Kenapa Pilih Rumah Bersubsidi?

2:45 PM

Saya rasa, hampir semua orang mendambakan rumah pribadi. Rumah milik sendiri yang bisa bebas kita kreasikan menjadi hunian ternyaman di dunia. Tempat kita bisa melepas penat dan bersantai dengan keluarga setelah seharian bekerja.

Tapi, kita semua tentu sadar membeli rumah zaman sekarang tidak semudah membalik telapak tangan. Makin padatnya penduduk, mau tudak mau juga membuat harga hunian kian meroket. Apalagi, kalau rumah yang kita inginkan berada di kawasan strategis dan dekat dengan tempat kerja. Seperti misalnya di kawasan kota-kota penyangga Jakarta, sebut saja Depok dan Bekasi. Waaah, bisa gila-gilan deh harganya.

Makanya, saat pemerintah kemudian menggagas program rumah bersubsidi, saya salut banget. Ini merupakan solusi yang tepat bagi kebanyakan masyarakat menengah ke bawah untuk memiliki rumah yang layak huni, dengan lingkungan perumahan yang baik pula. Tanpa harus pusing tujuh keliling lagi memikirkan biaya rumah yang tinggi.
Rumah subsidi, sekarang banyak hadir di kota-kota besar yang ada di Indonesia dan daerah-daerah sekitarnya, salah satunya Bekasi. Sebagai salah satu kota satelit penyangga ibukota, kawasan ini banyak dipilih sebagai daerah tinggal orang-orang yang bekerja di Jakarta. Makanya, tidak heran kalau rumah subsidi bekasi kini banyak diincar oleh para karyawan atau buruh yang bekerja di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Rumah subsidi merupakan suatu program pemerintah yang bekerja sama dengan pihak swasta guna membantu rakyat atau masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah sendiri. Umumnya harga rumah subsidi ini dipatok dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga rumah lain di pasaran. Untuk memilikinya, kita juga bisa memanfaatkan fasilitas program kredit rumah murah yang tersedia. Pembeli bisa menyesuaikan nilai cicilan sesuai dengan kemampuannya. Hal ini tentu mempermudah kita untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri.

Salah satu keuntungan lain dari rumah subsidi adalah lokasi perumahan bersubsidi yang umumnya sengaja dirancang agar dekat dengan kawasan industri dan perkantoran. Nah, kalau jarak rumah dan tempat kerja tidak terlalu jauh, artinya kita bisa menghemat biaya perjalanan dan tentu saja waktu untuk beristirahat dan bersantai dengan keluarga bisa lebih banyak dan berkualitas.

Oia, tidak semua developer mendapat kepercayaan untuk mengerjakan program rumah bersubsidi lho. Para pengembang rumah bersubsidi adalah developer yang sudah terseleksi dan terpercaya, sehingga kecil juga kemungkinan kita bakal tertipu oleh developer nakal. Alasan terakhir membeli rumah bersubsidi, adalah karena persyaratannya yang terbilang mudah. Syarat –syarat ini memang dikeluarkan oleh pemerintah dan pihak developer untuk meminimalisir penjualan rumah kepada masyarakat yang tidak tepat sasaran.

Bagaimana, solusi yang cukup menarik bukan? Sekarang, membeli rumah terjangkau dan berkualitas bukan lagi masalah pelik.

Semoga jadi tambah tahu ya….

You Might Also Like

0 comments