ASUS ROG Phone 8 untuk Emak-emak Separuh Baya, Bisa Dipakai Apa?

asus-rog-phone-8-gaming

Awal tahun ini, tepatnya 9 Januari silam, ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan peluncuran seri terbaru ROG Phone Gaming 8 di Taipei, Taiwan. Biasanya, ini bukan kabar yang menarik untuk emak-emak yang lebih doyan nge-drakor dan review skincare ketimbang nge-game, seperti saya. 

Tapi.......

Ada yang beda dari seri ROG Phone kali ini, karena ASUS menjanjikan smartphone gaming yang dirancang spesial menjadi ponsel premium yang menghadirkan pengalaman lebih lebih luas dari sekadar bermain game. 

Jadi, tidak hanya memuaskan para gamers, ASUS ROG Phone 8 dijanjikan juga akan memuaskan kita semua, termasuk emak-emak yang doyan nge-drakor, content creator, dan streamer yang sering cari cuan tambahan dan ilmu via online. 

Kok bisa begitu? Yuk kita telisik lebih dalam. 

Lebih dari sekadar permainan 

Dirancang untuk menjawab kebutuhan masa depan mobile gaming, ROG Phone 8 hadir dengan memadukan kecanggihan performa ponsel gaming yang tangguh, dengan fitur canggih yang memanjakan pengguna dan desain yang anggun dan ramping. Ukurannya 15% lebih tipis dari generasi sebelumnya. 

asus-rog-phone-8-lebih-dari-permainan

Didukung Platform Seluler Snapdragon® 8 Gen 3, dengan desain termal yang ditingkatkan untuk kinerja yang lebih baik. ROG Phone 8 juga bakal memanjakan mata kita dengan Samsung AMOLED 6,78 inci berteknologi LTPO dan kecerahan puncak hingga 2500 nits. Sematan 6 - Axis Hybrid Gimbal Stabilizer, dan lensa telefoto 3x, juga akan memberi kita kemudahan untuk mengabadikan moment dan membuat konten layaknya seorang profesional. 

Boleh dibilang, ROG Phone 8 cukup sukses memadukan estetika dan teknologi. Tanpa mengorbankan performa, ponsel ini tetap mampu tampil dengan desain yang berkelas. Semua itu menjadikan ROG Phone 8 sebagai perangkat premium berteknologi masa depan, yang lebih istimewa dibanding ponsel gaming sebelumnya. 

Performa yang menakjubkan 

Kunci dari performa menakjubkan ROG Phone 8 terletak pada Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform, yang didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Membuatnya lebih stabil dan cergas untuk aktivitas multitasking. Well, hari gini, siapa sih yang pakai ponsel untuk satu aktivitas doang? 

Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform

Bagi para gamer, kehadiran Rapid-Cooling Conductor memungkinkan kalian untuk melakukan sesi gaming marathon tanpa khawatir ponsel jadi overheat. Karena fitur ini akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. 

Selain itu, kehadiran pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru, yang ukurannya 29% lebih kecil, tapi memberi efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, mampu mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. 

Nggak cukup sampai di situ, ponsel ini juga sudah memenuhi standar IP68. Yang merupakan standar perlindungan internasional untuk menunjukkan ketahanan sebuah perangkat elektronik terhadap debu dan air. 

Ponsel dengan standar IP68, berarti tahan air dan tetap berfungsi baik meski terendam di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Gimana? Makin nggak khawatir kan menggunakan ROG Phone 8 di segala medan dan kondisi? 

Ultra-bright display 

Sebagai emak-emak pecinta drakor, saya punya kriteria khusus yang tak boleh diganggu gugat saat memilih ponsel. Buat saya, ponsel yang bagus adalah ponsel yang menyajikan tampilan gambar yang tajam dan jelas. Kalau bisa, yang bikin pori-pori aktornya kelihatan jelas saat di zoom. 

AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6)

Makanya, saat dengar seri ROG Phone 8 menggunakan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6), saya makin tertarik. Panel ini mendukung kecepatan refresh adaptif dengan teknologi LTPO, yang membuat sistem punya kemampuan menyesuaikan kecepatan refresh otomatis dari 1 hingga 120 Hz. Tergantung tugas apa yang sedang dikerjakan untuk mengurangi daya. 

Buat para gamer, kalian bahkan bisa memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz supaya main game makin lancar. Ditambah lagi kecepatan sampling sentuh mencapai 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan. 

ROG juga berkolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® demi menciptakan visual dengan akurasi warna terbaik. Ditunjang dengan peningkatan tingkat kecerahan tertinggi hingga 2500 nits, dijamin tampilan layar ROG Phone 8 bakal makin ciamik. Mau dipakai untuk main game atau nonton film di bawah sinar matahari pun akan tetap jelas dan nyaman. 

AI Kamera Tingkat Pro 

Apa pentingnya fitur kamera ponsel untuk emak-emak? Mari kesampingkan dulu minat dan kesibukan saya sebagai content creator ala-ala. 

Sebagai emak-emak biasa, yang hidup di era digital, sekitar 60% aktivitas dan kesibukan saya kini ada di ruang digital. Entah itu untuk rumpi-rumpi sambil update status, bantu mengerjakan tugas video untuk sekolah anak, hingga cari uang belanja tambahan dengan jualan online. Semua membutuhkan kamera yang menghasilkan gambar jernih. 

Kebutuhan itu ditangkap jelas oleh ROG Phone 8 yang menawarkan kecanggihan tri-camera system untuk mewujudkan fotografi tanpa batas. 

tri-camera system

Kamera utamanya memakai sensor gambar Sony 50 MP terbaru demi menciptakan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat sesuai buat pengambilan gambar di jalanan yang dinamis. Lalu, ada mode zoom 2X yang mampu mengubahnya jadi lensa utama 50 mm yang serbaguna. Ideal banget untuk fotografi potret dan fotografi makanan. 

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0

Buat yang suka bikin video, sematan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, akan membuat gambar yang kita rekam kelihatan lebih mulus, dan bebas guncangan saat dipakai sambil jalan atau lari. Nah, ini pas banget buat bikin video saat liburan bersama anak. 

Perkembangan stabilisasinya juga mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil. 

Selain itu, teknologi OZO Audio memberi opsi untuk menghilangkan suara angin sehingga saat merekam di luar ruangan, suara jadi lebih jernih, Nggak cuma itu, teknologi ini juga punya kemampuan menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi. 

Seolah nggak cukup sampai di situ, kali ini, untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography

Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X. 

Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman. 

hasil jepretan ROG Phone 8
hasil jepretan ROG Phone 8 (pic by: techijau.com)

zoom ROG Phone 8
zoom ROG Phone 8 (pic by : techijau.com)

ultrawide ROG Phone 8
ultrawide ROG Phone 8 (pic by : techijau.com)

Terakhir, kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya. 

AI features for the next level experience 

Untuk memuaskan hasrat gaming ke tingkat yang lebih tinggi, ROG Phone 8 menyediakan empat fitur AI istimewa. 

Keempat fitur tersebut adalah : 
  • Backgorund Mode, yang memudahkan gamer mengalihkan game ke latar belakang.
  • X Capture, untuk menangkap moment penting
  • AI Grabber, yang intuitif untuk menangkap teks. Fitur ini mampu mengambil teks langsung dari hame menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition.
  • X-sense yang meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan 

Fitur X Capture dan X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat penggunaan teknologi AI Pattern Recognition

Beberapa fitur lain yang didukung AI, termasuk Semantic Search. Fitur ini bekerja dengan mengadopsi multimodal learning, yang bisa kita pakai untuk melakukan pencarian foto di galeri, untuk launcher dan pengaturan. Misal, saya ingin mencari foto krupuk, yang perlu saya lakukan hanya menggunakan bahasa casual sehari-hari seperti, “Tolong tunjukkan foto krupuk yang saya potret minggu lalu." Selanjutnya, sistem akan mencari dan menemukan foto yang sesuai. 

Ada pula fitur AI Wallpaper yang dapat membuat wallpaper menggunakan teknologi Stable Diffusion. Serta teknologi AI noise-cancellation yang bermanfaat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game. 

AniMe Vision 

AniMe Vision

Selain logo Aura Aura RGB Lighting (ROG Phone 8), fitur unik yang juga diunggulkan seri ROG Phone 8 terbaru kali ini adalah layar sekunder berwujud Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition). 

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. 

ROG 8 Phone Gaming untuk Emak, Bisa Dipakai Apa? 

