-->

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh

Desember 05, 2019

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Jerawat sering bikin hidup saya jadi serba salah. Mau ditutupi pakai make up, dia meradang. Kalau dipencet, takut bekasnya susah hilang. Kalau dibiarin kok juga rasanya gemas. Belum lagi kalau pas kedapatan jerawat yang besar, gemuk dan sensitif. Cuma kesenggol sedikit saja langsung bikin nyut-nyutan. Sebal banget!

Punya jerawat bikin saya malas keluar rumah. Rasanya bikin samadhi dulu sampai jerawat sembuh dan bekasnya hilang, musnah dari muka. Tapi menghilangkan bekas jerawat kan nggak semudah itu juga ya. Hiks.

Makanya saya lebih suka mengambil langkah preventif alias pencegahan jerawat. Ketimbang pusing mikirin cara menyembuh jerawat, saya lebih fokus pada cara mencegah jerawat muncul. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan sabun wajah yang tepat. Dan pilihan saya jatuh pada soap bar alias sabun batang. Alasannya cukup sederhana, karena soap bar biasanya punya efek membersihkan yang lebih kuat. Jadi bakal lebih ampuh untuk orang dengan jenis kulit cenderung berminyak seperti saya.


Nah, kali ini saya mau berbagi sedikit tentang soap bar dari brand lokal yang ampuh banget buat menyembuhkan dan menangkis jerawat.

Kenapa harus brand lokal?

Ya kenapa nggak? Hehehe. Begini, saya berasumsi bahwa brand lokal tentunya diramu dan diracik dengan kearifan lokal. Menggunakan bahan-bahan lokal dan diracik agar sesuai dengan iklim dan jenis kulit orang Indonesia. Jadi besar kemungkinan lebih sesuai buat kulit kita. Dan terbukti juga sih, sejauh ini soap bar yang ngefek untuk kulit saya kebanyakan berasal dari brand lokal.

Yuk kita mulai daftarnya,

1. Holly Sabun Hijau 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Sabun Holly merupakan produk lokal yang sudah cukup lama usianya. Dulu, saya sering melihat Ibu memakai sabun hijau ini untuk mengatasi gatal dan jerawat di punggung. Yup, sabun antiseptik produksi PT Sekawan, Sidoarjo ini sudah ada sejak tahun 1988.

Disebut sabun hijau, karena sabun ini memang berwarna hijau transparan dengan tekstur yang sangat lunak. Komposisinya juga nggak aneh-aneh, hanya Coconut Oil, Aqua, Potassium Hydroxide, Glycerin, dan Triclosan. Itu sebabnya sabun ini juga nggak beraroma harum sebagaimana kebanyakan sabun zaman sekarang. Kalau mau diendus, ada sedikit aroma minyak kelapa yang tercium. Itu pun tidak dominan.

Karena teksturnya yang lunak, sabun ini mudah luruh dalam air. Jadi biar hemat, saya sarankan untuk mengambil sedikit saja saat mau dipakai. Setelah itu, tempatkan sabun hijau di wadah yang kering. Biar begitu, untuk urusan mengatasi jerawat dan gatal-gatal, sabun hijau ini boleh dibilang cukup ampuh. Dan satu nilai positifnya, sabun hijau tidak membuat kulit saya jadi kering.

Untuk sekadar masalah bruntusan, berdasarkan pengalaman saya, bisa teratasi dalam 5 hingga 6 kali pemakaian. Saya biasanya memakai sabun ini saat mandi pagi dan sore. Cara pakai yang direkomendasikan adalah dengan mengusapkan sabun ini pada area yang bermasalah, bilas sedikit dengan air hangat, busakan lalu diamkan selama sekitar 3 menit. Dan bilas air hingga bersih.

Sabun Holly juga cukup efektif untuk dipakai di badan untuk mengatasi jerawat punggung, dan bonusnya masalah bau badan juga bisa teratasi dengan sabun ini. Recommended banget deh!

2. Sabun Tanamu Tanami 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh

Sabun Tanamu Tanami diklaim terbuat dari ampas pembuatan minyak tanamu tanami. Komposisinya terdiri dari minyak nyamplung, minyak zaitun dan 49 rempah kutus-kutus. Sabun produksi PT Tamba Waras, Bali ini berawarna coklat tua dengan tektur yang lumayan empuk. Aroma rempah dari sabun ini lumayan kuat. Sebagian orang yang tidak terbiasa dengan bau rempah khas Indonesia mungkin akan sedikit terganggu dengan aromanya. Tapi sabun ini cukup ampuh menghilangkan jerawat lho.

Cara pemakaiannya juga hampir sama dengan Sabun Holly, kita perlu mendiamkannya di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas untuk mendapatkan hasil optimal. Sabun Tanamu Tanami juga memiliki sedikit tekstur kasar. Wajar, karena bahan pembuatannya memang berasal dari ampas pembuatan minyak tanamu tanami. Selain membantu menghilangkan jerawat dan memudarkan bekas jerawat, sabun tanamu tanami juga membantu menjaga kelembaban kulit.

3. JF Sulfur Acne Care 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Sabun JF Sulfur memang diformulasikan untuk mengatasi jerawat. Sabun JF Sulfur produksi PT Galenium Pharmasia, Bogor ini sebenarnya memiliki banyak varian untuk mengatasi berbagai jenis jerawat hingga untuk perawatan pasca jerawat.

Buat kalian yang memiliki jerawat ringan atau sedang dianjurkan untuk memakai sabun JF The Skin Spesialist Anti Acne. Kandungan aktif pada sabun ini diklaim efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, membersihkan pori-pori tersumbat serta membersiihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih. JF Anti Acne ini bisa mengatasi jerawat dalam pemakaian sekitar 2 pekan. S

Sayangnya, pemakaian yang terlalu sering juga bisa membuat kulit kita kering, jadi saya sarankan untuk memakai sabun ini saat sedang berjerawat saja ya.

4. Acnes Washing Bar 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Brand Acnes memang merupakan seri perawatan kulit berjerawat. Varian produknya cukup banyak mulai dari obat totol, sunscreen, masker, toner, compact powder dan sebagainya. Salah satunya adalah Acnes Washing Bar, berupa soap bar bertekstur cukup padat dengan busa halus.

Soap bar ini sebenarnya lebih ditujukan untuk mengatasi jerawat pada bagian tubuh seperti punggung. Tapi boleh juga kok kalau mau dipakai untuk wajah, asalkan kulit wajah kita bukan tergolong kulit yang sensitif. Selain mengandung bahan aktif anti bakteri untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat, Acnes Washing Bar juga diperkaya dengan kandungan Aloe Vera untuk membantu melembutkan kulit dan enjaga kelembabannya.

5. Sariayu Anti Acne Soap 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Sabun jerawat yang satu ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit. Meski begitu, sesuai namanya, manfaat utama dari sabun beraroma herbal ini lebih ditujukan untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Sabun keluaran brand lokal ternama Sariayu Martha Tilaar ini mengandung ekstrak daun pegagan alias Centella Asiatica dan Daun Sirih yang baik untuk regenerasi sel kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Tekstur sabun cukup padat namun mudah luruh oleh air. Untuk menghemat pemakaian, sebaiknya potong sabun menjadi beberapa bagian sebelum digunakan.

6. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Myrtle Tea Tree Soap 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Soap bar produksi Bali ini memiliki perpaduan kandungan minyak tea tree dan lemon myrtle alami yang memberi aroma citrus. Kombinasi kedua bahan tersebut diklaim bagus untuk kulit berjerawat karena bahan aktifnya dapat mengangkat kotoran secara alami dan membersihkan pori-pori.

Minyak tea tree sendiri terkenal bagus untuk melawan dan mencegah jerawat. Sementara itu, minyak lemon myrtle lebih berfungsi sebagai antibakteri dan anti jamur. Cara pakai sabun ini sama dengan sabun batang lainnya cukup busakan sabun ditangan, lalu usapkan ke area yang diinginkan dan bilas hingga bersih.

7. Herborist Sabun Susu dan Beras Merah 

Rekomendasi 7 Sabun Jerawat Merk Lokal Paling Ampuh
Masih soap bar produksi Bali, Herborist sabun Susu & Beras Merah ini banyak direkomendasikan para pejuang jerawat karena selain dapat meredakan jerawat yang meradang, sabun ini juga disebut dapat membantu mencerahkan kulit. Itu sebabnya sabun beraroma lembut ini juga bisa dipakai untuk membantu memudarkan bekas jerawat.

Sabun ini juga diklaim memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang dapat meremajakan dan mempercantik kulit. Sama seperti sabun batang lainnya, sabun ini juga mudah lumer, sehingga kalau mau menghemat pemakaian bisa dipotong dulu jadi beberapa bagian sebelum digunakan.

Itu tadi rekomendasi sabun dari brand lokal yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Tapi perlu diingat juga, jerawat timbul tidak semata karena kulit yang kotor. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk juga bisa memicu munculnya jerawat. So, jangan lupa untuk mulai memperbaiki gaya hidup jadi lebih sehat juga ya.

Semoga jadi tambah tahu.

You Might Also Like

0 comments