Belajar di Rumah Tanpa Drama Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Saya ingat, waktu masih sekolah dulu rasanya girang sekali kalau guru memberi pengumuman, “Anak-anak, besok belajar di rumah ya.” 

Bagi saya dan teman-teman, istilah “belajar di rumah” berarti main sepuasnya. Nggak usah repot mengerjakan soal atau membaca buku pelajaran. Santai. 

Tapi itu dulu. Setelah jadi orang tua, istilah belajar di rumah nggak lagi membuat saya girang seperti dulu. Apa pasal? Karena belajar di rumah itu tidak lagi berarti santai, menghabiskan waktu dengan bermain, melainkan pekerjaan tambahan buat kami para orang tua. 

Apalagi setahun terakhir sejak pandemi melanda dan semua pembelajaran di sekolah dialihkan ke rumah. Rasanya kehidupan ini makin penuh drama. 

Anak saya, Narend, masih kelas 1 SD. Tahun ini dia naik kelas 2 SD. Materi pelajarannya sudah pasti super gampang, kalau dilihat dari sudut pandang saya. Tapi menyampaikan materi pelajaran sederhana itu supaya mudah diterima oleh otak anak umur 8 tahun, ternyata luar biasa menguras emosi. 

Saya harus putar otak cari strategi supaya materi pelajaran bisa dia pahami. Nggak jarang saya terpancing emosi. “Duuuh masa nggak ngerti-ngerti sih. Kan sudah ibu terangin dari tadi. Ini tuh cara jawabnya begini!” 

Kalau sudah begitu, Narend makin kesal. Dia ikut ngambek dan makin sulit memahami penjelasan saya. Alhasil, saya pun makin kesal juga dibuatnya. 

Apa-apan ini mau belajar saja kok penuh drama? 

Untunglah akhirnya saya mendengarkan saran rekan ibu yang lain, belajar di rumah menggunakan aplikasi belajar online terbaik yaitu ruangbelajar by ruangguru

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Sebenarnya sudah cukup lama saya mengenal ruang guru. Wajar kan, aplikasi belajar online yang satu ini memang dikenal sebagai pioneer dan layanan belajar online terbaik di Indonesia saat ini. 

Tapi karena sebelumnya saya masih jumawa dan berpikir positif bahwa mengajar pelajaran kelas 1 SD adalah pelajaran yang mudah, saya baru mengunduh aplikasi ini sekitar 5 bulan terakhir. 

Alasannya sederhana saja, saya belum cakap jadi pengajar. Ditambah lagi, saya kesulitan menemukan metode belajar asyik yang bikin Narend suka belajar. Kalau hal ini dibiarkan terus saya khawatir, dia malah jadi nggak suka belajar. Kan bahaya buat masa depannya. 

Jadi saya manfaatkanlah ruangbelajar by ruang guru untuk siswa SD. 

Belajar Bersama Daffa dan Lulu 

Melalui ruangbelajar SD, Narend bisa merasakan pengalaman seolah belajar bersama teman-teman melalui video animasi. Ada karakter Daffa dan Lulu, yang berperan sebagai teman sekolahnya. 

Videonya terlihat sangat menarik, karena selain Daffa dan Lulu ada juga tokoh teman sekolah yang lain seperti Made dan ibu guru yang cantik dan sabar menerangkan materi bernama Bu Nana. 

“Asyik seperti nonton kartun!” kata Narend. Saya pun ikut senang setiap kali melihat Narend antusias menjawab pertanyaan yang diajukan Bu Nana. 

Saya jadi heran, kok saat belajar bersama Daffa dan Lulu anak ini tetiba jadi pintar. Padahal kalau belajar bersama saya, dia malas dan sering salah menjawab. 

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Rupanya benar ya, materi pembelajaran sesulit apapun sebenarnya bisa jadi mudah kalau diajarkan dengan metode yang tepat dan menyenangkan. Belajar melalui materi visual seperti video animasi Daffa dan Lulu yang tersedia di ruangbelajar terbukti membuat Narend senang belajar. 