Yang jadi pertanyaan berikutnya, kalau emak seumuran saya punya ROG Phone 8 secanggih ini, bakal bisa dipakai untuk apa ya? 

Bagaimana sih fitur-fitur ROG Phone 8 memudahkan kehidupan kami? Ini penjelasannya 

Usia nggak bisa bohong, sejak menapaki 40 tahun, mata, sudah pasti mengalami penurunan fungsi. Font size ponsel harus dibuat lebih besar, dan brightness makin lama harus disetel makin besar. Kalau nggak begitu, saya bisa kepayahan melihat layar. 

Di bagian itulah, manfaat kecanggihan display ponsel ini. Dengan ultra-bright display, ROG Phone 8 akan memberi kenyamanan selama saya menonton drama, atau saat menelusuri video-video di media sosial. 

Btw, tahukah kalian durasi pemakaian ponsel oleh ibu-ibu seperti saya, nggak jauh berbeda lho dengan para gamer. Bedanya, kalau mereka menghabiskan waktu untuk gaming, kami menggunakannya untuk menelusuri resep masakan, menonton video tutorial, kadang sambil cari barang buat belanja online juga. 

Parahnya lagi, banyak emak suka malas, atau lebih tepatnya lupa, menutup aplikasi yang tidak terpakai. Alhasil, banyak aplikasi yang jalan bersamaan dan sering bikin baterai boros. 

Tapi, kalau pakai ponsel yang punya performa menakjubkan serta dilengkapi Rapid-Cooling Conductor dan pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru, hal itu tentu nggak jadi masalah lagi. 

Selanjutnya, fitur ROG Phone 8 yang pasti bakal cocok banget untuk emak-emak adalah kameranya. Dengan kamera secanggih itu, skill memotret kami yang ala kadarnya ini pasti bakal bisa ditutupi. 

Kalian semua tahu lah, betapa senangnya para emak ini berfoto, dan merekam video. Lagi arisan, foto-foto. Ketemu dengan teman lama di mall, foto lagi. Mau belanja ke pasar, bikin video dulu untuk di-share di grup. Nanti kalau sudah sampai pasar, juga kadang foto suasana pasar sekalian laporan harga cabe terkini. Agak random ya kelakuannya, tapi begitulah adanya. 

Belakangan, sejak banyak sekolah menerapkan tugas online, kami juga harus membuat beragam video untuk keperluan sekolah anak. Jujur saja, ini lumayan melelahkan, karena rancangan yang dibayangkan sebelumnya seringkali nggak match dengan hasilnya. Akibatnya, harapan kami terpaksa harus kompromi dengan skill merekam dan memotret yang pas-pasan. 

Yang paling sering itu, videonya nge-blur karena kebanyakan gerak. Maklum sudah termakan usia, kalau pegang ponsel terlalu lama suka tremor sendiri. 

Kebayang kan? Betapa terbantunya emak-emak ini bila menggunakan ROG Phone 8. Nggak salah sih, kalau ponsel ini disebut lebih dari sekadar phone gaming. 

Berapa harga ROG Phone 8? 

Jadi penasaran kan dengan harganya seri ROG Phone 8 ini? 

Nih saya spill harga resmi dari ROG Phone 8 
  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black, dibanderol seharga Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey, di harga Rp. 10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000 
harga-rog-phone-8

Kabar baiknya, kita bisa dapat penawaran yang lebih hemat dengan ikutan First Sale Promo dan Consumer Launch Sales Promo 

Berikut ini ketentuan promonya : 

1. First Sale Promo 

Setiap pembelian ROG Phone 8 seharga dari Rp. 10.999.000, akan mendapat Free Aero Cooler Fan. 
Promo berlaku 20 Maret 2024 hingga 30 April 2024 di semua partner penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store 
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners. 

2. Consumer Launch Sales Promo 

Setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000 akan mendapatkan Free Aero Cooler Fan dan Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUGBM. Serta lucky draw berisi berbagai hadiah menarik yang berlaku di setiap pembelian. 

promo-launching-rogphone8

Promo ini hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman, tanggal 20 Maret 2024 hingga 23 Maret 2024.

Jangan lupa kepoin medsos @asusrog.id, untuk update informasi lainnya 

Semoga jadi tambah tahu... 



Tidak ada komentar