Rekomendasi Tempat Kuliah yang Memiliki Jurusan Psikologi Terbaik

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi

Dulu saya pernah bercita-cita kuliah di jurusan psikologi. Kelihatannya menarik bisa mempelajari karakter pribadi manusia. Peluang kerja jurusan psikologi juga sangat luas dan menjanjikan lho. Nggak heran deh kalau banyak anak-anak zaman sekarang yang berminat kuliah di jurusan psikologi. 

Nah,buat kalian yang ingin kuliah jurusan psikologi, jangan sampai salah pilih tempat studi. Kuliah yang ada jurusan psikologi tentu ada banyak. Tapi hanya beberapa yang menawarkan tempat terbaik. 

Mari bahas beberapa rekomendasi universitas dengan jurusan psikologi terbaik yang bisa kalian pilih: 

Universitas Indonesia 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto : ui.ac.id

Universitas Indonesia masih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk studi di Indonesia. Perguruan tinggi ini selalu mendapatkan penilaian terbaik di berbagai bidang. Untuk psikologi, UI bahkan punya sejarah tersendiri. Hal ini karena kelahiran Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi berada di dalam perguruan tinggi ini. 

Banyak pengajar psikologi terkenal merupakan lulusan Universitas Indonesia. Karena kurikulum dan pengajar yang baik, lulusan jurusan ini selalu dipandang lebih baik daripada banyak universitas lain. Pendidikan psikologi dengan resource baik tentunya akan menghasilkan lulusan yang baik pula. 

Karena potensi menjadi lulusan berkualitas, banyak orang ingin studi di sini. Jadi meski persaingan untuk masuk Jurusan Psikologi UI lebih ketat, perguruan tinggi ini adalah tempat yang tepat buat kalian yang ingin kuliah jurusan psikologi. 

Universitas Gajah Mada 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto : kampusaja.com

Mulai dari tahun 2010 sampai 2018, UGM melakukan permak maksimal untuk jurusan psikologi-nya. Perkembangan ini difokuskan untuk memperluas tampungan kelas dan fasilitas pendukung lainnya. Semenjak di-upgrade, jurusan psikologi UGM makin didambakan banyak siswa. 

Banyak buku panduan psikologi yang digunakan sekarang dibuat oleh para akademisi lulusan UGM. Kualitas pengajar di sini juga sangat tinggi. Kombinasi tersebut membuat lulusan psikologi UGM mudah terlihat kualitasnya. Tambahan study dan workshop juga memastikan lulusan psikolog UGM bisa di integrasi ke banyak bidang. 

Universitas Airlangga 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto: kompas.com

Banyak orang juga tertarik studi di Universitas Airlangga untuk psikologi. Alasan utamanya adalah kelengkapan fasilitas terutama untuk laboratoriumnya. Kelengkapan laborat psikologi di perguruan tinggi ini dipandang yang paling baik di Indonesia. 

Selain fasilitasnya, kita juga bisa dapatkan pengajar yang berkualitas di sini. Pengajar yang memang masih aktif di dunia psikolog dan bukan hanya sebagai pengajar saja. Kombinasi pengalaman di bidang profesi psikolog dan studi membuat pengetahuan yang bisa diambil lebih fungsional. 

Universitas Padjadjaran 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto: detik.com

Tempat kuliah yang ada jurusan psikologi terbaik berikutnya adalah, UNPAD. Banyak orang datang ke sini karena kombinasi kualitas dan harga yang tidak terlalu tinggi dibandingkan banyak perguruan tinggi ternama lain. 

Universitas Padjadjaran mungkin tidak jadi pilihan pertama untuk banyak jurusan lain. Tapi soal psikologi, pengajar di sini sangat baik. Fasilitas yang diberikan mungkin tidak terlalu mewah, tapi cukup lengkap untuk keperluan studi mendalam. Karena hal ini, banyak siswa dengan keterbatasan keuangan tetap bisa jadi lulusan psikologi berkualitas dari perguruan tinggi ini. 

Universitas Sanata Dharma 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto : sesawi.net

Walaupun tergolong universitas muda yang baru berdiri di tahun 1996, jurusan psikologi universitas ini tumbuh cepat. Banyak pihak awalnya kaget universitas muda ini bisa tumbuh mendapatkan akreditasi A untuk jurusan psikologinya. 

Mulai dari kualitas pengajar, fasilitas dan juga kurikulum pasti sangat mumpuni jika sudah mendapatkan penilaian tersebut. Buat adik-adik calon mahasiswa yang ingin kuliah dan mendapatkan pengajaran baik, tidak akan salah pilih Sanata Dharma. Tapi hal ini juga tergantung kemampuan kalian berkompetisi masuk ke sini. 

Universitas Islam Indonesia 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto : kumparan

Bagi kalian yang mengedepankan perguruan tinggi berbasis Islam, pasti cocok mendaftar di UII. Universitas ini memiliki fasilitas yang terdepan untuk pendidikan psikologi. Mulai dari bahan studi dan pengajar selalu dievaluasi untuk hasilkan lulusan berkualitas. 

Karena lebih diarahkan berbasis Islam, kita akan dapatkan ilmu psikologi dengan insight lebih dari sudut pandang agama ini. Tidak ada perguruan tinggi lain yang memberikan kurikulum psikologi Islam baik selain UII. Mendapatkan penambahan ilmu dan perspektif berbeda membuat lulusan psikologi UII lebih banyak di cari di bidang psikologi agama. 

Universitas Muhammadiyah Malang 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi
sumber foto :pelayananpublik.id

Perguruan tinggi ini juga berbasis Islam, tapi dengan perbedaan yang jauh dari kualitas hasil lulusan. Banyak lulusan dari psikolog perguruan ini menjadi profesor dan pengajar di banyak universitas lain di bidang psikologi. 

Buat kalian yang memiliki cita – cita sebagai pengajar, dosen ataupun konsultan psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang bisa jadi pilihan tepat. Karena fasilitas dan fokus studi lebih cocok untuk pengajar, lulusannya akan lebih cepat dapatkan jalur karir psikologi melalui perguruan tinggi ini. 

rekomendasi-tempat-kuliah-jurusan-psikologi

Bagaimana? Apakah kalian tertarik masuk ke salah satu perguruan tinggi di atas? 

Tentu saja akses masuk masing – masing universitas bisa berbeda. Di antara pilihan tersebut, banyak yang sulit proses masuknya. 

Persaingan untuk masuk jurusan psikologi di perguruan-perguran tinggi itu jadi sangat ketat karena banyak calon mahasiswa memilih jurusan psikologi sebagai pilihan pertamanya. Bisa dibilang jurusan psikologi adalah jurusan favorit. 

Pilihan universitas lain tentu masih bisa diambil. Tapi untuk kurikulum, pengajar dan fasilitas terbaik di Indonesia, perguruan di atas tetap menjadi perguruan tinggi yang paling direkomendasikan. Makanya, upayakan sebaik mungkin untuk masuk ke universitas pada daftar di atas sebelum memilih perguruan tinggi cadangan lain ya. 

Bagaimanapun, pilihan lokasi kuliah jurusan psikologi tetap bergantung pada situasi dan pilihan masing-masing individu. Hal utama yang lebih penting untuk diperhatikan adalah kenyamanan kalian selama menjalani perkuliahan. Oleh karena itu, sebelum mendaftar lakukan survei dan riset mendalam terkait fasilitas, metode pengajaran, biaya dan situasi di tiap-tiap kampus. Pilih kampus yang paling cocok untuk kalian. 

Semoga jadi tambah tahu ya. Selamat belajar.

Tidak ada komentar