Fitur eServices di FWD Max Kian Bebaskan Langkah Kita

FWD-Max

Membeli polis asuransi dan mengajukan klaim hanya dari smartphone? 

Sungguh, kemajuan teknologi seperti ini sama sekali tak terlintas di benak saya saat kali pertama memiliki asuransi, 15 tahun silam. 

Waktu itu, saya masih first jobber. Baru mulai merasakan punya penghasilan sendiri. Seingat saya, di masa itu akses informasi tentang financial planner belum semassif sekarang. Jadi jujur, saya nggak tahu bagaimana cara mengelola keuangan saat itu. Yang jelas, saya tahu menghabiskan uang gaji untuk berfoya-foya bukanlah tindakan bijak. 

Banyak teman lantas menyarankan untuk membeli polis asuransi. Dipikir-pikir, saran itu bagus juga, apalagi pekerjaan saya sebagai jurnalis yang harus meliput di lapangan memang lumayan beresiko. Oke saya beli polis asuransi. 

Memilih produk asuransi itu nggak mudah. Apalagi buat orang yang awam dengan produk keuangan seperti saya. Butuh waktu lebih dari 2 bulan sampai akhirnya saya memutuskan produk yang mau dibeli. Untungnya agen asuransi saya waktu itu sangat membantu. 

Begitu pula saat mengajukan klaim, bingungnya setengah mati. Takut salah, takut klaimnya nggak keluar, takut syarat dokumennya salah. Iya sih, asuransi memang terasa sangat membantu disaat sulit, tapi rasanya kok ribet ya. 

Digitalisasi asuransi, bebaskan langkah kita 

Benar-benar nggak disangka, selang 15 tahun kemudian membeli produk asuransi ternyata bisa dilakukan hanya dari smartphone. Lebih simple, lebih hemat waktu dan ongkos. Jadi semua proses pembelian polis, pengajuan klaim dan tetek bengek lainnya yang harus dilakukan oleh pemegang polis di masa lalu, sekarang terpangkas dengan digitalisasi. 

Berbekal aplikasi asuransi yang ter-install di smartphone, kita bisa memilih produk asuransi atau mengajukan klaim sambil leyeh-leyeh di rumah. Modal kuota aja sih, nggak perlu repot ngabisin bensin buat urus ini itu seperti dulu. Sungguh memudahkan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. 

Pelopor asuransi berbasis digital di Indonesia adalah FWD Life Indonesia. Perusahaan asuransi FWD Life memang belum terlalu lama masuk Indonesia. Tapi inovasi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi dari grup investasi Pacific Century Group ini, sangat menarik dan memudahkan para pemegang polis.

Fitur-eServices-FWD-Max

“Kami membawa pendekatan baru ke industri yang identik dengan cara tradisional dan melihatnya melalui perspektif nasabah. Visi FWD Life untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi telah menginspirasi kami untuk membuat asuransi jadi lebih relevan dan dapat menjangkau semua orang,” jelas Direktur Utama FWD Life, Anantharaman Sridharan dalam acara Virtual Media & Blogger Gathering Pengenalan eServices pada Aplikasi FWD MAX, Jumat, 16 Oktober 2020

Kendati masih tergolong muda, FWD Life menawarkan produk asuransi yang cukup beragam. Ada asuransi yang berkait dengan investasi, asuransi berjangka individu dan corporate, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa dan kesehatan, hingga produk syariah. Jaringan usaha FWD pun tersebar di sejumlah Negara Asia, seperti Hong Kong dan Macau, Thailand, Indonesia, Phlipina, Singapura, Vietnam, Jepang dan Malaysia. 

Sebagai generasi cashless, jujur saja saya sangat tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan oleh FWD Life ini. 

Tahu nggak sih? Semua transaksi dan informasi yang kita butuhkan seputar produk asuransi bisa kita akses dengan mudah melalui aplikasi FWD Max. Aplikasi ini sebenarnya sudah mulai dikenalkan dan dikembangkan untuk masyarakat Indonesia sejak 2018 silam. 

Menurut Chief Marketing Officer FWD Life, Maika Randini di kesempatan yang sama, FWD Max semula dikembangkan sebagai wadah interaksi dengan nasabah dan lebih fokus pada nasabah corporate.

Fitur-eServices-FWD-Max

Seiring perkembangan waktu, respon terhadap aplikasi ini makin bagus sehingga FWD Life pun mantap mengembangkan aplikasi FWD Max untuk memenuhi kebutuhan nasabah perorangan. “FWD Max memberi kemudahan berasuransi, terutama di masa pandemi seperti saat ini,” katanya. 

Bahkan, lanjut Maika, sejak pandemi proses pengajuan e-claim naik hingga 80%. Hal ini, tambahnya lagi, membuktikan bahwa masyarakat menerima dengan baik insurtech (asuransi berbasis digital) seperti yang dikembangkan dan ditawarkan FWD Life. 

Ada fitur eServices di aplikasi FWD Max 

Bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan, Jumat, 16 Oktober 2020 silam, FWD Life meluncurkan fitur baru yang bisa kita akses di aplikasi FWD Max. Namanya fitur eServices.

Fitur-eServices-FWD-Max

Sesuai namanya, fitur eServices menawarkan lebih banyak kemudahan pelayanan untuk kita. Mau ubah data personal, bisa. Mau memantau perkembangan investasi kita, juga bisa. Mau bayar premi, lalu mengecek status pembayaran, bisa dilakukan dengan mudah. Mau ajukan klaim juga bisa, tinggal unggah dokumen tanpa perlu mengirim dokumen fisik. 

Malah ada juga My Request yang berisi 11 fitur tambahan yang meliputi pengalihan nilai investasi, ganti alokasi premi investasi, penarikan nilai investasi sebagian, aktivasi polis, top up regular, top up tunggal, cuti premi, cetak kartu kesehatan, cetak polis, perubahan data tertanggung, hingga ganti cara pembayaran. Pokoknya komplit dah.

Fitur-eServices-FWD-Max

Nggak cuma itu, di dalam fitur eServices kita juga bisa mendapatkan informasi literasi keuangan dan gaya hidup melalui artikel-artikel menarik. Selain itu, kita juga bisa mengumpulkan poin dan menukarnya dengan voucher di sejumlah merchant yang sudah bekerja sama dengan FWD Life. Asyik banget.

Fitur-eServices-FWD-Max

“Teknologi terus berkembang dan industri asuransi harus mampu mengikuti perkembangan supaya bisa menyediakan solusi teknologi baru yang dapat melayani nasabah dengan lebih baik. Dengan pendekatan yang berorientasi pada kebutuhan nasabah, kami tidak hanya menyasar pada gaya hidup digital yang dijalankan para millennial. Tetapi juga mengajak generasi sebelumnya untuk lebih melek teknologi. Kami berharap fitur eServices pada aplikasi FWD Max bisa membuat nasabah lebih bersemangat untuk berubah dan merayakan hidup,” jelas Maika Randini. 

Lebih lanjut, ia juga menambahkan bahwa kehadiran fitur eServices diharapkan juga bisa mengurangi disinformasi seputar polis dan data asuransi lain. Dengan begitu, mispersepsi terkait produk asuransi juga bisa diminimalisir. Karena dengan fitur eServices, tambahnya lagi, nasabah bisa melakukan pengecekan dan perubahan daya personal pada polis dimana saja, kapan saja. 

Kelebihan lain dari produk asuransi FWD Life adalah jumlah besaran premi yang amat terjangkau. Misalnya FWD Cancer Protection yang preminya mulai dari Rp 10.000 per bulan atau Asuransi Bebas Handal, sebuah produk asuransi kesehatan berbasis syariah yang preminya mulai Rp 75.000 per bulan. 

Dalam peluncuran fitur eServices FWD Max yang digelar secara virtual, Financial Planner, Ghita Argasasmita juga menekankan pentingnya mempelajari polis dan menyesuaikan produk asuransi dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan. 

“Asuransi termasuk dalam basic foundation perencanaan keuangan. Jadi dalam perencanaan keuangan ada 3 hal dasar yang patut diperhatikan yaitu cashflow, dana darurat dan asuransi. Kalau belum punya ketiganya, mending jangan move on ke produk keuangan yang lain dulu deh.” 

Idealnya, lanjut Ghita, kita harus menyisihkan 5 % dari penghasilan bulanan untuk asuransi. Pembagian detailnya seperti ini, 45 % dari penghasilan bulanan digunakan untuk biaya hidup dan tagihan bulanan, termasuk juga untuk membayar premi asuransi sekitar 5%. Lalu sekitar 30 % dipakai untuk membayar cicilan. Sebanyak 10% untuk investasi dan 15 % sisanya baru digunakan untuk leisure seperti travelling, shopping, dan sebagainya. 

Sebagai freelancer, saya merasa produk-produk FWD Life ini cocok banget buat saya. Apalagi pembeliannya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi FWD Max kan? Jadi bebas ribet deh. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

11 comments

  1. wah menarik ya fitur fitur asuransinya. .sy jadi tertarik, baru kali ini ada asuransi yg cocok buat freelancer spt saya ini

    ReplyDelete
  2. Aku tuh masih bingung sama asuransi Mbak Wied, tapi di tengah pandemi seperti ini kayaknya emang perlu banget punya asuransi yang tidak pakai ribet seperti FWD Max. Fitur-fiturnya udah lengkap banget dalam satu aplikasi, jadi sangat membantu buat orang yang pelupa kayak aku biar nggak telat bayar asuransi.

    ReplyDelete
  3. FWD Max ini semacam 'kantong ajaib' ya, di mana satu aplikasi yang memuat banyak hal. Bisa transaksi, baca artikel, sharing informasi ke medsos juga. Jujur, baru kali ini tau membeli polis asuransi via aplikasi. Karena dulu ketika saya beli polis itu mayan ribet prosesnya hiks mesti lengkapi berkas-berkas yang mayan juga.

    FWD Max emang ngerti ya kebutuhan milenial yang 'anti ribet club' plus memanfaatkan teknologi! Tar mau ceki-cekii ahh ke FWD Max untuk lihat asuransi kesehatan.

    ReplyDelete
  4. Sejak pandemi ternyata segala hal bisa dilakukan secara online ya. Apalagi informasi-informasi juga bisa di dapat lebih cepat dan lebih mudah

    ReplyDelete
  5. yup setuju banget dengan mbak Gita, pelajari polis dan menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita. terkadang memang menjemukan membaca term yang ada di polis yaa, tapi ini penting juga agar kita paham saat pembelian asuransi

    ReplyDelete
  6. Salah satu yg bikin konsumen males n sebel sm produk asuransi itu susah dan ribetnya klo urusan klaim. Bener gak?
    Klo aplikasi FWD punya fitur yg membantu dan mempermudah proses ini, waah terobosan banget ini

    ReplyDelete
  7. Terima kasih info tentang FWD Lifenya. Bermanfaat banget. Pas banget lagi nyari info asuransi jiwa nih. Terutama yang cakupannya sampai Asia secara yang mau diasuransikan kerjaannya nggak di Indonesia. Kalau digital gini jadi lebih gampang milihnya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. I believe in this digital era, E Dash services will definitely help and support our activities, including in finding the most appropriate insurance

    ReplyDelete
  9. Iya ya jadi ingat jaman dulu pertama kali punya asuransi, agentnya yang harus siap untuk kita tanya-tanya dan minta tolong. Kalau sekarang karena sudah jamannya digital, enak nih FWD ada fitur eservice jadi memudahkan kita untuk mendapatkan layanan yang ada ya mak Wid.

    ReplyDelete
  10. iya ya dulu mau beli asuransi kalo ga datengin kantor asuransi ya nunggu didatengin sales asuransi. skr makin dipermudah bisa beli asuransi dari hp aja. fitur2nya juga lengkap di aplikasi. cara bayarnya juga mudah ya. jadi tenang deh kalo punya asuransi fwd max :)

    ReplyDelete
  11. Jadi idealnya 5 % untuk asuransi ya. Kalau untuk itungan freelancer agak susah juga karena gak tentu. Tapi mungkin bisa disiasati dengan angka minimal aja ya, jadi lebih aman memilih besaran preminya. Btw FWD ini memang sangat menarik karena kemudahan dan jenis produknya yang beragam. Apalagi jaman sekarang, apa-apa maunya online aja.

    ReplyDelete