-->

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal

Juni 25, 2020

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal
Pandemi memang belum berlalu. Angka penderita COVID 19 masih terus bertambah setiap hari. Kabar terakhir yang saya dengar, jumlahnya bahkan bertambah hingga 1000 orang per hari. 

Was-was? Tentu saja. 

Bagaimanapun ada alasan kuat mengapa virus ini ditakuti seluruh dunia bukan? 

Ada ribuan orang yang jadi korban, sementara jutaan lain masih harus berjuang agar bisa pulih dari virus yang belum ada vaksinnya ini. 

Biar begitu, saya tetap merespon positif kebijakan "New Normal" yang digaungkan pemerintah. Mau bagaimana lagi? Kita kan juga nggak bisa berdiam diri terus tanpa melakukan apa-apa. Kehidupan harus berjalan, dan roda perekonomian harus berputar supaya kita bisa bertahan hidup. 

Namanya saja “new normal”, berarti ada situasi normal yang baru. Standar normal yang berbeda dengan standar normal yang pernah kita jalankan di masa-masa sebelum ini. 

Satu perbedaan yang paling mencolok dalam perbedaan old normal dengan new normal adalah protokol kesehatan yang jauh lebih ketat. Pergi kemana-mana harus dicek suhu, harus pakai masker. Rajin cuci tangan, harus jaga jarak dan sebagainya.

Pusat layanan kesehatan yang sebelumnya jadi jujugan orang-orang yang ingin mendapat kesembuhan sekarang juga jadi momok bagi sebagian kalangan. Karena disana, ada potensi penyebaran virus juga lebih besar. 

Lantas apakah itu berarti kita ngak bisa mendapat layanan kesehatan yang optimal dari rumah? 

Ya nggak dong. Beruntunglah kita, karena di era digital kali ini treatment kesehatan sudah memasuki ranah online. Yup, di era new normal, pelayanan kesehatan nggak melulu hanya bisa kita dapatkan dengan tatap muka langsung dengan dokter, terapis atau perawat. 

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal

Ada smart digital solution berupa aplikasi kesehatan yang memudahkan kita mendapat layanan kesehatan komplit. 

Mengenal Aido Health 

Aido Health adalah platform aplikasi layanan kesehatan yang bisa kita gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, lewat platform ini kita juga bisa memesan layanan kesehatan perawat dan terapis profesional untuk melakukan perawatan medis di rumah. 

Layanan kesehatan oleh profesional homecare ini terintegrasi dengan rumah sakit terkemuka lho. Jadi pasti profesional dan dapat dipercaya. 

Nggak cuma pelayanan kesehatan berupa terapi dan konsultasi, Aido juga menyediakan layanan kesehatan berupa jasa laboratorium serta pesan antar obat dan alat kesehatan. Bisa dibilang ini adalah sebuah transformasi kesehatan di dunia digital. Karena lewat aplikasi kita bisa mendapatkan perawatan yang lebih sehat dan lebih nyaman dengan harga terjangkau dan bisa diakses 24 jam setiap hari. 

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal

Jenis layanan kesehatan Aido Health 

Nggak perlu nunggu sakit dulu untuk memanfaatkan Aido Health, pasalnya aplikasi ini juga menyediakan berbagai artikel kesehatan yang menarik dan penting. Bukan cuma itu, kita juga akan mendapatkan notifikasi saran sehat secara berkala lho. Asyik  kan jadi bisa dapat info kesehatan tiap hari . 

Ada beberapa layanan kesehatan yang bisa kita dapatkan melalui Aido Health. 

1. Rawat Jalan Online (Konsultasi Online) 

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal
Rawat jalan online merupakan layanan konsultasi kesehatan melalui video call dengan dokter spesialis yang berpraktik di rumah sakit yang bekerjasama dengan Aido Health. Untuk mendapatkan jadwal konsultasi, kita harus mendaftar dulu via aplikasi. Setelah mendapat konfirmasi jadwal, konsultasi bisa dilakukan melalui aplikasi zoom

Berikut tahapan buat melakukan konsultasi online : 
  • Unduh dulu aplikasi Aido Health di app store atau playstore
  • Setelah registrasi dengan memasukan nomor ponsel dan mengisi data diri, kita bisa langsung log in
  • Klik menu “rawat jalan online” 
  • Pilih rumah sakit yang diinginkan
  • Pilih dokter yang diinginkan
  • Pilih slot atau sesi konsultasi kesehatan. Tiap dokter punya jadwal dan durasi konsultasi yang berbeda, tinggal disesuaikan ya.
  • Isi profile pasien dengan lengkap. Nama sesuai KTP, beri catata pula kalau punya alergi tertentu. Kalau ada anggota keluarga yang mau konsultasi kita juga bisa menambahkan profil baru.
  • Tuliskan pula keluhan yang dirasakan.
  • Klik “lanjut pembayaran”. Pembayaran biaya konsultasi bisa dilakukan dengan kartu kredit/debit, OVO, atau virtual account
  • Setelah pembayaran terkonfirmasi, pasien bakal mendapatkan notifikasi melalui email. Email konfirmasi berisi jadwal konsultasi online dan zoom meeting link untuk akses video call.
  • Bila dokter memberikan resep setelah konsultasi online, akan muncul notifikasi “pesanan obat baru”. Sebaiknya lakukan pembayaran pesanan obat dalam waktu 1 jam untuk menghindari keterlambatan pengiriman obat. Harga yang tertera di aplikasi sudah termasuk biaya antar.
  • Bila dokter mengajurkan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan laboratorium, kita akan diberi rujukan untuk pemeriksaan ke rumah sakit atau bisa juga dengan memesan layanan ke rumah (home visit) melalui Aido Health.

2. Layanan ke Rumah (Home Visit) 

Aido Health : Layanan Kesehatan Digital di Era New Normal
Merupakan layanan kesehatan di rumah. Riwayat konsultasi dan perawatan akan terekam dalam aplikasi sehingga kita mudah mengetahui sejarah kesehatan. 

Ada 2 jenis fasilitas home visit yang bisa kita pilih. Ada paket perawatan seperti pemeriksaan COVID 19, perawatan luka (wound care), fisioterapi, vaksinasi, serta perawatan paliatif onkologi seperti stroke. 

Selain home visit dalam bentuk paket, kita juga bisa memesan pelayanan homecare yang bersifat insidental. Misal untuk memeriksa bekas luka operasi dan sebagainya. 

Berikut cara memesan layanan ke rumah : 
  • Kalau ingin memilih home visit dalam bentuk paket, klik paket perawatan yang diinginkan
  • Jawab kuisioner dan Aido Health akan memberi rekomendasi paket yang dibutuhkan, lengkap dengan biayanya.
  • Setelah melakukan pembayaran, kita akan mendapat voucher yang bisa digunakan untuk membuat perjanjian home visit. Perjanjian dibuat minimal H-1.
  • Sementara itu, untuk mendapat layanan insidental, klik menu "rumah sakit & klinik"
  • Pilih rumah sakit dan jenis layanan
  • Pilih tenaga medis yang diinginkan. Di aplikasi ini sudah tertera profil tenaga medis, riwayat pendidikan, rating serta biaya pelayanan. Kita juga dapat membuat request untuk jadwal kunjungan.
  • Pilih profil penerima layanan dan alamat. 
  • Lihat detail biaya layanan, dan lakukan pembayaran. 

Gimana? 

Dengan kehadiran platform layanan kesehatan seperti Aido Health, menjalani new normal jadi lebih mudah bukan? 

Nggak usah bingung lagi sih kalau mau konsultasi ke dokter atau mendapat perawatan kesehatan. Hampir semuanya sudah bisa dilakukan secara online. Untuk saat ini baru klinik dan rumah sakit di wilayah Jabodetabek yang bekerja sama dengan Aido Health. Tapi mendatang, layanan kesehatan juga akan dikembangkan ke seluruh wilayah Indonesia. Makanya, Aido Health juga membuka peluang kerjasama bagi penyedia layanan kesehatan dan tenaga medis profesional untuk bergabung sebagai Care Partner. 

Saya sih berharap layanan Aido Health bisa secepatnya dirasakan hingga ke pelosok. Jadi saya bisa memesan layanan kesehatan buat orang tua di kampung. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

0 comments