Menghilangkan bau badan dengan operasi

2:30 AM

Ini tulisan lama saya, memang sudah udzur, tapi kelihatannya menarik juga buat di-share. Belum banyak juga kan yang tahu kalau bau badan bisa dihilangkan dengan operasi. Hehehehe...silakan disimak ya

Menghilangkan bau badan dengan operasi? Kesannya kok berlebihan ya. Tapi inilah cara ampuh dan mudah untuk menghilangkan bau badan seumur hidup. Meski, masih terdengar cukup asing, praktik operasi untuk menghilangkan bau badan ini nyatanya sudah kerap dilakukan sejak beberapa tahun silam. Ahli kulit dan kelamin RS Islam Surakarta, DR dr Indah Julianto SpKK mengaku telah aktif melakukan operasi untuk menghilangkan bau badan sejak tahun 1996.

Operasi menghilangkan bau badan dilakukan dengan menghilangkan kelenjar apocrine di ketiak. Indah meyakinkan operasi ini tidak akan mengganggu kesehatan dan kinerja organ lainnya di masa mendatang karena kelenjar apocrine sebenarnya tidak memiliki fungsi vital. “Jadi penghilangan kelenjar itu sama sekali tidak masalah,” kata dia.

Meski  begitu, tak sembarang dokter dapat melakukan operasi pengangkatan kelenjar apocrine yang juga dikenal sebagai operasi bromhidrosis. Posisi kelenjar apocrine yang terletak persis di atas lapisan lemak kulit merupakan tantangan terbesar bagi dokter saat melakukan operasi bromhidrosis.


“Susunan syaraf di ketiak cukup kompleks, belum lagi pembuluh darahnya. Selain itu di ketiak juga ada kelenjar getah bening posisinya hanya beberapa milimeter dibawah lapisan lemak kulit. Bila dilakukan sembarangan oleh pihak yang kurang kompeten, operasi ini dikhawatirkan malah menyebabkan infeksi,” jelas Indah.

Secara umum, tahapan dan persiapan pasien sebelum melakukan operasi bromhidrosis tak terlalu berbeda dengan operasi lainnya. Sebelum melaksanakan operasi, pasien harus dipastikan dalam kondisi sehat dengan kerja organ vital yang normal. Setelah itu operasi dimulai dengan membersihkan ketiak dari rambut dan kotoran lain untuk mencegah kuman masuk selama proses operasi. Selanjutnya, dokter akan memberi tanda lokasi-lokasi kelenjar keringat apocrine dengan cara menaburkan tepung kanji dan cairan antiseptik tertentu.

“Campuran tepung dan cairan antiseptik ini akan memberi batas lokasi kelenjar keringat,” katanya.
Setelah diberi tanda, dan dibersihkan kembali, proses operasi dilanjutkan dengan membuat lubang kecil sekitar dua hingga tiga milimeter untuk memasukkan alat khusus. “Sebelum melakukan operasi inti, kawasan ketiak akan harus dibuat baal terlebih dulu dengan memberi jumescent ancesthesi.”

Berikutnya barulah dokter melakukan operasi inti dengan bantuan alat khusus. Dengan alat itu kelenjar apocrine berlebih diambil dan dibersihkan dengan bantuan kuret khusus. Keseluruhan proses ini memakan waktu sekitar dua jam.

You Might Also Like

1 comments

  1. Ini penting buat orang yg bermasalah dgn bau keringat.konon bau keringat jg karena faktor makanan dan strees mba.

    BalasHapus