Terbebas Dari Kulit Kusam, Rekomendasi Skincare Lokal yang Bikin Kita Terlihat Muda di Usia Matang [Review Airnderm]

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Kulit kusam bisa bikin tampilan kulit lebih tua? Atau karena makin tua, kulit kita jadi terlihat kusam? 

Yang jelas, saya yakin tak ada perempuan yang menginginkan kedua hal tersebut. Baik kulit kusam atau wajah yang terlihat tua, keduanya sama-sama tidak disukai. 

Kulit kusam menyampaikan banyak pesan. Boleh jadi, itu merupakan sinyal tubuh bahwa ada masalah pada kesehatan. Namun, ada juga kemungkinan kulit jadi kusam lantaran kita terlalu malas merawat kulit. 

Apapun penyebabnya, satu hal yang pasti, kulit kusam bisa diatasi dengan perawatan rutin yang tepat. 

Kali ini saya ingin berbagi tentang produk-produk perawatan kulit harian yang, awalnya saya pakai untuk mengatasi masalah aging, tapi ternyata cukup recommended untuk mengatasi kulit kusam. 

Produk apa sih? 

Lebih dari sebulan terakhir, saya menggunakan produk skincare dari Airin Beauty Care. Brand skincare lokal ini sebelumnya sudah lumayan terkenal dengan layanan klinik kecantikannya. 

Saya sendiri belum lama tahu, kalau Airin ternyata juga merilis produk skincare yang dinamai, Airnderm Aesthetic. Kirain cuma melayani perawatan di klinik saja, rupanya cakupan bisnis mereka cukup luas. Selain Airin Skin Clinic, dan Airndern Aesthetic, mereka juga memiliki line produk perawatan untuk pria (Airin for Men), serta perawatan untuk kulit remaja (Airin for Teens)

Yuk lah kita langsung masuk ke ulasan lengkap versi ibusegalatau. 

FYI, review ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan 3 produk Airnderm selama kurang lebih 1,5 bulan. Produk yang saya gunakan adalah Advance Brightener Essence, Hydrating Primer Toner dan Airnderm Suncare. Tipe kulit saya normal to oily, dan punya masalah aging

Urutan review didasarkan pada urutan pemakaian ya. 

Airnderm Hydrating Primer Toner 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Diklaim sebagai toner dengan manfaat utama untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah. Airnderm Hydrating Primer Toner diperkaya dengan kandungan bahan aktif yang dikenal ampuh untuk mengunci kelembaban kulit, yaitu : 
  • Sodium Hyaluronate 
  • Glycerin 
  • Aloe Vera 
  • Panax Ginseng Root, yang selain bagus untuk menghidrasi kulit, juga punya manfaat anti-aging dan anti-oksidan. 

Kemasan 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Airnderm Hydrating Primer Toner dikemas dalam botol plastik doff yang tebal. Berukuran 100 ml. Sepintas lalu. botolnya terlihat seperti botol kaca, namun saat dipegang baru terasa kalau dia terbuat dari plastik. 

Desainnya minimalis dengan tutup ulir berwarna silver. Di bagian dalamnya masih dilengkapi tutup tambahan yang membuatnya lebih aman, nggak gampang tumpah. 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam


Tekstur & Aroma 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Teksturnya cair, nyaris tanpa aroma dan tak berwarna. Kelihatan seperti air mineral saja. Saat diaplikasikan, terasa sedikit adem. 

Toner ini lumayan cepat terserap dan nggak meninggalkan kesan lengket. Pun begitu, efek hydrating-nya cukup nampol. Namun tetap terasa ringan di kulit. Nyaman banget dipakai oleh pemilik kulit berminyak. 

Cara Pakai 

Airnderm Hydrating Primer Toner dipakai setelah face wash dan sebelum essence. Kalau kalian termasuk penganut toner berlayer-layer, hydrating toner ini juga cukup nyaman untuk dipakai setelah toner lain, karena finish-nya yang ringan. 

Cara pakainya simple, cukup tuangkan 3-4 tetes ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk perlahan ke wajah hingga terserap. 

Cara alternatif, bisa juga diaplikasikan dengan metode CSM (Chizu Saeki Method). Tuangkan toner pada kapas hingga kapas terendam atau cukup basah, lalu tempelkan di area kulit wajah yang membutuhkan. Biasanya di pipi dan dahi. 

Menurut saya, teknik CSM ini bikin efek hydratingnya makin nampol. Cocok banget buat yang punya kulit kering atau sedang berjerawat, karena toner ini juga kasih sensasi calming

Airnderm Advance Brightener Essence 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Diklaim sebagai produk essence dengan kandungan brightening agent yang dilengkapi teknologi formulasi nanopartikel sehingga mudah terserap. Essence ini ditujukan untuk perawatan anti-aging, terutama untuk kalian yang berusia diatas 20 tahun. 