Pembelajaran Tematik 

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Hal lain yang saya suka dari ruangbelajar SD ini karena materi pelajarannya menerapkan pembelajaran tematik yang disesuaikan dengan kurikulum di sekolah. Maksudnya, anak belajar dengan cara menggabungkan tema yang mengaitkan beberapa mata pelajaran. 

Dengan cara ini, siswa yang belajar di ruangbelajar by ruangguru akan mendapat pengalaman belajar yang lebih kaya. Kalau menurut saya lebih realistis pula karena ini melatih anak melihat atau menilai sesuatu dari berbagai sisi. 

Mengerjakan Kuis atau Main Game? 

Setelah menyimak materi pelajaran dari video animasi bersama Daffa dan Lulu, Narend biasanya lanjut dengan mengerjakan kuis seputar materi yang baru dipelajari. Kuisnya asyik lho. 

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Mengerjakan kuis ini berasa seperti main game. Saya yang mendampingi Narend belajar di ruangbelajar by ruangguru jadi ikut senang dan semangat dibuatnya. 

Kini, acara belajar kami nggak lagi diwarnai suasana penuh emosi, ketegangan dan air mata. Sebaliknya belajar bersama ruangbelajar bikin hubungan saya dan Narend jadi lebih akrab. Bersyukur banget rasanya bisa mengenal aplikasi belajar online yang satu ini. 

Oh iya, sebagai orang tua kita juga bisa mendapat laporan hasil belajar anak melalui whatsapp lho

Cara daftar ruangbelajar by ruangguru 

Lalu bagaimana sih caranya belajar di ruangbelajar seperti Narend? 

Langkah pertama, unduh dulu aplikasi ruangguru. Aplikasi ini tersedia di apps store dan google playstore. Gratis kok. 

Kedua, daftar ruangguru. Kita hanya cukup mengisi data seperti nama lengkap, email, nomor handphone, dan jenjang pendidikan. Setelah itu buat kata sandi. Kalau mau lebih praktis lagi bisa juga langsung daftar menggunakan akun facebook. 

aplikasi-belajar-online-ruangbelajar

Ketiga, pilih menu paket ruangbelajar.
Setelah masuk ke halaman utama, kita akan disuguhkan berbagai pilihan kelas oleh ruangguru. Pilih ruangbelajar dan pilih jenjang pendidikan yang sesuai. Setelah itu kita akan masuk ke ruang belajar dengan berbagai materi pembelajaran yang dilengkapi latihan soal. 

Keempat, mulai belajar. Beberapa materi di ruangbelajar bisa kita akses tanpa perlu berlangganan. Jadi kita bisa trial dulu apakah metode pembelajaran yang diterapkan sesuai atau tidak. Mudah dimengerti atau tidak. Kalau merasa cocok dan bikin lebih semangat belajar, langsung lanjut ke tahap selanjutnya. 

Tahap kelima, mulai berlangganan paket ruangbelajar. Cara berlangganan ruangbelajar sederhana banget. Cukup dengan memilih tombol “langganan sekarang” lalu ikuti petunjuk seperti infografis di bawah ini. 

cara-langganan-aplikasi-belajar-ruangbelajar

Jangan lupa memasukkan kode : PRESTASIBELAJAR di bagian kode diskon untuk mendapatkan potongan biaya langganan 60% ya. 

Kita bisa memilih paket langganan 1 tahun atau bulanan. Tapi untuk ruangbelajar SD saya sarankan ambil paket belajar 1 tahun aja deh. Kalau pakai kode diskon PRESTASIBELAJAR kan bisa dapet harga yang terjangkau banget tuh. Asyik kan? 

Nah ibu-ibu, jangan biarkan kita stress menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi ini. Anak-anak juga jangan dibiarkan stress. Ingat! Kita harus menjaga imun. Yuk tingkatkan PRESTASIBELAJAR anak-anak dengan belajar di ruangbelajar. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

25 komentar

  1. Kok asik banget ya Mbaaa
    metode online, dgn rate affordable banget
    ini mamak2 demen nih
    karena bisa membantu mengurangi "tegangan tinggi" akibat PJJ yg ga tau kapan kelarnyaaa :D

    BalasHapus
  2. Menurutku dengan adanya ruangbelajar by ruangguru secara online ini membantu agar kegiatan belajar di rumah menjadi lebih menyenangkan. Senang juga karena ada banyak paket belajar yang bisa dipilih ya mba

    BalasHapus
  3. Asikkk dapat kode voucher untuk ruangbelajar Ruangguru. Aku setuju bahwa metode belajar dapat menentukan bisa atau nggaknya anak mengikuti sebuah pelajaran. Semoga aja metode yang ada di ruangbelajar ini cocok sama anakku yang sudah mau masuk SD ini. Waktu TK aja aku lumayan stress dengan pembelajaran online yang kadang bikin anak-anak cranky. Padahal pelajarannya yang cuma gitu doang menurutku. Haha. Mungkin bagi anak itu sulit, ya. Terima kasih infonya. Aku pasti akan pakai kode PRESTASIBELAJAR biar dapat diskon berlangganan.

    BalasHapus
  4. Inovasi dari RuangGuru ya... Melihat kondisi saat ini memang ngga mungkin kalau PTM. Dilihat sepintas sepertinya tampilannya materinya bagus ya mam. Anak-anak pasti suka.

    BalasHapus
  5. Waah ini cara yang asik dan menarik belajar di ruang guru, ada ikon ibu cantik dan memang buat anak2 happy.
    Bisa menjadi solusi belajar di rumah ya Mak, Narend pun seneng emaknya apalagi.
    Bener deh, sekarang makna belajar di rumah sangt jauh banget, dan nambah kerjaan buat Mamak2 😁

    BalasHapus
  6. Perjuangan banget memang buat para ibu yang anaknya masih SD kalau PJJ ya. Anakku sudah SMA, jadi mau gak mau ya belajar sendiri :D
    Menarik sekali ini ya ada ruangbelajar SD by RuangGuru, anak-anak pasti semangat nih kalau metode belajarnya menyenangkan seperti ini, belajar serasa bermain jadinya :)

    BalasHapus
  7. Ah iya, tahun ajaran baru sebentar lagi ya mbak
    dan kita masih harus bersabar karena masih Pjj ya,
    Ruangbelajar sangat membantu pelaksanaan Pjj

    BalasHapus
  8. Anakku si Narend juga pakai RuangGuru di rumah, buat pelajaran tambahan sih. Tapi belum ambil yang paket sih, masih yg free. Nest di kelas 2 ini pengen coba sih rencananya.
    ANw, anak kita selain namanya sama, kelasnya juga sama ya kelas 2 juga tahun ini :))

    BalasHapus
  9. Belajar tanpa drama bersama ruangbelajar by Ruangguru....mau
    Beneran deh dulu kalau disuruh libur senangnya, kini anak berasa "libur" terus kok ya pusing kepala emaknya. Syukur Ruangguru punya solusinya!

    BalasHapus
  10. Ruangbelajar ini sangat membantu bagi orang tua yang ingin mendampingi anak-anaknya belajar di rumah ya. Soalnya di ruangbelajar banyak video animasi yang memudahkan anak belajar, terutama untuk anak-anak yang memiliki gaya belajar visual.
    Karena setiap anak memiliki gaya belajarnya masing-masing, ya, kan?

    BalasHapus
  11. Saya juga sering buka aplikasi Ruang Guru mba, sebagai tapinya.
    saya belajar bagaimana metode yang digunakan ruang guru sehingga anak-anak bisa betah dengan harapan saya bisa mencontoh metodenya saat saya mengajar daring. Emang Ruang Guru TOP deh.

    BalasHapus
  12. Benar kita jadi stress juga ya. Kita bukan guru makanya hidup kita bahagianya kalau ada yang bisa membantu anak kita belajar dan membantu meningkatkan semangat belajar. Ruang belajar seperti ruang bisa di sekolah cuma ini pakai internet

    BalasHapus
  13. Nah setuju banget tuh, sebenarnya materi sesulit apapun (menurut kita) asalkan penyampaiannya menyenangkan, anak bakalan lebih mudah paham. Dia juga menikmati ketika sedang mendapatkan pelajaran ya. Aku pun merasakan drama yang sama nih dengan anakku. :))

    BalasHapus
  14. hehe tos mbak, saya juga paling sukaa kalau jam kosong dan akhirnya kita dipulangkan cepat. sekarang boro boro mbak, belajar di rumah jadinya emak yang ngajarin hehe alhamdulillah ya mbak sekarang ada ruang guru jadi anak anak punya ruang belajar yang interaktif

    BalasHapus
  15. Wah, Narend sama kayak anak wedokku Rea yang naik kelas 2 SD sekarang. Emang bener sih, PJJ bikin gemes para emak ya. Kadang suka gak sabaran nih aku ngajarinnya..haha..Untung ada ruang guru yang asyik. Bisa dicoba trialnya dulu ah..pasti anakku suka :)

    BalasHapus
  16. Menarik banget nih program ruangbelajar dari ruangguru. Kayanya saya pengen ikut buat si bungsu yang naik ke kelas 3 SD secara saya udah mulai kesulitan ngajarin. Siapa tahu bisa membantu dia lebih memahami materi yang udah diajarin di sekolah.

    BalasHapus
  17. Ya Alloh, aku yang anaknya batu TK aja kadang bikin esmosi pas belajar, Mbak. Btw, asyik nih, ada temen baru buat belajar. Anak2 lebih suka animasi, ya. Lebuh semangat belajare.

    BalasHapus
  18. Iya banget.
    Kemarin jelasin materi pecahan dan pecahan senilai sama anakku juga rasanya pen teriak. Hahhaa...lebaaii sih ini.. Tapi aku kadang bingung menyampaikannya.
    Dengan langganan ruangguru, aku jadi sangat terbantu sekali.

    Aku amazing banget liat videonya yang jadi mudah dipahami anak-anak dengan animasi yang menyenangkan.

    BalasHapus
  19. Kayaknya aku harus mulai langganab nih. Karena bisa dipastiksn thn ajaran baru nanti krucils masih PJJ. Dan apalagi krucil besar udh kelas 6. Harus bener2 disiapkan untuk masuk SMP nanti.

    BalasHapus
  20. Narend berasa kayak ada temannya ya pas ikutan pelajaran :)

    Aku juga mengalami nih 'pertarungan' ketika anak setahun belajar di rumah. Dia kan udah kelas lima tuh, wadawww udah mulai sulit pelajarannya. Emak emosi melulu kalau njelasin.

    Dah lah pasrahkan aja sama ruangguru gini. Cara penyampaian dan fitur yang ditawarkan menarik semua. Anak bakalan senang ketika mengikuti pelajarannya ya.

    BalasHapus
  21. Ih aku dulu setaun langganan ruang guru ini mak. Enak jadi bisa ngapa2in secara sekolah kan daring. Belajar pakai ruang guru nambah banyak pengalaman belajar anak yg bingung belajar apa

    BalasHapus
  22. Ruang Guru ini sudah cukup terpercaya oleh masyarakat. Adanya Ruang Belajar pasti akan membuat belajar daring lebih terbantu

    BalasHapus
  23. Pilihan saya juga ini karena banyak fasilitasnya dan kebetulan memang bisa bicara langsung dengan salah satu staff pengajarnya

    BalasHapus
  24. Wah diskonnya sampe 60% ya mak? Mayan bangeeeettt.. jadi pensaran juga nih pengen cobain ruang guru buat anak anak sekolah nantiii

    BalasHapus
  25. Belajar makin seru dengan ruangguru. Aku kira ruangguru ini untuk SMP dan SMA lho mbk, ternyata ada untuk SD nya juga ya. Pembelajarannya juga menarik, ada videonya.. Bikin anak anak berasa nggak belajar padahal sedang belajar

    BalasHapus