Review eBright Skin Twin Cream, Natural Skincare dengan Kandungan Probiotik

review-ebright-skin

Salah satu brand skincare lokal, eBright Skin baru-baru ini merilis produk terbaru. Yaitu pelembab dengan kandungan probiotik yang diklaim dapat menenangkan kulit dan bermanfaat sebagai anti-aging

Sebagai pemuja skincare anti-aging, jelas dong saya nggak mau ketinggalan. Apalagi eBright Skin nggak tanggung-tanggung langsung merilis 2 produk pelembab probiotik. 

Yang satu ditujukan untuk kulit berjerawat, satu lagi untuk perawatan kulit kusam. Keduanya sama-sama natural skincare yang mengandung probiotik dan bermanfaat untuk anti-aging. Serupa tapi tak sama, itu sebabnya kedua pelembab ini disebut The Twin Cream


Ada Apa Sih dengan Probiotik? 

Kita semua pasti familiar dengan istilah probiotik. 

Secara sederhana, probiotik merupakan sebutan untuk bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan organisme lain atau inangnya. Selama bertahun-tahun konsumsi makanan dan minuman probiotik diyakini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Belakangan, pemanfaatan probiotik makin luas. Tak hanya untuk kesehatan saluran cerna, tetapi juga untuk perawatan kulit. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa probiotik bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Kalau nggak salah ingat, penggunaan probiotik untuk perawatan kulit sebenarnya sempat nge-hits beberapa tahun lalu. Tapi pengaplikasiannya belum terlalu variatif, paling-paling berupa masker. 

Saya sendiri, dulu sempat rajin mengaplikasikan masker kefir. Paling tidak seminggu sekali deh. 

review-ebright-skin

Efek kefir di kulit saya, harus diakui bagus banget. Pokoknya kalau ada bakal jerawat langsung hempas deh. Kulit jadi lebih halus dan kenyal. Enak banget. 

Wajar sih, karena probiotik yang bisa kita temui dalam produk-produk fermentasi ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, antara lain : 
  • Melawan radikal bebas
  • Membantu mengurangi jerawat
  • Bersifat anti inflamasi dan membantu meredakan kemerahan pada kulit
  • Memperbaiki dan menjaga skin barrier
  • Menghidrasi kulit
  • Membantu peremajaan kulit
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Membantu mengontrol minyak dan menyamarkan pori-pori 
Walau tahu probiotik punya manfaat segambreng buat kulit, nyatanya saya nggak bertahan lama memakai masker kefir karena bosan dengan ribetnya. Soalnya rata-rata masker kefir kan model wash off yang harus dicuci.

Jadi berasa agak kurang praktis aja. Dan saya pun beralih ke sheet mask untuk weekly routine yang lebih simple pemakaiannya. 

Makanya saya excited banget nih saat tahu eBright Skin merilis produk baru berupa pelembab dengan kandungan probiotik. Yang jelas pemakaiannya tentu akan lebih praktis ketimbang memakai masker, tapi apakah manfaatnya juga sebagus itu? 

Yuk kita langsung masuk ke ulasan eBright Skin The Twin Cream. 

review-ebright-skin

FYI
, saat menulis review ini, saya sudah mencoba kedua produk selama sekitar dua pekan. Masing-masing produk saya pakai selama sepekan, dan dipakai untuk am & pm skincare routine

Matcha O’Cica Soothing Cream 

Dari namanya sudah kelihatan kan, selain mengandung probiotik, pelembab ini juga mengandung Centella Asiatica (Cica) dan Teh Hijau (Matcha). Selain itu ada juga kandungan Aloe Vera, Niacinamide dan Hydrolyzed Hyaluronic Acid. 

Kemasan 

Matcha O’Cica Soothing Cream tersedia dalam dua ukuran kemasan yaitu 5 ml dan 10 ml. Kalau produk yang saya punya ini ukuran 10 ml. 

review-ebright-skin

Dikemas dalam jar berbahan plastik yang dilengkapi dengan tutup ulir berwarna hijau pastel. Bagian dalamnya dilengkapi inner lid untuk menjaga agar produk tetap rapi. Keterangan produk tertera jelas di sticker yang membalut jar kemasan. Sangat lengkap dan informatif. 

Saat tiba, cream ini nggak dilengkapi dengan kardus kemasan. Melainkan dikemas dalam jar transparan berisi styrofoam beads warna-warni. Gemas banget. 

Jarnya sendiri hanya dibalut plastik wrap. Tapi kondisinya baik kok karena terlindungi styrofoam beads

review-ebright-skin

Tekstur dan Aroma 

Teksturnya lightweight cream. Krim yang halus, ringan. Tampilannya seperti puding lembut berwarna hjau muda. 

Daya sebar krim ini sangat bagus. Biasanya saya hanya pakai satu spatula mini untuk dibalurkan ke seluruh wajah. 

review-ebright-skin

Tadinya saya mengira pelembab ini akan beraroma matcha atau kefir, tapi ternyata baunya malah seperti krim pelembab biasa. Wangi lembut. Ya wajar sih, karena ternyata The Twin Cream ini tidak diberi tambahan fragrance

Ingredients 

Water, Disodium EDTA, Allantoin, Polyacrylate-13, Polyisobutene, Polysorbate-20, Glycerine, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, PEG-40 Stearate, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Stearic Acid, Ethylhexylglycerin, Phenoxyethanol, Centella asiatica (leaf) extract, Elaeis guineensis Oil, Honey, Camelia sinensis leaf extract, Lactobacillus/ Milk Ferment Filtrate (Kefir), Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Niacinamide, PEG-40 Hydrogenated Castrol Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Propylene Glycol, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid, Sodium Metabisulfite, Tocopheryl Acetate, E102, C.I. 19140, FD&C Yellow 5, Acid Yellow 23, Food Yellow 4, trisodium 1-(4-sulfonatophenyl)-4-(4- sulfonatophenylazo)-5- pyrazolone-3-carboxylate), Brilliant blue FCF, Acid Blue 9, Erioglaucine, Black PN/Black C/Black VI 

Cara Pakai 

Biasanya saya pakai di slot pelembab seperti biasa. Karena kemasan Matcha O’Cica Soothing Cream ini tak dilengkapi dengan spatula, saya pakai spatula mini milik sendiri. 

Tapi kita juga bisa colek pakai jari lalu oleskan secara tipis dan merata ke seluruh wajah. 

Performa di Kulit 

Seperti yang saya sebut sebelumnya, krim ini memiliki daya sebar yang sangat baik. Hanya dengan pemakaian sedikit bisa dipakai merata ke seluruh wajah. Jadi penggunaannya bisa sangat hemat. 

Setelah diaplikasikan, krim ini akan menyisakan sedikit kesan tampilan glowing dan terasa licin di kulit saya yang normal to oily

Kemampuan meresapnya lumayan cepat tapi setelah meresap, dia meninggalkan sedikit kesan berat dan agak lengket di kulit. Tapi hal itu nggak terlalu terasa kalau saya memakai krim ini dengan melewatkan slot serum. Jadi krimnya langsung dipakai setelah toner. Rasanya jadi agak ringan. 

Meski begitu, saya suka dengan kinerja Matcha O’Cica Soothing Cream di kulit saya. Selama seminggu pemakaian, krim ini berhasil membuat kulit terasa lebih kenyal dan lembut. 

Kemampuan untuk menenangkan jerawat juga lumayan oke. Meski nggak terlalu cepat. Setidaknya dia membantu membuat hormonal acne saya lebih kalem dan cepat sembuh. 

Harga Matcha O’Cica Soothing Cream 
10 gram : Rp 75.000 
5 gram : 42.000 

Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream 

Harus diakui, nama dari kembaran Matcha O’Cica ini memang cukup panjang. Saya pun sering kerepotan menyebutnya. Jadi berikutnya marilah kita menyebut dia Advanced Luminous Cream saja. 

Biarpun panjang, nama krim ini menggambarkan dengan cukup jelas kandungan andalannya, yaitu Niacinamide 4%, Turmeric dan Propolis. Selain itu ada juga kandungan Arbutin, Vitamin C, Vitamin E dan tentu saja Probiotik. 

review-ebright-skin

Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream diklaim bisa digunakan oleh semua jenis kulit dengan permasalahan kulit kusam, flek hitam dan aging

Kemasan 

Sama seperti Matcha O’Cica, Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream juga dikemas dalam jar putih dengan tutup ulir. 

Bedanya, kalau Matcha O’Cica memiliki tutup berwarna hijau, Advanced Luminous Cream dilengkapi dengan tutup berwarna pink peach. Keterangan, nama produk dan ingredienst juga tertulis lengkap di sticker yang membalut jar. 

review-ebright-skin


Tekstur & Aroma 

Teksturnya sama persis seperti Matcha O’Cica, yaitu lightweight cream. Krimnya sangat halus, lembut, ringan dan gampang diratakan. Yang membedakan hanya warna krimnya yang putih keruh. 

Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream juga tidak ada penambahan fragrance. No added alcohol dan no added paraben. 

Ingredients 

Water, Disodium EDTA, Allantoin, Polyacrylate-13, Polyisobutene, Polysorbate-20, Glycerine, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, PEG-40 Stearate, Ceteareth-20, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Stearic Acid, Ethylhexylglycerin, Phenoxyethanol, Niacinamide, Propylene Glycol, Curcuma Longa (Root) Extract, Citric Acid, Sodium benzoate, Potassium Sorbate, Butylene Glycol, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, Alpha Arbutin, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Propolis Extract, Polysorbate-60, Lactobacillus/Milk Ferment Filtrate (Kefir), Epilobium angustifolium Flower/Leaf/Stem Extract, Sodium Metabisulfite, Tocopheryl Acetate (Vitamin E). 

Cara Pakai 

Cara pakainya sama seperti Matcha O’Cica Soothing Cream, saya biasa pakai untuk am & pm routine setelah pemakaian toner. 

Cukup ambil sedikit produk menggunakan ujung jari atau spatula lalu oleskan di seluruh wajah. Daya sebarnya yang sangat baik membuat saya nggak perlu mengambil produk terlalu banyak. 

Performa di Kulit 

Agak beda dengan Matcha O’Cica Soothing Cream, Advanced Luminous Cream lebih cepat menyerap di kulit saya. Dan setelah terserap, rasa di kulit lebih ringan dan nggak terlalu lengket. Jadi terasa lebih nyaman di kulit saya yang dehidrasi ini.

Untuk klaim mengatasi flek hitam dan mencerahkan,saya belum melihat hasil yang signifikan di pemakaian seminggu ini. 

Tapi pelembab ini bekerja sangat baik untuk melembabkan dan menghidrasi kulit. Dia juga terasa ringan dan nyaman saat di-layer dengan produk skincare lainnya. 

Harga Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream 
10 gram : Rp 85.000
5 gram : Rp 47.000 

Kesimpulan 

eBright Skin The Twin Cream dengan kandungan probiotik bekerja sangat baik di kulit saya dehydrated normal to oily dan memiliki masalah aging.

Keduanya memiliki kemampuan melembabkan yang bagus. Teksturnya juga lembut dan sangat mudah diaplikasikan. 

review-ebright-skin

Saya suka dengan kemampuan Matcha O’Cica Soothing Cream menenangkan dan mempercepat penyembuhan hormonal acne saya. Tapi saya kurang nyaman dengan kesan lengket setelah pengaplikasiannya. 

Sementara Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream memiliki kemampuan serap yang lebih baik di kulit saya. Tidak meninggalkan kesan berat dan nyaman buat di-layer dengan produk lain. 

Untuk klaim menghilangkan kerut halus dan pencerah mungikin masih butuh pemakaian yang lebih lama untuk melihat hasilnya. 

Jadi bisa disimpulkan, saya lebih nyaman memakai Niacinamide 4% + Turmeric + Propolis Advanced Luminous Cream untuk pemakaian skincare routin di pagi hari. Sementara Matcha O’Cica Soothing Cream kayaknya bakal lebih nyaman untuk dipakai di malam hari. 

Oh iya, eBright Skin Twin Cream ini sudah teregistrasi BPOM dan mengantongi sertifikat halal lho. Selain itu, sebagai natural skincare, The Twin Cream ini juga diklaim aman untuk ibu hamil, menyusui dan remaja usia diatas 14 tahun. Untuk informasi detail dan pembelian, kalian bisa langsung kepoin akun Instagram : @ebrightskin

Atau langsung belanja di official store di Shopee : @egyptianbeautyskin & Tokopedia : eBright Skin Official

#BetterWithProbiotic #NaturalSkincare #CantikYangMenenangkan

5 komentar

  1. Menyenangkan sekaliii kalo ada produk anti-aging yg juga mengandung probiotik.
    Selamat datang kulit yg kenyal, halus, memesona
    Asiikk nih, bakal rutin skincare-an ya Mak.

    BalasHapus
  2. Aku tertarik banget sama warna dan packagingnya, soft dan lucu , mba. Belum bisa membayangkan ada skincare mengandung probiotik, jadi pengen coba deh karena ini bahanny natural ya

    BalasHapus
  3. Skincare dengan kandungan probiotik seperti Matcha O'cica Soothing Cream ini baik sekali manfaatnya bagi kesehatan kulit kita. So natural gitu ya mbak. Kemasannya kelihatan girly gini, cantik dan bisa buat kado hehehe. Mencegah penuaan dini, menguragi pori2 dan flek hitam pada wajah, ah aku mau ceki2 lebih lanjut.

    BalasHapus
  4. kemasannya unyu banget...wah iya dulu pernah happening nih prebiotik sebagai natural skincare. Kini dalam bentuk praktis seperti eBrightSkin Twin Cream begini makin memudahkan sekali.

    BalasHapus
  5. waah ilmu baru lagi nih, Mba. Bru tau kalau prebiotik bisa buat diwajah. Mgkn fungsinya sama-sama melawan bakteri jahat, macam jerawat ya... xixixi..

    BalasHapus