Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Lazimnya, saya HANYA menuliskan review drama/film Korea yang sangat saya sukai. Namun kali ini, saya juga ingin menuliskan review dari drama yang masuk kategori cukup mengesankan yaitu Melting Me Softly.

Drama ini merupakan project comeback dari salah satu aktor kesukaan saya, Ji Chang Wook. Si aktor ganteng, Ji Chang Wook, membuat saya terpukau sejak melihat aktingnya di Empress Ki. Drama-drama berikutnya dari Ji Chang Wook pun tak ada yang membuat kecewa. Sampai akhirnya saya menonton Melting Me Softly.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Melting Me Softly sukses membuat saya terkesan. Tapi sayangnya bukan terkesan dalam artian positif, justru sebaliknya. Berhari-hari setelah drama ini selesai ditayangkan, saya sibuk mengutuk-ngutuk betapa mengecewakannya drama ini.

Chemistry antara bintang utamanya nggak terasa, komedinya dipaksakan. Konfliknya garing bahkan endingnya pun tak kalah bikin saya emosi. Saking nggak jelasnya. “Apaaan sih ini drama! Nggak jelas!” 

Makin jengkel lagi, karena aktor utamanya adalah Ji Chang Wook yang punya rekam jejak yang bagus. Jadi ekspetasi saya keburu tinggi. Ah, ternyata aktor kelas atas begini pun ada kalanya main drama yang failed juga ya.

Sinopsis Melting Me Softly 

Ide awal drama ini sebenarnya cukup menarik. Berkisah tentang dua orang yang berpartisipasi dalam sebuah percobaan ilmiah manusia krionika. Yaitu percobaan pembekuan manusia. Sayangnya terjadi masalah ditengah percobaan sehingga para relawan membeku hingga 20 tahun. 

Tema besarnya mirip dengan The Best Hit yang dibintangi Yoon Shi Yoon tentang pengembara waktu yang berpetualang di masa depan. Tapi premis yang diangkat Melting Me Softly ini kelihatan lebih realistis karena didukung dengan latar belakang percobaan ilmiah.

Setidaknya begitulah anggapan saya waktu pertama kali mengikuti drama ini. Ditambah lagi pemeran utamanya Ji Chang Wook. Harusnya bagus kan?

Jadi begini jalan ceritanya.... 

Episode awal Melting Me Softly mengambil setting Seoul di tahun 1999. Ma Dong Chan (Ji Chang Wook) adalah seorang produser variety show bertangan emas yang jenius. Semua variety show yang dirancang dan dibuatnya selalu meraih rating tinggi. Nggak heran kalau Ma Dong Chan, si produser jenius yang ganteng ini sangat diandalkan dan dianak emaskan oleh stasiun TV tempatnya bekerja. 

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Hidup Ma Dong Chan saat itu terlihat sangat sempurna. Di puncak karirnya, ia memiliki pendapatan dan popularitas yang luar biasa. Ia juga bertunangan dengan seorang pembaca cerita cantik yang sangat mencintainya. Ditambah lagi keluarga Ma Dong Chan sangat berkecukupan dan harmonis. 

Tapi kehidupan yang sangat sempurna itu, agaknya masih belum memuaskan buat Ma Dong Chan. Sebagai seorang yang bekerja di bidang kreatif, ia merasa selalu tertantang untuk membuat acara yang tak terbayangkan oleh orang lain.

Hingga suatu saat tercetuslah untuk membuat sebuah variety show bertemakan “Frozen Human Project”. Proyek yang ditangani oleh Profesor Hwang Gab Soo itu akan bereksperimen dengan membekukan dua relawan selama 24 jam. Eksperimen ini cukup beresiko sehingga atasan Ma Dong Chan pun awalnya menentang rencana tersebut. Tapi akhirnya ia luluh juga karena nggak tahan menghadapi Ma Dong Chan yang keras kepala.

Walau sudah mendapat izin dan dukungan dari stasiun TV-nya, hasrat Ma Dong Chan untuk merekam Frozen Human Project ini tetap tak berjalan mulus. Pasalnya, nggak ada relawan yang bersedia mengikuti percobaan yang cukup beresiko ini.

Sampai akhirnya Ma Dong Chan dan tim kreatifnya melihat Go Mi Ran (Won Jin Ah) . Mahasiswi cantik ini sering bekerja paruh waktu sebagai talent di variety show yang dibuat Ma Dong Chan. Karena tuntutan ekonomi, Go Mi Ran sering mengambil peran-peran kecil yang cukup beresiko. Misalnya percobaan terbang dengan bantuan mesin sederhana, dan eksperimen aneh-aneh lain. 

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Keluarga Go Mi Ran hidup sangat pas-pasan. Mereka tinggal di sebuah rumah sewa yang sempit dan sederhana dan terlilit hutang. Kendati begitu, keluarga ini saling menyayangi. Go Mi Ran memiliki seorang adik yang berkebutuhan khusus bernama Go Nam Tae. Dan karena alasan ekonomi keluarganya yang sangat pas-pasan itulah, Mi Ran tergiur dengan tawaran Ma Dong Chan untuk mengikuti eksperimen.

Frozen Human Project pun mulai dilakukan dengan sangat rahasia. Tak banyak anggota tim kreatif yang terlibat. Bahkan saat pengambilan gambar hanya ada 2 kru yang ikut ke laboratorium profesor yang terletak di basement bangunan tua di pelosok kota. Proyek ini sangat rahasia.

Singkat cerita, percobaan pun dilakukan dengan menyertakan Ma Dong Chan dan Go Mi Ran sebagai relawan. Mereka ditempatkan di sebuah peti kaca dengan suhu super dingin, dan disuntik cairan pembeku. Dalam suhu dibawah 0 derajat celcius seperti ini, semua sel makhluk hidup disebut dalam kondisi dormant (tidur). Jadi sel-sel tubuhnya tidak bertumbuh, tapi juga tidak mati. Itu sebabnya manusia beku ini secara fisik akan terlihat sama seperti ketika mereka dibekukan.

Rencana awal, keduanya bakal dihidupkan kembali dalam waktu 24 jam. Tapi sebuah tragedi menimpa Profesor Hwang. Mobilnya ditabrak hingga terbalik, Sang Profesor pun dinyatakan meninggal. Peliknya, Profesor Hwang adalah satu-satunya orang yang mengetahui cara menghidupkan kembali manusia krionik ini. Alhasil, asisten profesor mengambil keputusan untuk menghentikan proyek tersebut dan meninggalkan Ma Dong Chan dan Go Mi Ran dalam keadaan membeku di dalam peti.

Atasan Ma Dong Chan yang khawatir tragedi ini akan mempengaruhi masa depan karirnya, akhirnya memutuskan untuk menutup dan merahasiakan eksperimen manusia krionik. Tunangan Ma Dong Chan, Na Ha Young (Yoon Se Ah) diiming-imingi promosi karir demi menutupi skandal tersebut. Begitupula dengan dua kru yang ikut ke lokasi. Ma Dong Chan dan Go Mi Ran akhirnya dinyatakan hilang!
Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Hilangnya Ma Dong Chan dan Go Mi Ran jelas mengegerkan keluarga masing-masing. Tanpa bantuan stasiun TV, kedua keluarga ini berusaha melakukan pencarian sendiri. Keluarga Ma Dong Chan bahkan sampai bangkrut karena hal ini.

Timeline drama meloncat ke 20 tahun kemudian. Di tahun 2019, Profesor Hwang yang sebelumnya dinyatakan meninggal, ternyata masih hidup dan dalam keadaan koma. Setelah 20 tahun terbaring, ia tiba-tiba bangun dan berjalan dalam keadaan setengah sadar mengambil antiserum yang berfungsi “mencairkan” manusia krionik. Dia pun mulai menyuntikan antiserum itu ke Ma Dong Chan dan Go Mi Ran sebelum akhirnya pingsan lagi.

