-->

Review : N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel

April 19, 2019

Aloe Vera sebagai skin care routine? 

Hmmm, sepertinya itu bukan barang baru buat saya. 

Sejak saya kecil, Ibu dan Mbah Putri (almarhumah) sudah kerap mengajarkan cara memanfaatkan lidah buaya (Aloe Vera) sebagai produk perawatan kulit dan rambut. Itu sebabnya, di rumah kami selalu ada tanaman lidah buaya. 

Cara pakainya juga sederhana dan alami. Cukup dengan memotong batang lidah buaya, lalu dibelah untuk diambil bagian dalamnya dan langsung dioleskan ke kulit atau rambut. Sesederhana itu. 

Sayangnya semakin dewasa, saya malah makin malas mengaplikasikan resep cantik turun temurun ini. Ribet sih. Ditambah lagi bau lendir lidah buaya itu nggak enak. Bau langu, kalau kata orang sini. 

Makanya, saya lumayan antusias saat brand-brand skincare sekarang mulai mengeluarkan produk berbahan Aloe Vera. Saya sempat mencoba beberapa brand, mulai dari yang lokal sampai merk impor. Sebagian hasilnya cukup memuaskan, tapi sebagian lagi membuat saya meragukan keaslian kandungan Aloe Vera di dalamnya. 

Nah, baru-baru ini ada satu lagi produk berbahan dasar Aloe Vera yang sedang saya coba. Produk lokal sih, namanya N’Pure Cactus Aloe Vera 92 Soothing Gel with Lemon Beads

instagram @npureofficial

Dari namanya, sudah ketahuan ya kalau bahan andalan produk ini bukan cuma Aloe Vera tetapi juga ada Kaktus dan Lemon

Kaktus? 
Kalau tentang manfaat Aloe Vera dan Lemon untuk kulit sih saya sudah sering dengar. Tapi Kaktus?  Wah, saya belum pernah coba nih. 

Jadi, berdasar pencarian saya yang ala kadarnya di google, Kaktus juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, diantaranya : 
  • Anti Aging karena mengandung antioksidan dan kadar vitamin E yang cukup tinggi 
  • Membantu menyamarkan noda hitam pada kulit 
  • Menghidrasi kulit 
  • Kandungan vitamin K pada Kaktus juga dapat membantu mencerahkan area gelap di bawah mata 
  • Membuat rambut lebih sehat 

Sementara itu, kita tahu juga Aloe Vera memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan. Begitu juga Lemon yang konon bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Lalu bagaimana jadinya ya kalau manfaat ketiga tanaman itu ada dalam satu produk? 

Melihat kandungannya, ekspektasi saya terhadap produk ini jadi lumayan tinggi. Jadi sudahlah ya, mending langsung kita review saja kemasan dan performa N’Pure Cactus aloe Vera 92 Soothing Gel with Lemon Beads ini. 

Kemasan 
Hampir sama dengan beberapa produk Aloe Vera lainnya, N’Pure Cactus AloeVera Soothing Gel ini dikemas dalam wadah bulat warna hijau. Berat bersihnya 300 gram. Lumayan besar, dan itu membuatnya jadi kurang travel friendly. Kalau cuma buat taruh di rumah aja okelah. 

Desain mukanya cukup imut dengan gambar Kaktus, Aloe Vera dan Lemon yang sangat merepresentasikan kandungan produknya. Jadi, dengan melihat desain muka dan membaca nama produknya saja, kita sudah langsung tahu apa yang terkandung dalam produk ini. Bagus. 


Bagian belakangnya juga dilengkapi dengan keterangan kegunaan, cara pakai, komposisi, nama produsen, Nomor BPOM, dan tanggal kadaluarsanya. Komplit sekali. 


Oh iya, N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini juga dilengkapi penutup mika di bagian dalamnya buat mengurangi resiko produk mbleber kemana-mana. 

Tekstur dan Aroma 
Teksturnya watery gel bening, tapi nggak terlalu encer juga. Haduuhh gimana ya cara jelasinnya, pokoknya dia gel gitu deh. Ada butiran kuning di dalamnya. 

Setelah diaplikasikan ke kulit, jujur saja rasanya agak tacky di satu menit pertama tapi setelah semua produk meresap sempurna, rasanya enak banget. Lembab dan sudah nggak lengket lagi. Oh iya lemon beads-nya itu juga ikut luruh dan ikut menyerap. 


Dibanding sejumlah produk sejenis, terutama produk lokal, N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini lumayan cepat meresap saat diaplikasikan ke badan dan rambut. Paling-paling hanya butuh waktu kurang dari semenit. Tapi kalau untuk wajah lumayan lama menyerapnya. Entah kenapa. 

Soal aroma, harus diakui enak banget sih. Wanginya floral lembut gitu. Bikin tambah senang pakainya. Ini nih salah satu poin yang bikin produk ini beda dengan produk Aloe Vera lainnya. 

Klaim 
Dengan kandungan 3 bahan utamanya tadi, produk ini diklaim : 
  • Melembabkan kulit dan bersifat anti aging 
  • Mencerahkan kulit Menenangkan kulit akibat sunburn 
  • Paraben free, sehingga aman untuk ibu hamil 
  • SLS free 
  • Mineral oil & Alcohol free, sehingga aman untuk kulit oily 
  • Dapat digunakan untuk wajah, badan, rambut dan kuku 

My Impression 
Saya coba pakai produk ini untuk kulit badan, wajah dan rambut. Paling suka dengan aromanya yang lembut itu sih, jadi suka nggak kira-kira pakainya. Pengennya dioleskan banyak-banyak biar bisa menikmati baunya. Oke, kita bahas satu-satu aja ya. 

Untuk Badan 

Saya pakai N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel sebagai pengganti lotion andalan. Jadi dipakai setiap habis mandi dan untuk bagian tertentu seperti tangan dan kaki saya pakai lebih sering. Misalnya setelah cuci piring atau mengerjakan pekerjaan rumah, dan sebelum tidur. Menurut saya, performa N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini lebih bagus daripada body lotion andalan yang sudah terpakai ribuan kali itu. 

Teksturnya agak encer dan jauuh lebih cepat menyerap daripada lotion. Dan kalau setelah dipakai lantas kita bilas air lagi, kelembabannya tidak hilang. 

Performa N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel di tangan dan kaki malah lebih bagus lagi. Kulit kaki saya tuh kering banget, terutama di bagian tumit. Memang nggak sampai pecah-pecah sih, tapi tetap saja nggak nyaman. Nah, dengan pemakaian N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel dalam 3 hari saja, bagian tumit sudah nggak kering lagi. 

Begitu juga untuk tangan. Saya rada bermasalah dengan kutikula, dulu sempat teratasi karena rutin pakai hand cream, tapi setelah dua pekan ini absen pakai hand cream, mulai muncul lagi masalahnya. Trus, N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini ternyata manfaatnya nggak kalah dengan hand cream itu. Tangan saya jadi berasa super lembab dan lembut. 

Untuk Wajah 

Tidak ada yang berbeda pada cara pemakaian di wajah dan badan, tapi entah kenapa, menurut saya rasanya agak berbeda. 

Di badan, N’Pure ini cepat sekali meresap, kesan lengketnya juga nggak lama. Tapi kalau dipakai di wajah, daya resapnya jadi lebih lama dan rasa tacky juga berasa lebih lama. Kira-kira kenapa bisa begitu? 

N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini biasa saya pakai sebagai pelembab, setelah menggunakan toner, essense dan serum, atau dipakai sebagai sleeping mask. Performa N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel untuk wajah sih saya bilang baguuuuus banget. Dalam sekali pemakaian aja sudah langsung terasa melembabkan. Apalagi kalau dipakai sebagai sleeping mask gitu, pagi harinya kulit wajah terasa lembab, plump gitu. Sukaaaaa banget. 

Oh iya, satu hal lagi yang saya notice juga, N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini ternyata juga ampuh buat mengatasi jerawat. Saat awal mencoba, saya punya tiga jerawat baru di pipi dan dagu. Namanya juga jerawat baru, rasanya masih sakit dan kemerahan gitu lah. 

Lalu setelah membersihkan muka, saya aplikasikan lah si N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini, keesokan harinya kemerahannya hilang, lalu muncul seperti mata jerawat tapi masih terasa sedikit sakit. Meski gemas lihat jerawat matang begitu, saya urung juga memencet jerawat. Jadi saya aplikasikan lagi N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel. Hari kedua sakitnya sudah hilang dan mulai kering. Hari selanjutnya, sudah makin membaik deh. 

Untuk Rambut 

Katanya, N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini juga bisa dipakai untuk perawatan rambut. Saya mencoba mengoleskan produk ini ke rambut sekitar 1 jam sebelum keramas. Untuk rambut, produk ini lumayan cepat terserap. Sayangnya setelah dipakai keramas saya nggak langsung merasakan hasil yang signifikan. Mungkin untuk rambut efeknya butuh waktu lebih lama ya, saya sendiri baru pakai 3 kali. Hehehe


Overall, saya harus akui N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel ini memang “JUARA” banget. Produk lokal yang multifungsi dan kualitasnya nggak kalah dengan brand impor. Harganya juga terjangkau, Rp 80.000 untuk kemasan 300 gram. 

Saya sih merekomendasiin produk ini buat kalian yang punya masalah kulit kering atau kulit yang mengalami dehidrasi. Soalnya efek menghidrasinya itu terasa banget. 

Oh iya, buat ibu-ibu yang biasa masak di dapur juga bisa banget lho pakai ini. Saat memasak dan berhadapan dengan kompor, biasanya wajah kita kan terasa panas karena dampak berdekatan dengan kompor dalam waktu lama ya. Kalau diabaikan tanpa perawatan, kulit wajah kita jadi cepat kusam lho. 

Nah, saya pernah nih mengaplikasikan N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel setelah masak. Waah, rasanya adeeem banget. Warna kemerahan di pipi langsung hilang, nyeesssss gitu. Begitu juga kalau sehabis terkena panas matahari setelah bepergian gitu, langsung deh pakai N’Pure Cactus Aloe Vera Soothing Gel buat maskeran. Rasanya supeeerrr nyaman. 

Trusss, karena produk ini diklaim Paraben free, SLS free, mineral oil free dan alcohol free, harusnya sih juga aman buat digunakan oleh mereka yang punya kulit sensitif. Disclaimer, produk ini tidak dianjurkan untuk diaplikasikan pada kulit dengan luka terbuka ya. 

Semoga jadi tambah tahu...

You Might Also Like

5 comments

  1. Aku suka pakai aloe vera, noted untuk produk ini. Tfs maak ^^

    BalasHapus
  2. kalau aku mak, biasanya lidah buaya tak bikin minuman segar..
    heheh

    BalasHapus
  3. Wah kayanya dingin dan nyess ya pakai produk ini, aku jadi pengen coba deh buat muka dan rambut bisa multifungsi..

    BalasHapus
  4. Wah, manfaatnya komplit ya aloe vera ini, bisa buat rambut, badan dan muka. Pengen nyoba ah..sepertinya cocok untuk Jogja yang lagi panas-panasnya...

    BalasHapus
  5. wah aku juga tahu ini produk dari anakku

    BalasHapus