Ketika Narend Bertualang ke Planet Mochi

planet-mochi-paddle-pop

Tidak seperti biasa, di pagi akhir pekan ini, Narend bangun lebih awal. Tanpa menunggu perintah Ibu, dia menghangatkan diri di teras rumah. Berjemur. 

Kata Ibu, berjemur setiap hari itu penting supaya daya tahan tubuh meningkat. Tak lama, Romo Narend menyusul keluar rumah ikut berjemur. Romo mulai memberi aba-aba dan mengajak Narend berlatih karate. 

Cukup 15 menit merasakan hangatnya matahari pagi sambil melakukan beberapa pemanasan, Narend masuk kembali ke rumah. Ia menyantap roti bakar dan langsung bersiap mandi. 

“Tumben,” pikir ibu. Nggak biasanya Narend serajin ini di akhir pekan. Ada apakah gerangan? 

“Hari ini Narend mau jalan-jalan ke Planet Mochi. Ibu sudah siapkan semuanya kan?” 

planet-mochi-paddle-pop

Teeettt.. tepat pukul 10.00 WIB.

Narend sudah bersiap memakai helm astronot. Ia tinggal menunggu beberapa teman lain untuk bersama-sama liburan ke Planet Mochi. Mereka mau bertemu dengan Singa Paddle Pop. 

planet-mochi-paddle-pop

Tapi, tunggu dulu. Dimanakah Planet Mochi

Dalam susunan tata surya, kita mengenal Matahari sebagai pusat tata surya. Lalu ada 8 planet yang secara konstan berputar mengelilingi Matahari. Walau jumlahnya lumayan banyak, planet-planet ini tak sekalipun bertabrakan, karena masing-masing berputar pada orbitnya. 

Narend sudah lama belajar tentang tata surya. Dia sudah cukup hapal nama-nama planet. Ada Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Tapi tak ada satupun yang menyebut Planet Mochi. 

Waduh bagaimana ini? 

“Planet Mochi itu dimana, Nak?” tanya Ibu. 

“Sebentar.. Narend juga harus mencari tahu dulu nih,” jawab Narend. 

Wah ternyata untuk mengetahui lokasi Planet Mochi kita harus memecahkan petunjuk yang tersimpan dalam kartu dan gambar-gambar planet dulu. 

Pertama-tama, seluruh planet harus disusun sesuai orbit. Matahari diletakan di tengah sebagai pusat tata surya, lalu disusul Planet Merkurius, Venus, Bumi dan seterusnya. 

planet-mochi-paddle-pop

Di setiap planet tersimpan petunjuk tersembunyi tentang Planet Mochi. Perlu trik untuk melihat pesan tersembunyi tersebut. Ibu membantu Narend memindai kartu planet untuk mengetahui pesan tersembunyi itu. 

Oh, pesan tersembunyi itu muncul.. 

Lihat! Petunjuk di Planet Merkurius menyebut, Planet Mochi punya nama yang mirip dengan Dewa Langit Yunani. 

planet-mochi-paddle-pop

Petunjuk yang diberikan Planet Bumi beda lagi. Katanya, Planet Mochi punya 27 satelit alam. 

planet-mochi-paddle-pop

Narend garuk kepala, dia bingung. Apa maksudnya punya 27 satelit alam? 

Untung Bu Guru Azka dari Mungilmu yang ikut memandu petualangan Planet Mochi langsung menerangkan. “Satelit alam itu maksudnya benda langit yang mengitari planet. Seperti bumi yang punya satu satelit alam bernama bulan. Jadi bisa dibilang, Planet Mochi yang akan kita kunjungi hari ini memiliki 27 satelit seperti bulan yang mengelilinginya sepanjang tahun.” 

Berarti Bumi bukan Planet Mochi yang kita tuju. Dimanakah Planet Mochi? 

Petunjuk dari Planet Mars menyebut, Planet Mochi itu dingin. Kalau Jupiter mengatakan, Planet Mochi ditemukan tahun 1781 oleh astronomer William Herschel. 

planet-mochi-paddle-pop

planet-mochi-paddle-pop

Sir Frederick William Herschel merupakan astronom berkebangsaan Inggris yang lahir di Jerman. Konon ia adalah astronom pertama yang menemukan planet dengan menggunakan teleskop. Sebelumnya planet temuan Herschel ini sering disangka bintang oleh ilmuwan lain. 

Planet temuan Herschel tersebut adalah planet terbesar ketiga dalam tata surya dan mengorbit setiap 84 tahun. 

Petunjuk Saturnus mengatakan, Planet Mochi berwarna biru. Sementara kata Neptunus, Planet Mochi sering disebut raksasa es. Karena sangat dingin dan ukurannya besar. 

“Ooohh Planet Mochi itu ternyata Planet Uranus!” Narend girang. Dia berhasil memecahkan misteri Planet Mochi. 

Oke! Setelah tahu dimana lokasi Planet Mochi, Narend dan teman-teman bersiap untuk berangkat ke sana menggunakan roket sedotan. 

Narend sudah bersiap dengan helm astronotnya. Tapi roket sedotannya belum dibikin nih. Yuk lah dibuat dulu. Begini tahapan membuat roket sedotan:

  1. Potong gambar roket sesuai pola. Printable roket ini sudah disiapkan oleh Paddle Pop. 
    planet-mochi-paddle-pop

  2. Lalu siapkan kertas ukuran persegi panjang. Gulung kertas dan rekatkan bagian sisinya sehingga berbentuk seperti tabung. 
    planet-mochi-paddle-pop

  3. Rekatkan tabung kertas di bagian belakang roket
  4. Tutup bagian atas tabung dengan selotip. 
    planet-mochi-paddle-pop

  5. Masukkan sedotan ke bagian bawah tabung. 
    planet-mochi-paddle-pop

  6. Roket siap diterbangkan 
    planet-mochi-paddle-pop

Wuuusssshhh… Narend dan teman-teman lain pun terbang menuju Planet Mochi. Ditemani pemandangan luar angkasa yang menakjubkan. 

Ada bintang-bintang bertaburan. Melewati Planet Mars, Jupiter. Eeeh, ada alien hijau juga. Si Alien sedang terbang dengan pesawat luar angkasanya. 

Akhirnya, tibalah Narend di Planet Mochi alias Planet Uranus. Sudah ada Singa Paddle Pop dan beberapa astronot lain di sana. Mereka menyambut Narend dengan suguhan Paddle Pop Mochi terbaru. 

planet-mochi-paddle-pop

Bagian dalam mochi ada es krim coklat dan vanilla yang creamy. Hmmm enak sekali. Oh, planet ini pun terbuat dari mochi! 

Narend makan beberapa Paddle Pop Mochi. Paddle Pop Mochi ini enak. Bagian luarnya kenyal dan empuk. Agak liat kalau digigit dan rasanya tak seberapa manis. Sementara bagian dalamnya ada es krim coklat dan vanilla yang dingin dan manis. Perpaduan tekstur mochi dan es krim ini bikin ketagihan deh. 

planet-mochi-paddle-pop

Eh, tapi kata Ibu jangan makan terlalu banyak. Camilan seperti Paddle Pop Mochi harus dikonsumsi seimbang dengan makanan bergizi lainnya. Jadi sebagian sebaiknya disimpan dalam pendingin buat dimakan lagi besok. 

Setelah puas makan Paddle Pop Mochi. Bersenda gurau dengan Singa Paddle Pop dan teman lainnya, sekarang waktunya kembali ke bumi. 

Tapi…. 

Haduh, bahan bakar roket sudah habis. Begitu pula bahan bakar roket dan pesawat luar angkasa milik Alien dan Singa Paddle Pop. Bagaimana caranya pulang ke rumah? 

Aha, Bu Guru Azka dari Mungilmu punya ide. Bagaimana kalau kita membuat roket baru dari Paddle Pop Mochi. 

