Tips Produktif Bikin #MalamJadiExtra dengan Extra Unlimited Malam Full Speed ala ibusegalatau

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Konon, orang yang berzodiak Pisces suka begadang
Saya sih nggak pernah terlalu percaya dengan zodiak, tapi pernyataan itu sepertinya ada benarnya. Sejak masih sekolah dulu, saya sudah terbiasa tidur larut malam. Hampir tiap hari, saya baru bisa tertidur di lewat tengah malam. 

Ngapain aja anak sekolah tidur sampai larut begitu? 

Yang pasti sih bukan melamun ya. Saya biasanya merapikan catatan pelajaran sekolah. Kadang menulis di buku harian, menantang diri mencoba menjawab soal-soal di lembar tugas, atau sekadar membaca novel. 

Biasanya sambil ditemani siaran berita atau acara televisi. Saya nggak terlalu suka mendengarkan radio sih. Dan di masa itu, belum ada internet. Jadi hiburan selingannya ya hanya bisa dari TV atau radio.

Entah dengan orang lain, tapi buat saya inspirasi biasanya baru datang di malam hari. Makin larut, malah makin on. Mungkin suasana malam yang lebih sepi dan minim gangguan lebih memicu sel otak saya bekerja lebih giat. 

Blog ini pun, dulu saya bikin buat mengisi waktu saat begadang. Itu sebabnya sebelum berubah jadi ibusegalatau.com, blog ini saya namakan mommiesneversleep

Cukup buat menggambarkan bahwa penulisnya adalah seorang ibu yang suka begadang, bukan? 

Kebiasaan begadang ini masih berlanjut sampai sekarang. Tapi beda dengan masa sekolah dulu, saat saya biasa mengisi waktu begadang dengan baca novel atau menyalin catatan. Sekarang begadang saya jadi lebih produktif. Malah bisa jadi cuan juga. 

Kok bisa? 

Ya karena sekarang sudah ada internet. Jadi lebih banyak peluang kerja dari rumah yang bisa dikerjain tanpa terbatas waktu dan ruang. Misalnya saja dengan menulis di blog begini. 

Buat mengisi blog ini saja, mayoritas artikel saya ketik di tengah malam. Apalagi kalau lagi ikutan lomba blog, nulisnya wajib banget tengah malam. Soalnya inspirasi baru lancar jaya di jam segitu. 

Hasilnya lumayan. Ada beberapa artikel yang menang lomba. Walau bukan juara pertama, tapi tetap dapat hadiah. Asyiiik.

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Kalau lagi nggak mood buat nulis artikel, kegiatan lain yang saya lakukan saat begadang adalah nonton drama korea. 

Jangan bilang ini kegiatan buat senang-senang saja ya. Justru dari sini muncul tuh inspirasi menulis review drama korea. Nah, jadi produktif lagi kan? 

Btw, dari dulu saya hobi ngedrakor. Tapi suka tekor dan emosi jiwa saat download drama di aplikasi. Ya gimana, sering banget kejadian sudah capek-capek download sampai 80% tahu-tahu jaringan internetnya terputus-putus. Terpaksa proses download diulang lagi. Rugi kan jadinya? 

Untungnya sekarang sudah nggak gitu lagi. Karena sekarang, hobi ini makin terfasilitasi dengan Extra Unlimited Malam Full Speed dari smartfren

Lancar ngeblog, puas ngedrakor 

Extra Unlimited Malam Full Speed ini benefit terbaru dari produk smartfren Unlimited yang bisa bikin kita Makin Unlimited internetan sepanjang malam mulai dari pukul 01.00-05.00 lho. 

Harganya terjangkau banget lho. Kartu smartfren Unlimited aja cuma Rp 80.000, bisa unlimited 24 jam untuk semua aplikasi dengan masa berlaku 28 hari. Kartu perdana Unlimited dengan masa berlaku 7 hari malah cuma Rp 22.500. Masih dapat benefit Extra Unlimited Malam Full Speed pula. Benar-benar #UnlimitedBisaSemua deh.

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Extra Unlimited Malam Full Speed juga berlaku buat kartu perdana dan paket Kuota NonStop. FYI, smartfren Kuota Nonstop ini paket terbaru juga dari smartfren yang kasih kita kuota besar 24 jam. Jadi kalau kuota utamanya habis, kita masih bisa akses internet ke semua aplikasi tanpa terpotong pulsa dengan kecepatan yang disesuaikan. 

Kuota Nonstop ini nih andalan saya banget, soalnya bisa dapet 18 GB hanya dengan Rp 65.000. Dan dapat pakai di modem WiFi smartfren juga. Bisa buat download beberapa judul drakor nih. Buat ngeblog juga jadi lancar. Puas banget. #KuotaNonStopMakinTop

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Pembelian paket kuota nonstop juga bisa dilakukan via aplikasi MySmartfren. Jangan lupa unduh dulu aplikasinya, buat yang android bisa download di play store. Dan pengguna iphone bisa unduh di app store.

Tips produktif ditengah malam ala ibusegalatau 

Btw, dari tadi cerita ini itu, trus mana nih tips produktifnya? 

Perlu diperhatikan, saya tidak menyarankan siapapun untuk begadang. Tapi kalau memang ada yang sama seperti saya, justru bersemangat dan mendapat inspirasi di malam hari. Tips ini mungkin boleh dicoba, bagaimana caranya tetap produktif di malam hari saat kebanyakan orang sedang terlelap. 

1. Tidur berkualitas 

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Begadang tidak selalu berarti kurang tidur. Menurut saya, ini cuma masalah perbedaan jam biologis tiap orang saja. Makanya, meski nggak cukup tidur di malam hari, pastikan durasi dan kualitas tidur kita tetap terjaga. Saya sendiri terbiasa tidur siang antara 2 hingga 3 jam setiap hari. Kebiasaan ini cukup membantu saya tetap bugar meski sering begadang. 

Selain itu, upayakan pula memiliki tidur yang berkualitas. Tidur berkualitas nggak selalu tidur dalam durasi yang lama. Tidur dalam durasi singkat tapi benar-benar nyenyak malah jauh lebih baik, ketimbang tidur lama tapi bolak-balik terbangun. 

2. Jaga kebugaran 

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Maksudnya, kita harus tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolah raga dan menjaga asupan makan. Kalau memang nggak memungkinkan olah raga pagi hari karena masih tidur, olah raga di sore hari juga nggak masalah. Asupan makan juga wajib diperhatikan supaya badan tetap sehat ya. Begadang nggak boleh dong dijadikan alasan buat nyamil makanan nggak sehat. 

3. Bikin jadwal dan susun prioritas 

tips-produktif-bikin-#MalamJadiExtra-smartfren

Manajemen waktu adalah kunci untuk tetap produktif. Jadi, meski kita melakukan aktivitas di malam hari, tetap patuhi jadwal kerja dan buat urutan prioritas tugas yang harus diselesaikan. 

Misalnya dua jam pertama mengerjakan artikel untuk blog, lalu sejam berikutnya dilanjutkan dengan mengumpulkan bahan untuk artikel berikutnya, atau mengerjakan tugas lain. Berhubung malam hari, upayakan pula tugas yang kita kerjakan bisa dilakukan secara madiri tapa perlu koordinasi dengan orang lain. Kecuali bila hal itu memungkinkan, misal kita bekerja untuk klien luar negeri yang memiliki perbedaan waktu dengan Indonesia 

4. Bekerja sesuai passion 

Melakukan hal yang sesuai dengan passion membuat kita makin semangat saat mengerjakan. Tak peduli jam berapapun kita mengerjakannya. Seperti yang saya lakukan sekarang ini. Saya suka menulis, dan menulis tema yang sangat saya sukai malah membuat saya kian semangat saat bekerja di malam hari. 

5. Internet Full Speed Unlimited 

Berhubung malam hari bukan waktu yang normal untuk beraktivitas, ada baiknya kita memilih aktivitas yang tenang dan tak menggangu orang lain yang sedang istirahat. Pilihan yang tepat adalah melakukan aktivitas online. Bisa bikin video youtube, TikTokan, nulis di blog atau sekadar mengunduh drakor. 

Itu sebabnya wajib banget buat pakai smartfren yang punya Extra Unlimited Malam Full Speed. Biar semuanya makin lancar. 

So, mulai sekarang nggak perlu mengambing hitamkan begadang sebagai alasan buat nggak produktif ya. 

Ini semua pilihan kok, setiap orang punya golden time yang berbeda. Ada yang merasa bisa dapat banyak inspirasi di pagi hari, ada juga yang baru “tercerahkan” di malam hari. Yang penting, kita harus cerdas memanfaatkan hal itu untuk hal-hal yang bermanfaat dan produktif. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments