-->

5 Menu Nasi yang Praktis & Sehat untuk Sarapan

Desember 16, 2019

jaga nasi sehat
Sarapan itu penting lho, Bu! Jangan sampai kita dan anggota keluarga lain ada yang melewatkan sarapan ya. 

Imbauan itu, entah darimana saya dengar, tapi kalimatnya selalu terngiang dan menancap di ingatan. Makanya saya selalu upayakan untuk menyiapkan sarapan di pagi hari. Walau itu hanya sekadar makanan sederhana seperti roti lapis, ya pokoknya semua harus sarapan.

Jujur saja, saya bukan ibu rumah tangga yang terampil memasak. Jadi menu sarapan andalan saya ya roti lagi, roti lagi. Entah itu diberi variasi selai, ditambah kornet, sosis, ditambah telur. Pokoknya roti! Kenapa? Sederhana saja, karena praktis dan nggak butuh waktu lama untuk menyiapkan.

Saya ini bukan ibu-ibu yang bisa bangun jam setengah empat pagi untuk menyiapkan sarapan. Jam bangun pagi saya, ya sama seperti anggota keluarga yang lain. Jadi saat mereka sibuk ini itu, saya pun sibuk menyiapkan sarapan. Kalau disuruh bangun lebih pagi untuk masak menu nasi komplit. Duh, saya nggak sanggup deh.

Tapi suatu hari, suami dan anak saya mengeluh bosan dengan menu roti untuk sarapan. “Namanya orang Indonesia itu kenyangnya ya kalau makan nasi, Bu,” kata suami saya.

Jadi saya pun mulai googling, buka buku resep dan minta saran sana sini untuk bikin menu nasi untuk sarapan yang praktis masaknya dan tentu saja tetap sehat.

Ibu- ibu sekalian, apakah ada yang seperti saya yang kadang mager untuk bikin menu sarapan ribet? Atau mungkin ada yang suka kesiangan karena malamnya nonton drama korea sampai nggak sempat masak sarapan?

Nah, lima resep nasi ini mungkin bisa jadi solusi menu sarapan yang super praktis.

Kok praktis?

Ya karena masaknya cuma pakai rice cooker. Waktu preparation-nya nggak lama, paling cuma 10 menit. Setelah itu tinggal cemplung-cemplung masukin bahan ke rice cooker. Dan biarkan rice cooker yang mengurus sisanya. Sementara kita sendiri bisa nyambi mencuci atau beberes rumah.

Apa saja sih menu nasi yang praktis dan sehat untuk sarapan itu?

1. Nasi Uduk 

jaga nasi sehat
ilustrasi foto : mommynesia
Nasi uduk memang paling pas buat menu sarapan. Rasanya gurih jadi dimakan dengan lauk seadanya seperti telur dadar, sambal atau tempe goreng pun sudah enak. Apalagi kalau didampingi dengan sayur pelengkap seperti tomat, timun, selada. Makin enak deh. Bahan untuk memasak nasi uduk praktis ini sangat sederhana kok.

Bahan :

  • Beras, cuci bersih 
  • Santan siap pakai 
  • Daun salam 
  • Serai, digeprek 
  • Daun pandan (optional) 
  • Garam secukupnya 

Cara memasak : 

  • Cuci semua bahan sampai bersih 
  • Masukan beras dan air ke dalam panci rice cooker seperti masak nasi biasa. 
  • Tambahkan bahan-bahan lainnya, sambil diaduk agar semua tercampur. Lalu nyalakan tombol cook Setelah nasi matang, diamkan sebentar sekitar 5 menit lalu buka tutup rice cooker dan aduk nasi. Tutup lagi dan biarkan dalam posisi warm selama sekitar 10 menit agar nasi lebih pulen. 
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng dan lauk pendamping. 


2. Nasi Kuning 

jaga nasi sehat
ilustrasi foto : sajiansedap
Siapa bilang nasi kuning enak dimakan saat hajatan doang? Nasi kuning sebagai menu sarapan juga enak lho. Sesekali biar sarapan terasa istimewa, yuk kita bikin menu nasi kuning praktis untuk sarapan suami dan anak. Cara dan bahannya sama kok seperti nasi uduk hanya tinggal menambahkan kunyit bubuk saja. Untuk takarannya bisa dikira-kira sendiri deh. Sajikan dengan abon, tempe orek atau ayam goreng. Dijamin sedap deh.

3. Nasi Kornet 

jaga nasi sehat
ilustrasi foto : blueband
Nasi kornet ini sebenarnya lebih cocok jadi menu anak kost sih. Soalnya cara bikinnya super praktis dan cepat. Tapi kalau pas lagi buru-menyiapkan sarapan menu nasi kornet ini juga bisa dibuat. Anak-anak pasti suka deh.

Bahan: 

  • Beras, dicuci bersih 
  • Margarine 
  • Kornet, boleh ditumis terlebih dulu 
  • Wortel potong dadu, boleh direbus dulu 

Cara memasak: 

  • Masak nasi di rice cooker seperti biasa. 
  • Setelah nasi matang segera buka tutup rice cooker, tambahkan margarine, kornet dan wortel. 
  • Aduk hingga margarine mencair dan bahan lain tercampur rata, lalu tutup kembali dan biarkan dalam posisi warm selama 10 menit 
  • Nasi Kornet siap disantap 


4. Nasi Kaldu 

jaga nasi sehat
ilustrasi foto : cookpad/Rina Tri Lestari
Ini juga menu praktis yang sehat dan enak buat sarapan. Beras yang dimasak dengan kuah kaldu membuat nasi terasa lebih gurih. Kali ini saya menampilkan cara membuat nasi dengan kaldu ayam. Tapi kaldu ayam juga boleh diganti dengan kaldu lain seperti daging sapi atau udang kok. Sama aja enaknya. Kalau ingin rasanya lebih variatif, bisa juga dengan menambahkan rempah atau bumbu soto instan. Pokoknya pintar-pintar kita berkreasi dan bereksperimen lah.

Bahan: 

  • Beras, dicuci bersih 
  • Ayam, sebaiknya direbus dulu hingga empuk. Sisihkan kaldunya untuk dipakai memasak nasi (Persiapan ini bisa dilakukan malam sebelumnya) 
  • Bawang putih digeprek 
  • Garam secukupnya 
  • Minyak wijen sedikit saja (optional) 
  • Kecap manis (optional) 

Cara memasak : 

  • Masak beras dalam rice cooker dengan menggunakan kaldu ayam 
  • Tambahkan bawang putih, garam, kecap dan minyak wijen 
  • Saat nasi setengah matang, masukan potongan ayam. 
  • Aduk rata. Tutup kembali rice cooker dan biarkan hingga nasi matang 
  • Sajikan dengan sayuran rebus sebagai pendamping. 


5. Nasi Tomat 

jaga nasi sehat cosmos
ilustrasi foto : cosmos
Nasi tomat ini termasuk menu yang baru saya coba. Resep lengkapnya saya dapatkan dari situs resmi cosmos. Sebenarnya agak aneh juga sih saat tahu memasak nasi yang dicampur dengan tomat. Tapi setelah konsultasi ke anak saya yang kebetulan penyuka tomat, dia langsung semangat banget tuh. Akhirnya kita coba bikin deh. Ternyata rasanya oke lho. Dan menu ini pun praktis dibuat dengan rice cooker dan menyehatkan.

Bahan: 

  • 1 buah tomat besar 
  • 1 cangkir beras 
  • 1 sdt mentega / minyak zaitun 
  • 1 sdm garam 1 sdm lada 

Cara Memasak : 

  • Cuci bersih beras dan masukkan ke dalam innerpan Rice Cooker Cosmos Harmond, masukkan air sesuai takaran. 
  • Tambahkan garam, lada, dan mentega. 
  •  Masukkan tomat besar di tengah-tengah beras, lalu tekan tombol cook pada Rice Cooker Cosmos Harmond. 
  • Bila nasi sudah matang, aduk nasi, dan siap disajikan. 


Bagaimana, super praktis kan cara masaknya. Dijamin ibu-ibu nggak bakal kerepotan dan kehabisan tenaga deh.

Eh tapi saya kasih sedikit tips ya. Kalau masak nasi di rice cooker itu jangan dihangatkan terlalu lama, apalagi sampai seharian. Karena nasi nanti jadi cepat kering, basi dan nutrisinya berkurang. Lebih baik hangatkan nasi 30 menit menjelang makan.

Btw, menu-menu nasi untuk sarapan itu bakal lebih yahud lagi hasilnya kalau kita masak pakai rice cooker berkualitas baik. Seperti Rice Cooker Cosmos Harmond yang memiliki kelebihan inner pan yang anti gores karena dibuat dengan teknologi Harmond. 

rice cooker cosmos harmond

Tahu nggak apa itu teknologi Harmond?

Teknologi Harmond adalah teknologi anti gores yang diterapkan Cosmos pada innerpan (panci) rice cooker mereka. Panci rice cooker Cosmos dibuat melalui proses hard anodized dan pendinginan dengan temperatur mendekati 0° celcius sehingga panci jadi tahan goresan, lebih aman dan tahan lama.

Panci yang dibuat dengan teknologi Harmond ini juga terbuat dari bahan food grade. Sehingga kita tidak perlu khawatir nasi yang kita masak bakal terkontaminasi bahan kimia berbahaya seperti perfluorooctanoic (PFOA) yang biasa terdapat pada panci anti lengket.

Asal tahu aja ya, PFOA ini bersifat karsinogen lho. Jadi saat terkelupas, dia bisa mengontaminasi nasi yang kita masak. Zat berbahaya itu lantas mengendap dalam tubuh dan bisa menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker. Serem kan.

Saya bahkan sudah coba mengetes daya anti gores panci ini dengan menggosoknya menggunakan sikat kawat. Dan ternyata beneran anti gores lho. Kagum saya jadinya. Jadi yakin beneran deh kalau Rice Cooker Cosmos Harmond ini memang benar-benar jaga nasi tetap sehat.

rice cooker cosmos harmond

Oh iya, selain anti gores, lebih aman dan tahan lama, teknologi Harmond pada Rice Cooker Cosmos ini juga menjadikan panci dapat menghantarkan panas dengan lebih sempurna dan merata lho. Jadi nasi bisa matang sempurna, lebih sehat, dan hemat listrik

Makanya kalau saya sih lebih memilih memakai rice cooker yang anti gores seperti Cosmos Harmond CRJ-6601. Selain karena teknologi harmond yang mereka terapkan pada innerpan, rice cooker seri ini juga punya desain yang gemes banget, seperti angry bird. Lucu kan?

Ukurannya juga mungil, cukup untuk memasak 5 sampai 6 porsi. Ditambah lagi, dengan kapasitas yang hanya 0,8 liter, membuatnya jadi lebih praktis kalau mau ditenteng kemana-mana. Kadang malah saat menyajikan saya nggak perlu memindahkan nasi ke wadah lain lagi. Cukup angkut saja sekalian bersama rice cooker-nya. Hehehe.

rice cooker cosmos harmond

Ada satu tips lagi untuk memasak menu nasi untuk sarapan yang sehat dan praktis yaitu pastikan untuk menggunakan beras berkualitas baik.

Sedikit mahal nggak apa deh, yang penting keluarga kita bisa merasakan nasi sehat yang enak. Lagi pula makan nasi kan secukupnya saja, jangan terlalu banyak sampai mengurangi porsi bahan makanan lain seperti sayur mayur, buah dan protein. Betul kan?

Trus masih ada yang mengeluh, sudah beli beras yang bagus tapi kok saat mau dimasak ada kutunya?

Duh, itu pasti karena tempat penyimpanan berasnya sembarangan deh. Hayo ngaku, masih banyak kan yang suka menyimpan beras di karung, di kaleng bekas atau malah kaleng bekas cat? Ya ampun jangan ya. Beras sebagus apapun kalau tempat penyimpanannya nggak memiliki sirkulasi yang baik, bisa apek dan berkutu juga.

Kalau kita menyimpan beras di container seperti itu kan beras bagian bawah akan jadi terlalu lembab karena tersimpan dalam jangka waktu lama. Akhirnya jadi nggak higienis dan kualitasnya menurun deh.

Agar kualitas beras yang kita konsumsi tetap terjaga, sebaiknya simpan di sarana penyimpanan beras yang baik seperti 007-Pundi. Seriusan dah, pakai kode 007 segala, ini tempat simpan beras atau James Bond?
rice cooker cosmos harmond

Jadi begini ya Si 007-Pundi ini ternyata sama cerdiknya sama agen 007 yang ganteng itu. Yuk kita lihat keunggulannya;

  1. 007-Pundi menerapkan sistem FIFO (First In First Out), jadi beras yang paling bawah akan keluar lebih dulu, menghindari penyimpanan yang terlalu lama. 
  2. Ada laci beras di bagian bawah memudahkan kita mengambil beras dengan takaran yang pas yaitu 150 gram.
  3. Ukurannya compact, kapasitas tampungnya 7 kg tapi bentuknya slim dan nggak makan tempat.
  4. Anti slip, karena dilengkapi kaki berperekat di bawahnya sehingga nggak mudah bergeser.
  5. Bebas Kutu 
  6. Bebas karat 
  7. Kualitas beras terjaga 

Jadi mau masak menu nasi yang mana buat sarapan besok nih? Jangan lupa masaknya pakai Rice Cooker Cosmos Harmond supaya hasilnya lebih sehat dan enak ya. Produk-produk Cosmos gampang ditemui dimana-mana. Kita bisa beli produk cosmos di toko-toko elektronik, di supermarket. Kalau mau beli online juga bisa. Produk cosmos tersedia di berbagai marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Blibli.

Semoga jadi tambah tahu ya...

You Might Also Like

24 comments

  1. Masaknya praktis, rasanya istimewa lagi ya. Boleh dicoba nih idenya. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. Sedaaapppp!! Resep2nya bisa banget dipraktekin nihh. Pakai rice cooker Cosmos makin mantab soul!!

    BalasHapus
  3. Nah ini tulisan nampol buat emak emak - mahmud abas - sampe macan ternak

    nasi kan kebutuhan pokok Indonesian people yaaa, so please diperlakukan dengan istimewa juga

    BalasHapus
  4. Duh, baca ini jam 6 pagi, langsung laper... Beli nasi kuning ah, besok baru coba bikin sendiri, hehehe...

    BalasHapus
  5. Saya suka juga tuh masak berbagai macam varian nasi pakai rice cooker. Memang praktis banget. Rasa nasinya juga lebih enak

    BalasHapus
  6. Aihhh lucu banget cosmos nya angry bird. Aku pengen coba yang nasi kaldu itu deh sepertinya menarik dan sangat mudah

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah masak nasi kaldu, mba. Kayaknya mau coba masak karena aku juga pakai rice cooker Harmond ini mba :)

    BalasHapus
  8. Nasi uduk dan nasi kuning favorit banget untuk sarapan di rumahku ini. Apalagi kalau masaknya menggunakan cosmos ya, ini mana lucu banget si Cosmos ada Angry Birdnya.

    BalasHapus
  9. Penasaran dengan nasi kaldu. Mau buat ah. Sekalian tambahin nasi liwet gitu Mbak. Enak juga kok dibuat sarapan. Wangi dan gurih.

    BalasHapus
  10. Wah mb, selama ini yang sering praktik baru nasi uduk dan nasi kuning. Ketiga resep lainnya boleh nih dicoba, praktis, dan mudah. Pakai cosmos pasti lebih sehat juga ya hasilnya..

    BalasHapus
  11. aku penasaran sama nasi tomat mba. Belum pernah nyoba... Klo yang nasi uduk+nasi kuning, dah pernah...pake ricecooker juga, jadi praktis.
    aku klo sarapan, andalanku telur :-D cepet masaknya..

    BalasHapus
  12. Akupun dirumah pakai cosmos mba,, kadang kubuat jugs Nasi uduk utk anak2,, codmostuh awet Dan Aman lapisan hormond nya anti lengket lagi

    BalasHapus
  13. Wah pas banget aku ada sisa kornet di rumah, jd pengen jg nih bsok bikinin nasi kornet buat anak2 mbak :D
    Wah RC-nya bagus ya, lucu itu desainnyta kek angry bird :D
    Yg anti gores ternyata lbh bagus dr anti lengket yaaaa

    BalasHapus
  14. Wah. .Saya baru tau nih ada nasi tomat n nasi kornet. Hihi. Boleh juga dicoba buat sarapan nanti. Btw, aku jg pakai Cosmos loh. Yg angry bird putih jugaa

    BalasHapus
  15. Baru tau menu nasi tomat. Kayaknya rasanya segar ya, Mbak. Kayak asem manisnya tomat. Tepat dimasak menggunakan rice cooker Cosmos

    BalasHapus
  16. Wah resep nasi tomatnya boleh juga niiih buat yang lagi diet sehat. Mau coba aah. Mudah buatnya. Tomatnya diblender sama air buat masak nasi ya, Mba?

    BalasHapus
  17. Aku nasi kaldu ini sering apalagi mpasian
    Nasi kornet belum dicoba biasanya nasi goreng. Tapi emng pakai cosmos nasinya sehaaaat

    BalasHapus
  18. Wiih belum pernah coba bikin nasi kornet. Jadi laper deh haha. Eh kebetulan banget mba, hari Ibu ini aku mau kasih rice cooker ke Ibuku. Cosmos ricecooker ini salah satu wishlistnya beliau. Dan aku udah order yang size 2 lt hihi.

    BalasHapus
  19. Penasaran sama nasi tomatnya nih mba. Itu tomatnya dihancurin, diiris-iris atau gimana ya? Menarik juga nih untuk dicoba. Apalagi kalau masaknya pake rice cooker Cosmos Harmond ya, nasinya bisa pulen.

    BalasHapus
  20. Aku mau niru nasi korneett...
    Selama ini hanya pakai kornet sama telur dadar.
    Kalau dicampur di nasi dan masaknya pakai Cosmos Harmond kan ya...lebih endolitaa~

    BalasHapus
  21. “Namanya orang Indonesia itu kenyangnya ya kalau makan nasi, Bu,” adalah kalimat yang tidak pantas dilontarkan untuk sarapan ahahahahahaha. Karena kalo makan nasi, bawaannya malah ngantuk dan nggak semangat

    BalasHapus
  22. Nasi kornet favoriteku. Sarapan atau makan siang juga enak apalagi tambahin ceplok telur hehe

    BalasHapus
  23. Aku juga penganut paham sarapan itu wajib soalnya makan siang sering terlewat bahkan terlupa. Ini nih resepnya yang patut dicoba. Hanya dengan mengandalkan rice cooker jadi masakan enak hehe. Nasi uduk dan ansi kuning sudah pernah coba kalau resep lainnya belum pernah. Kalau pakai rice cooker cosmos aman dah. Aku sudah lama pakai cosmos juga.

    BalasHapus
  24. Waah auto pengen nasi uduk nih. Postingannya cocok banget nih buat saya, soalnya saya kalau tidak makan nasi,masih belum merasa sudah makan, hehe.Terima kasih sudah berbagi :)

    BalasHapus