REVIEW : Purebaby Liquid Soap for Baby's Sensitive Skin

12:41 AM

Sejak bayi, Narend memiliki kulit yang cukup sensitif. Saat usianya baru beberapa bulan, ia kerap mengalami ruam merah, terutama dibagian lipatan kulit seperti paha, dan leher. Bahkan bila cuaca panas, di punggung dan dadanya pun terdapat ruam-ruam merah. Menurut bidan dan dokter yang membantu kelahirannya dulu, kulit bayi baru lahir memang sensitif. Namun untuk kasus Narend, kondisi itu diperparah karena sepertinya ia juga memiliki faktor alergi yang diturunkan secara genetik oleh orang tuanya.

Ya, saya sama seperti Narend saat kecil dulu. Setiap kali makan makanan tertentu seperti mie instan atau beberapa hasil laut, muncul ruam dan rasanya gatal sekali. Tidak hanya itu, reaksi yang sama juga kerap timbul bila saya kontak dengan sabun merk tertentu. Belakangan saya baru tahu kalau hal itu disebut dermatitis.

Seperti dikutip dari hellosehat.com, berdasar ciri dan gejalanya, dermatitis dibagi dalam tiga kelompok :

1. Dermatitis atopic (eksim)
Peradangan kulit ini kerap muncul pada bayi. Biasanya berupa ruam merah yang gatal dilipatan-lipatan kulit seperti, di lipatan siku, bagian belakang lutut dan leher. Eksim ini sifatnya kambuhan.
2. Dermatitis kontak
Peradangan kulit ini terjadi akibat kontak langsung dengan zat mengiritasi kulit atau menyebabkan reaksi alergi, seperti poison ivy, sabun atau essential oil. Ruam merah biasanya terasa panas, perih dan gatal. Kadang juga mengakibatkan luka melepuh.
3. Dermatitis seboroik (ketombe)
Dermatitis ini ditandai dengan kulit yang memerah, bersisik dan ketombe membandel. Biasanya terjadi pada area berminyak tubuh, seperti wajah, dada bagian atas, dan punggung. Pada bayi, kondisi ini disebut cradle cap.

Dan masih menurut situs yang sama pula, ternyata orang-orang yang memiliki riwayat asma dan alergi seperti saya dan Narend memiliki faktor resiko lebih tinggi mengalami dermatitis. Ohhh, pantas saja masalah kulit kami berdua seperti tak ada habisnya.

Nah, kalau menilik ciri-ciri tersebut, saya bisa menyimpulkan bahwa yang kerap dialami Narend adalah Eksim dan Dermatitis Seboroik. Dulu, saya terbiasa menangani keluhan itu dengan mengoleskan beberapa obat salep yang diresepkan dokter. Keluhannya memang hilang, kulitnya mulai berangsur mulus lagi. Tapi selang beberapa waktu kemudian, gejala yang sama bisa muncul lagi. Berulang-ulang kambuh lagi.

Saya akhirnya sampai pada keputusan pada solusi terbaik adalah dengan mencegah dermatitis itu muncul dengan menghindari kontak dengan zat yang menyebabkan alergi dan menggunakan sabun dan produk kesehatan kulit yang tepat.

 Sungguh bukan perkara gampang mencari sabun yang tepat untuk kulit sesensitif Narend. Pasalnya, sabun yang dipakai tidak boleh sembarangan, sangat disarankan untuk memilih sabun yang ringan dan bebas pewangi.

Selain itu, tidak dianjurkan juga memakai sabun dengan kandungan SLS. Mengapa? Karena SLS atau Sodium Lauryl Sulfate bekerja membersihkan kulit dengan melepaskan molekul minyak pada kulit. Pemakaian produk dengan kandungan SLS bisa menyebabkan kelembaban alami kulit tergerus sehingga membuat kulit kering hingga iritasi. Kondisi ini tentu bakal makin memperparah kulit dengan dermatitis.

Purebaby Liquid Soap  

Sekitar sepekan ini, saya mulai mencoba Purebaby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin untuk Narend. Seperti namanya, sabun mandi ini berupa sabun cair yang didesain khusus untuk perawatan kulit bayi yang sensitif. Dengan tambahan kombinasi kandungan ekstrak Oat Kernel, Chamomile dan Pro Vit B5, Purebaby Liquid Soap ini diklaim bekerja tepat sasaran sebagai penyembuh dan pelindung kulit sensitif dari iritasi.

Wah saya jadi penasaran, apa sih hebatnya kandungan –kandungan itu. Lalu hasil dari searching sana-sini saya mendapat informasi :

Oat Kernel Extract (Avena sativa)
Dapat membantu menjaga kelembaban kulit, bersifat menyejukkan dan menenangkan permukaan kulit dari gatal dan perih. Oat Kernel ini memiliki komponen aktif Oat, yaitu Mucilage polysaccharides (β-glucan), proteins (glutelin and avenin), and flavonoids. Konsentrasi tinggi starches & beta-glucan dalam Oat bisa menjaga kelembapan kulit.




Chamommile Extract (Matricaria recutita) 
Ekstrak Chamomile sudah familiar dipakai untuk berbagai perawatan kulit seperti peradangan, luka dan gatal. Allantoin yang terkandung didalamnya dapat membantu mengatasi kemerahan akibat iritasi. Chamomile juga dapat membantu meregenerasi sel kulit dan bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.




D-Panthenol
Panthenol adalah Pro vit B5,yaitu turunan vitamin B yang bisa beroksidasi menjadi VitB5. Pro Vit B5 ini memiliki kekampuan mengikat air lebih lama dan menstabilkan metabolisme permukaan kulit. Pro Vit B5 juga mampu menembus lapisan kulit dalam sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan alami kulit. Efeknya, kulit terasa lebih lembut dan halus.

Purebaby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin dikemas dalam botol pump yang lumayan besar yaitu 230 ml. Sejujurnya, saya memang lebih suka sabun cair dengan kemasan pump ketimbang tutup flip karena pump memudahkan kita untuk menakar. Nggak perlu takut kebanyakan. Dan sedikit berbeda dengan kemasan produk Purebaby lain yang memiliki kombinasi putih biru, Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin ini juga diberi aksen warna gold pada stiker kemasannya.


Bagaimana teksturnya? Terasa agak kental sih ketimbang beberapa sabun bayi untuk kulit sensitif lainnya. Tapi sebenarnya ini memudahkan kita saat pemakaian, karena jadi nggak khawatir sabunnya bakal menetes kemana-mana kan. Dan karena teksturnya yang kental itu, sabun ini jadi mudah dibalurkan ke seluruh tubuh dan pemakaian juga jadi lebih hemat. Untuk badan seperti Narend saja, saya hanya memakai dua pump.

Cara pengunaan sabun ini juga mudah,

  1. Tuangkan Purebaby Liquid Soap ke washlap, beri sedikit air. Atau basahi terlebih dulu washlap yang ingin dipakai sebelum menuangkan sabun.
  2. Usap lembut ke badan anak. Sebagai sabun non SLS, jangan berharap busa berlimpah dari Purebaby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin ini ya.
  3. Bilas dengan air. 
  4. Gunakan 2 kali sehari untuk merawat kulit anak dari iritasi.

Setelah sepekan pemakaian, saya bisa lihat hasilnya di kulit Narend yang jadi jauh lebih baik. Efeknya sih bisa dilihat langsung setelah pemakaian, kulit Narend terasa lebih lembab. Biasanya dicuaca panas seperti sekarang, area dada, punggung dan leher Narend sudah mulai muncul ruam kemerahan. Sedikit keringat saja membuatnya merasa gatal dan ujung-ujungnya rewel. Namun selama memakai Purebaby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin ini gangguan itu sama sekali tidak nampak. Narend juga terlihat lebih ceria tanpa gangguan gatal dan perih dikulitnya.

Repurchase? Harus lah. Dengan segala kelebihannya itu, saya berani bilang bahwa Purebaby Liquid Soap for Baby’s Sensitive Skin adalah sabun bayi terbaik untuk kulit sensitif. Sabun ini tidak hanya membantu mengatasi masalah kulit anak yang sensitif tetapi juga hemat pemakaiannya karena teksturnya yang sedikit kental dan mudah diaplikasikan. Jadi, kulit anak mulus, dan isi kantong ibu juga tidak terkuras. Hehehehe.


Ditambah lagi, produk ini juga mudah didapatkan dimana-mana. Kita bisa membelinya di baby shop, hipermarket hingga online shop.

Semoga jadi tambah tahu ya….

You Might Also Like

2 comments

  1. Ini daily use kan ya? Bisa buat wajah dan rambut kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, utk daily use... Aq pakai utk badan dan wajah si. Nggak pakai di rambut. 😊

      Hapus