-->

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

September 02, 2020

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Sejak menjadi ibu, saya kerap kali mendapat pertanyaan atau komentar “lucu” dari orang-orang. Entah pertanyaan itu hanya basa-basi atau memang mereka penasaran tentang kami. 

“Nggak niat kerja lagi nih? Sayang kan udah capek-capek jadi sarjana tapi nganggur di rumah.” 

“Cuma ibu rumah tangga, nggak bosan cuma nemenin anak di rumah? Apa nggak mau kerja lagi?” 

“Ya ampun, ama susu bubuk aja pemilih banget. Beli aja apa yang ada.” 

Masih beragam lagi komentar dan pertanyaan, yang intinya sebenarnya sama, kenapa sih saya rela mengorbankan dan mengusahakan banyak hal demi anak? 

Jawaban saya untuk semua pertanyaan itu hanya satu : “Karena waktu tak bisa kembali!” 

Ya, karena waktu tak bisa kembali. Saya tak punya kuasa untuk mengulangi semua momentum pertumbuhan anak. Dia akan terus bertumbuh, entah dengan saya di sampingnya atau tidak. Anak saya akan belajar banyak dan berkembang jadi dewasa, bahkan tanpa kehadiran saya buat mendampingi. 

Duh, saya nggak mau kehilangan momentum itu. Buat saya, anak adalah prioritas! 

Maka sejak saat itu pula, saya putuskan untuk benar-benar berada di dekat anak dan mendampinginya bertumbuh. Ruang gerak saya memang jadi terbatas. Fokus hidup saya memang berubah. Tapi saya menikmati semua perubahan itu. Sebagai ibu, saya nggak mau kehilangan momentum. 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Masa yang membahagiakan 

Nama anak saya Narendra, berarti Raja. Kami namai begitu karena kami berharap, ia akan bertumbuh sebagaimana seorang raja. Orang yang bertanggung jawab, mengayomi orang-orang di sekelilingnya. Dan punya otoritas, setidaknya terhadap hidupnya sendiri. 

Sejak kecil Narend suka sekali bicara. Malah, dia lebih lancar bicara sebelum bisa jalan. Teman ngobrolnya, siapa lagi kalau bukan saya, ibunya. 

Karena suka ngobrol, dia nggak malu-malu mengajak bicara anak atau orang yang baru dikenal. Ada saja yang ia tanyakan, banyak pula yang ia ceritakan. Kadang kalau sedang bosan, ia juga bermain peran. Ada boneka yang ia ajak bicara, lalu ada boneka lain yang menjawab. 

Dari kebiasaan itu, di usia 2 tahun ia mulai tertarik main wayang. Bahkan jadi hafal banyak sekali tokoh-tokoh wayang. Untuk memuaskan kegemarannya pada wayang, saya dan suami mulai mengenalkan dia pada semua hal yang berhubungan dengan wayang. 

Kami ajak dia ke kampung wayang, melihat langsung bagaimana wayang dibuat. Kami ajak dia nonton festival dalang bocah yang rutin digelar setiap tahun. Bahkan kami juga mempersiapkan dia untuk belajar mendalang di sanggar wayang. Sayangnya, kegiatan itu kini terpaksa berhenti karena pandemi. 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Narend punya asma. Akan sangat beresiko kalau ia dibiarkan beraktivitas keluar rumah meski dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ah, saya nggak mau ambil resiko. 

Nutrisi terbaik untuk yang dicinta 

Iya Narend memang punya asma, sama seperti saya. Makanya kalau tidak dijaga baik-baik, ia bisa mudah terkena serangan. Buat anak lain, flu mungkin bisa sembuh sendiri. Tapi buat Narend, kalau kena flu berarti akan berlanjut ke batuk dan sesak napas. 

Kalau sudah begitu, Narend jadi tak bisa beraktivitas. Berat badannya susut, dan hanya bisa tergolek lemah di tempat tidur. Itu alasannya, saya memberi perhatian detail pada asupan nutrisi hariannya. Ada banyak aturan soal makanan dan kebiasaan sehari-hari yang saya terapkan agar dia nggak mudah sakit. 

1. Makan 3 kali sehari dengan porsi seimbang 

Saya membiasakan Narend sarapan, makan siang dan malam tepat pada waktunya. Menu makannya memang sederhana ala masakan rumahan seperti nasi dengan sayur bening, tempe atau telur. Biar begitu, saya upayakan semaksimal mungkin agar komposisinya seimbang. Karbohidrat tidak terlalu banyak. 

