-->

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Juli 23, 2020

[Review] One Day’s You : Pore Tightening  

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori
Hai para pejuang pori-pori besar!
Mari merapat. Saya punya cerita yang mau dibagi seputar tips menghilangkan pori-pori besar. 

Ups ralat! 

Maksudnya menyamarkan pori-pori yang terlanjur lebar. Karena menghilangkan pori-pori rasanya nyaris nggak mungkin, bukan? 

Jadi begini, di masa muda dulu saya sempat berjuang melawan jerawat. Nggak terlalu banyak sampai memenuhi wajah sih. Tapi si jerawat ini datang silih berganti, nggak kenal musim. Itu sangat menyebalkan, sampai-sampai bikin level percaya diri saya terjun bebas. 

Singkat cerita, setelah perjuangan panjang akhirnya saya berhasil mengatasi jerawat. 

Jangan ditanya lah apa saja yang sudah saya lakukan buat melenyapkan jerawat-jerawat bandel itu. Banyak banget pokoknya. Mulai dari pakai ramuan tradisional, skincare dari klinik dokter, hingga facial rutin. 

Awalnya saya sempat bernapas lega. 

Yes, akhirnya jerawat mulai terkendali! Tapi ternyata perjuangan nggak berhenti sampai disitu, sodara-sodara! Karena habis jerawat, terbitlah pori besar. 

Yup, pori-pori di area pipi, hidung dan dahi kelihatan makin lebar dan bertekstur kasar. Kondisinya makin parah seiring dengan pertambahan usia. Kulit saya jadi mirip seperti kulit jeruk. 

Parahnya lagi, tekstur dan pori besar ini nggak bisa ditutupi dengan make up. Bahkan pemakaian make up justru memperparah dan memperjelas tekstur kulitnya yang kasar. Jadi serba salah kan? 

Pori-pori besar bukan cuma mengganggu penampilan, tapi juga menambah masalah baru pada kulit wajah. Misalnya saja muncul blackheads dan whiteheads di area pipi dan hidung. Selain itu, area yang pori-porinya lebar juga gampang berminyak. 

Hal ini kentara banget saat saya harus pakai make up dengan durasi lama. Hanya 3 jam setelah make up, area pipi, hidung dan dahi langsung deh kelihatan berminyak. 

Penyebab pori-pori membesar 

Jadi ternyata, pori-pori yang membesar disebabkan oleh multi faktor. Maksudnya, kita nggak bisa menghakimi satu hal sebagai penyebab pori-pori membesar. 

Pori-pori kulit membesar sebagai respon tubuh karena paparan beberapa faktor. Misalnya pengaruh sinar matahari, terlalu sering mengonsumsi dairy product, ditambah malas membersihkan muka. Semua penyebab itu saling “bekerja sama” dan berkontribusi membuat pori-pori makin besar. 

Tapi penyebab utama pori-pori besar umumnya karena penyumbatan keringat dan sebum pada pori. Bila sebum ini teroksidasi dengan oksigen dan sinar UV, bisa menyebabkan munculnya blackheads. 

Selain itu, skin barrier yang rusak juga punya konstribusi membuat pori-pori semakin besar. 

Begini urutannya, skin barrier yang rusak membuat kelembaban alami kulit mudah menguap. Akibatnya, kulit memberi alarm bahwa ia kekurangan kelembaban, yang selanjutnya bakal direspon dengan peningkatan produksi minyak. Nah, untuk mengimbangi pertambahan produksi minyak itu, pori-pori pun membesar agar minyak lebih mudah dikeluarkan. 

Jadi bagaimana dong cara menyamarkan pori-pori kulit wajah yang terlanjur membesar? 

Solusi terbaik adalah dengan menjaga kebersihan kulit hingga ke lapisan terdalam. Selanjutnya, beri nutrisi yang tepat buat menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki skin barrier. Disarankan pula untuk memakai produk skincare dengan kandungan astringent seperti tannin

FYI, Tannin merupakan senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Berasa pahit dan kelat (sepat). Tannin bereaksi dengan menggumpalkan protein dan senyawa organik lain seperti asam amino dan alkaloid. Tannin juga terkandung dalam minuman seperti teh, kopi, wine dan bir. 

One Day’s You : Pore Tightening Series 

Sekitar 2 minggu lalu, saya mencoba serangkaian produk skincare pore tightening dari One Day’s You yang berasal dari Korea. 

Pore Tightening Series ini terdiri dari 5 produk yaitu Cleansing Pad, Cleansing Foam, Toner, Serum dan Cream. Kelima produk ini diklaim mengandung witch hazel dan tannin complex yang diekstrak dari 8 tanaman herba. Tanpa tambahan pewangi dan pewarna buatan. Warna dan aroma produk berasal dari bahan-bahan alami yang dipakai. Kelihatannya menarik kan? 

Oke kita langsung ulas kelima produknya ya 

One-Day's You Help Me Pore-T Pad 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Dikemas dalam jar berwarna coklat dengan tutup putih model ulir. Ukuran jarnya lumayan besar. Muat menampung 125 ml hazel water. Dalam satu jar terdapat 60 pads. 

Lembaran cleansing pad ini berwarna agak kecoklatan. Mungkin karena pengaruh zat tannin dalam hazel water. Tiap lembar terdiri dari 2 sisi, yaitu sisi emboss yang terbuat dari kapas lembut. Dan sisi kain kassa yang berfungsi untuk eksfoliasi. 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Cara pakai: Pertama, usapkan pad dengan sisi kain kassa pada seluruh wajah. Tahapan ini bermanfaat untuk membersihkan sel kulit mati, sebum, dan residu kotoran yang tersimpan di dalam pori. 

Setelah itu, usapkan sisi emboss untuk membersihkan sel kulit mati di area hidung dan pipi. Lanjutkan dengan menepuk-nepuk kulit agar hazel water bisa lebih terserap kulit. 

Meski disarankan untuk memakai pad setiap hari, saya hanya memakai produk ini sesekali. Maklum, karena selama beberapa bulan ini saya benar-benar nggak keluar rumah, saya nggak merasa perlu membersihkan sampai sebegitunya. Jadi cleasing pad ini hanya saya pakai saat kebetulan habis make up, atau saat merasa butuh saja. 

Aroma cleansing pad ini seperti herba. Ada bau teh, jahe dan perpaduan beberapa herba lain yang nggak bisa saya identifikasi. Yang jelas aromanya segar. Saat dipakai terasa ada sedikit sensasi mentol. Awalnya dingin lalu hangat. Di bagian kulit tertentu seperti cuping hidung malah terasa agak nylekit-nylekit. Kesan setelah dipakai agak sedikit ada rasa lengket, tapi kulit terasa bersih. 

Pore Tightening Foaming Cleanser 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Dikemas dalam botol pump berwarna coklat berukuran 120 ml. Bagian tutupnya dari plastik bening. Tekstur aslinya cair, namun saat dikeluarkan melalui aplikator, sabun wajah ini berbentuk foam lembut yang cukup solid. Nggak gampang menetes meski saya membalik telapak tangan. 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Setelah diusapkan ke wajah, foamnya merata dengan baik sekali. Di kulit saya yang normal to oily, foaming cleanser ini meninggalkan kesan kesat. Tapi bukan kesat sampai terasa ketarik gitu. Cuma terkesan bersih saja. 

Cara pakai: Tuangkan foam secukupnya ke telapak tangan. Sapukan ke seluruh wajah. Bilas. 

Saya pakai produk ini dua kali setiap hari. Pagi dan sore. Meski terasa agak kesat, cleansing foam ini nggak membuat kulit kering. 

Pore Tightening Toner 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Dikemas dalam botol berukuran 150 ml dengan tutup putih model ulir. Botolnya bening sehingga warna toner yang mirip seperti air teh terlihat jelas. Aromanya herba, perpaduan teh, jahe. Sama seperti aroma cleansing pad

Toner ini mengandung 80 % witch hazel dan 20.000 ppm tannin complex. Teksturnya encer. Benar-benar cair seperti air. Biasanya saya pakai tanpa kapas. Cukup tuang di tangan lalu langsung ditepuk-tepuk di wajah. 

Pore Tightening Toner ini cukup mudah menyerap. Setelah dipakai, kulit terasa lembab. Enak banget. 

Pore Tightening Ampoule Serum 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Botol serum ini berukuran 20 ml. Botolnya terbuat dari kaca tebal dan aplikatornya berupa pipet. Tekstur serumnya agak kental, tapi sangat mudah diratakan saat dipakai. Warnanya juga kecoklatan seperti toner. Aromanya pun mirip seperti toner, hanya sedikit lebih lembut. 

Cara pakai : Usapkan 3 – 5 tetes ampoule serum  pada wajah. Tepuk-tepuk ringan untuk membantu penyerapan. 
Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

So far, serum ini produk favorit saya. Teksturnya kental tapi terasa ringan di kulit. Mudah diratakan dan nggak lengket sama sekali. Saya paling suka dengan hasil akhirnya di kulit. Serum ini bikin kulit terkesan glowing dan plumpy seketika. 

Pore Tightening Cream 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Dikemas dalam jar coklat, dan tutup putih model ulir. Cream ini berukuran 50 ml. Teksturnya cream gel yang lembut dan ringan. Warna cream coklat muda, dengan aroma yang setipe dengan toner dan serumnya. 
Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Oh iya, cream ini juga sudah dilengkapi spatula, jadi lebih higienis. Nggak perlu colek-colek pakai jari. 

Pore Tightening Cream  mengandung 75% witch hazel dan 50.000 ppm tannin complex. Finish cream ini terasa sedikit tacky di kulit saya. Untungnya dia cukup cepat terserap. Menurut saya, cream ini bekerja sangat baik buat mengunci kelembaban dan zat aktif dari toner dan serum. 

Result 

Hal pertama yang saya sadari setelah 14 pemakaian One Day’s You : Pore Tightening Series adalah tekstur kulit yang jauh lebih baik. Perbaikan kondisi kulit saya nggak main-main deh. Bisa lihat sendiri perbedaannya di foto kondisi kulit pipi saya sebelum dan sesudah pemakaian. 

Rekomendasi Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori

Wajah saya memang nggak langsung semulus porselen. Tapi perbaikan tekstur kulit membuat pori-pori yang tadinya lebar jadi tersamarkan. Nggak cuma itu, kulit wajah pun kelihatan lebih cerah dan tone warna kulit jadi lebih rata. 

Jujur saja, hasil ini diluar ekspektasi saya. Highly recommended! 

Rangkaian produk One Day’s You : Pore Tightening Series ini bisa dibeli di @nearndear.id ya. Mereka juga punya official store di shopee, dan pengiriman produk langsung dari Korea 

Semoga jadi tambah tahu.

You Might Also Like

26 comments

  1. Wuaah ternyata dairy product bisa bikin pori2 membasar? Wuaduh ku suka susu huhu.
    Kyknya butuh deh produk kek gini jg soalnya usia tak lagi muda jd pengennya pori2 tetep bisa megecil jd kan bisa keliatan awet mudah dan bebas komedo dll ya mbak. Makasih rekomendasi produknya :D

    BalasHapus
  2. Hahhaaaa..ngakak deh kulit wajah disamain sama porselen, wkakakkaa.
    Wah sungguh mennyenangkan atulah kalo diluar ekspetasi hasilnya. Baiklah ntr tak rekomenin sama temen juga yang mempunyai pori2 besar. Kalo aku pori2nya duh lupaa, besar apa kecil ya, wkakakakkaa.
    Ngaca dulu ahh..

    BalasHapus
  3. Kemasan dan botolnya aja cekep gini, gimana mau nolak nyobain skin care nya? hehehehe. Pori2 kulit wajahku juga banyak dan besar2 nih. Suka gemez deh mana komedoan hihihih. AKu penasaran sama serumnya nih dan pore tightening cream nya. Memang kudu rajin bersihin muka sih ya terutama malam sebelum bobo. Abis itu baru pakai skin care nya.

    BalasHapus
  4. Pore Tightening Series ini khusus bagi yang memiliki masalah pori-pori yaa. Siip, noted, Mak. Makasih sharing-nya.

    BalasHapus
  5. Waaahhhhhh... sebagai pemilik pori-pori besar rasanya aku ingin mencoba ini deh, habis baca reviewnya dan tertarik juga mau pakai One Day’s You

    BalasHapus
  6. Wow mantap banget hasilnya Mba, seneng deh bacanya. Saya belum pernah nyobain produk ini. Kulit saya cenderung normal kering sih, jarang banget berjerawat, tapi masalahnya adalah kulit terlihat kusam

    BalasHapus
  7. Saya suka dairy produk. Ternyata bisa menyebabkan pori-pori membesar, ya. Anak-anak saya nih yang lagi pada mulai jerawatan. Bisa kali ya cobain produk ini

    BalasHapus
  8. Wah, skincare Korea emang kece banget
    Gak heran kalo nonton Kdrama mukanya pada glowing nan kinclong bikin gemash
    Pori2 kulit wajahku juga lumayam besar nih dan harus rutin bersihin komedo, kayaknya pengen coba yang serum deh. Cek dulu budgetnya nih hehe

    BalasHapus

  9. Wuah senangnya ya kalo hasilnya bagus seperti ini, masalah pori-pori teratasi, warna wajah jadi lebih cerah2 juga.
    Pori-poriku juga besar nih, mungkin karena males bersihin wajah kali ya hiks. Jadi pengin cobain serangkaian produk ini juga, ntar deh kalau skincare ku sudah habis.

    BalasHapus
  10. Mbak aku kagum banget liat hasilnya setelah 14 hari.alus banget gitu ya. Aku sering bersemangat pengen bisa serajin itu ngerawat kulit, cuma di lain hari semangatnya menurun

    BalasHapus
  11. Problem wajahku banget nih pori-pori besar seperti kulit jeruk. Sepertinya ini rekomendasi yang bisa kucoba nih. Tengkyu mak Wid :)

    BalasHapus
  12. Untuk cowok cocok gak ya? Suamiku termasuk yng pori-pori kulit wajahnya besar. Gemes deh. Udah nyoba bbrp produk tapi belum nemu yang cocok

    BalasHapus
  13. Duh mukaku banget nih pori-porinya besar..ternyata banyak faktor penyebabnya ya kayaknya aku dulu suka panas-panasan..pengen coba juga deh apalagi hasilnya memuaskan nih .

    BalasHapus
  14. Kondisi kulitnya mirip dengan saya Mbak. Pori-pori membesar dan kalau pakai bedak bukannya menyamarkan malah terlihat makin mencolok. Jadi tertarik beli akun cara ini. Aku catat ah kontaknya.

    BalasHapus
  15. Ini aku banget mba pori-porinya besar tapi lumayan mengecil sekarang seh tapi sayangnya yang kemaren kalau berhenti jadi kusam huhu
    cobain yang ini ah sapa tau cocok sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin itu pake nya apa , kalo boleh tauπŸ™‚

      Hapus
  16. Aku udah lama tertarik dengan Pore T-Pad dan Tightening Creamnya.
    Japri harganya dong, Wied. Ku mau nabung dulu buat belinya :)
    Makin tertarik lihat hasil pakai dirimu.

    BalasHapus
  17. Before Afternya kelihatan perbedaannya kulit makin cerah dan pori-pori mengecil. Supaya hasilnya makin bagus harus dijaga asupan dari dalam ya. Aku masih sering makan gorengan dan makanan berlemak, duh alamat.

    BalasHapus
  18. Jd pengen cobain juga. Pas pandemi ini entah kenapa komedo aku bersemi n akhirnya bikin pori2 gede. Wkwk.

    BalasHapus
  19. Wohoo jauh banget ya mbaa perubahannya before dan afternya.. jadi tergoda.. iya sih..kalo kita sering kepapar matahari bisa juga ya bikin pori2 beaar meski setuju juga faktornya ga cuma satu ya..

    BalasHapus
  20. Pori-poriku juga besar nih. Semakin bertambah tua umur, pori-poriku semakin besar. Sering bikin gak pede. Dibaca baca dulu deh review produk yang bikin pori-pori mengecil nih.

    BalasHapus
  21. jadi penasaran sama produknya, pengen nyoba, saya ini di jidat mendadak ada brintisan kecil kecil sejak korona ini, pengn nyoba bersihin pakai one day's you

    BalasHapus
  22. Mantap nih, rangkaiannya lengkap banget... Hasilnya pun cukup signifikan ya bisa menyamarkan pori-pori, bonusnya lebih cerah juga...

    BalasHapus
  23. Di bagian pipi yang dekat hidung tuh pori-poriku juga kelihatan melebar. Di musim pandemi gini nih jadi jarang bersihin muka. Ga kemana-mana sih ya pikirku. Tapi ternyata ngefek juga ya ke kondisi kulit karena kan tubuh kita tetap mengeluarkan kotoran dari berbagai pori-pori ya.

    Pengin juga nih nyobain produk yang direkomendasiin ini.

    BalasHapus
  24. Kalau aku pori-pori besar ada di hidung. Ini bisa sekalian memgatasi komedo ya mbak? Rangkaian perawatannya banyak dan lengkap. Pengen lihat di sophee ah kisaran harganya. Kalau ramah di kantong, mau coba juga...biar glowing kayak mbak widya...

    BalasHapus
  25. Ini nih yang dicari, masalah pori-pori besar memang kerap bikin komedoan hiks memang betul mak rajin bersihin wajah emang berkurang tuh komedo.
    Pengin coba skinker ini, perubahannya nampak banget. ^^

    BalasHapus