Sambal Ny Rara, Menikmati Citarasa Sambal Rumahan Tanpa Repot

sambal ny rara sambal pedas

Tanpa bermaksud mengeneralisasi, sampai sekarang saya yakin banget bahwa 90% orang Indonesia doyan sambal. Terlepas dari toleransi level kepedasan tiap orang yang berbeda, kebanyakan orang Indonesia, biasanya bakal lebih semangat makan kalau ada sambal sebagai teman makan. 

Sepakat nggak nih? 

So, nggak heran kan kalau varian sambal Indonesia itu banyak sekali jumlahnya. Kalau dikumpulkan, jumlah varian sambal di seluruh Indonesia mungkin sampai ratusan. Tiap daerah punya sambal khas sendiri-sendiri. 

Seorang teman saya, pecinta sambal sejati, pernah berseloroh. Katanya, “Orang yang nggak suka sambal itu perlu diragukan ke-Indonesiaan-nya.” 

No offense ya. Ini hanya sekadar ungkapan dari seorang pecinta sambal kok. Bagaimanapun rasa nasionalisme kan nggak bisa diukur hanya dari kegenaran pada sambal. 

Nah, saya sendiri juga bisa dikategorikan penggila sambal. Makan tanpa sentuhan pedas cabai atau sajian sambal, rasanya jadi ada yang kurang. Mungkin karena sudah terbiasa ya. 

Seluruh anggota keluarga kami suka sambal. Mendiang Bapak malah nyaris nggak bisa makan kalau nggak ada sambal buat pendamping lauk. 

Saya masih ingat, Bapak dulu paling suka menyantap nasi hangat yang dicampur sambal bawang. Bahkan dimakan tanpa lauk pun, menurut Bapak sudah enak. 

Karena suami dan anak-anaknya suka sambal, mau nggak mau Ibu pun jadi ahli membuat sambal. Sambal rumahan hasil ulekan ibu rasanya luar biasa enak karena, konon kata ibu, diulek dengan penuh cinta. 

Sayangnya, saya nggak bisa bikin sambal sendiri. Sejak merantau dan tinggal terpisah dari orang tua, saya jadi sering tersiksa karena nggak bisa makan sambal yang pas dengan selera. 

Pernah sih coba bikin sambal sendiri. Tapi rasanya sama sekali nggak mantap. Udahlah repot harus ngulek, rasanya nggak enak pula. Combo deh sedihnya. 

Benar juga ya kata orang-orang.. 

Nggak semua orang bisa bikin sambal enak. Karena beda tangan pembuatnya, beda pula rasanya. 

Itu alasan utama, kenapa saya selalu minta dibuatkan stok sambal yang banyak oleh ibu tiap kali pulang kampung. Biasanya saya bawa sambal sampai satu toples penuh, buat dimakan di rantau. 

Sayangnya kebiasaan membawa bekal sambal ini belakangan makin jarang saya lakukan karena ibu makin tua dan repot kalau harus bikin sambal dalam jumlah besar. 

Walau begitu, saya nggak sedih lagi kok. Karena sekarang sudah ketemu produsen sambal rumahan yang rasanya mantap dan pedasnya nampol banget. Pas dengan selera. 

Namanya Sambal Ny. Rara 

sambal ny rara pedas nampol

Pertama kali saya tahu Sambal Ny Rara saat foto produk mereka melintas di beranda e-commerce. Karena penampakannya terlihat enak, saya pun makin penasaran buat kepoin akun media sosial sambal Ny Rara. 

Makin dikepoin, kok jadi makin semangat buat coba. Akhirnya bulan lalu saya coba deh beberapa jenis sambalnya. 

Oh iya, sebagai informasi saja, walau lokasi pembuatannya ada di Tangerang, Sambal Ny Rara melayani pembelian dari seluruh wilayah Indonesia kok. Malah, untuk pengiriman ke kawasan Jabodetabek bisa dilayani di hari yang sama dan bebas ongkos kirim. 

Varian Sambal Ny Rara 

Salah satu keunggulan sambal Ny Rara adalah banyaknya varian sambal yang disediakan. Baik variasi jenis sambal maupun variasi kemasan. 

Ada 11 jenis varian sambal yang bisa kita pilih, yaitu : 
  • Sambal Cumi 
  • Sambal Teri Medan 
  • Sambal Gami 
  • Sambal Jengkol 
  • Sambal Kecombrang 
  • Sambal Bawang 
  • Sambal Petai 
  • Sambal Rebon Pedas 
  • Sambal Terasi 
  • Sambal Tuna 
sambal ny rara pedas

Sementara untuk varian kemasan, sambal Ny Rara tersia dalam 3 pilihan kemasan : 
  • Kemasan Puas (200 gram) -- ukurannya bikin puas. Cocok buat penggemar sambal yang pengin nyetok sambal dalam jumlah banyak. 
  • Kemasan Ekonomis (120 gram) -- recommended buat yang baru mau icip-icip sambal. Ukurannya nggak terlalu besar dan nggak terlalu sedikit. Pas banget buat 2 atau 3 kali makan. 
  • Kemasan Icip (sachet 35 gram) – paling recommended buat dibawa travelling. Kemasannya aman, dan porsinya cukup untuk sekali makan. 

Nah, kalau untuk pilihan tingkat kepedasan, Sambal Ny Rara juga menyediakan 2 pilihan varian pedas dengan beberapa level pedas:
  • Pedas Nampol -- Varian yang ini paling cocok buat para pecinta pedas sejati. Cabai rawitnya berlimpah, bikin rasa sambal makin pedas nampol. Dijamin bikin khilaf makan, karena jadi pengin nambah nasi terus. 
  • Pedas Nagih -- Varian sambal yang ini nggak terlalu pedas tapi tetap bikin nafsu makan meningkat. Buat yang nggak terlalu tahan pedas, bisa piliha varian pedas nagih 1 deh. Anak saya yang usia 9 tahun saja suka kok dengan sambal varian pedas nagih ini. Enak banget. 

Pengalaman mencicipi Sambal Ny Rara 

Kalau ada yang tanya, “Dari 11 varian sambal yang tersedia, mana yang paling enak?” Jujur saya nggak bisa jawab. 

Pertama, karena saya memang belum sempat mencoba semua jenis sambal yang tersedia. Lalu alasan kedua, karena semua jenis sambal yang sudah saya coba samapi detik ini, semua enak. Susah deh kalau harus pilih mana yang paling enak. 

Saya doyan semuanya! 

Makanya di artikel kali ini, saya coba deskripsikan beberapa varian Sambal Ny Rara yang sudah saya coba saja ya. 

Sambal Tuna 

Rasa tunanya terasa banget. Potongan daging ikan tunanya banyak, nggak pelit. Saya malah nggak pernah nambah lauk lagi. Cukup nasi hangat, sambal tuna dan lalapan saja, rasanya sudah nikmat banget. 

sambal ny rara enak

Sambal Kecombrang 

Sambal ini rasanya agak asam. Paling pas kalau buat teman makan ikan bakar atau sea food. Kombinasi pedas, asin dan asamnya pas banget. Bisa kasih sensasi makan yang luar biasa nikmat.

sambal ny rara sambal rumahan
 

Sambal Geprek 

Sambal yang cocok buat dimakan bareng lauk apa saja. Bahkan buat cocolan gorengan juga nikmat. Kombinasi rasa bawang, dan cabainya bikin ketagihan. 

Sambal Jengkol 

Jujur, saya nggak suka makan jengkol. Tapi entah kenapa makan nasi berteman sambal jengkol dari Sambal Ny Rara ini rasanya enaaak banget. Aroma jengkolnya nggak terlalu nyegrak. Masih nyaman dan bisa ditolerir oleh orang yang nggak doyan jengkol seperti saya. Selain itu, jengkolnya juga empuk. Enak. Baru kali ini saya bisa merasakan nikmatnya makan jengkol. 

Sambal Terasi 

Sepertinya nggak perlu banyak penjelasan lagi. Sambal terasi ala Ny Rara ini bisa dibilang salah satu sambal terasi terenak yang pernah saya cicip. Rasa terasi dan pedasnya nendang banget. Buat pendamping makan sayur lodeh dan tempe, luar biasa enak deh. 

