Review Re.Set the Skin untuk Kulit Kusam [Liquid Exfoliant & Brightening Serum]

review-reset-the-skin

Sejak tahun lalu, ada satu brand skincare lokal yang menarik perhatian saya. Namanya Re.Set the Skin. 

Re.Set, merupakan brand skincare baru. Beneran baru banget, karena seingat saya, Re.Set baru launch 2021. 

Brand ini nggak pakai banyak gimmick marketing. Tapi tetap aja bikin saya penasaran. Entah mungkin karena desain kemasannya yang simple tapi punya warna bold dan eye-catching banget. 

Atau mungkin karena ingredients-nya yang minimalis. Yang bikin saya jadi membayangkan dia sebagai semacam ‘pelarian’ buat kulit saya yang kayaknya mulai bosan dengan skincare dengan ingredients njlimet

Atau mungkin juga, saya tertarik lantaran tagline-nya ‘Reset the Skin #HitResetforHealtySkin’ yang menumbuhkan harapan baru. Seolah dengan pakai skincare ini, kulit saya bakal bisa di-reset ulang. Jadi kondisnya bisa sebaik kulit di masa muda. 

Yang jelas, setelah berbulan-bulan bolak balik menyimak review dari para beauty influencer dan berdiskusi dengan teman-teman skincare enthusiast, saya putuskan untuk coba dua produk Re.Set the Skin. 

Setahu saya, Re.Set sebenarnya merilis 4 produk, yaitu : 
  • 2% BHA Pore-refining Exfoliant
  • 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum
  • 1% Actosome Retinol Serum
  • 2% Actosome Retinol Serum 

Nama-nama produknya agak susah disebut kan? Kayaknya memang sengaja dibikin begitu deh. 

Re.Set nggak kasih julukan atau nama ‘cantik’ buat produknya. Mereka malah memilih nama ‘jujur’ yang menggambarkan kandungan bahan aktif di tiap produk. 

Walau nama produknya agak susah disebut, menurut saya, ini strategi yang bagus karena akan sangat membantu pemakai skincare pemula saat memilih produk. 

Pasalnya, banyak sekali kan orang yang kadang bingung memilih produk karena nggak paham kandungan skincare yang harus dibeli. 

Contoh kecil aja nih, saya sering banget dimintai saran oleh teman. “Eh, kulitku kusam nih. Enaknya pakai skincare apa ya?”

Jujur, kalau ditanya gini, saya jadi agak bingung jawabnya. Mau nyaranin skincare A belum tentu cocok. Mau rekomendasiin skincare B takut salah. 

Jadi saya kasih saran general aja, “Yang penting eksfoliasi rutin dulu sih. Pilih yang produk yang yang ada kandungan, AHA, BHA atau PHA. Atau gabungan ketiganya. Setelah itu pakai skincare yang punya kandungan pencerah seperti Niacinamide juga oke. Itu bisa membantu memperbaiki skin-barrier juga. Setelah itu jangan lupa pakai sunscreen.” 

Begitu saya menjelaskan. Panjang lebar sekali bukan? 

Sayangnya, penjelasan kayak gitu ternyata tetap saja bikin mereka bingung. Karena nggak semua brand menampilkan bahan aktifnya secara gamblang. 

Naaaaah, Re.Set the Skin ini, salah satu brand skincare yang menampilkan kandungan bahan aktifnya secara gamblang. Jadi kita bisa langsung tahu kandungannya, bahkan dari namanya saja. 

Oh iya, semua produk Re.Set diklaim paraben free, cruelty free, alcohol free dan fragrance free. 

review-reset-skincare-lokal

Dan kali ini, saya mau ulas dua produk Re.Set yang sudah saya pakai selama dua minggu lebih. 

Sengaja saya pilih dua produk yang menurut saya, cocok untuk mengatasi kulit kusam, yaitu 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum. 

review-reset-the-skin

Kita langsung lanjut ke review ya….. 

2% BHA Pore-refining Exfoliant 

review-reset-bha-pore-refining-exfoliate

Merupakan liquid exfoliant yang berfungsi untuk mengangkat dan membersihkan kulit mati dari dalam pori. 

Pemilihan 2% BHA sebagai bahan ekfoliasi membuat produk ini cukup gentle tapi powerful untuk membersihkan sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. 

2% BHA Pore-refining Exfoliant mengandung : 
  • 2% BHA- Beta Hydroxy Acid (Salicylic Acid) yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati.
  • Green Tea Extract & Sodium Hyaluronate, yang dapat menghidrasi kulit, antioksidan dan membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

Kemasan 

2% BHA Pore-refining Exfoliant dikemas dalam botol plastik tebal kokoh berwarna putih doff berukuran 100 ml. Tutupnya ulir berwarna hitam doff.

review-reset-bha-pore-refining-exfoliate

Menurut saya, botolnya lumayan slim. Pas banget digenggaman dan enak buat dibawa kemana-mana. Nggak takut bakal pecah atau tumpah. 

Bagian lubang botolnya sebenarnya lumayan besar, tapi herannya produk yang keluar tetap bisa tertakar. Jadi nggak sampai bikin isi produknya keluar terlalu banyak. 

review-reset-bha-pore-refining-exfoliate

Desain kemasannya juga nggak neko-neko. Nggak ada tambahan ornamen pemanis yang nggak perlu. 

Kemasan liquid exfoliant ini terkesan clean, simple sekaligus eyecatching karena warnanya hitamnya bold.

Pun begitu, kemasannya cukup informatif menampilkan nama produk, komposisi dan cara penggunaan yang tertera pada kotak kemasannya. Dan saya baru sadar, produk ini, walau brand lokal ternyata diproduksi di Korea. 

Tekstur dan Aroma 

Teksturnya sungguh-sungguh seperti air. Bening, nyaris nggak mengeluarkan aroma spesifik. 

review-reset-bha-pore-refining-exfoliate

Cara Pakai 

Berdasarkan petunjuk pemakaian pada kemasannya, 2% BHA Pore-refining Exfoliant bisa digunakan pada pagi dan malam hari. 

Digunakan pada step toner, setelah membersihkan wajah dengan facial wash. Caranya, tuangkan liquid exfoliant ini secukupnya ke kapas, lalu usapkan ke kulit wajah dan leher. 

ingredients-reset-liquid-exfoliate

Performa di Kulit 

Saya suka dengan finish produk ini di kulit saya. Meski ini produk exfoliant dan cepat terserap di kulit, 2% BHA Pore-refining Exfoliant terasa cukup melembabkan kulit saya. Jadi nyaman banget pakainya. 

Tapi kalau kulit kalian cenderung kering, saya sarankan untuk pakai hydrating toner setelahnya, dan selalu lengkapi dengan pemakaian moisturizer. 

Produk ini memang nggak memberi hasil instan. Pun begitu, progress-nya di kulit cukup terlihat setelah pemakaian rutin diatas 2 minggu. Tekstur kulit jadi lebih halus.

Komedo juga sedikit berkurang, walau nggak benar-benar hilang. Lumayan sih buat maintain kulit supaya komedo nggak cepat muncul. Soalnya kulit wajah saya cenderung berminyak dan cepat muncul komedo. 

Liquid exfoliant ini, juga aman dan nyaman dipakai di kulit saya yang sedang berjerawat. Nggak bikin perih. 

Malah, menurut saya, 2% BHA Pore-refining Exfoliant lumayan membantu penyembuhan jerawat, meredakan kemerahannya dan menghilangkan bekas jerawat. 


10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum 

review-reset-brightening-serum

Serum pencerah dengan kandungan utama Niacinamide dan Alpha Arbutin yang efektif untuk mengatasi kulit kusam, memudarkan noda hitam dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat paparan polusi dan sinar UV. 

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum mengandung : 
  • 10% Niacinamide, yang bermanfaat sebagai antioksidan, bagus untuk mencerahkan kulit wajah, memudarkan noda hitam dan membantu meratakan warna kulit wajah. 
  • 2% Alpha Arbutin, yang baik untuk mengurangi pigmentasi, mengatasi bekas jerawat, mencerahkan wajah dan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Kemasan 

Brightening serum ini dikemas dalam botol plastik kokoh berwarna putih doff. Ukurannya 30 ml, dan botolnya agak bulky

review-reset-brightening-serum

Tutup kemasannya berwarna hijau neon yang gonjreng. Meski warnanya super cerah, tapi tampilannya nggak ganggu pemandangan kok. Tetap terkesan simple dan clean

review-reset-brightening-serum

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum dilengkapi dengan aplikator pump. Saat baru dibuka, ada penutup silikon di bagian lubang aplikator. 

review-reset-brightening-serum

Tekstur dan Aroma 

Tekstur serum ini bisa dikategorikan watery-gel, yang super lightweight. Malah menurut saya bisa dibilang cukup cair sih. Warnanya bening. 

review-reset-brightening-serum

Gampang banget diserap kulit, dan sangat melembabkan. Di kulit saya, serum ini meninggalkan sedikit kesan lengket di awal, dan butuh waktu sekitar 20 detik sebelum terserap sempurna. 

Bagusnya, efek lembabnya juga lumayan awet buat kulit saya yang rentan dehidrasi ini. Seperti liquid exfoliant-nya, serum ini juga nggak punya aroma spesifik 

Cara Pakai 

10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum dapat digunakan untuk skincare routine pagi dan malam. 

Cukup teteskan serum secukupnya ke telapak tangan. Lalu ratakan ke wajah, dan tepuk perlahan untuk mempercepat penyerapan. Enak juga kalau diaplikasikan sambil di-massage ringan menggunakan face roller

Saya biasanya aplikasikan satu pump saja untuk pemakaian seluruh wajah. 

Performa di Kulit 

Emang beda deh rasanya kalau pakai serum dengan kandungan Niacinamide tinggi gini. Efeknya jadi lebih nampol di kulit saya yang lelah dan penuh noda ini. 

Untuk menghilangkan bekas jerawat baru, efeknya kelihatan banget. Tapi untuk flek sepertinya masih butuh waktu lebih lama. Tapi lumayan kok hasilnya setelah pemakaian dua minggu. 

review-reset-brightening-serum

Di kulit saya, serum ini juga cukup memberikan kelembaban. Tentu saja tetap harus di-layer dengan penggunaan moisturizer. 

Satu-satunya yang kurang saya suka dari serum ini hanya aplikator pumpnya yang menurut saya bikin agak susah mengontrol pengeluaran serum. Selama ini saya pakai satu pump, tapi menurut saya produknya yang keluar masih agak kebanyakan. 

Satu pump itu, cukup buat dipakai seluruh, wajah, leher, malah sampai dipakai di punggung tangan juga. 


Kesimpulan 

Saya cukup puas dengan performa 2% BHA Pore-refining Exfoliant dan 10% Niacinamide + 2% Alpha Arbutin Brightening Serum. 

Kombinasi keduanya bagus buat mengatasi kulit kusam. Memang hasilnya nggak instan banget, tapi progress-nya untuk mengatasi kulit kusam cukup kentara setelah pemakaian sekitar 2 minggu saja. 

review-reset-skin-kulit-kusam

Di kulit saya sih, selain terlihat perbaikan tekstur, juga sangat membantu untuk mengurangi munculnya komedo. Untuk bekas jerawat baru, efeknya lumayan cepat. 

Tapi untuk menghilangkan flek, hasilnya belum terlalu signifikan. Tentu saja, hal ini juga dipengaruhi oleh usia dan faktor eksternal lain. 

Buat kalian yang berusia lebih muda, mungkin efeknya bisa lebih nampol. 

review-reset-skincare-lokal

Recommended?
Menurut saya sih recommended banget. 

Saya suka skincare dengan kandungan minimalis gini. Karena lebih sesuai target aja gitu. Selain itu, Re.Set menurut saya juga cukup gentle

Meski mengandung bahan aktif konsentrasi tinggi, rasanya di kulit masih tetap lembab dan nyaman. Nilai plus-nya lagi, produk-produk Re.Set ini harganya affordable banget. Kadang masih suka dikasih diskon pula. 

Beli dimana? Kalian bisa beli produk Re.Set the Skin di official store di Shopee, Tokopedia dan Blibli. 


Semoga jadi tambah tahu ya.

20 komentar

  1. “Yang penting eksfoliasi rutin dulu sih. Pilih yang produk yang yang ada kandungan, AHA, BHA atau PHA. Atau gabungan ketiganya. Setelah itu pakai skincare yang punya kandungan pencerah seperti Niacinamide juga oke. Itu bisa membantu memperbaiki skin-barrier juga. Setelah itu jangan lupa pakai sunscreen.”

    Kalau dapat jawaban seperti ini,..... aku bakalan bingung hahahaha. Jujur deh, aku tuh suka takjub dengan temen2 yang punya pengetahuan ttg skinker. Sementara aku, kalau beli produk seringnya ya karena influence dari delapan penjuru mata angin (lalu sesuaikan budget hahahah). Btw,,aku suka nama re set. macem straight to the point gitu ya...TFS mam wid.

    BalasHapus
  2. Wah jadi ternyata Reset ini brand lokal tapi produksi di Korea gitu yah mbak? Keren juga nih. Penasaran sama yang pore refining exfoliant soalnya hidungku juga lagi banyak banget komedonya ehehe

    BalasHapus
  3. wah aku cocok banget pakai rangkaian produk skincare Re-Set ini, terutama yang tonernya dan serum yang packagingnya warna hijau

    BalasHapus
  4. Beda memang ya, dengan nama asli produk begini kita bisa menggambarkan kandungan bahan aktif di tiap produk. Beneran strategi yang bagus karena akan sangat membantu pemakai skincare pemula yang awam seperti saya saat memilih produk.

    BalasHapus
  5. Baru tahu tentang skincare Re.Set ini, ternyata ini brand lokal ya. Saya lagi ngerasa kulit tuh agak kering dan kusam. Mungkin bakal cocok dengan produknya Re.Set

    BalasHapus
  6. Jadi produk re.set ini tuh brand lokal tapi produksi di Korea yaa? Kaget dong karena kalo dilihat-lihat tuh nggak ada aksen koreanya gitu. Baru tahu nih sama produk ini apalagi Ingredient nya juga nggak neko-neko pengen nyobain juga nih

    BalasHapus
  7. Wah, serius nih.. dengan kandungan Niacinamide pada Re.Set Brightening Serum bisa seampuh itu menghilangkan bekas jerawat?
    Wah naksir parah sih kalo gini.. Apalagi kemasannya dan harganya cucok banget di kantongs.

    BalasHapus
  8. Akupun butuuhh re.set ini mbaaa

    Cihuy bgt klo bisa hempas komedo dan aneka noktah d wajah.
    Pankapan mupeengg buat check out

    BalasHapus
  9. Re.set berarti menata ulang kalau untuk kulit wajah kita berarti di rawat supaya bersih dan sehat ya makk.. Kandungannya bagus untuk mencerahkan kulit.

    Penasaran mencobanya.

    BalasHapus
  10. Komedo udah bisa sedikit berkurang saja saya udah merasa senang. Ya mungkin butuh waktu dan proses. Siapa tahu kalau penggunaannya rutin terus nanti hasilnya juga lebih maksimal. Ya kan? Amiin sih ...

    BalasHapus
  11. Wah penasaran dengan Liquid exfoliant nya ini. Aku lagi pengen nyoba exfoliator nih mak

    BalasHapus
  12. Makin banyak brand lokal yang menciptakan produk terbaik mereka ya, saya udah lama nih gak pakai skincare kecuali facial wash dan micellar water kalau habis makeup karena suatu alasan

    BalasHapus
  13. Kalau kasi hasil instan malah ngeri ya mbak hehe. Wah jd produk ini jujur ya mengungkap kandungan bahan aktif dalam isi di kemasannya. Sebaiknya sih rmang gitu jd yang punya kulit sensi jf tau apakah dia bisa lanjut pakai krn kandungannya aman atau sebaliknya gak jd pakai yaa TFs reviewnya

    BalasHapus
  14. Iya bagus buat kulit kusam ya mba soalnya kandungan BHA di tonernya bisa untuk eksfoliasi secara chemical, kalau harga lumayan sih tapi kalau beli set lebih murah lagi cuma pengen cobain 1 per satu dulu serumnya.

    BalasHapus
  15. Banyak sekali yang merekomendasikan saya dengan skincare satu ini
    Saya masih mau menanyakan ke dokter dulu soalnya kulit saya agak sensitif dan butuh penanganan khusus

    BalasHapus
  16. Kayaknya mewakili kebutuhan kulitku juga nih yang sudah mulai kusam. Cucok ya pake yang ada BHAnya gini. Yang serum boleh juga nih dicobain meskipun utk menghilangkan flek harus lebih telaten lagi.

    BalasHapus
  17. Re.Set namanya minimalis ya mbak. Kemasannya juga minimalis gak gonjrreng. Aku baru tau nih produk ini.

    Btw aku juga lagi agak rajin eksfoliant mbak biar kulit gak kusam banget

    BalasHapus
  18. Saya gagal fokus sama kemasannya, terlihat tegas dan lebih mirip produk untuk laki-laki, tetapi baca cara reviewnya Mak Wiwied saya jadi tertarik, terutama di bagian indikasi bahan yang jelimet. Mungkin bagi produk lain, makin jelimet makin ngundang rasa penasaran kali ye...

    BalasHapus
  19. Beda ya kalau beauty blogger, menjelaskan produk ke orang bisa segamblang itu manfaat aha, bha dan lainnya..keren say..aku suka kemasannya minimalis banget tapi efeknya terlihat ya, wajah jadi lebih bersih dan bekas jerawat memudar Wid...

    BalasHapus
  20. Kulit kusam emang bikin sedih apalagi kalau mau acara LIVE terlihat banget deh hehe... nemu produk yang cocok kayak gini auto semangat deh merawat wajah

    BalasHapus