Tips Cantik Maksimal ala Stay-at Home Mother

5:32 AM


Suatu saat dalam pembicaraan antar sahabat, saya melontarkan pernyataan : 
"Ouuu bedak yang itu asyik banget. Ringan. Enak dipakai di rumah."
 
Dan beginilah respon teman-teman saya : 
“Eh, di rumah pakai bedak?” 
“Pertanyaan gue sama, elo di rumah pake bedak, Wied?” 

Saya berdalih :
“Iyalah, gue pan udah emak-emak kudu effort lebih biar keliatan kece.” 

“Nah justru itu, udah laku ini. Musti dandan juga di rumah? Kalo kita yang single nih baru harus dandan biar laku.” 

Nah, yang kayak gini nih yang salah kaprah. Emang iya? Mentang-mentang udah nikah terus nggak perlu tampil cantik? Udah laku juga. Saya kasih tau ya, terutama buat para single di luar sana. Yang namanya ibu-ibu itu malah butuh usaha lebih buat terus tampil cantik. 

Ya elo kali blom pada nikah, blom melahirkan. Kalau malam nggak perlu bergadang karena bayi nangis. Bangun tidur masih bisa santai minum teh herbal sambil nonton TV. Tiap sore masih bisa luluran santai. Tiap minggu bisa nyalon, facial atau seenggaknya pijat refleksi tanpa harus mengkhawatirkan anak. Mikir suami ntar dimasakin apa, cucian udah dikeringin blom. Haduh, jadi kangen masa-masa itu. 

Buat kebanyakan perempuan single, Me time aka. Beauty time udah jadi rutinitas. Nggak repotlah meluangkan waktu buat dandan dan merawat tubuh sendiri. Tapi, setelah nikah dan punya anak, prioritas kita berubah boow. Sebagian besar waktu kita tersita untuk tetek bengek urusan rumah tangga. 

Itu saja sudah cukup menyita pikiran dan tenaga, jadi boro-boro buat perawatan kecantikan seperti jaman single dulu, urusan rumah aja rasanya nggak kelar-kelar. Budget ke salon? Ah mending buat tambahan sekolah anak. Luluran? Ntar ajalah, mandiin anak dulu, kasih makan, urus ini itu. Tau-tau udah malem. Waktunya tidur. 

Apalagi buat stay at home mommy kayak saya yang seringkali nggak punya “alasan” khusus buat ber-make-up. Dandan pas di rumah, malah mengundang komentar, “Mau pergi kemana? Kok dandan?” 

Tampil cantik, walau cuma di rumah,menurut saya sih penting. Setidaknya bisa bikin saya tambah pede. Suami juga pasti senang kan lihatnya. Jadi? Bisa nggak sih kita mengembalikan kecantikan kita seperti jaman masih single dulu? 

Bisalah, ini kan cuma masalah adaptasi, manajemen waktu dan sedikit kreativitas. Stay at home mommy masih tetap bisa tampil cantik maksimal dengan mengikuti tips ala-ala saya ini.

1. Manfaatkan barang yang ada di rumah buat tampil kece. 

Beda waktu masih single dulu, kita mungkin punya budget khusus untuk melakukan perawatan atau beli produk kecantikan. Kalau sekarang? Ah, masih banyak urusan yang lebih mendesak. Tapi itu nggak menghalangi kita buat melakukan perawatan kecantikan lho. Barang-barang yang ada di dapur bisa juga kita manfaatin buat perawatan. Baca: Jangan Dibuang! 7 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Kamu Tambah Cantik

2. Pakai lagi baju koleksi lama 

Udah lama nggak beli baju? Jadi ngerasa nggak up date lagi ama trend fashion kekinian? Duuh gitu amat, buka lagi deh lemarinya. Pasti ada tuh baju-baju yang lama nggak terpakai di tumpukan paling bawah atau paling belakang. Biasanya bukan karena udah jelek, tapi karena kita lupa aja pernah beli baju itu. 

