Rekomendasi Kursus Online Terlengkap Bersertifikat

kursus-online-terbaik

Sebuah perbincangan tentang kursus online yang tayang di televisi menarik minat saya. 

Perbincangan ini membahas sebuah platform pelatihan dan kursus online yang digagas Ruangguru. Sudah pada kenal kan dengan Ruangguru? Aplikasi bimbingan belajar online untuk anak-anak sekolah itu lho. Anak saya juga belajar melalui Ruangguru. 

Nah platform kursus online, yang belakangan saya ketahui bernama Skill Academy, ini punya konsep yang hampir mirip seperti Ruangguru. Ya wajar dong, pengembangnya kan juga sama. 

Hal yang membedakan adalah materi di platform ini lebih ditujukan pada peningkatan keterampilan buat para pekerja, atau orang yang sudah melalui masa sekolah tapi ingin meningkatkan kemampuan diri, seperti saya. 

Waktu saya menonton acara itu, ada promo menarik di Skill Academy, sejumlah kelas kursus diberi potongan harga. Dari yang semula ratusan ribu, menjadi Rp 99.000 saja. Murah sih, tapi saya masih agak ragu buat ikutan. 

Sampai akhirnya, sekitar pertengahan tahun lalu, saat COVID-19 baru saja mewabah, saya melihat adik saya sedang asyik mengikuti kursus online di gadgetnya. 

“Ngapain?” 

“Ikut kelas Skill Academy, mau belajar jualan online,” kata dia. 

Adik saya mengikuti kelas ini sebagai bagian dari program prakerja. Ia kebetulan berhasil mendaftar dan mendapat saldo dari pemerintah buat mengikuti berbagai kursus online. 

Lalu mengapa mengambil pelatihan di Skill Academy? 

“Di Skill Academy, banyak banget pilihan kelas yang bisa dipilih. Nih ada kelas belajar jualan online, kelas blogger, kelas buat belajar jadi make up artist, kelas buat belajar bahasa inggris, sampai kelas buat jadi aktor dan menulis skenario pun ada,” terang adik saya 

rekomendasi-kursus-online-terlengkap

Wooooww, jujur saja saya takjub juga sih waktu lihat pilihan kursus dan pelatihan online yang tersedia di Skill Academy. Serius banyak banget. 

Secara umum, kelas online Skill Academy dikelompokan menjadi 7 kategori, yaitu: 
  1. Mentoring
  2. Bisnis & Keuangan
  3. Pemasaran
  4. Pengembangan Diri
  5. Teknologi & Software
  6. Persiapan Test
  7. Prakerja 

Cara mendaftar Skill Academy 

Simple banget! Kita cukup mengklik bagian daftar. Isi formular pendaftaran lalu klik “Daftar”. Selanjutnya kita tinggal menunggu email notifikasi yang menerangkan bahwa kita sudah punya akun di Skill Academy. 

Oh iya, pastikan mengisi formulir pendaftaran dengan nama asli ya, karena nama ini nanti akan dipakai untuk sertifikat yang bakal diberi setiap kita selesai mengikuti kursus. 

Satu akun bisa diakses dari dua device yang berbeda, bisa melalui smartphone atau pc. Jadi jangan lupa unduh juga aplikasinya di playstore supaya bisa mengikuti kursus online dimana saja dan kapan saja. 

Lalu bagaimana cara mengikuti kelas di Skill Academy? 


Berhubung adik saya dapat saldo dari program prakerja, maka dia bisa langsung memilih kelas yang diinginkan. 

Tapi buat yang tidak kebagian program prakerja, kita bisa kok langsung memilih kelas yang kita inginkan. Cukup klik “Beli Kelas Online”. 

kursus-online-terbaik

kursus-online-terbaik

Nggak perlu bingung pilih kelasnya karena tiap kelas online di Skill Academy sudah dilengkapi deskripsi, topik dan materi yang akan dibahas, format pembelajaran hingga durasi kelas. 

Selain itu kita bisa melihat video demo dan mengecek review yang diberikan oleh peserta kelas sebelumnya. Hal ini membantu banget memberi kita gambaran tentang kelas yang bakal diambil. Jadi nggak seperti beli kucing dalam karung gitu deh. 

Nah, kalau sudah memilih kelas, kita bisa membayar biaya di aplikasi melalui kartu kredit, GoPay, transfer bank (virtual account) dan melalui minimarket. Kalau punya kode voucher, bisa dimasukkan di laman check out, nanti jumlah yang dibayarkan otomatis terpotong diskon. 

Pengalaman belajar di Skill Academy 

Menurut adik saya yang sudah mengikuti berbagai platform kursus online, sejauh ini Skill Academy masih platform kursus online terbaik

Selain karena penyampaian materinya mudah dimengerti dan menarik, kita juga diberikan rangkuman tertulis dari materi yang diajarkan. Kelas online yang sudah dibeli juga bisa kita ulangi sampai batas waktu yang tak ditentukan. Jadi kita bisa mengulang pembelajaran sebanyak yang kita mau. 

Saat mengikuti kursus dan pelatihan online Skill Academy, kita juga akan diberi pre-exam dan exam yang sangat bermanfaat buat mengukur kemampuan kita. Jadi kita bisa tahu nih peningkatan kemampuan kita seperti apa. 

Nah di akhir kelas, Skill Academy juga bakal memberi sertifikat virtual. Makanya, di atas tadi saya sebut untuk menggunakan nama asli, karena nama ini nanti akan digunakan untuk sertifikat. 

kursus-online-terbaik

Penting nggak sih dapat sertifikat? 

Ya penting nggak penting. Kalau memang niatnya untuk mengasah keterampilan, sertifikat sebenarnya juga nggak penting-penting banget. Tapi bukankah sangat menyenangkan kalau hasil pembelajaran dan keterampilan kita mendapat validasi dari pihak lain? 

Bisa untuk menambah portofolio juga kan? 

Oh iya, di kalau mengambil kelas online Skill Academy kita juga bakal dapat bonus career mentoring yang berisi tentang panduan membuat CV, menulis surat lamaran, menyusun profil LinkedIn hingga menghadapi wawancara kerja. Menarik banget ya. 

kursus-online-terbaik

Sekarang kita nggak punya lagi alasan malas kursus. Karena di era digital seperti sekarang, kita kursus dimana saja, kapan saja melalui platform pelatihan dan kursus online terlengkap, Skill Academy. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments