Nabung Untung Bersama Sobatku

7:41 PM


“Nabung kok rugi?!” 

Keluhan macam begini bukan sekali dua kali saja terlontar dari mulut saya. Kadang gemes sendiri, saat melihat print-out buku tabungan dan mendapati uang yang ditabung ternyata malah tekor. Bunga tabungannya nggak seberapa, malah kena potongan biaya ini itu. Ya potongan biaya administrasi lah, biaya transfer, biaya karena menarik tunai dari ATM Bank lain. Bahkan biaya sms aja dibebankan ke nasabah. Kalau bukan karena sekarang semua transaksi keuangan membutuhkan jasa bank, rasanya males deh saya nyimpen uang di bank.

Iya deh, buat beberapa orang yang memang punya simpanan banyak, perputaran uangnya juga besar dan cepat, potongan biaya ini itu yang diterapkan itu mungkin nggak mengganggu sama sekali. Tapi buat saya, yang harus selalu berhitung pengeluaran hingga tiap sen, potongan biaya yang segambreng itu terasa memberatkan. Sayang banget gitu rasanya.

Belum lagi, kalau mau setor tabungan antreannya mengular naujubilee. Ya ampun, beneran dah harus datang pagi, ambil nomor, terus tunggu lama. Apalagi kalau pas pengen setor hari Jumat, kadang harus disela jam istirahat teller.

“Nanti datang lagi selepas jam istirahat ya, Bu”

 Haduuhh mbak, apa dikira saya nggak punya kegiatan lain selain antre disini? Tapi mau gimana lagi ya. Memangnya kita punya pilihan apa?

Memang sih ada ATM Setor Tunai yang bisa beroperasi 24 jam. Tapi itu pun menurut saya masih ada kekurangan. Sejujurnya sih setor tabungan melalui ATM Setor Tunai agak ribet, karena cuma tersedia di beberapa lokasi, yang kebetulan kok jauh dari rumah saya ya. Dan lagi, ATM setor tunai hanya mau menerima pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000. Sungguh mesin yang pilih kasih!

Dan seperti doa orang teraniaya yang didengar oleh Sang Pencipta, beberapa bulan lalu saya tengok banyak postingan tentang peluncuran tabungan online. Kelihatannya cukup menarik. Namanya SOBATKU, singkatan dari Simpanan Online Sahabatku.
source : sobatku.co.id

Jadi, menurut keterangan dalam situs resminya, SOBATKU adalah tabungan online berbasis aplikasi yang memungkinkan kita membuka tabungan hanya berbekal smartphone. Nomor handphone yang kita daftarkan otomatis jadi nomor rekening. Dan semua transaksi, seperti setor, tarik uang, transfer dan membayar tagihan bisa langsung dilakukan melalui aplikasi SOBATKU.

Menarik? Tentu saja, tapi agak sedikit mencurigakan nggak sih?

Masa iya, menabung bisa semudah itu? Bagaimana keamanannya? Legal nggak ya?

Tentang SOBATKU 

Jadi begini ya ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian, SOBATKU ini adalah produk simpanan alias tabungan online yang dikeluarkan oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati yang dipimpin oleh pengurus yang professional dan secara langsung didukung oleh Bank Sahabat Sampoerna.

KSP Sahabat Mitra Sejati sendiri diketahui cukup terpercaya dan tercatat sebagai koperasi pertama yang mendapatkan izin dari Otoritas jasa Keuangan (OJK) yang dapat mengakses layanan Sistem Informasi Debitur (SID BI) dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

 Saya juga coba menelusuri rekam jejak KSP Sahabat Mitra Sejati yang biasa disebut Sahabat UKM (S-UKM). Dan ternyata KSP yang berdiri sejak 2003 dan berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square, North Tower lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman Jakarta ini juga memiliki kredibilitas yang baik. Beberapa jenis usaha dan produknya ditampilkan secara terbuka.

KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan KSP Primer dengan wilayah keanggotaan lintas daerah Provinsi. Dan sudah memulai kegiatan simpan pinjam tahun 2009 dan saat ini telah memiliki 120 cabang yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Jadi kita nggak perlu khawatir kalau koperasi ini abal-abal seperti beberapa lembaga investasi dan keuangan yang menghimpun dana masyarakat, dengan janji muluk tapi tidak memiliki usaha yang riil. Di KSP Sahabat Mitra sejati, setidaknya kita bisa tahu kemana dana yang terhimpun itu disalurkan, bagaimana cara mereka mendapat keuntungan dan sekali lagi, tidak ada janji keuntungan yang muluk.

Keamanan SOBATKU 

Oke, saya sudah cukup teryakinkan dengan kredibilitas pengelola SOBATKU, tapi apakah tabungan online berbasis aplikasi seperti ini cukup aman? Bagaimana bila smartphone kita hilang?

Hmm, ternyata hal ini sudah diantisipasi oleh SOBATKU. Sebagai jaminan keamanan, aplikasi rekening SOBATKU dilengkapi dengan Personal Identification Number (PIN), One Time Password (OTP) dan security question-answer. Ini seperti pengamanan berlapis bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Aplikasi SOBATKU juga dirancang sehingga tidak dapat dioperasikan pada smartphone yang telah di rooting /jailbreak system.

Kenapa Menabung di SOBATKU 

Semakin saya gencar mencari tahu, semakin saya tertarik untuk membuka tabungan SOBATKU. Kok bisa? Ya iyalah. Karena ternyata banyak sekali kelebihan dan kemudahan financial yang mereka tawarkan. Memang seharusnya beginilah cara koperasi sebagai soko guru perekonomian bertransformasi. Dari metode dan pelayanan konvensional serta daya cakup terbatas menjadi lembaga keuangan yang tanggap pada perkembangan financial technology (Fintech) dengan daya cakup luas.

Lalu apa saja sih keuntungan dan kemudahan yang kita dapat dari SOBATKU?

1. Menabung dimana saja, kapan saja
Bagian ini nih yang saya suka. Kita nggak perlu repot-repot antre lagi kalau mau menabung. Karena SOBATKU menyediakan kemudahan menabung dari mana saja dan kapan saja. Kita bisa menabung melalui Alfamart/Alfamidi, bisa melalui transfer bank, melalui ATM atau i-banking, bahkan bisa setor melalui teman.
Dan kita juga nggak harus selalu menabung dalam jumlah besar. Di alfamart misalnya, kita bisa menabung mulai Rp 10.000. Asyik kan? Nabung uang ngganggur. Kadang kita punya banyak recehan atau duit kecil di rumah, daripada masuk ke celengan babi mending tabung aja di SOBATKU, lebih ketahuan juntrungannya.

2. Tarik tunai mudah
Sama mudahnya dengan menabung, kita juga bisa melakukan tarik tunai melalui banyak cara. Kalau ada yang tinggal di kampung seperti saya, mungkin ngerasain repotnya cari ATM. Nah, kalau di SOBATKU kita juga bisa tarik tunai dari alfamart/alfamidi, tarik tunai lewat teman sesama pengguna SOBATKU, atau melalui cabang Sahabat UKM.

3. Transfer uang cepat dan mudah
Melalui aplikasi SOBATKU, kita juga bisa transfer ke rekening bank, transfer ke sesama SOBATKU, serta transfer ke nomor hp. Dan biaya transfer ke bank biayanya lebih murah yaitu Rp 4.000 saja.

4. Pembayaran tagihan, pembelian pulsa

5. Kemudahan cek saldo dan laporan transaksi keuangan melalui aplikasi 

6. Gratis biaya bulanan
Nah ini bagian yang paling saya suka, gratis biaya administrasi bulanan. Lalu, SOBATKU juga tidak mengenakan biaya tambahan lagi saat kita melakukan transaksi seperti

  • Nabung/Setor tunai di Alfamart dan Alfamidi 
  • Tarik tunai di Alfamart dan Alfamidi 
  • Transfer ke sesama Pengguna SOBATKU
  • Transfer nomor HP teman
  • Biaya SMS notifikasi: OTP (One Time Password)
  • Notifikasi atas transaksi gagal/berhasil 

7. Kesempatan menang Undian Milyaran Rupiah yang diundi setiap bulan dengan grandprize 100 juta.
Nah, ada lagi keuntungan kalau kita buka rekening SOBATKU, yaitu kesempatan memenangkan undian milyaran rupiah yang diadakan setiap bulan. Lalu setiap tiga bulan, akan ada undian hadiah grand prize sebesar Rp 100 juta.

8. Kemudahan mengatur transaksi
Ada satu fitur lagi yang menurut saya menarik dan sangat membantu, yaitu fitur transaksi terjadwal dan berkala. Kelihatannya sepele ya, tapi buat emak-emak dengan urusan segudang seperti saya, kegiatan membayar tagihan-tagihan bulanan itu cukup memakan waktu lho. Nah, fitur ini sungguh berfaedah karena semua transaksi tagihan bisa secara otomatis dilakukan oleh SOBATKU.

Di masa mendatang, SOBATKU bahkan akan mengembangkan jenis layanan lain seperti belanja online, belanja pada merchant tertentu dan chatting. 

Cara Buka Rekening SOBATKU 

Tidak perlu mengantre lama untuk membuka rekening SOBATKU. Tahapannya malah cukup sederhana. Syaratnya juga cukup sederhana yaitu warga Negara Indonesia, dan memiliki KTP serta memiliki smartphone. Selanjutnya ikuti tahapan :

1. Download dan install aplikasi SOBATKU melalui google playstore dan appstore.
2. Lakukan registrasi dan isi data pengguna

  • Nama Lengkap 
  • No Handphone 
  • Email 
  • Tanggal lahir 
  • No KTP 
  • Upload KTP 
  • PIN (6 digit) 
  • confirm PIN 
  • Jenis Kelamin 
  • Security Question-Answer 

Dan rekening SOBATKU sudah langsung aktif dan kita akan mendapat email notifikasi.


Selanjutnya, kita sudah bisa mulai menabung dan melakukan transaksi lainnya. Praktis banget kan? Nggak pakai antre, nggak pakai ribet. Inilah cara menabung yang kekinian.

Semoga jadi tambah tahu ya

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan SOBATKU. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

You Might Also Like

12 comments

  1. Dengan sobatku, jadi mudah ya untuk transaksi.
    Apalagi bisa nabung via alfamart juga dengan nominal yang kecil.jadi gak ada alesan males nabung nih..

    BalasHapus
  2. Ini bisa jadi alternatif buatku nih mak..
    Bisa buat menabung di warung2 hahaha
    Sambil belanja sekalian bs stor tabungan ya mak

    BalasHapus
  3. Wah, enak ya mbak. Nabungnya praktis dan untung. Kemarin baru denger2 aja ttg aplikasi ini, trus baca ini bisa jadi referensi

    BalasHapus
  4. Waini hepi banget deh kalau bisa nabung di Alfa, secara terjangkau lokasinya. Gak perlu repot cari bank ya

    BalasHapus
  5. Sobatku ini mempermudah segala urusan perbankan ya mbak.. ^^

    BalasHapus
  6. Aman ya wied.....jadi tertarik....lumayan buat tambah2x saldo

    BalasHapus
  7. Sering nabung malah tekor tapi nggak berlaku untuk sobatku

    BalasHapus
  8. Weww...
    Referensi ibu2 tetep cihuyy...
    Bs jd alternatif buat nabung nih.
    Saldo ku d tabungan konven sering kena potongan administrasi sih..

    BalasHapus
  9. biar pembeli yang gak punya norek bisa transfer, harus pake pembayaran via sobatku nih

    BalasHapus
  10. hahaha.. iya sebelnya kalau ke bank pasti ada jam istirahatnya, padahal justru jam istirahat itu kita bisa keluar kantor sebentar ya Mbak, entah buat setor, transfer tunai, dll.

    BalasHapus
  11. Bisa jadi alternative tabungan ya? Setuju banget sebel kalau uang ditabung malah abis.

    BalasHapus
  12. ATM setor tunai pun tidak menjangkau semua kawasan. Jadi menurutku bisa nabung di alfamart ini membantu sekali mbak... ^^

    BalasHapus