Nah lho. Dipakai lagi dong. Kalau modelnya sudah nggak ngetrend, masih bisa di mix and match kan? Kalo nggak muat? Inilah waktunya berkreasi, permak dong. Bereksperimen lah sedikit. 

3. Jadikan beauty time sebagai bagian dari rutinitas 

Misalnya nih, kita bisa kan bikin acara luluran sambil main ama anak. Main aja seseruan gitu. Atau sambil maskeran kita bisa nyambi mengerjakan urusan rumah tangga. Kalau bisa libatkan anak dan suami dalam urusan kebersihan dan mengurus rumah tangga. Misalnya merapikan mainan sendiri, mencuci piring habis pakai sendiri, dan sebagainya.

Jadi kita nggak capek sendirian dan masih punya waktu buat beauty time. Bagus juga kan untuk melatih kemandirian anak. Baca juga: Ajak Narend beberes

4. Sempatkan olahraga dan makanan sehat

Ini harga mati, dan nggak boleh ditawar ya. Namanya ibu-ibu, sudah melahirkan, body udah pasti beda kayak dulu. Selain itu, vitalitas kita juga nggak sama dengan jaman muda dulu. Makanya kita perlu terus exercise. Jangan alasan nggak sempet deh. Jadikan ini agenda rutin bersama anak dan suami. Bisa bikin tambah harmonis juga kan. 

Begitu juga dengan makanan sehat. Sekalian kita latih keluarga kita buat makan-makanan sehat, mengurangi gorengan, mengudap camilan buatan pabrik yang banjir kalori dan garam. Mulai sekarang ajak anak dan suami untuk mencamil buah-buahan segar lebih sehat, murah dan bikin kita tambah cantik juga. 

5. Berbahagialah

Tips terakhir, dan paling penting adalah berbahagia. Ini kunci sukses kita buat selalu tampil cantik maksimal, bahkan hingga tua nanti. Syukuri apa yang kita jalani saat ini. Tetaplah tenang dan tersenyum meski dapat cibiran, hinaan bahkan musibah sekalipun. Karena tidak ada penderitaan yang tidak berakhir. Yang penting jalani hidup dengan berbahagia. Oke 

Selamat tampil cantik maksimal. 

You Might Also Like

8 comments

  1. hmm... olah raga masih susah.. makanan sehat... gampang-gampang susah, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya..peer banget tuh y. Saya jg masi berjuang biar konsisten olahraganya. Hehe

      Hapus
  2. omaigat it's so yesterday who said a marriage woman no need make up at home! *huh!
    Yakalik eluh mau sebelah rumah rumputnya lebih hijau >.< aku sih no, nggak tau kalo mas anang :D
    Kadang emang kangen ya mbak masa single, salon sebulan dua kali, meni pedi hehehe
    no.4 yang olahraga nih masih kurang huhuhuh

    btw, good luck mbak! semoga menang..

    akoh sukak tulisan ini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya mbak, kadang kangen y dg masa muda ituuh..padahal kalo dikasi waktu buat me time ttp j kita kepikiran ama anak.hahaha. Dasar emak-emak.

      Makasi dah mampir y mbak 😍😍😘

      Hapus
  3. Mba Wiwied idenya smart banget.. Uti suka.. serasa muda lg kalau ngcak2 baju lama trus dipadu padan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padu padan dan Re-make sih Uti...apalagi, kalau badan dan melar gini hiks..bagian lengan di longgarin sedikit biar muat.Hihihihi

      Hapus
  4. Aku kok malah fokus sama high heelsnya itu yaa, hehehe *makluminkaumcebolisme ini.. haha
    eh, aku di rumah malah jarang bedakan lohh Mak...

    BalasHapus
  5. harus dandan mak...
    hidup emak yg di rumah suka dandan !! yeeeeaaa!!
    *eh opo iki

    BalasHapus