Nggak Bisa Mudik? Jangan Sedih. Nih Ada Tips Sahur Extra Faedah ala Anak Rantau

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren

Waktu kecil saya ikut berpuasa. Ikut ngerasain dibangunin di tengah pagi buta buat sahur. Rasanya sedap-sedap sebal. Hahaha.. 

Sebal karena harus bangun ditengah mimpi indah, tapi senang juga karena waktu makan sahur adalah moment yang sangat menyenangkan. Walaupun mengurangi waktu tidur, tapi tetap jadi moment yang ditunggu tiap tahun. 

Nikmat deh rasanya, duduk bersama anggota keluarga lain di meja makan. Kadang sahur pakai menu istimewa seperti rendang. Tapi sering juga sahur dengan hidangan seadanya. Keduanya sama-sama nikmat. 

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren

Lalu bagaimana sahur saat jadi anak rantau? 

Haduuh, rada ngenes sih ya. Bukan cuma perkara makan sahur pakai lauk ala kadarnya, tapi kesendiriannya itu lho yang bikin ngenes. Apalagi yang jomblo tuh, kadang cuma ditemani acara sahur di TV. Lumayan sih sahur ditemani candaan gitu, tapi kan tetap aja sepi sendirian. 

Makanya nih, saya mau bagi tips dikit soal sahur berfaedah buat anak rantau yang dirangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman teman-teman yang tinggal jauh di perantauan. Biar acara makan sahurnya nggak sepi-sepi amat. Seru tapi tetap khidmat dan berfaedah. Yuk disimak

Pesan makan via ojol, sekalian sedekah buat driver ojol 

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren
ilustrasi

Enaknya hidup di era digital tuh, banyak hal yang dulu ribet, sekarang dibikin jadi praktis. Misalnya nih, urusan pesan menu sahur. 

Kalau anak rantau 20 tahun lalu mau cari makan sahur harus bangun sekitar 1 jam lebih awal. Terus keluar cari makan ke warung terdekat atau warung langganan. 

Ya kalau bisa langsung order terus langsung makan sih enak. Gimana kalau kudu ngantri? Banyak anak rantau lain yang mau pesan makan sahur juga. Terpaksa nunggu deh. 

Lha kalau sekarang kan enak, bisa order makan via ojol. Sambil nunggu makanannya dianter sama driver ojol, kita bisa deh sambil main game dulu, sambil nonton drama korea dulu. Atau kalau mau aktivitas yang lebih berfaedah bisa tadarusan dulu dan menyimak ceramah via Youtube. 

Pakai smartfren Unlimited MAXI yang sekarang ada benefit Extra Unlimited Malam Full Speed tuh, mulai jam 1 pagi sampai 5 pagi, jadi lancar kalau mau browsing atau pesan makan. Jangan lupa beri tips buat driver ojol, itung-itung sedekah supaya drivernya makin semangat kerja menjemput rejeki. 

Bangunin sahur keluarga di kampung atau gebetan

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren
ilustrasi

Bisa bangun sahur itu berkah. Dan bangunin orang buat sahur itu berpahala. Makanya, rajin-rajin dong bangunin saudara dan teman buat sahur. 

Tapi gimana caranya bangunin sahur kalau lagi sendirian di perantauan? 

Diih jangan kayak orang susah deh. Pakai smartfren Unlimited MAXI kan ada bonus unlimited smartfren VoLTE Call. Bisa tuh dimanfaatkan buat bangunin sahur. Nggak usah pusing kalau mau nelpon emak bapak di kampung karena smartfren Unlimited MAXI ini bisa disemua lokasi. 

Kebetulan di kampung saya tuh, smartfren 4G ini yang jaringan sinyalnya paling lancar dan cepat. Jadi walau nggak boleh mudik dulu, tetap bisa setiap saat nelpon ibu buat tanya kabar. 

Buat yang masih jomblo, bisa juga manfaatin moment ini buat bangunin sahur “si dia”. Kali aja jadi tambah akrab dan makin simpati kan? Sambil menyelam minum air gitu. 

Sahur online bareng keluarga

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren
ilustrasi

Nggak usah sedih kalau lagi tinggal sendirian di perantauan dan terancam nggak bisa mudik karena masih pandemi. Walau raga terpisah jarak, kita tetap bisa kok sahur bareng anggota keluarga dan teman-teman via video call

Mau temu online via whatsapp video call, line atau mau pakai zoom & google meet, bisa aja. Soalnya smartfren Unlimited MAXI kan bisa dipakai buat semua aplikasi. Nggak ada batasan aplikasi sama sekali, dengan FUP atau batas pemakaian harian 1 GB. 

Apalagi kalau sahur kan waktunya benefit Extra Unlimited Malam Full Speed tuh. Wuiihh lancar banget lho acara sahur barengnya. Jadi bisa makan sahur sambil rumpi-rumpi atau pamer menu sahur. Eh jangan pamer-pamer deh, ntar riya. Hehehe. 

Bikin konten berfaedah di waktu sahur

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren
ilustrasi

Pada sadar nggak sih, kalau di waktu sahur dan ngabuburit banyak orang yang main medsos cari-cari konten menarik. Nah buat para content creator, moment ini juga bagus dimanfaatkan buat bikin konten baik yang berfaedah lho. 

Misalnya konten soal tips olahraga, tips menu makanan sehat, atau tips perawatan kulit saat puasa. Apa aja deh asal bermanfaat dan menghibur buat orang lain. Lumayan kan kalau banyak yang suka dan terinspirasi dengan konten baik yang kita buat, bisa jadi ladang pahala juga. 

Teman saya ada nih yang rajin banget ngonten di twitter saat sahur. Ada-ada aja idenya, mulai dari curhatan receh tentang kegagalannya bikin menu sahur, sampai cerita soal suara meongan kucing liar yang sering bangunin dia sahur. Aneh-aneh, kocak dan menghibur banget. 

Btw, tahu nggak sih ada satu hal lagi yang bikin smartfren Unlimited MAXI lebih extra? 

Tips-Sahur-Extra-Faedah-ala-Anak-Rantau-Smartfren

Itu tuh ada #RejekiWOW yang bisa diakses di aplikasi MySF. Ini program extra faedah dari smartfren yang memberi peluang kita buat mendapatkan berbagai hadiah menarik. Ada pulsa, smartphone, laptop, motor hingga Grand Prize mobil dan tabungan ratusan juta rupiah. Pokoknya Rejeki Depan Mata bisa langsung kamu dapatkan di Rejeki WOW ini. 

Tiap kali isi pulsa atau transaksi lain, kita bisa dapat poin yang bikin kapal kita makin dekat dengan pulau harta. Ada kotak harta di pulau harta. Seru lho. Trus ada juga yang namanya daily treasure, berupa SmartPoin yang langsung kita dapat kalau kita check in ke RejekiWOW. 

Saya punya 2 nomor smartfren, kalau nomor di hape ini SmartPoin-nya masih dikit, sekitar 600-an. Tapi nomor smartfren yang di modem sudah beberapa kali bisa buka kotak harta tuh. Lumayan deh. 

rejeki-wow-smartfren-grand-prize
Nomor smartfren di modem sudah sampai Grand Prize Island nih

smartfren-rejeki-wow

smarfren-rejeki-wow
rajin check in MySF supaya dapat tambahan smartpoin

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya buat kalian yang berasa jadi orang paling menderita sedunia karena tinggal di perantauan dan nggak bisa mudik. Bahagia itu tergantung bagaimana kita memandang dan menyikapi situasi kok. Jadi jangan menyerah dan bersedih walau nggak bisa mudik. Kan ada smartfren #UnlimitedSemuaBisa yang bisa bikin #RamadanExtraFaedah. 

Semoga jadi tambah tahu dan semangat ibadah di Bulan Suci.

14 comments

  1. Ini tahun kedua gak bisa mudik saat Lebaran, sediiih tapi mau gimana lagi, demi kebaikan semua kan ya harapannya. Thanks to Smartfren yang tahu banget gimana galaunya Anak Rantau di kala Ramadan seperti ini, at least bisa kurangi rindu dengan video call kapanpun yaaa.

    ReplyDelete
  2. Yeayy, tetap semangat bikin konten walopun lagi puasa.
    No lemes lemes, karena kita ttp bs share konten berfaedah dgn SmartFren, ye kan.
    Makasiii tipsnya mbaaa

    ReplyDelete
  3. hal ini terjadi sama kakakku yang memang kerjanya di luar pulau Jawa, masih belum ada kabar apakah ada ijin atau dibolehkan mudik menggunakan surat dinas

    ReplyDelete
  4. Setuju, bahagia itu tergantung bagaimana kita memandang dan menyikapi situasi. Kapan hari sudah bukber online bareng keluarga besar. Bisa nih lain kali sahur bersama online juga mumpung pakai smartfren unlimited MAXI yang lebih extra

    ReplyDelete
  5. Enaknya jaman now, bisa order makan via ojol.

    Terus pake smartfren pula!
    Dijamin ga bete nunggu makanannya dianter sama driver ojol, bisa sambil main game online, nonton drakor yang nanggung, dll

    ReplyDelete
  6. Ga ada alsan lagi sedih jadi anak rantau yaaa, kalo sahur pun bisa makan sambil online bareng atau vcall bareng gebetan or keluarga di kampung.
    Smartfren memang juara dah, beneran ramadan extra faedah banget

    ReplyDelete
  7. Mau pakai ini aja kayaknya, irit banget ya mbak, emang lagi butuh yang jaringannya ok di pelosok. Biar bisa lancar jaya

    ReplyDelete
  8. Dan aku adalah anak rantau 20 tahun lalu mba hahahah...
    Ngerasain banget nikmatnya kenangan ituuh hahahaha...
    Thats why aku tuh dulu malas bgt makan sahur...
    Sekarang mah gak pake worries ya jd anak rantau... Zaman udah serba gampang

    ReplyDelete
  9. Aku ga ikut ibadah puasa. Tapi inget bener pas dulu masih jadi anak kuliah dan ngekos, biasanya temen2 uda punya langganan warung untuk makan sahur. Jadi nggak perlu cari jauh-jauh. Kecuali kalau mereka pengen menu lain yg ga ada di warung itu.
    Zama itu sih belum online sperti sekarang. Yang punya Hp saja masih jarang ehehe

    ReplyDelete
  10. Iya banget ngerasain jadi anak rantau pas bulan puasa, sahur sendiri kudu bangun awal biar bisa beli makan jangan sampe cuma dpt sisa keriukan doang hahaa tapi beruntung yah zaman now ada gojek juga..

    ReplyDelete
  11. Kalau lagi pandemi begini, keberadaan internet memang berasa banget, deh. Tetap bisa mendekatkan dengan kerabat maupun teman. Meski pun gak bisa mudik, jadi tetap bisa bersilaturahmi

    ReplyDelete
  12. Hihi..iya iya, don't rich people difficult deeh..
    Zaman udah canggih begini, yuk...manfaat teknologi dengan provider terbaik, Smartfren.
    Aku sekarang lagi di perantauan, Ibuku seuka banget bangunin pakai VC.
    Berasa anak kos, bener.

    ReplyDelete
  13. smartfren Unlimited ini emang cocok buat menemani di malam hari ya mbak
    bisa membantu kita bikin tulisan plus melakukan banyak hal produktif lainnya. Rezeki WOW nya bisa buat uang THR an yaa

    ReplyDelete
  14. Banyak extra faedah dari Smartfren di bulan Ramadan ini.
    Ga sedih kok, ga bisa mudik. memang harus irit juga.

    ReplyDelete