Cara Apply Kartu Kredit secara Online untuk Pemula

apply-kartu-kredit-secara-online

Perlu nggak sih punya kartu kredit? Susah nggak ya apply kartu kredit? 

Pertanyaan semacam ini wajar sekali ditanyakan oleh pemula. Sebenarnya saya juga pemula sih. Belum punya banyak pengalaman dan referensi mengenai produk keuangan. Jadi sering bingung menentukan produk keuangan, terutama kartu kredit, mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Padahal sekarang, mau cari referensi, perbandingan atau apply kartu kredit secara online bisa dilakukan melalui satu platform aja. 

Dulu, saya sering menolak tawaran bank atau agen untuk membuat kartu kredit. Alasannya klise sih, saya takut terjerat utang. Tapi seiring dengan berkembangnya akses informasi tentang produk keuangan, saya jadi mengerti bahwa kartu kredit bisa sangat bermanfaat kalau kita menggunakannya secara bijak. 

Kartu kredit nggak cuma bisa dipakai untuk belanja kebutuhan harian saja, tapi juga bisa untuk kebutuhan operasional bisnis, bahkan juga barang-barang modal usaha dan membayar tagihan. Selain itu, banyak kartu kredit juga memberikan promo seperti diskon, cashback, dan lain sebagainya. 

Beberapa waktu lalu, saat browsing mengenai kartu kredit, saya dikejutkan dengan beragamnya jenis kartu kredit yang tersedia. Ada kartu kredit untuk belanja, perjalanan, sampai kartu kredit wanita. Semua punya keunggulan sendiri-sendiri. 

Pertanyaan selanjutnya, kartu kredit mana nih yang paling cocok buat pemula? 

Sebagai sesama pemula untuk urusan kartu kredit, saya sarankan untuk mampir ke situs cekaja.com

apply-kartu-kredit-secara-online

Cekaja.com
adalah portal layanan informasi dan marketplace produk keuangan/investasi yang terpercaya. Financial marketplace dibawah naungan PT Puncak Finansial Utama yang sudah beroperasi sejak 2014 ini,  tercatat di Grup Inovasi Keuangan Digital (GIKD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sementara itu operasionalnya juga diatur dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Asosiasi FinTech Indonesia (AFTECH). 

Di cekaja.com, kita bisa langsung melakukan perbandingan antar produk kartu kredit. Saat ini tercatat ada ada 55 mitra bank, lembaga pembiayaan, asuransi, investasi dan fintech yang bekerja sama dengan cekaja.com untuk menyajikan informasi produk keuangan yang tepat untuk masyarakat. 

Masih bingung dengan produk keuangan yang tepat untuk kebutuhan dan kemampuan kita? 

Cekaja.com bisa membantu memfilter produk-produk keuangan yang paling sesuai dengan profil keuangan kita. Tenang aja seluruh data dan informasi yang kita sampaikan terlindungi kok. 

Nah, dari hasil pilihan cekaja.com itu, kita tinggal membuat perbandingan kartu kredit mana yang paling cocok buat kita. Lalu, kita bisa langsung apply kartu kredit secara online melalui cekaja.com. 

apply-kartu-kredit-secara-online

Oh iya, untuk apply kartu kredit secara online, kita perlu memenuhi persyaratan umum sebagai berikut :
  • Warga Negara Indonesia
  • Bekerja sebagai karyawan swasta, professional atau wiraswasta
  • Penghasilan minimum Rp 3 juta per bulan
  • Usia minimum 21 tahun untuk pemegang kartu utama dan 17 tahun untuk pemegang kartu tambahan. 
Selain itu siapkan pula dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan kartu kredit, sebagai berikut:
  • Fotokopi KTP/KITAS
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir
  • NPWP
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk Profesional)
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir (untuk wiraswasta)
  • Fotokopi akta pendirian SIUP/TDP (untuk wiraswasta) 
Kalau semua syarat utama dan dokumen sudah terpenuhi, lakukan langkah-langkah berikut untuk apply kartu kredit secara online melalui cekaaja.com:

1. Buka website cekaja.com dan masuk ke menu kartu kredit 

apply-kartu-kredit-secara-online

2. Dari menu itu kita bisa langsung pilih jenis kartu kredit yang kita butuhkan. Klik pilihan “semua kartu kredit” atau langsung link https://www.cekaja.com/kartu-kredit. Nanti akan muncul tampilan berikut

apply-kartu-kredit-secara-online

3. Kalau masih galau dengan kartu kredit yang mau dipilih, di bagian laman ini ada opsi tombol “cek aja di sini”. Klik fitur itu, dan nanti kita akan diarahkan untuk mengisi data diri. Data ini digunakan sebagai bahan untuk memilihkan kartu kredit yang sesuai dengan profil kita 

apply-kartu-kredit-secara-online

4. Cekaja.com akan menampilkan jenis kartu kredit yang sesuai. Di sini kita juga bisa melihat penjelasan detail mengenai keunggulan tiap-tiap kartu kredit. 

apply-kartu-kredit-secara-online

5. Selanjutnya kita bisa membuat pengajuan kartu kredit dengan memilih fitur "lengkapi aplikasi" 

apply-kartu-kredit-secara-online

6.
Isi aplikasi dengan informasi yang lengkap dan jujur. Selain informasi personal kita juga akan diminta untuk menambahkan dokumen persyaratan 

apply-kartu-kredit-secara-online

7. Setelah pengajuan selesai, kita tinggal menunggu verifikasi. Pihak cekaja.com akan memeriksa kelengkapan, dan kelayakan kita sebagai calon pemegang kartu kredit. Proses ini biasanya memakan satu hari. Setelah disetujui prosesnya akan dilanjutkan dengan cetak kartu di bank terkait dan kartu kredit akan dikirimkan ke alamat kita. 

apply-kartu-kredit-secara-online

Gampang banget kan apply kartu kredit secara online di cekaja.com? 

Sekadar tips, untuk pemula jangan terlalu bernafsu memburu kartu kredit dengan limit besar. Pilih kartu kredit dengan limit standar yang sesuai dengan kebutuhan kita dan iuran tahunan yang terjangkau. 

Hal ini dimaksud untuk memberi waktu pada diri kita sendiri buat beradaptasi dengan kartu kredit. Jangan sampai mentang-mentang punya kartu kredit lantas kalap dan menggunakannya secara berlebihan. 

Kalau kita sudah terbiasa menggunakan dengan bijak, pembayaran tagihan tertib dan tepat waktu, kita bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit. Selain itu, pilih kartu kredit yang memberi cicilan bunga 0 persen dan berlatihlah untuk disiplin membayar cicilan tepat waktu. 

Sebagai pemula, kita juga harus paham bahwa ada biaya-biaya yang akan dibebankan kepada kita sebagai pemegang kartu. Hal ini juga perlu diperhatikan supaya kita nggak kaget. 

apply-kartu-kredit-secara-online

Biaya apa saja sih? 

Biaya Tahunan 
Disebut juga iuran tahunan atau annual fee. Merupakan biaya kompensasi untuk fasilitas yang diberikan penerbit kartu kredit, kepada pengguna.

Biaya Tarik Tunai 
Kartu kredit juga bisa dipakai buat tarik tunai di ATM lho. Namun pemegang kartu akan dibebankan biaya Tarik tunai sebesar 3% - 6% dari jumlah uang yang ditarik.

Biaya Cek Tagihan 
Merupakan biaya yang dibebankan kepada nasabah pemegang kartu kredit yang ingin mencetak tagihan. Kalau mau gratis, kita bisa memintapenerbit kartu kredit mengirimkan tagihan melalui email.

Biaya Keterlambatan
Nasabah yang membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo akan dikenakan biaya keterlambatan.

Biaya Bunga 
Biaya ini dibebankan kepada nasabah yang tidak membayar tagihan secara penuh.

Biaya Penggantian Kartu 
Nasabah akan dikenakan biaya penggantian kartu yang hilang, rusak atau dicuri akibat kelalaian nasabah. Jadi jaga baik-baik kartu kredit kita ya.

Biaya Overlimit 
Kalau penggunaan transaksi kartu kredit kita sudah melebihi limit yang ditentukan, maka kita akan dikenakan biaya overlimit. 

Nah, sudah lebih paham kan cara apply kartu kredit secara online? 

Yang penting untuk digarisbawahi, gunakan kartu kredit secara bijak dan pilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Biar nggak bingung untuk memilih dan bisa langsung membuat pengajuan kartu kredit tanpa ribet, kunjungi https://www.cekaja.com/kartu-kredit 

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments