Pengalaman Buka Toko di Blibli : Cara Cerdas untuk Merdeka Finansial

Agak beda dengan orang-orang yang suka bikin resolusi awal tahun untuk rencana jangka panjang, saya lebih suka bikin resolusi tiap bulan. 

Bukan resolusi yang ribet sih, pokoknya saya bertekad untuk melakukan satu hal baru tiap bulan, yang bisa meningkatkan kualitas kehidupan dan pribadi. 

Nah bulan ini, bersamaan dengan bulan kemerdekaan RI, saya bertekad untuk memulai satu langkah baru. Yaitu membuka usaha online. 

blibli-merdeka-finansial
ilustrasi

Yup, setelah bertahun-tahun ide ini hanya mengendap di kepala, kali ini saya memantapkan hati dan pikiran untuk benar-benar mewujudkannya. Motivasinya sederhana saja, saya ingin merdeka finansial! 

Sebenarnya sudah bolak balik saya ikut kelas finansial. Kepengin tahu dan mendapat saran dari ahli, bagaimana sih cara supaya saya bisa tenang mengelola keuangan. 

Saran dari para ahli keuangan sih intinya sama, bahwa kunci mencapai merdeka finansial adalah pengelolaan keuangan yang baik. Kita harus membuat anggaran rinci terkait pos-pos keuangan, harus mempersiapkan dana darurat dan kalau perlu memiliki investasi. 

Masalahnya, boro-boro mau ngatur anggaran, wong uangnya aja selalu kurang. Makanya, saya pun akhirnya sampai pada kesimpulan, bahwa untuk bisa mengelola keuangan yang sehat seperti saran para ahli, saya terlebih dahulu harus menambah pemasukan. 

Buka Toko Online di Blibli 

Saya memutuskan membuka toko online dan menjual skincare. Toko itu saya beri nama “Trust My Skin”. Silahkan nih kalau ada yang mau ikut ngelarisin toko saya, bisa langsung mampir ke https:blibli.app.link/mOxGlurfCsb

blibli-seller-merdeka

Toko online pertama ini, saya buka di Blibli. Sengaja saya pilih platform ini karena untuk berjualan di Blibli nggak perlu modal besar. Saya bisa memulai bisnis modal kecil dan masih punya kesempatan untuk menambah ilmu dari kelas khusus seller yang dilakukan secara rutin oleh Blibli. 

blibli-seller-merdeka

Membuka toko online di Blibli relatif mudah dan cepat. Saya share sekalian caranya di sini ya, kali aja ada yang berniat untuk merdeka finansial dengan menjadi Blibli Seller juga. 

jualan-di blibli

Berikut tahapan memulai jualan online di Blibli : 

  1. Klik blib.li/BL34 untuk mendaftar sebagai Blibli Seller. 
  2. Masukan email aktif dan klik “Daftar sekarang”, atau kalau mau lebih mudah, kalian juga bisa langsung mendaftar dengan akun google atau facebook. 
  3. Isi data dengan memasukkan kata sandi, nama toko dan nomor telepon. Jangan lupa untuk mempelajari syarat dan ketentuan. Kalau data sudah sesuai, lanjutkan dengan klik “daftar sekarang” 
  4. Setelah meng-klik “daftar” Blibli akan mengirimkan kode verifikasi atau OTP (One Time Password). 
  5. Masukan kode OTP dan klik “verifikasi” 
  6. Toko pun berhasil dibuat. Kita tinggal melengkapi data pengambilan barang, mengatur sistem pengiriman dan upload produk. 
Semudah itu membuka toko di Blibli. 

buka-toko-di-blibli

Tapi apa hanya dengan buka toko, lantas kita langsung cuan? Ya nggak dong. Namanya juga jualan online, tetap butuh effort supaya banyak pelanggan yang datang dan belanja di toko kita. 

Nah ini nih asyiknya kalau kita jualan di Blibli. 

Blibli memberi support besar buat Blibli Seller pemula seperti kita. Salah satunya adalah pemberian modal promosi berupa saldo Bliklan hingga Rp 5,4 juta. Lumayan banget kan tuh, kita jadi bisa menghemat biaya promosi. Solusi yang sangat berarti buat Blibli Seller pemula bermodal kecil seperti saya. 

Apa Itu Bliklan? 

Bliklan merupakan layanan iklan produk yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. 

Fitur Bliklan meningkatkan peluang produk kita lebih mudah ditemukan oleh pelanggan, karena sistem Bliklan secara otomatis akan menampilkan produk kita pada hasil pencarian konsumen yang relevan dan masuk ke produk yang direkomendasikan untuk konsumen. 

Misalnya nih, Toko Trust My Skin milik saya menjual produk skincare, maka produk-produk saya akan ditampilkan dan direkomendasikan pada calon pembeli dengan minat skincare berdasarkan pencarian di Blibli.

Dengan begitu, peluang kunjungan ke toko saya pun meningkat. Dan tentu saja, peluang produk laku juga meningkat. 

Tentu saja, ada syarat dan ketentuan yang berlaku bila ingin mendapat saldo Bliklan. Tapi syaratnya nggak terlalu susah kok. Kita hanya perlu menyelesaikan tantangan yang diberikan Blibli. 

Saldo Bliklan diberikan secara bertahap. 

Bonus Bliklan pertama sebesar Rp 50.000 akan diberikan setelah kita mengunduh dan menggunakan Blibli Seller App.

Bonus berikutnya berupa saldo Bliklan senilai Rp 300.000 akan diberikan setelah kita mengupload lebih dari 5 produk dalam 7 hari sejak toko aktif. Dan begitu selanjutnya ada beberapa tantangan lain yang harus kita taklukan untuk mendapat saldo Bliklan.Totalnya ada 12 misi yang harus diselesaikan untuk mendapat saldo Bliklan sebesar Rp 5,4 juta 

Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja buka toko di Blibli melalui link blib.li/BL34 

Oh iya, sekadar catatan untuk diperhatikan, saldo Bliklan yang kita dapat dengan menyelesaikan tantangan ini punya masa kadaluarsa lho. Jadi sebagai seller kita juga harus aktif berpromosi dan melayani pelanggan yang berkunjung ke toko. 

Keuntungan Jualan di Blibli 

Kalau mengacu pada pengalaman saya buka toko di Blibli, platform ini bisa dibilang sebagai platform yang sangat ramah untuk pebisnis pemula. 

jualan-di blibli

Hal pertama yang saya juga dari berjualan di Blibli adalah kemudahan menggunakan Blibli Seller App. Blibli menyediakan aplikasi tersendiri khusus untuk Blibli Seller. Melalui aplikasi ini kita bisa dengan mudah mengatur segala operasional toko. 

Mulai dari mengupload toko, mengatur jam operasional toko, melayani chat pelanggan, mengecek dan melakukan update stok barang, serta masih banyak lagi. Nggak cuma itu, di Blibli Seller App juga ada fitur Seller Care untuk komplain atau bertanya tentang operasional, retur, status pesanan dan berbagai masalah lain. Jadi kalau ada apa-apa nggak pusing sendirian. Hehehe 

Blibli juga rajin bikin promo menarik yang bisa dimanfaatkan oleh kita, Blibli Seller, untuk meningkatkan penjualan. Misalnya kayak Promo HUT RI tuh. Fitur promosi ini biasanya diinformasikan melalui email dalam bentuk undangan. Selain Promo HUT RI, ada juga promo rutin seperti Flash Sale, Big Pay day, dan lain-lain 

Belum cukup sampai disitu, Saya juga merasakan kemudahan lain saat mulai berjualan di Blibli. Kalian tahu nggak apa salah satu tantangan saat berjualan online? Yup menyediakan foto produk yang cantik dan bikin pelanggan tertarik beli. 

Nah, kalau jualan di Blibli selain bisa upload foto produk sendiri, seller juga bisa memilih foto produk dari katalog yang disediakan Blibli. Nggak usah ragu ama kualitas fotonya. Sudah jelas estetik dan nggak buram. Cakep deh pokoknya. 

Kalau ingin lebih jelas mengenai cara berjualan di Blibli, kalian bisa langsung follow akun instagram Blibli Seller @blibliseller dan tiktok @blibliseller. Lalu jangan lupa untuk daftar sebagai Blibli Seller di link blib.li/BL34

Yuk capai merdeka finansial dengan mulai jualan di Blibli 

Semoga jadi tambah tahu ya.

Tidak ada komentar