4 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Mudah Dilakukan di Rumah

cara-menghaluskan-kulit

Buat yang rajin merawat kulit di klinik kecantikan, kebijakan PPKM Darurat dan pandemi yang berkepanjangan ini bikin jadwal perawatan kulit jadi agak terganggu ya. Saya sendiri sudah 2 bulan nih nggak perawatan ke klinik. 

Tapi tenang, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan lembut ternyata tidak selalu harus ke klinik. Karena sebenarnya ada tips untuk melakukan perawatan si rumah.

Asal dilakukan tepat, kulit kita bisa tetap terawat dan halus dengan perawatan yang dilakukan di rumah kok. Berikut beberapa cara menghaluskan kulit wajah secara alami yang bisa kita lakukan sendiri di rumah. 

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin 

cara-menghaluskan-kulit

Apabila ingin mendapatkan kulit yang sehat dan halus, hal pertama yang harus kita lakukan adalah  menerapkan kebiasaan membersihkan wajah secara rutin dalam keseharian. 

Terlebih jika kita adalah orang yang sering beraktivitas di luar ruangan atau sering menggunakan make up. Debu maupun bekas make up yang menempel dan tidak dibersihkan dapat memicu berbagai permasalahan kulit. Mulai dari munculnya bruntusan, jerawat, hingga kulit kusam. 

Oleh sebab itu, banyak pakar yang bahkan merekomendasikan untuk melakukan double cleansing di malam hari setelah beraktivitas atau setelah penggunaan make up

Pembersih wajah atau facial foam sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga murah,tinggal pilih saja mana yang paling cocok dengan jenis kulit. 

2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin 

cara-menghaluskan-kulit

Cara menghaluskan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan melakukan eksfoliasi, yang mana eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta minyak yang menumpuk di wajah. 

Eksfoliasi juga dapat membantu meningkatkan aliran darah di wajah, sehingga kulit pun bisa mendapat cukup oksigen dan nutrisi. 

Sel-sel kulit mati yang telah terangkat, dan kulit yang mendapat cukup oksigen serta nutrisi, tentu akan terlihat lebih cerah sekaligus halus. 

Untuk melakukan eksfoliasi, kita bisa memanfaatkan beberapa bahan alami. Di antaranya seperti scrub gula dan garam, scrub kopi, atau scrub oatmeal. 

Eksfoliasi umumnya dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu, agar kulit tidak kering. Jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering ya, karena eksfoliasi yang berlebihan juga bisa merusak skin barrier.

3. Gunakan Lidah Buaya 

cara-menghaluskan-kulit

Wajah yang halus dan cerah bermula dari kulit lembab dan terawat. Sehingga cara menghaluskan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya. 

Ini sebenarnya resep cantik turun temurun di keluarga saya. Ibu dan Nenek sejak dulu sering memakai gel lidah buaya untuk merawat kelembaban kulit.

Gel lidah buaya dipercaya mampu menambahkan kelembaban pada kulit, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar. Bahkan, gel dari lidah buaya disebut dapat menghambat pembentukan melanin kulit.

Tahu kan melanin? Itu loh, zat pemberi warna gelap pada kulit. Nah, dengan penggunaan lidah buaya secara rutin, kulit wajah bisa terlihat lebih cerah. 

Cara penggunaannya mudah. Cukup dengan mengoleskan gel secara merata di wajah, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, dibilas dengan air. 

4. Aplikasikan Sunscreen 

cara-menghaluskan-kulit

Sunscreen tuh harga mati! Mau secanggih apapun perawatan kulit, kalau nggak telaten melindungi kulit dari sinar UV, hasilnya nggak mungkin bisa optimal. Makanya jangan malas menggunakan sunscreen, walau seharian hanya beraktivitas di rumah ya. 

Sama halnya dengan pembersih wajah atau facial foam, produk sunscreen bisa kita temukan dengan mudah di pasaran dalam harga yang bervariasi. Jadi sebenarnya budget yang harus disiapkan untuk sunscreen tidak akan membutuhkan biaya terlalu besar. 

Yah tapi ada juga sih sunscreen yang harganya lumayan. Tapi yang affordable pun banyak kok. Kita bisa pilih sesuai kesukaan dan kebutuhan. 

Sunscreen sendiri penting untuk digunakan sehari hari. Nggak cuma dipakai saat kita beraktivitas di luar ruangan ya. Bahkan di dalam rumah pun sinar UV tetap bisa menembus kulit. 

Fungsi sunscreen ini adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB akibat paparan sinar matahari berlebih. Seperti kulit kering dan kasar, flek hitam, dan lain sebagainya. 

Bahkan dianjurkan untuk mengoleskan kembali sunscreen setelah lewat 2 sampai 3 jam dari pengolesan pertama, sebagai salah satu cara menghaluskan kulit wajah. 

Kita bisa mendapatkan berbagai produk mulai dari facial wash, face scrub, masker, face serum, dan berbagai produk perawatan wajah lainnya melalui ecommerce kecantikan BeautyHaul yang telah terjamin mutu dan kualitas produknya. 

Selain itu, jangan lupa untuk terus menerapkan pola makan sehat, olahraga secara teratur, dan banyak minum air putih untuk mendapatkan kulit sehat dan halus.

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar