Review Webtoon The Forbidden Marriage

The Forbidden Marriage

Bagaimana perasaan kalian kalau dipaksa menjomblo oleh negara? 

Hanya gegara pemimpin negerinya gagal move on setelah kehilangan pasangan, seluruh rakyatnya dilarang buat menikah. Dengan kata lain dipaksa menjomblo seumur hidup. 

Kalau kebijakan kayak begini benar-benar terjadi di dunia nyata, nggak kebayang deh gimana hebohnya. Pasti sudah langsung ada demo para jomblo sampai berjilid-jilid. 

the forbidden marriage

Begitulah kebijakan yang diberlakukan di Negeri Joseon selama 7 tahun. Karena sang putera mahkota kehilangan istrinya yang meninggal bunuh diri. 

Sejak diangkat jadi raja, ia pun melarang rakyatnya buat menikah. Kayak nggak rela kalau harus jomblo sendirian. Egois banget kan? 

Inilah awal kisah The Forbidden Marriage, salah satu webtoon favorit saya. Ceritanya unik dan lucu. Nggak heran kalau akhirnya diangkat juga jadi drama yang, konon katanya, bakal tayang Desember 2022 ini. 

the forbidden marriage

The Forbidden Marriage sebenarnya pertama kali rilis tahun 2015 dalam bentuk webnovel berjudul 'Geumhonryung, Joseon Honin Geumjiryung' yang ditulis Chun Ji Hye

Ceritanya lalu diadaptasi dalam bentuk webtoon yang digambar oleh Sanchaek

Kisah webtoon The Forbidden Marriage tamat di episode 104, sudah termasuk special episode. Endingnya happy, kocak dan bikin gemas. Makanya saya pengin sekalian nulis review cerita webtoon-nya sambil nunggu versi drama tayang. 

Seperti biasa, ceritanya bakal bertabur spoiler. Tapi harusnya nggak masalah sih, karena biasanya, berdasar pengalaman, kisah webtoon atau novel yang diangkat ke drama pasti punya detail yang beda. 

Lagian kalau kalian mau baca versi webtoon-nya bisa langsung baca di aplikasi webtoon aja kok. Tapi kudu beli koin deh kayaknya. 

Oh iya, di versi drama nanti ada Kim Young Dae yang akan berperan sebagai Lee Heon, Raja Joseon yang bucin. Lalu Ye Sorang, si peramal palsu akan diperankan oleh Park Ju Hyun. Dan pejabat pengadilan yang ganteng, Lee Shin Won akan diperankan oleh Kim Woo Seok. 

the forbidden marriage

the forbidden marriage

the forbidden marriage

Kita langsung masuk ke sinopsis Forbidden Marriage versi webtoon aja ya 

Sinopsis

Putera Mahkota, Lee Heon patah hati bukan main karena kematian sang puteri mahkota. Tanpa alasan jelas, puteri mahkota ditemukan gantung diri. Bagi Lee Heon kematiannya tak masuk akal. 

Pasalnya, belum lama berselang, ia baru saja menemui puteri mahkota. Mereka ngobrol seperti biasa. Dan puteri mahkota yang anggun masih sempat mengingatkan Lee Heon, yang saat itu masih jadi putera mahkota, untuk selalu menjaga kesehatan. Sama sekali nggak ada gelagat aneh. 

the forbidden marriage

Jadi mustahil kalau puteri mahkota bunuh diri. Lee Heon frustasi. Ia yakin, ada skenario busuk untuk membunuh puteri mahkota dan merekayasa kematiannya sebagai bunuh diri. Tapi Lee Heon nggak punya clue, siapa pelakunya. 

Karena merasa nggak berdaya mengungkap pelaku pembunuh kekasih hatinya, Lee Heon melampiaskan rasa kesalnya dengan kebijakan super absurd. 

Bayangin, sejak diangkat jadi raja ia mengeluarkan larangan menikah kepada seluruh rakyat Joseon. Larangan ini berlangsung selama 7 tahun. 

the forbidden marriage

Karena tidak boleh menikah, banyak rakyat Joseon frustasi. Tujuh tahun tanpa perayaan pernikahan. Pasangan yang dimabuk asmara harus menahan hasrat karena tidak bisa bersatu dengan kekasih hati. 

Nggak heran, kalau suasana Joseon jadi muram. Banyak masalah timbul di masyarakat. Praktik bossam pun merajalela. 