Kombinasi whitening agent dan plant extract yang terkandung di dalamnya cocok untuk perawatan kulit normal to oily atau pemilik kulit berjerawat. 

Hero ingredients :

  • Arbutin, bermanfaat mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. 
  • Citric Acid, melembabkan dan mengatasi kulit kering 
  • Vitamin E, berkhasiat sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit. 
  • Glutathione, berguna sebagai antioksidan dan menghambat pembentukan melanin. 
  • Niacinamide, bermanfaat untuk melembabkan dan mencerahkan kulit 
  • Vitis Vinifera Seed Extract, yang baik untuk meredakan peradangan pada kulit 
  • Sodium Hyaluronate, untuk melembabkan kulit 
  • Sodium Ascorbyl, yang bermanfaat menangkal radikal bebas 

Kemasan 

Jujur, awalnya saya dibuat bingung dengan Advance Brightener Essence ini. Gimana ya cara mengeluarkan produknya? 

Kemasan essence ini unik. Botolnya berbentuk balok tinggi, berwarna putih. Dibagian atasnya ada bagian silver. Saya pikir, itulah tutupnya. Tapi kok nggak bisa ditarik? Ditekan bagian atasnya juga nggak bisa. 

Setelah dibuat pusing selama beberapa menit, barulah saya sadar. Cara mengeluarkan produknya adalah dengan memutar bagian silver itu berlawanan dengan jarum jam. Setelah itu aplikator berupa pump akan naik ke atas. Setelah itu baru tekan pump, dan essence pun keluar. 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Bagus sih, isi produk lebih higienis, dan resiko pump rusak atau produk tumpah saat dibawa bepergian juga lebih kecil. 

Tekstur & Aroma 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Tekstur Advance Brightener Essence nyaris serupa dengan hydrating toner. Terasa ringan dan cepat terserap di kulit. Namun teksturnya nggak secair toner, dan kalau diperhatikan aroma glutathione-nya cukup dominan. 

Setelah diaplikasikan, essence ini menyisakan sedikit rasa lengket, yang berangsur menghilang setelah terserap. 

Cara Pakai 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Advance Brightener Essence diaplikasikan setelah memakai toner. Saya biasanya hanya memakai satu pump untuk sekali pemakaian. Cukup tuang ke telapak tangan, lalu ratakan ke seluruh wajah sambil pijat perlahan. Teksturnya lumayan licin, jadi cocok dipakai sambil massage ringan. 

Airnderm Aesthetic Suncare SPF 50 PA ++ 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Ini salah satu produk penting yang nggak boleh terlewat dalam skincare routine, sunscreen! 

Sejauh pengamatan saya, Airnderm Aesthetic Suncare SPF 50 PA ++ ini merupakan salah satu produk terbaru dari Airnderm Aesthetic. Airnderm punya banyak varian produk sunscreen. Ada suncare nia white, whitening white, sunscreen glowing dan masih banyak lagi. Saya pilih suncare SPF 50++ karena punya proteksi paling tinggi. 

Krim tabir surya ini diklaim memberi perlindungan kulit dari UVA & UVB yang berpotensi menyebabkan photoaging dan kulit kusam. 

Beberapa bahan aktif yang terkandung didalamnya, adalah : 
  • Panthenol, yang berfungsi melembabkan dan meredakan kemerahan di kulit wajah 
  • Ubiquinone, antioksidan untuk memudarkan garis halus pada kulit dan mengurangi reaksi inflamasi /peradangan 
  • Glycine Soja Extract, untuk menangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan untuk kulit 
  • Tocopheryl Acetate, yang bermanfaat untuk menutrisi dan membantu melembabkan kulit wajah. 

Kemasan 

Dikemas dalam tube putih berukuran 30 gram, Airnderm Aesthetic Suncare SPF 50 PA ++ ini lumayan bulky. Dilengkapi dengan tutup flip berbahan plastik. 

Tekstur & Aroma 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Teksturnya berupa krim putih dengan konsistensi yang lumayan kental. Pun begitu, sunscreen ini sangat mudah diratakan, nggak ada whitecast tapi terasa agak berat dan berminyak di kulit saya. Oh iya, mengenai aromanya, saat diaplikasikan, tercium wangi floral yang tipis sekali 

review-airnderm-aesthetic-perawatan-kulit-kusam

Cara Pakai 

Sama seperti pemakaian sunscreen pada umumnya, ratakan krim ini secara merata pada wajah dan leher. Bisa diaplikasikan sebelum pelembab atau setelah pelembab dan sebelum make up. 

