6 Aplikasi Bisnis Online untuk Pebisnis Pemula

aplikasi-bisnis-online

“Mau mulai bisnis zaman sekarang mah gampang. Tinggal posting-posting di medsos terus langsung terima orderan. Abis tu cuan deh. Modalnya nggak usah banyak-banyak.”
 Begitu yang saya dengar dari seorang tetangga di kampung. 

Beliau pengusaha toko kelontong yang sudah puluhan tahun menjalankan bisnis. Saya lupa sih nama aslinya, karena kami, para tetangga selalu menyapanya, Tacik. 

Waktu masih sekolah dulu, saya salah satu langganan di tokonya. Orangnya memang suka ceplas-ceplos kalau ngomong. Kadang terkesan nyinyir, tapi sebenarnya banyak benarnya juga. Seperti pernyataannya soal perubahan gaya berbisnis dulu dan sekarang itu. 

Si Tacik tetangga saya ini, punya dua anak lelaki yang kini sudah dewasa. Mengekor orang tuanya, mereka pun masing-masing menjalankan bisnis. Bedanya, bisnis yang mereka jalankan sekarang, lebih banyak dilakukan secara online. 

Salah satu anak Tacik, malah konon nggak punya toko offline. Semuanya full dijalankan secara online. Nah, perbedaan cara dan pola pikir dalam berbisnis ini yang mendasari Tacik berkomentar soal bisnis online yang makin menjamur di era digital ini. 

Menurut kalian gimana? 

Setuju nggak dengan pendapat Tacik? Kalau saya sih, antara setuju dan nggak setuju. 

Benar, bahwa sekarang ada banyak kemudahan untuk memulai bisnis. Kemajuan digital, membuat para pebisnis pemula bisa memangkas banyak biaya modal dan operasional. Tapi apakah bisnis zaman sekarang bisa berjalan mulus hanya dengan posting di media sosial? Rasanya sih nggak. 

Ada lebih banyak pesaing di dunia bisnis online. Sebagai pebisnis, ada banyak tetek bengek yang harus diperhatikan supaya bisnis bisa sukses. Jadi, ya nggak sekadar posting foto produk di media sosial lalu selesai. 

Pun begitu, kemajuan teknologi memudahkan kita memanfaatkan berbagai aplikasi online untuk mendukung jalannya bisnis lho. Apa saja sih aplikasi yang bisa membantu kita menjalankan bisnis? 

Oh iya, sebelumnya saya mau mengaskan dulu bahwa aplikasi yang akan disebutkan kali ini, adalah aplikasi dasar gratis yang ditujukan untuk pebisnis pemula. Untuk pebisnis skala menengah atau besar dengan kebutuhan yang lebih kompleks mungkin akan membutuhkan aplikasi lain. 

Nah, yuk kita langsung lanjut ke daftar 6 jenis aplikasi yang wajib dimiliki oleh pebisnis pemula : 

1. Aplikasi E-Commerce

aplikasi-bisnis-online

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk memasarkan produk atau jasa kita. Sengaja nggak saya sebutkan secara spesifik karena ada banyak banget pilihan e-commerce yang kita unduh. Tergantung pasar yang akan kita sasar dan jenis produk apa yang kita miliki. 

Saat ini ada banyak aplikasi e-commerce yang banyak di akses di Indonesia. Sebut saja, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. 

2. Aplikasi Planner dan Administrasi 

aplikasi-bisnis-online

Salah satu rahasia kesuksesan bisnis adalah administrasi yang rapi. Makanya sebagai pebisnis pemula kita juga perlu mengunduh aplikasi planner dan administrasi. Beberapa aplikasi planner yang banyak direkomendasikan antara lain; 
  • Google Spreadsheet, untuk mencatat stok produk tau catatan keuangan. 
  • Google Calender, untuk membuat jadwal kerja bagi tim. 

3. Aplikasi Keuangan 

aplikasi-bisnis-online

Aplikasi ini wajib dimiliki demi kelancaran arus keuangan. Melalui aplikasi keuangan, kita bisa memantau secara real time lalu lintas keuangan. Aplikasi keuangan yang perlu kita miliki adalah mobile banking. 

Sementara untuk bisnis sudah lebih ramai dan membutuhkan banyak rekening untuk mengelola, kita bisa memanfaatkan aplikasi finansial multifungsi seperti KoinWorks yang memungkinkan kita untuk melakukan menerima pembayaran, membuat invoice hingga meminjam modal usaha. 

4. Aplikasi Desain 

aplikasi-bisnis-online

Supaya bisa menarik banyak pembeli, kita perlu menampilkan produk yang akan dijual sebaik mungkin. Selain itu kita juga perlu mendesain konten promosi yang bisa menarik interaksi dengan pelanggan loyal. 

Aplikasi seperti Canva akan sangat membantu pebisnis pemula mendesain konten dengan lebih sederhana. Sudah banyak template desain yang bisa kita modifikasi. Canva menyediakan layanan gratis untuk mengakses template desain secra terbatas dan ada juga layanan premium untuk akses template desain yang lebih banyak. 

Sementara itu untuk membuat konten video, kita bisa memanfaatkan aplikasi editing video seperti Inshot, Capcut atau VN. Ketiga sangat mudah digunakan oleh pemula. 

5. Aplikasi Promosi 

aplikasi-bisnis-online

Seperti yang dibilang Tacik tetangga saya tadi, kita bisa mempromosikan produk kita di media sosial, seperti Instagram, tiktok, facebook dan sebagainya. Nggak hanya untuk ajang promosi media sosial juga bisa kita manfaatkan untuk menjalin interaksi dan menjaga loyalitas customer. 

Belakangan, media sosial juga menyediakan fitur yang memudahkan kita untuk langsung berjualan melalui medsos. 

Satu lagi aplikasi promosi yang sebaiknya dimiliki pebisnis pemula adalah Google Bisnisku. Aplikasi ini membuat peluang bisnis kita ditemukan orang jadi lebih besar. Google Bisnisku terintegrasi langsung dengan google maps dan laman penelusuran google. Sehingga calon customer yang membutukan jasa atau produk kita bisa langsung menemukan bisnis kita melalui Google. 

6. Aplikasi Pengiriman 

aplikasi-bisnis-online

Last but not the least.
Dalam berbisnis online, ketepatan waktu pengiriman dan keselamatan produk akan sangat berpengaruh dengan tingkat kepercayaan customer. 

Karena itu kita juga harus pandai memiliki jasa ekspedisi yang memilik rekam jejak bagus, biayanya terjangkau dan syukur-syukur memberi banyak bonus buat pelanggannya. Jasa pengiriman yang paling sering direkomendasikan, siapalagi kalau bukan JNE.

Untuk pelayanan pengiriman, kita bisa memanfaatkan aplikasi MyJNE. Melalui aplikasi ini kita bisa mengecek tarif pengiriman, status pengiriman, mencari gerai JNE terdekat, hingga layanan MY COD (Cash On Digital) yang memungkinkan layanan pembayaran belanja online dengan sistem escrow. 

Kabar baiknya lagi, JNE Loyalty Card (JLC) kini juga bisa diakses melalui aplikasi MyJNE. Apa sih JNE Loyalty Card? JLC merupakan program keanggotaan bagi customer JNE. Cara mendaftarnya mudah dan gratis, kita hanya perlu mengunjungi https://jlc.jne.co.id/ dan melengkapi persyaratan. 

JNE Loyalty Card

Setiap kali melakukan transaksi pengiriman di sales counter JNE, kita akan mendapat poin. Poin ini nanti bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai hadiah. Mulai dari gadget pelengkapan rumah tangga, e-voucher hingga voucher ongkos kirim. 

Nah, nanti kita bisa mengecek jumlah poin yang sudah dikumpulkan, menukarkan poin secara online serta mendapat kartu member digital JLC melalui aplikasi MyJNE. 

Nggak cuma itu, dengan bergabung sebagai member JLC, setiap akhir tahun kita juga berkesempatan mengikuti JLC Lucky Draw dengan berbagai hadiah menarik. Seru kan? 

Itu dia aplikasi basic yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis pemula untuk mengembangkan usaha. Kalian bisa mengunduh dan mengaksesnya secara gratis. Namun perlu diingat kunci keberhasilan bisnis yang lain adalah konsisten. Kendala akan selalu datang, tapi kita tidak boleh menyerah. 

Semoga tambah tahu dan tambah cuan.

Tidak ada komentar