Harga Sambal Ny Rara 

Harga Sambal Ny Rara sangat terjangkau, mulai dari Rp 10 ribuan saja. 
  • Harga satuan kemasan icip (35 gram) Rp 9.900 – Rp 10.900 
  • Harga satuan kemasan ekonomis (120 gram) Rp 25.000 – Rp 29.500 
  • Harga satuan kemasan puas (200 gram) Rp 41-48.500 

Oh iya, buat yang masih bingung pilih sambal, Sambal Ny Rara juga menyediakan paket bundling. Satu paket berisi 3 sampai 4 jenis sambal. 

Paket sambal ini tersedia dalam 2 kemasan. Paket sambal ukuran 200 gram dibanderol Rp 139.000, dan paket sambal ukuran 120 gram dihargai Rp 88.000. 

Berikut ini pilihan paket bundling Sambal Ny Rara : 
  • Paket Cute Banget (Cumi, Teri Medan, Bawang) 
  • Paket Jeng Tuti ( Jengkol Tuna Terasi) 
  • Paket Bon Terek ( Rebon Teri Geprek) 
  • Paket Jeng Cumbrang ( Jengkol Cumi Kecombrang) 
  • Paket Gamteti ( Gami Petai Teri) 

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sambal Ny Rara 

Sambal Ny Rara dibuat dari 100% bahan alami segar, itu sebabnya setelah segel kemasan dibuka, sambal hanya bisa bertahan sekitar 4 hari di suhu ruang. 

Kalau ingin sambal awet lebih lama, disarankan untuk menyimpan sambal di lemari pendingin. Di dalam freezer, sambal bisa bertahan 1-2 minggu. 

Oh iya, Sambal Ny Rara merupakan sambal siap saji, jadi bisa langsung dimakan tanpa harus dimasak lagi. Biasanya setelah disimpan dalam lemari es, bagian minyak sambal akan membeku. 

Sebelum dihidangkan, sambal perlu dikeluarkan dan dicairkan dengan membiarkannya di suhu ruang selama 10 menit. 

Sambal Ny Rara melayani pesanan untuk seluruh wilayah Indonesia. Kemasannya dirancang aman untuk pengiriman jarak jauh. Botol kemasan disegel dibagian dalam dan dikemas dengan plastik vacuum yang rapat untuk mecegah kebocoran. 

sambal ny rara sambal geprek

Pun begitu saat pengiriman, botol sambal dilapis bubble wrap tebal supaya tahan goncang. 

Sambal Ny Rara memberi jaminan lho. Kalau saat kita terima, kemasan tumpah atau bocor, kita bisa mengajukan refund atau meminta produk baru dengan mengirimkan bukti video unboxing

Btw, selain enak dimakan sebagai pelangkap menu masakan, Sambal Ny Rara juga bisa dikreasikan untuk bumbu nasi goreng lho. Resepnya bisa dilihat di IG @sambal.ny.rara

Saya sempat coba bikin nasi goreng tuna pakai sambal tuna Ny Rara. 

Caranya mudah saja. Tumis bawang merah dan bawang putih (bagian ini bisa diskip kalau mau versi yang lebih praktis) sampai harum. Tambahkan nasi, lalu masukan sambal tuna Ny Rara sesuai selera. Aduk rata. 

Kalau mau bisa juga dikasi tambahan telur dadar atau ceplok. Tapi kalau saya sih nggak kasih tambahan lagi, karena potongan tunanya saja sudah banyak. Enak dan praktis deh pokoknya. 

Bisa jadi penolong kalau lagi buru-buru atau malas masak. 

sambal ny rara pedas

Cara pesan Sambal Ny Rara 

Banyak cara untuk memesan Sambal Ny Rara. Selain bisa pesan melalui media sosial, Sambal Ny Rara juga tersedia di e-commerce Shopee dan Tokopedia. Atau kalian juga bisa pesan melalui link pemesanan berikut https://ny.rara.co.id/pesan/ 

Nah, buat kalian para pecinta sambal tapi nggak jago bikin sambal atau tim malas ngulek seperti saya, cobain deh Sambal Ny Rara, citarasa sambal rumahan yang pedas nampol. Eh, tapi nanti jangan salahin saya kalau sampai ketagihan ya. 

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar