Mataram Bakpia Kukus, Oleh-oleh Khas Jogja yang Legit dengan 20 Varian Rasa

mataram-bakpia-kukus

Jujur-jujuran yuuuk… 

Setiap kali melancong ke Jogja, camilan apa yang selalu kalian borong buat oleh-oleh? 80%, saya yakin akan menjawab, bakpia. 

Yup bakpia Jogja memang sangat ikonik. Sampai-sampai tiap kali saya melihat ada bakpia nangkring di meja makan, hal pertama yang terlintas di kepala saya sudah pasti, “Siapa nih yang habis jalan-jalan ke Jogja?” 

Sekarang, oleh-oleh khas Jogja yang legendaris ini hadir dengan inovasi yang kian beragam. Mulai dari inovasi varian rasa, sampai teknik pembuatan. 

Nah, kali ini saya mau merekomendasikan bakpia Jogja yang enak banget. Jujur, bakpia yang satu ini baru launching awal April 2023 tapi sudah langsung banyak peminat. Dan berdasarkan pengalaman saat mencicipi, saya yakin bakpia yang satu ini pasti bakal jadi best seller dan dicari-cari orang. 

Namanya Mataram Bakpia Kukus 

mataram-bakpia-kukus

Dari namanya saja, kita sudah bisa langsung tahu bakpia yang saya maksud merupakan tipikal bakpia yang diproses dengan cara pengukusan. Tampilannya bulat menul-menul, teksturnya empuk, padat dengan isian legit dan bikin nagih. 

Kenapa diberi nama Mataram? 

Konon nama Mataram dipilih sebagai penghormatan untuk nama kerajaan yang berpusat di Jogja, yaitu Mataram Kuno yang berdiri sekitar abad ke-8 dan Mataram Baru (Islam) yang berkembang sekira abad ke-16. Bahkan logo Mataram Bakpia Kukus pun terinspirasi dari logo Kerajaan Mataram Islam. 

Bukan FOMO (Fear of Missing Out) tapi sejak tahu Mataram Bakpia Kukus bakal rilis, saya memang sudah penasaran dengan produk yang punya 20 varian rasa ini. Makanya, 8 April 2023 silam, saya langsung meluncur ke Store Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Solo Balapan, salah satu tempat launching Mataram Bakpia Kukus. 

store-mataram-bakpia-kukus

Mungkin ada yang bertanya, “Lho, apa hubungannya Siliwangi Bolu Kukus dengan Mataram Bakpia Kukus?” 

Begini, Mataram Bakpia Kukus memang merupakan hasil kolaborasi dengan Siliwangi Bolu Kukus. Keduanya diproduksi di Bogor, tapi Mataram Bakpia Kukus ditujukan khusus sebagai oleh-oleh khas Bumi Mataram. 

Setiba di store, rupanya antrean calon pembeli sudah lumayan banyak. Sebagian pengunjung terlihat bersiap di depan pintu store sambil memegang kupon promo. 

suasana-store-mataram-bakpia-kukus

Rupanya, mulai tanggal 8 April-16 April 2023, ada promo launching Mataram Bakpia Kukus yaitu BELI 1 DAPAT 2. Dengan pembelian satu Siliwangi Bolu Kukus seharga Rp 35.000, kita juga akan mendapat 1 Mataram Bakpia Kukus, bebas pilih varian yang disukai. 

Berikut ini pilihan varian rasa Mataram Bakpia Kukus yang tersedia: 
  1. Alpukat Mentega
  2. Susu Cokelat
  3. Brownies Coklat
  4. Black Forest
  5. Durian Musang King
  6. Caffe Latte
  7. Stroberi Ciwidey
  8. Red Velvet
  9. Kacang Ijo
  10. Matcha Latte
  11. Keju Cheddar
  12. Pisang raja
  13. Pandan Wangi
  14. Chocoreo Lezato
  15. Tiramisu Crepe
  16. Mangga Arumanis
  17. Choco Pandan
  18. Rock Melon
  19. Kurma Ajwa
  20. Nangka Madu 

Asli! Saya saja sampai bingung mau icip yang mana. Semuanya bikin penasaran. 

Singkat cerita, saya berhasil mendapat kupon promo BELI 1 DAPAT 2 dan ikut mengantre. Rupanya, selain ada promo beli satu bolu dapat bonus 1 bakpia kukus, ada juga promo pembelian lainnya. Yaitu diskon promo 10%. Jadi, hingga tanggal 30 April, kita bisa membeli Mataram Bakpia Kukus seharga Rp 29.000 saja. Harga normalnya Rp 39.000. 

varian-rasa-mataram-bakpia-kukus

Tak mau melewatkan kesempatan, saya pun memborong Mataram Bakpia Kukus buat camilan keluarga. 

Yuk kita unboxing sekalian icip rasanya… 

Kemasan Mataram Bakpia Kukus 

Beda dengan kemasan bakpia lainnya, Mataram Bakpia Kukus punya kemasan yang lumayan ramai dengan ornamen motif batik. 

Belakangan saya sadari bahwa tiap varian punya motif batik yang berbeda. Dilengkapi dengan keterangan nama motif batik pada tiap box kemasan. Ada Batik Warak Endog, Daun Semanggi, Kawung, dan lainnya. 

Bisa dibilang, selain menawarkan sajian camilan khas yang mengugah selera, Mataram Bakpia Kukus juga ikut melestarikan nilai-nilai dan pengetahuan sejarah kerajaan kepada wisatawan yang membeli produk ini. 

Uniknya lagi, box Mataram Bakpia Kukus bisa dibuka dari atas, dan dari depan. Bagian muka box bisa dirobek dan dibuka, jadi lebih mudah mengambil isinya. Mirip seperti kotak tissue. 

kotak-kemasan-mataram-bakpia-kukus

Dengan box yang cantik dan cara buka yang unik ini, Mataram Bakpia Kukus tampaknya cocok untuk disajikan kepada tamu saat Lebaran nanti. Nggak usah repot dipindah ke toples, cukup letakkan saja di meja. 

Tiap box berisi 9 bakpia kukus yang dikemas satuan dalam kantung plastik. Jadi lebih higienis. 

kemasan-mataram-bakpia-kukus

Mencicipi Mataram Bakpia Kukus 

Sepintas lalu bentuknya memang khas bentuk bakpia yang bulat mungil. Tapi tampilan Mataram Bakpia Kukus ini mengingatkan saya pada tampilan kue apem yang lembut menul-menul. 

Beda dengan bakpia panggang yang tekturnya hancur saat digigit, bakpia kukus ini lembut dan nggak menyisakan remahan. Bagian dalamnya ada isian seperti vla dengan berbagai rasa. 

mataram-bakpia-kukus-rasa-susu-coklat

mataram-bakpia-kukus-rasa-durian

Beberapa varian yang saya coba, yaitu Durian Musang King, Susu Coklat dan Matcha Latte, rasanya legit tapi nggak bikin eneg. Manisnya pas. Hati-hati lho kalau nyoba, soalnya bisa bikin ketagihan. 

FYI, karena dikemas satuan dan dilengkapi dengan oxymove, yaitu bungkus kecil nitrogen yang bisa menyerap oksigen dan menghambat pertumbuhan bakteri, Mataram Bakpia Kukus punya daya tahan penyimpanan yang lumayan lama. 

Daya tahan di suhu ruang mencapai 10 hari dari tanggal produksi. Sementara kalau disimpan di kulkas bisa tahan 20 hari dari tanggal produksi. Btw, oxymove yang terselip dikemasan bakpia, sudah food grade ya. 

Mataram Bakpia Kukus Bisa Dibeli di Mana? 

Untuk sementara ini, Mataram Bakpia Kukus bisa dibeli di sejumlah Store Siliwangi Bolu Kukus di Area Jogja- Solo ya. Antara lain : 
  1. Store Stasiun Tugu Yogyakarta
  2. Store Stasiun Lempuyangan
  3. Store Stasiun Solo Balapan
  4. Booth Ambarukmo Plaza Yogyakarta
  5. Store Mataram Bakpia Kukus- Malioboro Plaza 
Yang penasaran pengin mencicipi keunikan rasa Mataram Bakpia Kukus bisa langsung meluncur ke lokasi store. Dan jangan lewatkan tanggal 15 April 2023 bakal ada promo Opening Store Mataram Bakpia Kukus. Di sana promonya bakal lebih banyak lagi, bakal puas deh ngeborong bakpia. 

Semoga jadi tambah tahu…

Tidak ada komentar