Saya juga membiasakan Narend mengonsumsi jenis karbohidrat lain. Tak perlu selalu makan nasi, kadang dia makan kentang rebus atau ubi sebagai pengganti nasi. 

Makanan bersantan dan penambahan bumbu berlebihan juga jarang diterapkan untuk menu makan Narend. Itu sebabnya sampai sekarang, dia nggak terlalu suka makanan bersantan dan junk food

2. Camilan sehat 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Menu kudapan Narend adalah makanan murah yang sehat, yaitu buah. Sengaja dibiasakan begitu karena makanan kudapan buatan pabrik umumnya mengandung banyak pengawet dan pewarna yang bisa membuat asmanya kumat. 

Jadi buah segar adalah menu kudapan terbaik dan murah yang bisa disantap Narend. Narend biasa mengudap wortel rebus, tomat, timun, semangka, jeruk dan mangga. Menu ini kadang bervariasi mengikuti buah yang sedang musim di pasaran. 

3. Olahraga 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

“Pengidap asma harus rutin berolahraga, tapi pilih olahraga yang agak santai seperti berenang atau jogging ya,” begitu saran dokter. Makanya Narend pun diupayakan bisa rutin berolahraga. 

Paling tidak jalan-jalan keliling kompleks perumahan setiap pagi. Bagian ini memang agak susah sih, karena Narend nggak suka berkeringat. Keringat bikin badannya gatal-gatal. Hahahaha. 

Di masa pandemi begini, kegiatan jalan-jalan pagi terpaksa libur dulu. Sebagai gantinya, Narend mulai berlatih karate dibimbing oleh Romonya (ayah). 

4. Cukup tidur 

Saya percaya jadwal tidur perlu dibiasakan. Kalau kita biasa begadang, bakal sulit buat kita tidur cepat. 

Nah untuk Narend, saya menetapkan jam tidur malam. Jam 9 malam, lampu-lampu sudah dimatikan dan dia sudah bersiap di tempat tidur setelah sikat gigi dan ganti baju. Waktu tidur yang cukup dan jadwal yang teratur membuat tubuh cukup istirahat dan berimbas pada peningkatan imunitas. 

5. Asupan susu bubuk pertumbuhan untuk mendukung pertahanan tubuh dan tumbuh kembang optimal. 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Saya memilih Morinaga Chil*School Platinum untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan Narend. Kenapa? 

Karena Morinaga Chil*School Platinum merupakan produk yang dikembangkan oleh Morinaga Research Center Japan, yang telah memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun meneliti berbagai manfaat ASI dan nutrisi penting pertumbuhan anak. 

Morinaga Chil*School Platinum, susu bubuk pertumbuhan kesukaan Si Kecil 

Susu bubuk pertumbuhan yang dikonsumsi Narend saat ini adalah Morinaga Chil*School Platinum. Susu bubuk pertumbuhan untuk anak usia 3-12 tahun. Morinaga Chil*School Platinum ini juga dilengkapi dengan MoriCare+ Zigma Σ Triple Bifidus yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal. 

“Susunya enak!” begitu komentar Narend. Ia paling suka dengan susu bubuk rasa vanila. 

Narend biasanya minum susu bubuk pertumbuhan Morinaga Chil*School Platinum 3 kali sehari. Pagi saat sarapan, sore saat snack time dan malam hari sebelum tidur. 

Cara penyajiannya mudah kok. 
Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma
Yang penting, pastikan tangan dan peralatan seperti sendok dan gelas dalam keadaan benar-benar bersih. Dan pastikan susu segera dikonsumsi setelah dilarutkan. Jangan menghangatkan susu dalam microwave karena bisa merusak nutrisi yang terkandung pada susu. 

Tumbuh kembang anak adalah hal yang kompleks. Pertumbuhan tak hanya dilihat dari faktor fisik, tetapi juga meliputi kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh (imunitas) yang kuat pula. 

Itu sebabnya Morinaga Chil*School Platinum dilengkapi berbagai macam nutrisi yang baik untuk anak, antara lain : 

Untuk kecerdasan Multi Talenta 

AA & DHA 
Meneruskan rangsangan antar sel syaraf untuk mempercepat daya tangkap. 
Alfa Laktalbumin* 
Protein yang berperan untuk fungsi kognisi (kemampuan berpikir). 
● Kolin 
Golongan Vitamin B yang berfungsi untuk memperkuat memori / daya ingat. 
● Zat Besi 
Mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar. 
● Omega 6 & Omega 3 
Asam lemak essential sebagai prekursor / bahan pembentuk AA dan DHA. 
● Fosfolipid 
Merupakan bagian Milk Fat Globular Membrane yang merupakan komponen penting untuk membentuk fungsi otak Si Kecil. 