Dianjurkan untuk mengaplikasikan suncare 15-30 menit sebelum terpapar matahari. Suncare bisa di re-apply bisa kita berkeringat atau setelah berenang. 

Kesan Setelah Pemakaian 

Sukaaaaaa banget dengan toner dan essence-nya. Hydratingnya super nampol. Berdasarkan pengalaman saya, kombinasi kedua produk ini bikin kulit terasa lebih halus, dan kenyal. Bekas jerawat juga cepat menipis. 

Poin plusnya lagi, Airnderm Hydrating Primer Toner ternyata juga lumayan efektif untuk menenangkan jerawat meradang. Beberapa kali saat saya kompres jerawat kemerahan dengan toner ini, dan hasilnya sangat memuaskan. Kemerahannya mereda, dan rasa sakit juga berkurang. Hal ini sepertinya sangat membantu kerja krim acne spot sehingga jadi lebih efektif. 

Untuk toner dan essence saya kasih poin 9/10 deh. 

Sayangnya, saya nggak bisa kasih rate setinggi itu untuk produk sunscreen. Airnderm Aesthetic Suncare SPF 50 PA ++ emang punya banyak keunggulan. Nggak pilling, nggak white cast, nggak pedih di mata, gampang diratakan dan kasih proteksi UV yang lumayan tinggi. 

Hanya saja, saya merasa kurang nyaman dengan finish-nya. Di kulit saya yang cenderung berminyak, sunscreen ini terasa agak berat dan bikin kelihatan berminyak. Meski begitu, sunscreen ini nggak bikin pori tersumbat. 

Sepanjang pengalaman saya, sunscreen ini nggak bikin komedo tambah banyak, dan nggak bikin jerawatan. So, sebenarnya dia aman banget, hanya finishnya yang bikin kurang nyaman. Kayaknya sih bakal lebih cocok dipakai oleh yang punya kulit normal atau cenderung kering . 

Makanya untuk Airnderm Aesthetic Suncare SPF 50 PA ++ saya beri rate 8/10 

Bakal repurchase nggak? Untuk toner dan essence sih pasti. Kalau sunscreen, kayaknya saya mau coba varian sunscreen Airnderm yang lain deh. 

Btw, semua produk Airnderm Aesthetic sudah aman ya, karena telah bersertifikasi halal MUI dan mengantongi legalitas BPOM. Kalian ada yang udah coba produk-produk Airnderm belum? Boleh dong cerita di komen 

Semoga jadi tambah tahu…

24 komentar

  1. Wah, toner Airnderm ini mengunci kelembapan kulit! Jadi andalan dong ya skincare yang satu ini buat kita para perempuan yang senang menjaga kulit wajahnya :) Ada suncare nya juga spf 50 ck..ck...ck Wah samaan dong aku juga berminyak nih. Aroma floralnya bikin penasaran.

    BalasHapus
  2. Jarang liat botol bentuk kotak. Unik juga ya. Airnderm Aesthetic aman deh mau pake karena sudah BPOM n halal MUI, hasilnya juga optimal

    BalasHapus
  3. Botol kemasan tonernya tampak mewah ya. Mungkin karena kaca dan juga doff. Bagus juga ya tonernya bisa untuk membantu menenangkan jerawta yang meradang. Makasih rekomendasinya

    BalasHapus
  4. Makasih reviewnya, Mbak. Sepertinya cocok nih buat saya yang punya beberapa masalah kulit karena usia. Huhu... emang bener ya, makin bertambah usia tuh harus tambah rajin pakai skincare.

    BalasHapus
  5. Kulit kusam menyampaikan banyak pesan. Hassseekk. Wkwkwk berarti emang harus lebih aware lagi ya kalau udah mulai kusam, eh jangan sampe kusam! Awalnya aku kira Airnderm Aesthetic juga Cuma melayani perawatan klinik ternyata ada skincarenya juga. Tonernya kayanya hydratingnya oke banget yaa.

    BalasHapus
  6. Walau sempat bingung dengan kemasan Advance Brightener Essence ini, akhirnya bisa juga ya mbak mengeluarkan produk dari kemasannya. Dan merasakan manfaatnya bagi kulit. Tapi ini kemasannya menurut saya enak lho buat dibawa ke mana-mana dan nggak takut isinya keluar karena mungkin kegencet-gencet saat ditaruh dalam tas

    BalasHapus
  7. Banyak yang ketipu penampilan botol Airnderm Hydrating Primer Toner disangka kaca ternyata plastik. Aman deh gak nyesek kalau jatuh, sayangkan apalagi kalau isinya masih banyak

    BalasHapus
  8. Kalau saya kulit muka kusam karena kurang merawat wajah. Ini nih yang perlu dibasmi. Hehehe. Senang banget deh mulai baca-baca postingan tentang review produk lokal begini jadi bisa semangat untuk mencoba lagi. Setidaknya ada kemauan mencoba.

    BalasHapus
  9. kulitku kadang suka kusam nih, mungkin karena usia ya, jadi butuh skincare yang bisa membuat kulit wajah lebih cerah

    BalasHapus
  10. Ahahaha kemasan essence-nya mbingungin ya? Untung akhirnya bisa dibuka :D
    Zaman sekarang yang namanya skincare emang suka dibuat unik baik dari formula hingga kemasannya untuk menyenangkan penggunanya.
    Wah lengkap ya sekalian udah punya suncreen. Eh tapi penasaran mereka punya pelembab gak ya?

    BalasHapus
  11. Aku kok tertarik pengin cobain sun carenya ya, apalagi kemasannya pun travel friendly gitu mak Wid. Berarti kalau dari rangkaian yang ada ini, si toner dan essencenya juara nih, jadi semakin penasaran.

    BalasHapus
  12. Toner yg melembabkan ini nih yang dibutuhkan oleh kulitku karena makin nambah umur makin terasa kering nih kulit. Dan saya juga suka toner yg tanoa aroma, penciumanku rada-rada gampang alergi yg menghasilkan bersin tak henti-henti.

    BalasHapus
  13. Kalau dari segi kemasan Airnderm cakep banget yaa..
    Tulisan jelas, model simple tapi semua keterangan yang dibutuhkan dari sebuah produk lengkap.

    Apalagi essence yang sukses bikin lieuurr. Hihii~
    Jadi berasa tutorial menggunakan Advance Brightener Essence.

    BalasHapus
  14. Kulit kusam bisa bikin wajah jadi kelihatan lebih tua biasanya, ya. Saya jadi pengen cobain, deh. Apalagi bentuknya unik. Saya tuh gampang etrtarik sama produk yang bentuknya unik :D

    BalasHapus
  15. Ahh, Airin.. produk skincare pertamaku. Untuk sunscreennya kayanya yang sekarang formulanya lebih bagus, tapi ya balik lagi ya kalau sunscreen itu gimana kulit yg diapplikasikannya.

    BalasHapus
  16. sunsreen mungil bisa muat di dompet kayaknya ya, boleh banget nih jika mau pergi-pergi gak kelupaan bawa sunscreen

    BalasHapus
  17. Eh unik banget kemasan essence-nya. Itu setelah diputar, pump-nya bisa dimasukkan lagi?

    Trus... Aku kelewatan baca apa gimana yah, udah scrolling belum ketemu harganya berapa. Hehe... Spill dong barangkali beli sepaket lebih murce.

    BalasHapus
  18. Boleh di-spill kisaran harga untuk masing-masing produk dan dimana belinya, mbak? Kulitku termasuk yang jenis kering nih, butuh yang bisa menghidrasi seperti Airnderm ini. Buatku mungkin cocok banget tuh sunscreennya.

    BalasHapus
  19. Tadinya pengen coba sunscreen soalnya lagi cari produk yang lain menggantikan yang biasa kupakai, ternyata terasa berat di kulit yaa dan berminyak...coba essencenya yaa

    BalasHapus
  20. Wah, makin banyak ya skincare lokal bermunculan yang ikut meramaikan industri kecantikan. Apalagi kalau udah bersertifikasi halal MUI dan mengantongi legalitas BPOM, bisa dijadikan pilihan kalau lagi pengen nyobain skincare baru. Thank you, Mak!

    BalasHapus
  21. Produknya menarik sekali, 1 paket sudah dapat perawatan kulit yang bagus, pingin cobain si sun care, kemasannya yang travel friendly jadi gampang dibawa keman a- mana, jadi makin rajin deh re-apply sun screen nya.

    BalasHapus
  22. Baru denger nih tentang Airnderm Aesthetic.. Skincare lokal ya ternyataaa.. Cakep juga nih kayanya produknyaaaa.. Mau coba liat liat ah, siapatau ada yang cocok untuk kulitkuuu. hehe

    BalasHapus
  23. pernah memiliki kulit kusam memang solusinya musti rajin pakai skincare yang cocok dan dibutuhkan kulit, salah satunya bisa pakai produk dari Airnderm ini ya mbak

    BalasHapus
  24. Aku masih bingung skincare yang cocok untuk wajah aku, tapi aku pingin coba produk Airnderm. Terima kasih infonya ya mba ku

    BalasHapus