Caranya, susun secara vertikal beberapa Paddle Pop Mochi. Kalau khawatir mochinya bakal roboh, sambungkan mochi menggunakan tusuk gigi. 

Setelah tersusun tinggi, pasang kepala roket di bagian atas tumpukan mochi. Roket Mochi pun siap diterbangkan menuju bumi. 

planet-mochi-paddle-pop

Horeeee! Narend tiba kembali di bumi dengan selamat dan kenyang. Hahaha. 

Program Liburan bersama Paddle Pop Main Yuk! 

Bagaimana petualangan Narend ke Planet Mochi. Seru kan? 

Menghabiskan masa liburan di tengah situasi pandemi memang agak menantang ya. Kita nggak bisa lagi jalan-jalan ke tempat wisata seperti dulu. Narend pun bosan karena tidak bisa keluar sesering dulu. 

Makanya saat tahu ada program liburan yang menyenangkan dari Paddle Pop, saya langsung memberi tahu Narend. Saya tanya apa dia mau berlibur sambil menjelajah luar angkasa. Responnya sudah bisa ditebak, dia sangat bersemangat. 

Buktinya, Sabtu pagi, 10 Juli 2021, silam. Dia langsung bangun pagi sendiri dan bersiap bertualang ke Planet Mochi. 

planet-mochi-paddle-pop

Permainan menarik dengan selipan eksperimen seru bikin imajinasi Narend melayang sehingga terciptalah cerita seperti yang saya tuliskan di atas tadi. 

“Seru banget!” kata Narend. 

Program liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop ini sebenarnya digelar setiap pekan mulai tanggal 25 Juni 2021. Menghadirkan teman bermain dan tamu yang berbeda-beda. Prakarya yang diajarkan pun berbeda-beda setiap pekan. Jadi nggak bosan walau mengikuti program ini setiap pekan. 

Cara mendaftarnya juga mudah. Cukup dengan menghubungi nomor WA 0858-1223-1223. Gratis! Bahkan kalau termasuk dalam 100 pendaftar pertama, kita bisa mendapatkan kotak main yang bisa dipakai saat kelas berlangsung. 

Nggak cuma mendapat keseruan, Narend juga belajar banyak hal baru selama mengikuti program liburan ini. Misalnya seperti Planet Uranus yang ternyata memiliki 27 satelit alam. Selain itu Narend baru tahu juga kalau nama Uranus sebenarnya diambil dari nama Dewa Langit Yunani. 

Gegara informasi ini, dia jadi penasaran dan mulai mengajak saya belajar nama-nama dewa Yunani lain tuh. Selain mencari tahu tentang Uranus, yang merupakan ayah para Titan. Kami berdua mulai baca-baca kisah dewa Yunani lain seperti Hera, Artemis, Apollo, Athena dan lainnya. 

Wah jadi makin luas nih pengetahuannya. Ternyata metode belajar yang paling cocok buat Narend itu memang belajar sambil main begini. 

planet-mochi-paddle-pop

Belajar sambil main dan membuat prakarya berhasil memancing rasa ingin tahu dan semangat belajarnya. Nggak merasa seperti sedang belajar tapi mendapat banyak pengetahuan baru. Asyik banget. 

Jadi nggak sabar nunggu acara Paddle Pop Main Yuk yang lain nih. Buat yang pengin nonton keseruan petualangan Planet Mochi kemarin bisa lihat di channel ini ya https://youtu.be/UnnC5uIly84 

Semoga jadi tambah tahu.

32 comments

  1. Nareend...
    Kok aku happy banget lihat prakarya Narend...
    Berasa beneran berpetualang ke Planet Mochi yang ternyata Planet Uranus.

    Berasa banget vibes Planet Mochi bersama Paddle Pop.

    Have a nice day, Narend.
    Kapan-kapan ajakin tante yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk tante, kita ke planet mochi bareng2 yak🚀😘

      Delete
  2. BHuaaaa, Narend Lucu banget sih, pinter lagi yaa tanooa disuruh ibu udah mandiri, berjemur, nyemil roti. Karena tahuuu skedul jalan2 ke Planet Mochi.
    Bisa belajar sambil main dan yang menarik adalah membuat prakarya berhasil memancing rasa ingin tahu dan semangat belajarnya, jadi lebih kreatif juga, plus mendapat banyak pengetahuan baru. Iihh, asyik banget, ekotlah ateee.

    Kbayang itu menyusun planet2, hahhaa jadi ikutan ceria juga lihat planet dengan emoji2 yang menyenangkan, lucu2.Makasih Narend cerita berpetualangnya yaa.
    Btw salam buat Romo, ehhhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi kepikiran teteh kasih healing ke aku pas kita lagi di Planet Mochi bareng paddle pop.
      Bakalan semakin relaks, teteh..

      Delete
  3. Narend udah semangat banget ya dari pagi karena mau main ke planet mochi, seru banget bisa sambil belajar planet & tata surya ya. Paddle Pop memang jagoan nih ajak anak bermain sambil belajar trus ga bosenin jadinya.
    Belajar kreatif juga ya bikin prakarya bikin roket

    ReplyDelete
  4. Aaaaa! Narend udah sampai ke planet Saturnus dan main bersama paddle pop sambil makan es krim mochi!

    ReplyDelete
  5. Yihaa! Super duper FUN kalo ikutan acaranya Paddle Pop!
    Bener2 membuat anak jadi makin kreatif, bisa belajar dan bermain dgn cara yg menyenangkan.
    Aaakk, mupeng ikutan jugaaa :D

    ReplyDelete
  6. Narend ekren amat sih, anak siapa dulu dong hehehe :) Bikin DIY macam2 dan berpetualang ke Planet Mochi bareng Paddle Pop pasti sangat menyenangkan ya. Jadi ga mager di rumah melulu :) Oooh, nama Uranus itu diambil dari Dewi Langit Yunani? Makin nambah wawasan juga deh.

    ReplyDelete
  7. Wah sama, anak-anak juga kemarin ikut jalan-jalan ke planet mochi... Harusnya ketemu ya, hihihi...
    Duh, ngiler baca deskripsi es krim mochinya... Saya udah nyari di mana-mana belum dapet juga...

    ReplyDelete
  8. Saya jadi inget makanan nih sebut-sebut nama Planet Mochi haha. Duh, mama-mama ingetannya makanan mulu :))

    Hai Narend, asyik banget berpetualang ke Planet Mochi nya. Meskipun virtual tapi keseruannya tetap terasa ya. Bermain dan belajar bisa dilakukan sekaligus. Jadi nggak membosankan.

    ReplyDelete
  9. Seru banget sih main di planet mochi dan planet lainnya bersama Paddle Pop. Aku jadi tertarik pengen ikutan, soalnya anakku baru seneng-senengnya sama angkasa luar.

    ReplyDelete
  10. Kok seru banget sih ini jalan-jalan ke planet mochi, terus sambil bikin diy juga mak Wid? Anakku mah pasti demen deh disuruh bebikinan begitu, apalagi endingnya habis main dikasih ice cream mochi, tapi aku juga suka banget paddle pop mochi ini.

    ReplyDelete
  11. Waaahhhh seru banget, Sulthon nggak ikut yang jalan² bareng Nana Mirdad ini. Ntar lihat keseruannya di YouTube deh. Keren emang Paddle Pop ya mbak, acaranya bermanfaat banget khususnya buat anak-anak

    ReplyDelete
  12. Narend, SID ikutan juga mencari planet uranus. Sempat bingung waktu menyusun planet kok ada yang hilang. Waduh ... gimana ini. Eh ternyata bisa buat planet uranus dari mochi Paddle Pop

    ReplyDelete
  13. Asyik banget ya acara bermain di Planet Mochi ini nggak hanya asyik main tapi sekaligus menambah pengetahuan Narend tentang planet dan luar angkasa..

