[Review] Tinka Serum : Acne Clear Skin & Whitening Glass Skin

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Kalau jatuh cinta itu dengan lawan jenis itu biasa dimulai dari pandangan pertama, maka yang bikin saya terbucin-bucin pada skincare biasanya karena kesan pada pemakaian pertama. 

Ya kurang lebih begitu lah yang saya rasakan ketika pertama kali mencoba serum yang dirilis Tinka Beauty Care. 

Sebenarnya tampilan desain kemasannya sudah menarik. Terkesan lebih retro tapi kekinian gitu. Tapi ya jujur aja nggak istimewa banget juga. 

Saya mencoba serum ini karena terdorong penasaran setelah terlanjur sayang dengan Tinka Series yang saya coba sebelumnya. 

Review Tinka Series juga sudah saya tulis di artikel, Review : Tinka Beauty Care. Bisa langsung baca di situ ya sebelum lanjut baca review ini. 

Memangnya gimana sih kesan setelah pemakaian Tinka Serum? 

Nah, sebelum masuk ke inti pembahasan, kayaknya saya perlu kasih tahu dulu ya bahwa Tinka punya dua produk serum. Yaitu, Acne Clear Skin Serum dan Whitening Glass Skin Serum

Kalau dilihat dari namanya, kalian pasti sudah bisa menebak kan fungsi dan manfaat dari kedua serum ini? 

Kedua serum ini memang dirancang buat menjawab permasalah kulit utama kebanyakan perempuan Indonesia. Biasanya masalah kita kan nggak jauh-jauh dari jerawat dan kulit kusam. Ya nggak sih? 

Tapi, yang bikin saya lebih suka dengan kedua serum ini karena keduanya sama-sama punya formula yang ramah dan membantu mengatasi masalah kulit aging seperti yang saya alami. 

Yuk lanjut ke pembahasannya 

Kemasan Tinka Serum 

Pembahasan soal kemasan kali ini kita jadikan satu saja ya. Pasalnya, kedua serum ini memiliki package yang serupa tapi tak sama. Yaa ibarat kata seperti anak kembar gitu deh, mirip tapi beda. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Acne Clear Skin Serum
 dan Whitening Glass Skin Serum punya kemasan box yang, menurut saya, berdesain retro. Warnanya kalem, tapi pemilihan font dan penempatan aksen bunganya bikin box kemasan serum ini terkesan retro di mata saya. Buat saya sih unik. Cakep nggak sih? 

Pada Acne Clear Skin Serum, box-nya di dominasi warna biru muda dengan sentuhan pink. Sedangkan Whitening Glass Skin Serum dibalut warna pink pastel dengan sentuhan ungu. Sebagai penyuka warna kalem dan girly, penglihatan saya termanjakan dengan pilihan warna kemasannya. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Kotak kemasan ini menampilkan informasi produk yang lengkap. Mulai dari nama produk, ingredients, fungsi, cara pakai hingga expired date terpampang lengkap di sekeliling kotak. 

Sementara kemasan serumnya sendiri berupa botol glass doff berukuran 20 ml yang dilengkapi dengan aplikator pipet. Tutupnya berwarna putih. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Bentuk botolnya agak bantet. Dan keterangan produk seperti cara pakai dan ingredients tertulis di sticker yang ditempel membalut botol. Nggak terlalu aneh-aneh sih kemasannya. 

Sekarang kita lanjut ke pembahasan tiap serum yuk 

Acne Clear Skin Serum 

Sesuai namanya, serum ini ditujukan buat pemilik masalah kulit berjerawat. Diklaim mempu membantu merawat jerawat dan bruntusan pada wajah, menjaga kelembaban dan menenangkan kulit wajah serta merawat kehalusan dan kelembutan kulit. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Acne Clear Skin Serum
 diperkaya dengan kandungan : 
  • Centella Asiatica, yang punya manfaat calming, meredakan inflamasi dan mencegah iritasi.
  • Allantoin, yang berfungsi menenangkan dan melembutkan kulit
  • Salicylic Acid, untuk mengeksfoliasi kulit dan menjaga kebersihan pori. 

Ingredients 

Aqua, Butylene glycol, Centella Aciatica Extract, Salicylic Acid, Methyl Propanediol, Peg/ppg/polybutylene glycol-8/5/3 glycerin, Propylene Glycol, Amylopectin, Dextrin, Propanediol Xanthan gum, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Maclura Cochinchinesis Leaf, Prenylflavonoids, Phenixyethanol, Hydroxyethylcellulose, Allantoin, Disodium EDTA, Triethanolamine, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Lavandula Angustifolia Oil. 

Tekstur & Aroma 

Acne Clear Skin Serum punya tekstur yang cair dan bening. Aromanya wangi segar, membuat saya membayangkan sedang berada di padang bunga yang beraroma semerbak bunga yang segar gitu. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Saat diratakan di kulit rasanya agak licin. Di kulit saya yang normal to oily, serum butuh waktu beberapa lama untuk menyerap. 

Kesan Setelah Pemakaian 

Mungkin takdir. Saat serum ini datang, kebetulan banget saya lagi punya jerawat yang besar, nyeri dan kemerahan di dahi dan pipi. Rasanya nyut-nyutan

Saya aplikasikan Acne Clear Skin Serum pada pagi dan malam hari. Di kulit saya, serum ini meninggalkan kesan agak lengket setelah terserap. Walau begitu, tampilan di kulit nggak berminyak sih. Jadi nyaman aja. 

Dan yang saya suka, serum ini cukup membantu menenangkan jerawat yang kemerahan. Jadi nggak terlalu nyeri. Di pemakaian selanjutnya, nyeri dan kemerahan pada jerawat berangsur menghilang. 

Berdasarkan pengalaman saya, serum ini bukan tipe produk yang bikin jerawat cepat matang dan langsung kering, tetapi bikin kalem dan kempes secara perlahan. 

Jerawat saya butuh waktu 5 hari untuk kempes. Sementara nyerinya sudah hilang sejak 2-3 kali pemakaian serum. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin

Whitening Glass Skin Serum 

Kalau serum yang ini diformulasikan untuk menyamarkan flek dan noda hitam sehingga membuat tampilan kulit wajah lebih cerah. Whitening Glass Skin Serum diklaim mampu membantu menjaga kelembaban kulit, menghaluskan serta melembutkan kulit. 

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Whitening Glass Skin Serum
 diperkaya dengan kandungan : 
  • Niacinamide, yang bermanfaat untuk mencerahkan, mengatasi kerut dan noda hitam.
  • Vitamin B5, membantu melembutkan dan menghaluskan kulit wajah
  • Hyaluronic Acid, berguna untuk menghidrasi dan menyehatkan kulit 

Ingredients 

Aqua, Niacinamide, Butylene glycol, Peg/ppg/polybutylene glycol-8/5/3 glycerin, Pentylene glycol, Propylene Glycol, Pathenol, Phragmites Kharka Extract, Poria Cocos extract, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Hyaluronic Acid, Ethylhexylglycerin Fructooligosaccharides, Beta vulgaris root extract, Collagen, Hydroxyethylcellulose, Phenoxyethanol, Allantoin, Deceth-7, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Peg-26-ppg-30 phosphate, Disodium EDTA, Rose Flower Oil. 

Tekstur & Aroma 

Sepintas lalu, teksturnya terlihat sama dengan Acne Clear Skin Serum. Sama-sama cair dan bening.

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Tapi sebenarnya, Whitening Glass Skin Serum punya tekstur yang lebih encer. Saat ditetes kan di kulit, serum ini lebih cepat mengalir. Dan saat diaplikasikan terasa lebih ringan dan lebih cepat terserap daripada Acne serum. 

Whitening Glass Skin Serum punya aroma mawar yang lembut. Menenangkan sekali. 

Kesan Setelah Pemakaian 

Saya mulai memakai serum ini di hari keenam setelah menggunakan Acne Serum. Pada tiga hari pertama, saya pakai kedua serum secara bergantian. 

Acne Serum untuk pemakaian pagi hari dan Glass Skin Serum untuk skincare routine di malam hari. Setelah itu baru saya lanjut dengan pemakaian Glass Skin serum untuk pagi dan malam. 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya kedua serum ini memberi finish yang berbeda di kulit. Glass Skin Serum terserap lebih cepat di kulit saya. 

Dan setelah terserap, serum ini memberi kesan agak glowing di kulit saya. Sesuailah dengan namanya, glass skin serum, memang benar-benar bikin tampilan glass skin. Lembab, glowing dan memberi efek fresh

Hingga lebih dari seminggu pemakaian, menurut saya, Whitening Glass Skin Serum ini cukup membantu memudarkan bekas jerawat. Yang lebih mengesankan lagi, serum ini bukan hanya membantu meratakan warna bekas jerawat tapi juga memperbaiki tektur di area bekas jerawat. Jadi lebih rata.

Saya suka karena Glass Skin Serum sangat membantu menjaga kelembaban kulit. Tekstur kulit juga jadi lebih baik, terasa halus saat dipegang. 

Kesan glowing yang diberikan setelah pemakaian serum juga bikin Glass Skin Serum nyaman banget dipakai di pagi hari. Jadi terkesan segar gitu.

Kesimpulan 

Kedua serum ini sudah langsung bikin saya jatuh cinta sejak pemakaian pertama. Acne Clear Skin Serum bikin cinta karena tekturnya yang nyaman buat diratakan dan kemampuannya meredakan kemerahan dan nyeri jerawat saya dengan cepat. 

Sementara Whitening Glass Skin Serum, bikin saya kesengsem karena finish glowing yang nggak lebay setelah diaplikasikan. Teksturnya nyaman dan cepat menyerap dan punya kemampuan menghidrasi kulit yang sangat baik. Sehingga bisa bikin tampilan kulit lebih fresh

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

review-tinka-serum-acne-clear-skin-whitening-glass-skin

Sepanjang pemakaian selama lebih dari 2 minggu, saya belum menemukan minus-nya sih. Teksturnya enak, wanginya enak, dan keduanya sama sekali nggak memicu reaksi negatif di kulit. 

Malah sekarang saya juga jadi sering skip moisturizer karena merasa kulit sudah cukup lembab dengan pemakaian serum ini. 

Oh iya, serum produk Tinka Beauty Care sudah mendapat izin edar BPOM. Jadi pasti aman. Untuk info pembelian nanti bisa langsung cek di website tinka.co.id atau akun Instagram mereka @tinkabeautycare ya. 

Ada yang pengin nyoba atau udah coba serum ini belum? Bagi-bagi pengalaman kalian di komen ya. 

Semoga jadi tambah tahu. 

31 komentar

  1. Mporatne suka sama kemasan tinka serum. Anak muda gitu dan ceria gitu ciri khas anak muda.

    BalasHapus
  2. Kebetulan aku pemakai serum juga nih dan pas banget lagi habis so pengen cobain juga nih Tinka Beauty Care nya karena udah terdaftar di BPOM

    BalasHapus
  3. Warna kemasannya girly ya maak, putih pink, semogaa laris manis dan banyak yang cocok menggunakan produk Tinka serum. Sepertinya ini variannya cocok ya buat yang kulit berminyak atau berjerawat.

    BalasHapus
  4. Terakhir belakangan ini skincare berupa serum tengah jadi primadona
    Kalau liat packaging nya begitu simpel dan praktis untuk dibawa bepergian jug ga ribet dan yg lebih dari itu manfaatnya tentu sangat terasa after digunakan

    BalasHapus
  5. Bantu banget ya ini mbak untuk jerawat. Kirain ini tuh produk lokal, bukan ternyata ya

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu ada brand bernama Tinka. Memang jarang update. Kalau dari kemasannya, untuk yang harga lumayan, selain memang untuk mempertahankan kualitas serum yang ada. Bahannya juga promising, ya.

    BalasHapus
  7. Acne Clear dan Glass Skin dari Tinka ini bagus banget ya, setelah pemakaian dua minggu udah kelihatan oke hasilnya :) Whitening Glass Skin Serum aku penasaran banget bisa menyamarkan noda2 bekas jerawat nih. Apalagi kalau digunakan secara rutin, kulit ga cuma bersih dan glowing ya, kitanya main percaya diri juga. Kemasannya mungil, praktis dibawa traveling.

    BalasHapus
  8. Ya ampuun kemasannya sungguh unyu, retro tapi kekinian. Dan yang paling kusuka kalau pakai Tinka Serum bisa skip moisturizer karena merasa kulit sudah cukup lembab dengan pemakaian serum ini...waaah!

    BalasHapus
  9. Sukaakkk bgt dengan packaging-nya yang sooo retro!
    Generasi '90-an pasti demen ama nih serum.
    apalagi, bisa banget hempas manja si jerawat dan bekasnya yak

    BalasHapus
  10. Waw aku takjub lho mba liat hasil serum acnenya. Bener bener keliatan banget ya hasil dari serum acnenya. Keliatan jerawatnya cepet mengecilnya trus hilang. Susah ini nemu produk yang sesuai dengan klaim produknya. Aku penasaran yang whiteningnya karena kyaknya lebih cocok ama kebutuhan wajah aku. Oh ya ini kemasannya pastel ya warnanya. Suka aku

    BalasHapus
  11. Kalau dilihat kemasannya, memang agak retro ya, Mbak. Cukup menarik sebenarnya. Btw, kayanya aku butuh yang Whitening Glass Skin Serum deh. Bisa tetap dipakai juga kan meski gak pakai serum acne-nya. Jarang jerawatan sih

    BalasHapus
  12. Wah, kebetulan nih lagi bermasalah sama maskne, jadi tertarik buat nyoba yang acne clear series. Semoga aja aku cocok

    BalasHapus
  13. Warna packagingnya manis banget. Sepintas jadi mengesankan kayak produk untuk remaja. Tetapi, kayaknya seusia saya juga bisa pakai, nih. Saya penasaran sama serum yang glass skin. Praktis juga ya karena gak perlu moisturizer lagi

    BalasHapus
  14. Desainnya klasik dan unik ya..
    Dengan manfaat menyembuhkan jerawat, ini pasti dibutuhin terutama bagi anak remaja. Aku juga sedag punya jerawat yang gak kliatana karena gak tumbuh, hanya bibit.
    Mencoba Acne Clear dan Glass Skin dari Tinka secara rutin.

    BalasHapus
  15. Kabar baik ini buat yang jerawatan, bisa nyobain pake ini ya buat atasi kulit yang berjerawat. Bentuknya pake pipet ya kan Ma, aku suka kendala nih kalo yang paki kayak gini, serumnya susah keluar, hehehe. Tapi kayaknya ini lebih cair yah. mungkin lebih lancar keluarnya

    BalasHapus
  16. Baru tau brand ini aku mbak. Tapi kalau lihat hasil setelah pemakaian 5 hari cukup bikin hati bahagia ya mbak, jerawat besar perlahan kempes.. Yeay..

    BalasHapus
  17. Kemasannya emang super cakep ya mbaak. Tapi melihat dua fungsinya, mirip sama serum sebelah hihi. Tapi enak sih sepaket buat acne clear dan glass skin biar bekas jerawatnya cepat hilang~

    BalasHapus
  18. Saya juga suka dengan kemasannya, warnanya cantik, ya.
    Jadi tertarik ingin nyobain Whitening Glass Skin Serum juga, deh! Ingin ngilangin flek hitam, semoga bisa ilang pakai serum itu ya..

    BalasHapus
  19. Baru tau brand-nya mbak, aku suka packaging retronya nih.
    Pas kebetulan lagi jerawatan gede di dagu nih, bisa kali yaa nyobain juga yang acne serum. Lumayan cepet sih 5 hari udah kempes dan kemerahannya memudar.

    BalasHapus
  20. Waaahhh.. Kusuka bangettt sama packaging-nya mbak.. Manis-manis lucu itu.
    Dan wow lho hasilnya. Hari kelima dah keliatan bgt tuh jerawat kempes dan keliatan lebih tenang

    BalasHapus
  21. Wah ada racun skincare lagi nih. Aku suka banget kalo ketemu review serum. Soalnya serum itu salah satu skincare rutinku. Bermanfaat banget kalo dapet honest review kayak gini

    BalasHapus
  22. Ini aman tidak mba buat ibu menyusui dan kulit sensitif, liat teksturnya yang bening jadi pengen nyobain juga serum ini.

    BalasHapus
  23. Packaging nya menggemaskan mba. Aku tuh suka banget kalau dalam skincare ada kandungan centela asiatica nya karena beneran bikin rilex kulit wajah

    BalasHapus
  24. sebagus itu ya mbak hasilnya menggunakan serum tinka serum anti jerawat ini yaa. kulit yang berjerawat cepat sekali recoverynya yaa. bikin glowing juga

    BalasHapus
  25. Uda mulai lirik-lirik sama Whitening Glass Skin Serum dari Tinka nih..
    Rasanya aku perlu banget banget untuk menjadi solusi kulit wajah aku yang mulai tampak flek akibat abai dengan penggunaan suncscreen semasa muda dulu.

    Semoga berhasil..
    ((kasih semangat buat diri sendiri agar rajin merawat wajah untuk hasil terbaik))

    BalasHapus
  26. Wajahku kebetulan lagi berjerawat kecil.kdcil ini mbak. Kalompake glass skin ini apakah bisa memgembuhkan jerawat yang membandelnmba?

    BalasHapus
  27. Wah, bisa dicoba nih.. Kebetulan aku suka sama wangi2 floral nih. Btw, Tinka ini merek lokal bukan, sih?

    BalasHapus
  28. Mbak, itu niacinemade nya brp persen? Kebetulan aku lagi nyari skincare gitu mbak,

    BalasHapus
  29. Lagi kemasannya ini serumnya bagus banget dan packaging-nya unik itu aku lumayan suka tapi belum pernah coba kayaknya bagus sih

    BalasHapus
  30. Senang ya, kalau ketemu dengan skincare yang cocok untuk kulit. Seperti menemukan tambatan hati, makanya jadi bucin.. Hihi..kalau kulitku kusam tapi cenderung kering mbak... Kira-kira cocok pakai yang mana?

    BalasHapus
  31. Wah Acne Clear Skin Serum dan Whitening Glass Skin Serum ini bisa jadi rekomendasi buat adikku yang berserakan nih.. terimakasih review nya mbak

    BalasHapus