Tak berapa lama kemudian Ma Dong Chan dan Go Mi Ran yang tersadar berusaha mencari jalan pulang. Dengan kepayahan dan lemas, mereka masuk ke kota Seoul. Lalu seperti yang bisa ditebak, keduanya pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Ada hal yang aneh saat mereka diperiksa di rumah sakit. Suhu tubuh keduanya ternyata jauh lebih rendah dari manusia normal yang berkisar antara 36 derajat celcius. Akibat proses “pencairan” yang tak semestinya, tubuh mereka mengalami efek samping dan hanya bersuhu 33 derajat celcius saja. Kondisi ini sebenarnya cukup berbahaya, karena tubuh keduanya jadi lebih sensitif terhadap perubahan dan suhu lingkungan. Kalau suhu tubuhnya naik sedikit, keduanya langsung lemas dan bisa mengancam nyawa.

Bayangkan kalau kita tidur lalu tiba-tiba terbangun di masa 20 tahun kemudian. Barang-barang yang tadinya tak terbayangkan tiba-tiba sudah diproduksi massal. Trend fashion pun berubah, bahkan jalan-jalan yang sebelumnya sangat familiar jadi kelihatan asing. Ada banyak gedung dan bangunan baru. Ada idola dan tokoh-tokoh dunia yang meninggal, dan sebagainya. Rasanya pasti sangat gugup dan bingung kan?

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Itulah yang dialami Dong Chan dan Mi Ran. Nah sampai bagian ini, ceritanya masih bisa dipahami. Ke-absurd-an drama ini baru dimulai setelah itu, saat Dong Chan dan Mi Ran akhirnya diterima untuk bekerja kembali di stasiun TV dengan alasan untuk menutup mulut keduanya agar tidak mengungkapkan skandal percobaan gagal ke pers.

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Ma Dong Chan yang 20 tahun lalu dikenal sebagai produser jenius, tiba-tiba ditempatkan sebagai produser di departemen variety show. Sementara Go Mi Ran dipekerjakan sebagai karyawan magang di bagian yang sama pula. Karena kesamaan nasib, muncul benih cinta diantara keduanya.

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Namun efek samping percobaan sebelumnya membuat mereka tidak bisa melakukan kontak fisik. Karena sedikit kontak fisik bisa membuat denyut nadi mereka semakin cepat dan membuat suhu tubuh meningkat dan mengancam keselamatan jiwa mereka.

Di sisi lain, Profesor Hwang yang tersadar ternyata mengalami teror pembunuhan yang menyangkut salah satu manusia krionik yang ia bekukan selain Dong Chan dan Mi Ran. Salah satu manusia yang dibekukannya adalah pewaris perusahaan ternama. Karena kecelakaan parah dan nyaris mati, istri si pewaris meminta tolong Profesor Hwang untuk membekukan suaminya. Dan menghidupkannya kembali saat ilmu medis sudah cukup maju hingga bisa menyembuhkan luka si pewaris akibat kecelakaan.

Untuk menjaga kestabilan perusahaan, saudara kembar si pewaris lah yang ditunjuk untuk mengantikannya sebagai pemimpin perusahaan sementara waktu dengan menyamar sebagai si pewaris. Namun, saudara kembarnya ini menjadi tamak dan ingin menjadi pemimpin perusahaan untuk selamanya. Sehingga ia pun mencoba membunuh Profesor Hwang dan istri si pewaris. Beruntung Profesor Hwang bisa selamat. Tapi ia harus menyembunyikan diri di rumah Mi Ran sambil berusaha memulihkan ingatannya yang hilang karena kecelakaan.

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Drama percintaan Dong Chan dan Mi Ran kian rumit lagi karena mantan tunangan Dong Chan berusaha untuk merebut Dong Chan kembali ke pelukannya. Begitu pula mantan kekasih Mi Ran, yang sudah menikah dengan sahabat baik Mi Ran juga meminta Mi Ran untuk kembali bersamanya. 

Hwang Byung Shim, mantan kekasih Mi Ran yang sudah menjadi profesor di kampus tempat kuliah Mi Ran ini noraknya minta ampun. Ia bahkan sampai menyewa rumah di dekat rumah Mi Ran supaya bisa lebih dekat dengan Mi Ran dan keluarganya.

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Singkat cerita, akhirnya segala permasalahan bisa diatasi. Ingatan Profesor Hwang pulih dan ia berhasil menemukan serum untuk memulihkan kondisi tubuh Mi Ran dan Dong Chan. Para mantan pun akhirnya merelakan Mi Ran dan Dong Chan untuk bersatu. Sementara saudara kembar yang jahat itu ditangkap polisi karena berusaha membunuh Si Pewaris yang berhasil dihidupkan kembali.

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Lalu Ma Dong Chan dan Go Mi Ran pun hidup bahagia bersama di luar negeri.

Penuh kejanggalan 

Melting Me Softly penuh dengan hal-hal yang janggal dan tidak konsisten. Sungguh, kalau bukan karena pemeran utamanya Ji Chang Wook, saya pasti sudah berhenti menonton sejak episode ketiga atau keempat.

Misalnya saja nih soal kebingungan Dong Chan dan Mi Ran menghadapi berbagai teknologi baru masa kini. Di satu sisi diperlihatkan keduanya bingung dengan teknologi smartphone yang serba sentuh. Tapi tak lama kemudian saat mereka membeli smartphone baru, langsung kelihatan fasih banget menggunakannya. Malah pakai buat videocall segala.

Di bayangan saya sih, yang namanya orang baru ketemu teknologi yang 20 tahun lebih maju pasti kelihatan kikuk lah. Atau mungkin bisa diperlihatkan dia salah saat memakai. Lha ini lancaar banget. Kurang konsisten aja sih.

Belum lagi chemistry antara Dong Chan dan Mi Ran yang flat banget. Diceritakan kalau keduanya saling jatuh cinta, saling cemburu, tapi sebagai penonton saya nggak bisa merasakan gemasnya tuh. Jadi sebal sendiri liatnya. Ini pacaran tapi kayak nggak ada emosi apa-apa gitu. Lha apaan...nggak asyik.

Bahkan di adegan kissing yang jadi keahliannya Ji Chang Wook aja nggak dapet tuh atmosfer romantisnya. Padahal selama ini Ji Chang Wook kan terkenal paling lihai di adegan-adegan romantis begini, sampai bikin gemas yang nonton. Lha kok di drama yang ini kesannya datar banget?

Review & Sinopsis: Melting Me Softly

Adegan komedi yang seharusnya bisa menyelamatkan drama ini malah sebaliknya justru bikin saya makin kesal lagi. Kesannya dipaksain banget. Jadinya malah konyol dan sama sekali nggak lucu.

Dan yang lebih bikin emosi jiwa adalah konflik endingnya, saat Dong Chan yang dapat tawaran direktur stasiun TV melamar Mi Ran. Tapi malah ditolak oleh Mi Ran, karena dia masih mau sekolah lagi. Lalu akhirnya Dong Chan menolak posisi direktur dan ikut Mi Ran keluar negeri dan mereka membuat channel youtube sendiri.

Sebenarnya inti ceritanya nggak terlalu aneh, tapi cara berceritanya itu loh yang bikin kesal. Pura-pura dirahasiakan lah, Dong Chan seolah punya rencana besar supaya bisa tetap dekat dengan Mi Ran tapi juga bisa tetap cari duit. Ternyata solusinya cuma bikin chanel Youtube. Yaelah, harusnya kan nggak sampai gitu-gitu amat ya, pakai dirahasiakan seolah-olah itu sebuah rencana besar aja. Kesal aku tuh lihatnya.

Ya sudahlah sampai sini saja reviewnya. Mudah-mudahan drama Ji Chang Wook yang berikutnya nggak semenyebalkan ini deh.

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments