-->

Mau Patungan Gampang? GOJEK Punya Fitur Chat Baru Buat Patungan Lho.

April 08, 2019

Belakangan ini karena kesibukan ngeblog dan cari konten, saya jadi punya banyak banget waktu buat nongkrong di luar rumah. Ketemu sahabat yang jarang ketemu, nongkrong sambil ngopi-ngopi cantik. Malah kadang juga plesiran bareng teman-teman.

Suami sudah nggak pernah protes-protes lagi karena dia dukung penuh kesibukan dan hobi saya mencari konten buat blog. Padahal update blognya juga jarang-jarang. Oooppps. Hahahahaha. Ya bagus lah ya, istri punya kesibukan yang disukai jadi nggak stres dan berkuranglah kadar kecerewetannya.

Jadi begitulah, kalau lagi kumpul dengan teman-teman itu biasanya kami cari tempat hangout yang nyaman seperti cafe atau tempat makan baru gitu. Lebih bagus lagi kalau tempatnya instagramable, jadi bisa sekalian buat foto-foto. Kalo nggak? Ya ngopi sambil cerita ngalor ngidul aja juga cukup. Biasanya dari rumpi-rumpi cantik begitu jadi muncul ide buat nulis.

Nah, masalah kadang datang karena kami ini kebanyakan emak-emak digital dan perempuan zaman now yang jarang banget bawa uang tunai. Dompet kita sekarang mah lebih banyak terisi bon pembelian, struk dan kartu ketimbang uang. Jadi saat giliran bayar, ribet lah kita semua, termasuk juga cashier atau waiternya karena bill satu meja harus dipisah-pisah. Duuh kita yang mau bayar juga kan jadi nggak enak hati karena nambah kerjaan mereka.

Sebenarnya sering juga sih tagihannya ditalangi satu orang dulu. Nanti yang lainnya tinggal transfer buat bayar patungan sesuai pesanan masing-masing. Tapi ini juga tak jarang menambah masalah lagi. Ya kadang ada aja kan teman yang pas dimintai buat transfer malah mengeluh karena beda bank dan terpaksa kena potongan Rp 6.500.

Ah, mungkin sebagian yang baca ini langsung mbatin, “Yaelah kena charge Rp 6.500 aja ngeluh.” 

Tapi tolong dipahami ya, kejadian ini dialami oleh perempuan-perempuan yang super cermat dan perhitungan dalam menjaga neraca keuangannya. Jadi potongan transfer antar bank senilai Rp 6.500 itu sama pentingnya dengan skincare seharga Rp 500.000. Makanya terasa beraaat banget buat merelakan Rp 6.500.

Di lain waktu, kami juga kerap plesiran bersama. Naik moda transportasi yang super populer dan nyaman, GO-CAR. Iyalah hari gini kan, ketimbang ribet mengendarai kendaraan terpisah-pisah mending kita berangkat bareng patungan naik GO-CAR. Bayarnya juga bisa pakai GO-PAY.

Biasanya ada satu orang dulu yang nalangin. Saya paling sering nih ketiban bagian nalangin GO-CAR, karena saya paling sering dapat voucher GO-CAR. Lumayan kan bisa irit beberapa ribu. Tapi ya gitu deh, masalah datang lagi giliran saya mau nagih biaya patungan. Ada yang urusan malas transfer beda bank, sampai yang lupa kalo masih ada tagihan patungan.

“Perasaan gue udah bayar kan? Masa belum sih?”

Nah kalau pas dapat balasan kayak begini kan saya juga yang jadi sungkan buat balas chatnya. 

Sempat berdoa juga, “Oh Tuhan, berilah petunjuk dan jalan keluar bagi hambamu ini.” 

Dan mungkin karena permintaan itu tulus, akhirnya doa saya dikabulkan juga. Aplikasi GOJEK, kecintaan saya itu, sekarang meluncurkan fitur baru chat antar user. Selama ini yang biasa kita manfaatin kan aplikasi chat antar user dengan driver. Nah sekarang di update-an aplikasi terbarunya, kita juga bisa menikmati inovasi GOJEK teranyar yaitu, fitur chat antar user.


Ini inovasi karya anak bangsa yang belum dimiliki oleh aplikasi sejenis di Indonesia lho. Pada fitur chat antar user ini kita juga bisa bikin grup chat selayaknya aplikasi chat lainnya. Jadi kan enak tuh kalau mau ngomongin soal patungan tagihan bisa langsung ditagih dan dibicarakan melalui grup chat di aplikasi GOJEK.

Inovasi terbaru dari GOJEK ini bisa kalian pakai dengan meng-klik tombol chat di bagian paling bawah aplikasi GOJEK. Persisnya dibagian tengah, di sebelah tombol pesan/inbox. Setelah di-klik, kita bisa langsung mulai chatting dengan semua teman yang ada di phonebook dan menggunakan aplikasi GOJEK.

Cara pakainya juga gampang banget.

1. Buka menu chat di aplikasi GOJEK


2. Lalu klik tombol transfer


3. Pilih penerima transfer


4. Tuliskan nominal yang ingin kamu transfer, lalu lanjutkan dengan klik tombol transfer


5. Kelar deh.


O iya, dalam fitur chat ini ada juga fitur tambahan yang disebut Fitur Split Bill.

Fitur split bill ini memudahkan kita untuk langsung mentransfer uang melalui GO-PAY kepada teman. Jadi gampang deh kalau mau bayar atau minta patungan. Nah, yang lebih asyik lagi dari fitur ini adalah tersedianya dua pilihan untuk patungan. Kita bisa bagi total biaya patungan secara bagi rata atau beda-beda.

Nah ini kan cocok banget buat kebutuhan saya. Kalau lagi makan bareng atau pesan GO-FOOD, kita kan kadang pesannya lain-lain dengan harga yang bervariasi pula. Nggak adil dong kalau patungannya dibagi rata. Nah, kalau pakai fitur split bill ini, nilai patungannya bisa langsung diatur beda-beda. Di fitur ini juga sudah tersedia kalkulator, jadi nggak usah khawatir bakal salah hitung. Patungan jadi gampang kan?

Begini nih caranya kalau kalian mau nagih patungan

1. Buka fitur chat di bagian bawah GOJEK app


2. Setelah itu kamu bisa langsung bikin grup buat patungan.


3. Kalau kamu mau nagih biaya patungan kamu bisa tekan tombol “minta”


4. Nah, dari sini kamu bisa langsung membagi tagihan (split bill) . Jumlahnya bisa beda-beda. Lalu konfirmasi dan bagi tagihan.


5. Trus tinggal tunggu teman kamu mentransfer uangnya via GO-PAY deh.


Coba deh, baru GOJEK nih yang bikin inovasi produk indonesia berupa aplikasi patungan seperti ini. Semuanya dalam satu aplikasi aja. Mau pesan makan, pesan ojek online, bayar tagihan ini itu, beli listrik, beli pulsa, sampai buat jajan camilan, ngopi cantik dan beli tiket biskop semua dalam satu aplikasi.

Sssst, konon katanya fitur split bill ini baru fitur awal yang diluncurkan GOJEK di dalam fitur chatnya lho. Kedepan, mereka bakal melengkapi aplikasinya dengan berbagai fitur menarik buat mempermudah kita. Ya sudah, buruan update aplikasi GOJEK kamu ya.


Semoga jadi tambah tahu.

You Might Also Like

26 comments

  1. Menarik nih fitur barunya gojek memahami kegelisahan yg suka nongkrong tapi bayarnya kudu saweran xixixi.

    BalasHapus
  2. Hahahah keren neh gojek, bisa ngingetin temen kalau punya utang gopay :D
    Tapi beneran transfer gopay antar teman/keluarga ini life saver banget! Aku pernah lupa bawa dompet, cashless dan satu2nya penyelamatan yg kupikirin WA temen & minta transfer gopay dulu. Abis itu bisa langsung dipake buat gojek & beli makanan pake gopay. Inovasi Gojek mah emang keren deh!

    BalasHapus
  3. Asik banget aplikasi GOJEK. Jadi semakin segala ada. Sampai patungan pun bisa

    BalasHapus
  4. Wah aku baru tau loh fitur baru ini, bisa chat antar user di app Gojek. Asyik nih, bisa buat grup patungan ya dan patungan jadi lebih mudah. Kasi tau anakku ah, dia sering patungan dengan teman-temannya naik GoCar :)

    BalasHapus
  5. Sejak menulis dan ebrtemu banyak teman-teman, sayapun merasa, kecerewetan di rumah mulai berkurang. Apalagi kalau sedang mengerjakan banyak tulisan. Ada semut berjalan di atas tanganku saja, ndak pernah kupermasalahkan. Menulis memang menjadi salah sayu terapi mengurangi keluhan dan kecerewetan perempuan yak.

    Baru tahu dech fitur GOJEK yang ini. Asyik banget kalau nagih temen ndak sungkan lagi ya,s ecara kalau pakai GOCAR biasanya rombongan gt

    BalasHapus
  6. Makin asyik nih, fitur-fitur baru di GOJEK semuanya oke yaa... kapan hari baru tau ada fitur Bagikan Perjalanan, sekarang udah ada Split Bill. Enak ga perlu riweuh nagih uang patungan kan kalau kayak gini. Praktis banget.

    BalasHapus
  7. Lucu amat Mak doanya, tapi terkabul ya, hehe. emang kalau ada hal yang diinginkan sebaiknya didoain ya asalkan hal baik. Luar biasa ini sekarang ada fitur split bill ga ada lagi itung2 di belakang, langsuh tertagih di apps yah :D

    BalasHapus
  8. Makin mantap ya GOJEK banyak fitur2 baru yang mudahkan customer. Laff banget ih bisa transfer kek gini.

    BalasHapus
  9. tempo hari sudan ada notif ini dari aplik gojek di hapeku. cuman karena jarang kluar/ngopcan yang butuh share bayar jadi sekedar tahu aja, entah kapan pakainya hehehe. tapi fitur ini memang keren yaaa...

    BalasHapus
  10. Baru tahu ada banyak fitur-fitur inovatif di GO-JEK
    GO-JEK memang da best!
    Terus menerus melakukan terobosan-terobosan demi kenyamanan pelanggan

    BalasHapus
  11. Oh ini toh, update terbarunya bisa patungan. Kemarin saya baru meng-update GOJEK. Tapi belum saya temui apa yang baru, ternyata ini toh. Enak juga ya kalau bisa bayar patungan atau bisa bayar sesuai dengan yang kita pesan, enggak dibagi rata asal bruk.

    Saya juga kalau transfer terus ada biaya Rp 6.500 itu agak gimana, gitu.. Ya memang cuma segitu tapi kalau dikalikan kan banyak juga hahaha..


    Kayaknya temen Mbak pakai bank sama apa ya sama saya, karena biaya transfernya sampai Rp 6.500 kalau beda bank. Hihihi

    BalasHapus
  12. Saya pengguna GoJek utk aktivitas sehari2 yg mobile.. Nah skrg GoJek dilengkapi dgn fitur2 terbaru yg makin memberi kenyamanan bagi penggunanya ya..

    BalasHapus
  13. Menarik nih fiturnya, kita ga capek nagih lagi ya mbak. Karena aku termasuk orang yang males nagih2 by patungan gitu, makanya sering jadi korban 'lupanya' teman yg ga bayar. Hahaha.

    BalasHapus
  14. Eh aku belum nyoba ini kalau bisa split dll apalagi patungan. Lumayan juga ya secara kadang punya akun ada masing-masing saldo bisa digunakan

    Tapi toss, aku juga pake gojek kemana2 lancarrr

    BalasHapus
  15. Wah baru tau mba kalau ada fitur baru dari gojeg. Dan semakin mempermudah kita yaa bertransportasi

    BalasHapus
  16. Mbak Wiwied doa kita serupa jika dapat masalah yang sama “Oh Tuhan, berilah petunjuk dan jalan keluar bagi hambamu ini.” hahahah..mau nagih melulu, kadang cuma "segitu" tapi kalau terus-terusan ya sakit hatikuuu
    Untung Gojek punya fitur baru ini ya..Keren!!

    BalasHapus
  17. Gojek ini terus berinovasi ya dan memang perlu diakui semenjak ada Gojek aku merasa terbantu sekali. Apalagi fitur Gofood yang selalu membantu kalau aku mager mau masak.

    BalasHapus
  18. Enaa banget ya mba kalau ada aplikasi buat patungan. Emang keren deh gojek.

    BalasHapus
  19. Ini terobosan positif yang berfaedah buat para pengguna apps gojek. Keren. Jadi nggak malu atau nggak enakannya bisa dibilangkan saat mau nagih uang makan bareng

    BalasHapus
  20. Makin banyak nih fitur dari GOJEK, makin mantep ya mba. Aku pengen coba ah fitur chat ini.

    BalasHapus
  21. Laaa...aku sering banget di tranferin Gopay sama suami.
    Katanya voucher, biar bisa jemput anak-anak tanpa lelah.
    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  22. Idenya bikin fitur ini tuh keren banget sik, soalnya kan kita suka manual kalo mau pesen bareng ntar pas balikin duitnya ada yang sisa, ada yg bayarnya lebih, kalo gini kan enak ya bisa chat langsung ke temen

    BalasHapus
  23. Ada fitur baru lagi. Enak nih kalau patungan naik go-car. Emang ya urusan patungan ini kelihatannya sepele tapi ribet. Pernah patungan bareng pas ditagih dimobil katanya nggak bawa duit cash. Terus nggak ngasih uang sampai berhari-hari. Giliran ditagih pura-pura lupa pakai ngelak. Duh, gemes. Kalau ada fitur ini enak banget. Nggak pakai gemes lagi hehe.

    BalasHapus
  24. GOJEK ini makin inovatif aja yah, seneng deh.

    BalasHapus
  25. Gojek inovasinya keren ya... Tau saja kalau mak-mak suka saweran kalau lagi jajan-jajan. Hihi... Tfs mb.

    BalasHapus
  26. Wah makin canggih aja nih gojek. Solusi praktis banget zaman now ya aplikasi gojek ini.

    BalasHapus