-->

Tips Memilih MC untuk Acara Penting

Desember 11, 2019

jasa MC
Semenjak aktif menjadi blogger, saya jadi sering menghadiri berbagai event. Mulai dari yang formal, casual hingga event yang sangat amburadul, semua pernah saya rasakan.

Dari berbagai pengalaman menghadiri event tersebut, saya jadi sadar bahwa salah satu kunci kesuksesan suatu event adalah keterampilan MC (Master of Ceremony) membawakan acara. MC memegang peran penting dalam membangun mood atau suasana event /acara. Tanpa bermaksud menafikan peran lain yang ada dibalik layar, saya bisa bilang MC ini jadi tokoh kunci dibalik kesuksesan event.

Saya pernah punya pengalaman menyebalkan banget di suatu acara beauty class lantaran si MC yang bercanda kelewatan. Yang benar saja sih, masa di event beauty class begitu si MC melontarkan candaan berbau ras dan suku. Kan nggak asyik banget.

Bayangin coba kalau MC yang bercandaannya kelewatan seperti itu disewa untuk acara kita. Haduuuh apa kata tamu-tamu nantinya. Yang bakal dingat dan dapat feedback buruk kan bukan cuma MC tetapi juga kita sebagai tuan rumah.

Lalu bagaimana dong cara memilih MC yang tepat untuk event kita? Nah, coba kita simak tips memilih jasa MC berikut ini,

1. Sesuaikan karakter MC dengan acara 

jasa MC

Tidak semua MC berpengalaman bisa luwes dan punya kemampuan membawakan berbagai jenis acara. Kalaupun ada, mungkin jumlahnya tidak banyak. Setiap MC memiliki karakter dan cara berkomunikasi yang berbeda. Mereka memiliki spesifikasi sendiri-sendiri.

Ada MC yang sangat ahli dan berwawasan di musik sehingga sesuai untuk membawakan event musik. Ada pula MC yang jadi spesialis MC pernikahan, MC ulang tahun, MC untuk acara formal, dan sebagainya. Menyewa jasa MC sesuai dengan spesialisasinya akan memudahkan kita dalam berkoordinasi.

Untuk itu, langkah pertama yang perlu kita lakukan saat ingin menyewa jasa MC adalah menentukan kriteria MC yang sesuai dengan acara yang akan kita gelar. Apakah kita butuh MC dengan kemampuan bahasa tertentu seperti bahasa Mandarin, Inggris, atau bahasa daerah.

2. Sesuaikan budget 

jasa MC

Setiap penyelenggara acara tentu memiliki anggaran khusus untuk menyewa jasa MC. Makanya saat mulai memilih MC yang akan disewa, kita juga perlu menyesuaikan budget. Kalau kita menyewa jasa melalui marketplace jasa kreatif seperti SociaBuzz.com, ada fitur “tanya tarif” yang bisa membantu menentukan MC yang pas untuk acara kita. Jadi nggak perlu repot berbasa basi lagi.

3. Pelajari portofolio MC dengan teliti 

jasa MC
Saat ini banyak MC juga memanfaatkan akun sosial media mereka sebagai portofolio

Portofolio ini bisa berupa rekaman MC saat membawakan acara. MC profesional biasanya membuat menyediakan dokumentasi seperti ini sebagai portofolio. Kalaupun tidak, kita juga bisa melihatnya melalui rekaman yang ada di media sosial. Rekaman ini bisa membantu kita memberi gambaran seperti apa gaya berbicara MC yang akan kita sewa jasanya.

4. Minta referensi atau rekomendasi dari orang yang pernah menyewa jasa MC 

Sangat penting untuk mencari referensi mengenai MC yang akan kita sewa dari klien mereka sebelumnya. Bila kita menyewa jasa MC di marketplace jasa kreatif seperti SociaBuzz.com, referensi dan rekomendasi klien ini sudah langsung ditampilkan. Jadi nggak perlu repot lagi mencari referensi dimana-mana.
Di marketplace jasa kreatif seperti sociabuzz, kita bisa langsung melihat feedback dari klien lain 

5. Lakukan background check dan pastikan jam terbang MC 

Melakukan background check adalah hal yang penting untuk dilakukan dewasa ini. Sebagai “wajah” dari acara yang akan kita gelar, latar belakang MC akan sangat berpengaruh pada kelancaran acara.

Yah, misalnya kalau kita ingin menyewa jasa MC untuk seminar pendidikan, pasti akan lebih meyakinkan kalau MC yang kita sewa juga memiliki wawasan dan pengetahuan di bidang yang sama. Sehingga improvisasi yang ia lontarkan juga tetap sesuai dengan konteks acara.

jasa MC
Lebih baik memilih MC yang memiliki latar belakang yang sesuai dengan event. Misalkan untuk event marathon, kita memilih jasa MC yang juga hobi lari atau punya pengalaman mengikuti marathon

Selain itu, menyewa jasa MC dengan jam terbang tinggi tentu akan lebih baik ketimbang menyewa MC dengan pengalaman minim. MC dengan jam terbang tinggi dapat diasumsikan kalau ia lebih berpengalaman menangani situasi tak terduga yang mungkin terjadi saat acara. Kendati begitu, MC dengan jam terbang tinggi biasanya juga akan mematok tarif yang lebih tinggi. Jadi sesuaikan kembali dengan budget yang tersedia ya.

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan bagaimana memilih MC yang tepat untuk acara kita? Kalau masih bingung atau buta referensi sama sekali mengenai jasa MC, saya sarankan untuk memilih MC melalui marketplace jasa kreatif seperti SociaBuzz.com.

 Di Sociabuzz, jasa MC yang tersedia sudah dikelompokan menjadi berbagai kategori antara lain acara formal, casual, penikahan, gathering, dan masih banyak lagi. Kita bisa memanfaatkan fitur cari/filter untuk memilih MC yang sesuai. Beberapa MC bahkan sudah memasang tarif mereka, kalau kita tertarik kita masih bisa mengajukan penawaran lagi.

Semoga nggak bingung lagi lagi ya saat ingin menyewa jasa MC.

Semoga jadi tambah tahu.

You Might Also Like

0 comments