihabisin. Tapi pada beberapa kesempatan, pengen beli yang emang harus repurchase dan harganya cukup fantastis kalau beli sendiri. Kayanya bakal cobain Raena App nih kalau pas momen repurchase produk premium. Siapa tau bisa dapet potongan harga yang lumayan :D

    BalasHapus