Perlukah Anak Ikut Bimbel Online?

bimbingan-belajar-online-terbaik

Beberapa minggu lalu, di sebuah grup aplikasi chat, teman-teman saya, sesama ibu, mengeluhkan penurunan prestasi belajar anak-anak mereka. Yang disalahkan siapa lagi selain pandemi dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dirasa tidak efektif. 

Menurut saya, menurunnya prestasi belajar anak ditengah situasi pandemi sebenarnya masih bisa dimaklumi. Karena anak-anak sedang beradaptasi pada kebiasaan belajar yang baru melalui daring. Ditambah lagi, belajar dari rumah itu banyak sekali godaannya. Ada yang jadi lebih mudah ngantuk. Ada yang kesulitan memahami penjelasan gurunya. 

Nggak sedikit pula yang mengeluh sulit menangkap materi pembelajaran karena metode penyampaian guru yang membosankan. Materinya hanya dijelaskan sekilas, tapi pekerjaan rumah yang diberikan segambreng. Alhasil anak-anak jadi makin pusing karena dibebani tugas tanpa pejelasan materi yang memadai. 

Tapi tentu saja hal ini tak bisa terus dibiarkan. Bukan semata karena angka rapor, penurunan prestasi bisa juga diartikan sebagai indikasi rendahnya kualitas pendidikan di masa pandemi. Kalau terus dibiarkan tanpa solusi, bagaimana dengan kualitas sumber daya manusia Indonesia mendatang? 

“Duuuh anakku perlu ikut Bimbel nggak ya?” 

Celetukan ini muncul dalam obrolan kami. Sepintas lalu memang terlihat seperti pertanyaan. Tapi nyatanya, hal ini disambut sebagai solusi oleh ibu-ibu lainnya. 

Bimbingan belajar atau Bimbel dianggap sebagai solusi tepat untuk membantu anak-anak kita belajar. Selain metode belajar yang lebih santai, Bimbel juga memungkinkan anak-anak kita mendapat pendalaman materi pelajaran secara private

Tapi di masa pandemi, kita kan harus membatasi aktivitas di luar rumah. Masa mau belajar ke tempat Bimbel? 

Iya sih ada Bimbel Online, tapi kalau bimbingan belajar juga dilakukan secara online apa iya bisa efektif? Bukannya jadi sama saja dengan pembelajaran jarak jauh? 

Maklum lah, namanya juga obrolan ibu-ibu selalu ada perdebatan. Sampai salah satu dari kami berkata, “Katanya bimbingan belajar online di Brain Academy Online tuh asyik lho.” 

Ah, jadilah kami semua mulai kepo tentang Bimbel yang diluncurkan oleh Ruangguru ini. 

bimbingan-belajar-online-terbaik

Apa sih Brain Academy Online? 

Brain Academy Online merupakan fasilitas kelas virtual yang dihadirkan oleh Ruangguru untuk menunjang proses pembelajaran siswa di rumah. 

Apa bedanya dengan ruangbelajar? Secara sederhana perbedaan keduanya bisa dilihat dari tipikal pembelajar yang disasar. 

Kalau ruangbelajar sesuai untuk anak yang nyaman belajar mandiri dengan materi video, infografis yang menarik. Sementara Brain Academy Online lebih cocok untuk anak yang suka belajar sambil berinteraksi dengan tutor. Cara belajar anak memang berbeda-beda kan? 


Nah di Brain Academy Online, ada ratusan ribu video materi belajar, bank soal, infografis dan kuis yang bisa diakses melalui aplikasi Ruangguru. Tak hanya itu, siswa pun bakal diberikan modul yang akan dikirim langsung ke rumah. 

bimbingan-belajar-online-terbaik

Dapat apa saja sih kalau ikut Bimbel di Brain Academy Online? 

1. Fasilitas Live Teaching 

Di Brain Academy Online siswa bisa belajar secara live bersama guru yang terlatih, yang disebut STAR Master Teacher. Setiap sesi pembelajaran berlangsung selama 90 menit. Di sesi live teaching ini siswa juga bisa melakukan tanya jawab seperti layaknya Bimbel Offline lho. 

Asyiknya lagi, video live teaching bisa diputar ulang. Jadi kalau ada siswa yang kelewatan kelas atau ingin mengulang materi bisa langsung memutar ulang video live teaching. Tapi harusnya sih nggak perlu sampai kelewat kelas ya, karena di Brain Academy Online ada reminder pop-up di aplikasi sebelum kelas dimulai. 

bimbingan-belajar-online-terbaik

2. Klinik PR (Pekerjaan Rumah) Online 

Di Brain Academy Online, siswa yang mengalami kesulitan atau kendala saat mengerjakan tugas atau bingung dengan materi pelajaran juga bisa bertanya langsung dengan STAR Master Teacher. 

Untuk memanfaatkan fasilitas ini, harus pesan slot dulu setidaknya 24 jam sebelum sesi klinik. Pemesanan slot bisa dilakukan melalui aplikasi Ruangguru atau google form. Jangan lupa informasikan mata pelajaran dan jam konsultasinya ya. 

3. Konsultasi belajar bersama konselor Brain Academy Online 

Nggak cuma konsultasi soal materi belajar, di Brain Academy Online para siswa juga bisa berkonsultasi permasalahan lain seputar motivasi belajar. Misal bingung mau menentukan pilihan jurusan kuliah, atau butuh motivasi belajar. Kalau di sekolah peran konselor ini mungkin seperti guru Bimbingan Konseling (BK) gitu ya. 

4. Komunitas Diskusi dan Klub Hobi 

Supaya makin semangat belajar, siswa pasti juga butuh motivasi dari teman-temannya bukan? Di Brain Academy Online, selain bisa berinteraksi dengan Master Teacher dan Guru Wali untuk konsultasi masalah pelajaran, siswa juga bisa berkumpul bersama teman-teman sepantaran di Klub Hobi. 

Ada sekitar 50 Klub Hobi di Brain Academy Online. Di Klub Hobi, siswa bisa bebas ngobrol seputar kesenangan mereka. Ada lagi fitur Komunitas Diskusi Soal. Di komunitas ini, siswa berbagi soal sulit di grup untuk dipecahkan bersama teman-teman lain. Semacam belajar kelompok gitu. Seru kan? 

5. Try Out 

Brain Academy Online juga memfasilitasi try out sebagai persiapan jelang ujian. Try Out dilaksanakan 4 hingga 6 kali dalam setahun, disesuaikan dengan kebutuhan akademik siswa sesuai jenjang kelas masing-masing. 

6. Materi soft skill 

Selain mengedepankan pembelajaran dengan pemahaman konsep dan bukan hanya menghapal, para siswa juga diajak untuk mengembangkan kemampuan soft skill. Misalnya kemampuan presentasi atau public speaking, bekerja dalam tim, menyusun proyek, mendesain konsep produk dan belajar memcahkan masalah. 

bimbingan-belajar-online-terbaik

Seru ya ikut Bimbel di Brain Academy Online. Hayuk lah mulai berlangganan.

Panduan step by step untuk mulai berlangganan Brain Academy Online bisa disimak pada gambar ini ya : 

bimbingan-belajar-online-terbaik-brain-academy

Biaya Brain Academy Online untuk paket 1 tahun cukup terjangkau kok. Dimulai dari Rp 1 jutaan untuk Brain Academy Online regular. Ada 3 pilihan paket Brain Academy Online, yaitu regular, premium dan elite. 

bimbingan-belajar-online-terbaik-brain-academy

Untuk pembelian paket langganan Brain Academy Online regular dan premium, kalian bisa dapat diskon sampai 70% kalau memakai kode voucher : PRESTASIBELAJAR. Atau unduh aplikasinya dengan klik gambar di bawah ini, untuk langsung mendapat potongan harga. 

bimbingan-belajar-online-terbaik

Jadi perlukah anak ikut Bimbel? Jawabannya sangat tergantung pada kondisi masing-masing anak. Kalau kita melihat anak kepayahan dan jenuh menangkap materi PJJ, Bimbel bisa jadi solusi yang tepat. Apalagi kalau metode pembelajaran yang diterapkan di Bimbel interaktif dan menyenangkan seperti di Brain Academy Online. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

24 komentar

  1. Waaah, untuk jaman sekarang yang belajar daring, menurutku sangat dibutuhkan. Aplagi yang punya anak2 yang masih dalam pendamingan, orang tua banyak yang kewalahan. Pilihan bimbel online bisa menjadi solusi buat anak dan orang tua agar anaknya bisa mendapatkan pelajaran yang lebih.

    Nah, kalo Ruangguru sudah terpercaya banget dan Brain Academy Online bisa menjadi pilihaan, bhuaaa diskonnya gedeeee banget yaa, dan firur2nya jelas bangeet.

    BalasHapus
  2. Wow, lengkap banget ya fasilitas yang diberikan ruang guru. Semua kebutuhan siswanya dipenuhi. Mulai dari modul, latihan soal, sampai ke klinik PR. Keren deh..

    BalasHapus
  3. Memang situasi bener2 ngga kondusif ya Mba
    Apalagi dari sisi pendidikan utk anak.
    Duhh, bener2 mengkhawatirkan.
    Tapii, kita memang kudu bisa beradaptasi, dalam situasi kayak gimanapun.
    Dan, Alhamdulillah produk2 RuangGuru sangat berfaedah utk memudahkan anak2 belajar online yak.

    BalasHapus
  4. huhuu betul banget mbak, seperti para orang tua di rumah yang tiba-tiba jadi guru dadakan. Anak-anak juga perlu dan butuh beradaptasi dengan cara belajar sekarang. Beruntung yaa ada applikasi seperti ruang guru yang canggih dan komplit

    BalasHapus
  5. Dulu waktu anak-anaku masih SD semua, aku selalu percaya diri klo bakal bisa mendampingi mrk belajar di rumah selain full day school mereka. Ah ngapain pake les atau bimbel. Kebutuhan itu terasa saat si sulung dah masuk SMP, beuuh kok berat ya math sm science mereka hahaha baru deh aku merasa butuh support dg tambahan seperti bimbel gini apalagi sekarang bs online ya

    BalasHapus
  6. Perlu banget kalau buat saya. Anak-anak lebih enjoy belajar di bimbel. Katanya guru-guru di bimbel lebih bisa ngejelasin

    BalasHapus
  7. Saat ini bagiku sangat perlu bagi anak untuk ikutan bimbel online
    biar anak semakin mudah memahami materi pelajaran
    Dan klo ngomongin bimbel online, pilihannya ya pasti Ruangguru, bimbel online terbaik

    BalasHapus
  8. Banyak banget yang bisa didapatkan dari Brain Academy ini. Kalau anak mau menghadapi ujian atau di tingkat akhir sekolah, boleh juga pakai bimbel online ini

    BalasHapus
  9. sebagai fasilitator anak, orang tua tidak harus memahami semua pelajaran. Ikut bimbel online bisa jadi solusi. Menarik juga lho ada klub hobi jadi yang dibahas enggak melulu pelajaran saja trus bisa jadi menambah teman bagi anak-anak yang sekarang ini susah untuk ketemuan secara tatap muka.

    BalasHapus
  10. Semakin banyak ya mbak platform belajar online buat anak selama PJJ ini. Tapi memang terbantu banget dapat tambahan pembelajaran, dan anak jadi fokus buat belajar. Aku pun kalau udah punya anak, ku masukin bimbel juga di masa kayak sekarang ini.