Buat yang belum tahu, Bossam merujuk pada praktik penculikan perempuan, biasanya janda, yang terjadi di era Joseon. Perempuan-perempuan ini diculik lalu dipaksa menikah dengan pria lajang. 

Praktik Bossam dilakukan oleh semacam sindikat. Kalau istilah sekarang, praktik ini bisa dikategorikan human trafficking

Selama pemberlakuan larangan menikah, praktik Bossam tidak lagi menyasar para janda sebagai korban, tetapi juga anak-anak gadis. Ya mau gimana lagi, karena orang-orang dilarang menikah, jumlah janda tentu juga makin sedikit. 

Sayangnya, kekacauan yang terjadi ini nggak sampai ke telinga Raja Lee Heon. Buktinya, ia masih gigih mempertahankan kebijakan nggak masuk akal itu. 

Hati Le Heon sendiri sudah tertutup untuk perempuan mana pun. Walau sudah dibujuk setengah mati untuk menikah lagi, Lee Heon bergeming. 

the forbidden marriage

Bahkan nasihat dari teman kecilnya, Lee Shin Won yang kini jadi pejabat pengadilan pun tak digubris. Lee Heon keukeuh melarang rakyatnya untuk menikah. 

Di sisi lain, Ye So Rang, seorang gadis muda energik mencari nafkah sebagai peramal di pasar. 

the forbidden marriage

Sebenarnya, So Rang tidak benar-benar bisa meramal. Lebih tepatnya kalau dia hanya membuat prediksi dan kesimpulan berdasarkan situasi atau kondisi pelanggannya. So Rang pun dianggap penipu. 

Dia dikejar-kejar polisi pasar karena dianggap membuat kekacauan dan melakukan praktik penipuan. 

the forbidden marriage

Ditengah pelariannya, tanpa sengaja ia malah bertemu dengan Lee Shin Won yang sedang meninjau pasar. 

Lee Shin Won memang punya mata jeli. Sekali lihat, dia langsung tahu kalau So Rang adalah tersangka penipu yang sedang dikejar polisi. Ia pun menjebloskan gadis itu ke penjara. 

Dasar So Rang. Otaknya memang cerdik. Demi lolos dari penjara, ia pun berpura-pura kerasukan hantu dan bikin geger penjara. Akhirnya So Rang terpaksa dibebaskan. 

the forbidden marriage

Tapi bukan dilepas kembali ke rumah, So Rang yang mengaku bisa berkomunikasi dengan arwah malah digiring menghadap Raja. 

Oh iya, saya belum bilang ya? Sejak kematian istrinya, Lee Heon sering merasa dihantui arwah istrinya. Ia percaya arwah puteri mahkota masih mengikutinya karena mati penasaran. 

Singkat cerita, So Rang menghadap Raja. Demi menyelamatkan diri, So Rang mengatakan ia benar-benar melihat arwah puteri mahkota. 

the forbidden marriage

Walau nggak masuk akal, Lee Heon mempercayainya, So Rang pun diangkat jadi dayang di istana raja. Tugasnya jadi mediator Raja dengan arwah Puteri Mahkota. Nggak butuh waktu lama, So Rang pun jadi orang terdekat dan dayang kepercayaan Sang Raja. Hubungan itu terus berkembang hingga keduanya saling jatuh cinta. 

Tapi perjalanan cinta ini nggak mudah. Karena ternyata So Rang menyimpan masa lalu yang pahit. 

So Rang sebenarnya adalah puteri bangsawan. Nama aslinya Ye Hyun Su. Dia puteri sulung dari Menteri Ye. 

Menteri Ye memiliki dua puteri dari istri yang berbeda. Ye Hyun Su adalah puteri dari istri pertama. Sementara dari Nyonya Seo, istri keduanya, Menteri Ye memiliki puteri bernama Ye Hyun Hee. 

Sejak kedatangan Ny Seo di kediaman Menteri Ye, Hyun Su dan ibunya seringkali terabaikan. Hingga akhirnya ibu Hyun Su sakit dan meninggal dunia. 

the forbidden marriage

7 tahun lalu, sebelum larangan nikah diberlakukan, Hyun Su sebenarnya telah dijodohkan dengan seorang anak pejabat bernama Shin Won. Yup, kalian pasti bisa menebak, mantan tunangan Hyun Su alias So Rang adalah si pejabat pengadilan Lee Shin Won. 

Sayang, jelang pernikahannya, Hyun Su memergoki ibu tirinya yang melakukan pertemuan rahasia dengan seorang pejabat kerajaan. 

Hyun Su dikejar dan akhirnya terjatuh dari tebing dan langsung tercebur ke laut dengan ombak tinggi. Kepada Menteri Ye, Ny Seo mengklaim Hyun Su melarikan diri karena tidak mau dinikahkan. 

Beruntung, meski jatuh dari tebing tinggi Hyun Su masih selamat. Ia ditolong oleh Kakek Gaei, seorang peramal nyentrik. 

Demi keselamatan dirinya, Hyun Su memutuskan memulai hidup baru. Ia mengubah namanya jadi So Rang dan tinggal bersama Kakek Gaei sebagai peramal di pasar. 

Bagaimana dengan rencana pernikahan Hyun Su dan Shin Won? 

Awalnya, Ny Seo mengajukan Hyun Hee sebagai pengganti Hyun Su untuk menikah. Tapi Shin Won yang sadar bahwa calon mempelainya diganti, langsung menolak. 

the forbidden marriage

Kembali ke masa setelah 7 tahun larangan nikah. Ambisi Ny Seo makin besar. Ia mengirim Hyun Hee untuk mengikuti pemilihan permaisuri yang diadakan oleh Nenek Suri untuk menjauhkan Lee Heon dari So Rang. 

the forbidden marriage

Percintaan So Rang dan Raja memang sudah tercium oleh Nenek Suri. Beliau tidak setuju kalau Raja menikah dengan So Rang dan jadi permaisuri. Alasannya jelas, karena So Rang yang hanya rakyat jelata dianggap tidak pantas bersanding dengan raja. 

Hyun Hee ternyata nggak kalah licik dengan Ny Seo. Selama mengikuti seleksi pemilihan permaisuri, berulang kali ia berlaku curang. Mulai dari menyuap dayang, memanipulasi ujian dan sebagainya. 

Dibalik layar, Ny Seo pun terus berusaha menyingkirkan So Rang, anak tirinya yang sebelumnya ia anggap sudah mati. Ny Seo bekerja sama dengan Menteri Pertahanan, Jo Sunghyun yang juga berambisi menggulingkan raja. 

the forbidden marriage

Bagaimana nasib So Rang selanjutnya? Apakah ia akan menikah dengan Raja atau justru kembali ke pelukan mantan tunangan yang masih mencintainya, Lee Shin Won? 

Bagaimana nasib Ny Seo dan Hyun Hee? 

Intrik Politik dan Kisah Cinta Segitiga 

Kalau dipikir-pikir lagi, konflik The Forbidden Marriage ini sebenarnya kompleks banget. Ada intrik politik, Bossam hingga kisah cinta segitiga. Tapi bacanya asyik banget, sama sekali nggak bikin mikir, nggak berat. 

Justru bolak balik ngakak karena interaksi tokoh-tokohnya absurd dan kocak banget. Lee Heon, Sang Raja yang tampak sempurna itu juga nggak sempurna-sempurna banget. Bucinnya itu loh, nggak ketulungan! Gemas banget. 

the forbidden marriage

Imej Lee Heon di webtoon, menurut saya agak beda dengan citra Kim Young Dae. Tapi semoga anggapan saya salah ya. Bagaimanapun saya nggak terlalu berharap cerita dramanya nanti bakal plek ketiplek sama dengan versi webtoon. 

Tapi saya yakin ceritanya akan tetap menarik karena penulis skrip drama The Forbidden Marriage adalah Chun Ji Hye yang juga menulis novelnya. Sementara sutradara drama The Forbidden Marriage nanti akan digarap oleh Park Sang Woo yang juga menyutradarai Terius Behind Me. 

Jadi nggak tahan nih buat ngumbar spoiler lagi. 

Di versi webtoon, So Rang akan berakhir bahagia menjadi permaisuri. Jujur, agak ngenes lihat Shin Won, tapi untungnya pejabat pengadilan yang ganteng ini akhirnya menemukan cinta sejatinya yang nggak kalah cantik. 

the forbidden marriage

Pokoknya happy ending buat semua. Dan perjodohan antara Hyun Su dan Shin Won yang gagal, tampaknya bakal dilanjutkan dengan perjodohan antara anak-anak mereka. 

Karena di special episode, puteri Hyun Su dan Lee Heon, yang lincah seperti ibunya, bertemu dengan putera Shin Won. Kelihatannya kok ada percikan asmara antara keduanya… 

Apakah drama The Forbidden Marriage juga akan berakhir seperti itu? Belum tentu sih. Yang jelas kalau dari sisi cerita, drama ini cukup layak ditunggu. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

Tidak ada komentar