    ReplyDelete
  14. Bagus sekali dan kreatif ya dengan adanya planet mochi ini. Aku suka deh berkreasi walau di rumah serta anak suka juga

    ReplyDelete
  15. Wah Narend senang banget nih berpetualang ke planet uranus. Apalagi setelahnya dapat hadiah makan mochi paddlepop.

    Roketnya juga bagus deh, aunty mau coba juga ah dirumah biar bisa main bareng Ubay.

    ReplyDelete
  16. Gemes banget prakaryanya. Bertualang ke Planet Mochi sama Paddle Pop jadi makin seru yah. Jadi pengen ikutan juga.

    ReplyDelete
  17. Hallo, Narend ternyata Kita samaan ya liburan ke Planet Mochi kemarin. Dzaky juga seneng banget main sambil belajar dan berkreasi dengan Paddle Pop mochi.

    ReplyDelete
  18. Wah, diy yg ini kereen. Aku gak sempet ikutan kemarin telat masuk. Hihi. Untung ada youtubenya jg ya jd bs intip2 nih.

    ReplyDelete
  19. wah menarik banget ini
    DIY nya bikin anak punya kegiatan yang menyangkan ya mbak
    aku jadi pengen coba diy nya di rumah

    ReplyDelete
  20. Wahh aku mau share info ini ke ponakan, siapa tahu anaknya bisa ikut seseruan bareng Paddle Pop kayak Narend.

    Narend senang banget ya berhasil memecahkan misteri Planet Mochi. Ternyata planet Uranus itu planet Mochi, wah aku baru tahu loh

    ReplyDelete
  21. Wuih asik sekali nih petualang nya ke luar angkasa, anak anak pasti suka banget, next time klu ad lgi aku juga mau ikutin

    ReplyDelete
  22. Anakku sempat ikutan nih mencari planet Mochi. Pada seneng karena seru dan menarik. Apalagi ada AR nya bisa seolah2 lihat planet nya beneran

    ReplyDelete
  23. Keren banget nih terobosan Paddle Pop.
    Bisa melihat peluang bisnis sekaligus mengedukasi pelanggan dimasa sulit ini.

    Setuju.
    Biasanya anak suka banget dengan tipe belajar sambil bermain seperti ini.
    Cocok dengan masa tumbuh kembangnya.

    Sebagai orang tua kita memang sebaiknya mengetahui tipe belajar yang bagaimanakah buah hati kita itu.

    ReplyDelete
  24. Waaa, narend pasti senang banget ya bisa menjelajah ke planet mochi.. apalagi dengan karya sendiri begitu ya.. hihi.. mau dong ikutan.

    Senang dengan inovasi dari paddle pop ya yang selalu bisa membuat inovasi dan program yang bisa memancing semangat anak..

    ReplyDelete
  25. Seru ya mba.. aku dan anakku ikut yang ke planet Jupiter.. solusi banget liburan sekolah di masa PPKM darurat kemarin jadi gak bosen yaa

    ReplyDelete
  26. Gampang banget ya bikin roketnya... Aku pun udah cobain bikin...Tinggal ngeprint sama pake isolasi ajah udah jadi...

    ReplyDelete
  27. Seru banget ya liburan bareng paddle pop mochi...
    Kalau ketinggalan bisa nonton di youtubenya...

    ReplyDelete
  28. Nareeend kok seru banget sih main ke planet mochi nya, udah gitu ada playmate nya juga ya Narend jadi semakin kenal dengan planet2

    ReplyDelete
  29. narend happy banget tuh kayanya ya, abis seseruan berpetualang di Planet Mochi akhirnya bisa menikmati lezat dan sehatnya es krim Paddlepop Mochi

    ReplyDelete
  30. Paddle pop mochi bikin program yang keren ya liburan kemarin, anak-anak jadi nempel juga sama kegiatan serunya. Kadang masih aku tonton nih trus praktek lagi

    ReplyDelete