Untuk Pertahanan Tubuh Ganda 

Nukleotida 
Berfungsi dalam meningkatkan antibodi untuk melawan penyakit infeksi. 
Laktoferin 
Meningkatkan daya tahan tubuh untuk membantu melawan infeksi saluran nafas dan saluran cerna. 
Prebiotic GOS 
Merupakan makanan untuk pertumbuhan bakteri baik pada saluran cerna. 
Triple Bifidus 
Merupakan gabungan 3 bakteri baik (bifidobakterium) yang terdapat di saluran cerna. 

Untuk Tumbuh Kembang Optimal 

Kalsium, Vitamin D dan Magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 
Whey Protein (Alfa Laktalbumin) 
Merupakan sumber protein sebagai komponen penting dalam tumbuh kembang Si Kecil. 
Beta Palmitat / OPO 
Penyerapan kalsium dan lemak lebih baik: bayi dan anak tambah panjang dan tinggi. 
● Vitamin & Mineral yang berperan dalam tumbuh kembang optimal 

Kandungannya yang lengkap ini nih yang bikin saya percaya Morinaga Chil*School Platinum adalah nutrisi tambahan yang tepat buat Narend. Terutama karena ada kandungan Laktoferin yang bisa membantu melawan infeksi saluran nafas dan saluran cerna. Ini pas banget buat penderita asma seperti Narend. 
Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

Selain itu, kandungan Probiotik (Zigma) Triple Bifidus di dalam Morinaga Chil*School Platinum juga baik untuk mencegah flu dan ISPA, mencegah konstipasi (sembelit) dan diare serta bisa mencegah dan mengurangi alergi. 

Buat ibu-ibu yang memiliki anak dengan masalah yang sama seperti Narend, boleh deh memberikan Morinaga Chil*School Platinum juga. Karena waktu tak bisa kembali, makanya kita harus berusaha memberikan yang terbaik buat Si Kecil. Begitu kan? 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Morinaga Chil*School Platinum bisa dicek di media sosial dan web resmi; 
Website : morinagaplatinum.com 
IG : @morinagaplatinum 

Memilih Susu Bubuk Pertumbuhan yang Tepat untuk Anak Penderita Asma

 Semoga jadi tambah tahu ya

You Might Also Like

24 comments

  1. Namanya momen tumbuh kembang anak tuh cepeeettt banget
    Engga kerasa ujug2 udah SD, lalu SMP, dst. *ni aku ngerasain sendiri, haha*
    Jadiii aku sepakaaatt bgt dgn prinsip hidup dirimu, Mak.
    Selalu memberikan yg terbaik untuk buah hati, semangaaattt!

    BalasHapus
  2. Wih Nared semangat banget! Aku pernah tahu anak yang punya asma. Pas lagi kumat tuh rasanya kasihan banget. Jadi dari pada ada apa-apa, baiknya memang waspada sih ya. Termasuk soal pemilihan susu

    BalasHapus
  3. Kalo sudah terbiasa mengudap buah sejak kecil .... bagus ya, memang ibu harus membiasakan sih. Nah susu jadi pelengkap nutrisinya. Chil School ini pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  4. Untuk tumbuh kembang anak secara optimal, ibu akan melakukan yang terbaik yang ia mampu ya Mbak. Salah satunya memberikan tambahan nutrisi lewat susu yang memang sudah terjamin nilai-nila tambahnya. Semoga Narend tumbuh sehat sesuai harapan ya. Amin

    BalasHapus
  5. Saya juga banyak yang nanya gitu, "enggak bosen?" Wuih, mana sempat bosen, yang ada waktu tuh selalu kurang ya :D
    Susunya sama kaya anak saya ;)

    BalasHapus
  6. Insyaallah pengidap asma pun bisa tumbuh dan berkembang optimal dengan penanganan yang tepat, ya

    BalasHapus
  7. Dulu anakku sempat minum Morinaga ini karena dia alergi susu sapi, awalnya aku mengira karena alergi seafood ternyata pas periksa ke dokter dia alergi olahan susu sapi.

    BalasHapus
  8. Setuju bangeet..
    Karena waktu tak bisa kembali..

    Momen lahiran anak, dan mengurusnya itu loh bikin happy, menyaksikan tumbuh kembang anak, selalu seru. Plus kerempongannya bikin ngangenin kalo liat anak udah 17 tahun sekarang, hiks.
    Ga menyesal keluar kerja demi anak, ya pertanyaan2 di atas , i feel u.

    Semoga kitta bisa memberikan yang terbaik buat anak2 kita yaa, plus asupan nutrisinya seperti halnya memilih susu bubuk buat pertumbuhan, terbaiik.

    BalasHapus
  9. Wah Dedek Narend lho camilannya wortel rebus kalah deh Ateu hihi..anaknya ceria dan super aktif ya Wid..bahagia dan sehat selalu Narend...

    BalasHapus
  10. Iya mbak, waktu tak akan pernah kembali lagi ya, oleh karena itu mendampingi anak di usia golden agenya harus sungguh-sungguh. saya juga milih banget untuk memberikan susu buat si kecil, alhamdulillah banyak skrg susu pertumbuhan yang menunjang tumbuh kembang optimal anak anak ya

    BalasHapus
  11. Wah berarti kalau ada orang lain di sekitar Narend yang kena flu dan batuk harus cepat-cepat menghindar ya biar nggak ketularan. Sehat terus ya Narend, biar bisa terus melanjutkan keseruannya jadi dalang cilik.

    BalasHapus
  12. Orang-orang yang cuma bisa lihat memang suka ya asal ngomong. Gak kerja sayang ijazahnya, kalau kerja katanya kasihan anaknya. Maunya apa mereka.

    Wah, Narendra dari kecil sudah suka sama wayang. Semoga kelak dimanapun berada akan tetap cinta akan warisan leluhurnya.

    Dan buat Mbak, tetap semangat yes. Apalagi sekarang sudah ada susu chil*school buat tambahan nutrisi anak biar makin sehat dan punya daya tahan tubuh optimal.

    BalasHapus
  13. Suka banget dengan brand Morinaga ini. Anakku suka minum chil-go dan si Kei malah minum tuh Morinaga Soya karena alergi, alhamdulilah cocok. Morinaga Chil School Platinum recomended ya, Mak. Kandungan gizinya banyak.

    BalasHapus
  14. Anakku jg minum chilschool mba. Tp yg soya. Hehe.

    Memang waktu gak bisa kembali ya maka harus memberikan yg terbaik untuk buah hati.

    BalasHapus
  15. Tumbuh kembang anak bisa jadi lebih optimal jika diberi asupan gizi yang tepat. Salah satunya ya pemberian susu yang tepat.




    BalasHapus
  16. Terus menjadi raja di hati mama, Narend...

    Dengan segala kebaikan dan prioritas yang ditetapkan, semoga Narend tumbuh seperti doa yang dipanjatkan Mama dalam nama...

    BalasHapus
  17. waaaaah sehat sehat terus ya narend, insyaAllah walaupun punya asma, tapi pasti narend sehat sehat terus dan bisa tetap berprrstasi.. Aamiin..

    BalasHapus
  18. Wah bakat jadi dalang nih. Kyk anaknya temanku mbak suka sama wayang, akhirnya sama ortunya difasilitasi dicarikan guru dan kalau liburan sekolah kdng diajak ortu liat pertunjukan wayang dan ketemu dalangnya langsung buat minta saran :D
    Sehat2 selalu ya Narend, rajin minum susunya jg :D

    BalasHapus
  19. Mak ternyata Narend ada asma yaa.. Wah kalau flu jadi gitu ya bisa ga selesai2 huhu..

    Ini gw sama anak lanang kan alergian ya, kalo ada pencetus bisa bersin gak selesai2 seharian. Ternyata kalau asma lebih bahaya yaa..

    Btw susunya samaan nih, anak2 jg konsumsi morinaga chil school

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah...
    Ada Chil School yang mendampingi tumbuh kembang anak-anak dengan sempurna.
    Inovasi terbaik.

    BalasHapus
  21. Bener banget mb,setiap orang punya prioritas. Jadi ga penting nanggepin omongan orang. Yang terbaik untuk keluarga yang harus kita prioritaskan. Btw keren...Narend bisa jadi pedalang cilik nih.. Semangsat...besok habis pandemi, latihan lagi..

    BalasHapus
  22. Ini susu abakku yang sulung juga Mbak
    Alhamdulillah kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan ini

    BalasHapus
  23. Untuk pertumbuhan anaknyang optimal memang butuh nutrisi yang baik dan gizi seimbang ya mbk, salah satunya denga mengkonsumsi susu bubuk Chil Scholl

    BalasHapus
  24. Masing maaing anak memang beda dan memiliki keistimewaan tersendiri. Kita ga perlu membandingkan anak kita dengan anak orang lain. Yang terpenting kita berikan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya.

    BalasHapus