    BalasHapus
  11. Iya nih klo PJJ itu kan ada kendala di jaringan ya, jadi kadang apa yang disampaikan guru gak clear keterimanya. Makanya anak2 agak kesulitan klo cuma ngandelin dari guru. Memang perlu bimbel online kayaknya ya supaya apa yang mereka dapet dari guru sekolah bisa diulang lagi di bimbel.

    BalasHapus
  12. Anakku terbantu dengan adanya bimbel online ini. Dan ilmu yang diberikan walah secara online, pas. Aku rencana mau perpanjang anak buat ikut bimbel

    BalasHapus
  13. Menurutku perlu, tapi tentunya sesuai kebutuhan anak. Krn masing-masing anak tentu berbeda kemampuannya. Kan bimbel online untuk membantu anak supaya optimal dalam memahami mata pelajaran yg tidak ia pahami

    BalasHapus
  14. Kalo aku pribadi, biar anak nggak bosan terus bisa dapet lebih banyak materi dengan guru online ya tentunya. Brain Academy bisa jadi alternatif anak ikut bimbel online. Harganya juga lumayan terjangkau ya 1jt untuk 1 tahun lho

    BalasHapus
  15. Iya daripada anak stres nggak mengerti pelajaran, terus mamak stres karena harus mengajari anak materi yang tidak dikuasai sebaiknya memang anak ikut bimbel online ya

    BalasHapus
  16. Enaknya di Brain Academy Online ini nih, siswa bisa belajar secara live bersama STAR Master Teacher ya mbak Wid.

    Dan anak anak senang bisa ngulang video live teaching karena kadang anak suka "meleng" jadi kelewatan kelas atau ingin mengulang materi

    BalasHapus
  17. Bimbingan belajar udah sejak lama menjadi penyelamat ibu ibu yang ingin anaknya sukses di sekolah ya. Apalagi sekarang PJJ bener-bener bikin prestasi belajar anak menurun. Senang dengan kehadiran Brain Academy dari Ruang Guru, jadi bisa gabung agar anak lebih efektif belajar nya

    BalasHapus
  18. Ada soft skill n live teaching. Wow! Dan brain academy ini keknya jg ada versi offline ya? Pernah liat bangunannya di kota ini. Ikut bimbel sm brain academy mah hayuuuk ya

    BalasHapus
  19. Bimbel online di saat pjj kayak sekarang membantu banget menurutku. Terutama untuk pelajaran sains yang memang butuh penjelasan lebih detail.

    BalasHapus
  20. Aku banget paling susah kalau belajarnya gak pakai tutor hahaha, gak bisa otodidak :P
    Kayaknya menarik nih,. Sesinya pun bisa dipilih sesuai kebutuhan ya mbak?
    Gpp sih bimbel online, pokoknya gmn caranya anaknya tu sibuk aja gtu di rumah, kalau aku hehe, jd gak ada kesempatan nglamun.
    Apalagi buat anak kelas atas kalau ada konsul utk belajar gtu, aktivitas belajarnya bisa menjadi lebih terarah ya.

    BalasHapus
  21. Pas baca-baca kembali website Brain Academy saya mendadak tertarik banget ternyata bisa live teaching dengan gurunya langsung. Udah semacam les privat gitu ya.

    BalasHapus
  22. Nah ini loo...kelebihan Brain Academy yang aku suka.
    Ada Komunitas Diskusi dan Klub Hobi. Jadi anak-anak tidak melulu belajar, tapi juga melakukan yang mereka sukai dengan penuh semangat.

    BalasHapus
  23. plus minus makkk
    aku sendiri juga bingung kadang kalau mau ga ya bimbel online jalanin
    dilema soale
    tapi kalau pake brain academy ini juga jadi pilihan bener dah yang passti2 ngajarin anak

    BalasHapus
  24. Iya daripada anak stres nggak mengerti pelajaran, terus mamak stres karena harus mengajari anak materi yang tidak dikuasai sebaiknya memang anak ikut bimbel online ya

    BalasHapus