ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik

10:01 PM

Terus terang, saya ini sebenarnya bukan tipe yang terlalu peduli dengan kemajuan teknologi smartphone. Iyalah ya, sebagai ibu rumah tangga saya kan punya begitu banyak hal yang perlu dipikirin juga. Perkara smartphone, saya baru concern kalau aktivitas jualan online saya terganggu. Ya sinyalnya yang parah abis lah, atau kapasitas memori yang terbatas, bikin saya gregetan sendiri.

Kalau sudah begitu, saya pilih jalan pintas termudah. Ganti smartphone! Ih sombong banget ya, berasa kebanyakan uang aja. Hehehe…nggak ding, biasanya saya cari orang yang lebih ngerti soal beginian supaya bisa bantu cari solusi. Jadilah saya disarankan untuk menambah memori, dan mengganti provider yang konon jaringannya lebih kuat.

Menyelesaikan masalah? Iya sih, tapi hanya sementara. Maka pusinglah saya dibuatnya. Bayangkan, saya harus mengurus balita yang luar biasa aktif, dan selalu penasaran dengan gadget ibunya, belum lagi banyak urusan domestik seperti mencuci, beberes yg harus segera diselesaikan. Dan disaat yang sama, saya juga harus terus aktif jualan online, ngecek stok barang, menghubungi supplier, menjawab pertanyaan customer. Tanpa smartphone yang “mumpuni” mana bisa saya lakukan semua itu. 

Jadi, hati saya mulai mantap nih buat segera ganti smartphone. Hanya sekarang saya harus jadi konsumen cerdas, dengan memperhatikan betul spesifikasi produk. Cerita punya cerita, tidak sengaja saya lihat status di akun jejaring sosial teman yang pamer, baru beli smartphone ASUS Zenfone katanya. Waktu itu, dia nggak jelasin panjang lebar sih, cuma bilang harganya murah, sekitar Rp 1 jutaan aja, tapi spesifikasinya setara dengan smartphone kelas atas.Smartphone murah tapi nggak murahan.

Makin penasaran dong saya, dan setelah pencarian sekian lama. Saya sampai pada kesimpulan bahwa  ASUS Zenfone memang pantas disebut smartphone android terbaik, mengacu pada kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

Nih ya, kita mulai dari tampilan luarnya yang chic, slim dan elegan dan membuat saya jatuh hati. Ada tiga pilihan ukuran layar Zenfone, yaitu Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6. Tentu saja dengan pilihan warna yang kece punya, seperti Cherry Red, Sky Blue, Pearl White, Charcoal Black dan Solar Yellow untuk Zenfone 4. Twilight Purple, Champagne Gold, Charcoal Black, Pearl White dan Cherry Red untuk Zenfone 5. Sementara koleksi Zenfone 6 diperindah oleh warna Cherry Red, Pearl White, Charcoal Black serta Champagne Gold.

Bukan hanya itu, detailnya juga dirancang sempurna. Dengan ketipisan 5,5 mm dan desain melengkung yang ergonomis di bagian tengah sehingga lebih nyaman digenggam. Zenfone 5 beratnya bahkan hanya 145 gram.
Satu lagi niy yang penting, semua tipe Zenfone sudah dilengkapi dengan antigores teranyar Corning ®Gorilla®Glass 3 yang jauuuhhh lebih baik dari kaca film anti gores pasaran. Nggak perlu lagi deh tambahan screen protector untuk layar smartphone. Buat saya, ini penting banget karena Narend paling sering penasaran tuh liat layar smartphone. Kadang bukan cuma jarinya aja yang diketuk-ketuk  ke layar sentuh tapi juga mainan balok miliknya…Oh My God. 

ASUS memang baik hati. Bayangkan saja, untuk ponsel pintar seperti Zenfone 4, smartphone dengan layar 4 inci yang dilengkapi kamera belakang 5MP dan kamera depan 0,3 MP. Dukungan storage 8 GB + 5GB ASUS Webstorage plus dukungan MicroSD card hingga 64 GB. ASUS hanya membanderol mulai Rp 1.199.000. Mantap kan! Buat saya itu sih lebih dari cukup. Cukup buat memotret barang dagangan dan bisa leluasa menyimpan banyak foto, aplikasi, dan lain-lain. Silahkan cek spesifikasinya disini.

Zenfone 5, malah lebih oke lagi. Dilepas dengan harga pasaran mulai Rp 2.299.000, smartphone dengan layar 5 inci ini sudah didukung dengan layar IPS berteknologi ASUS TruVivid yang memungkinkan kita melihat layar dari 178 derajat berbeda dengan kejelasan warna yang sama.

Layar 5 inci pada Zenfone 5 memiliki kerapatan piksel hingga 294 Piksel Per Inci. Cukup tinggi di kelasnya, sehingga kita bisa melihat teks atau foto dengan sangat jelas. Belum cukup puas? ASUS juga melengkapinya dengan teknologi layar sentuh Direct Bonding yang mengurangi jarak antara layar sentuh dan panel LCD sehingga warna lebih jelas. Nggak tanggung-tanggung, ASUS juga juga melengkapinya dengan panel layar sentuh ultra-sensitif (Ultra Sensitive Touch Panel) yang bisa mendeteksi perubahan listrik atau bahkan magnet kecil. Ini memungkinkan kita bisa tetap nyaman berchatting ria meski memakai sarung tangan. Zenfone 5 juga makin bergaya dengan dukungan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 2 MP. Ih sesuatu banget deh.

Kalau mau lebih jelas coba cek spesifikasinya disini.

Ada pula Zenfone 6, smartphone dengan layar 6 inci berdukungan layar HD IPS+ dan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 2 MP. Zenfone 6 dirilis dengan harga pasaran mulai 3.099.000.Coba cek juga spesifikasi lengkap Zenfone 6 disini.

ASUS ZenUI
ASUS merancang ZenUI dengan peningkatan lebih dari 1000 fitur dibanding Android standar. Ini salah satu keunggulan yang membedakan interface ASUS dengan interface Android lain. Misalnya seperti adanya quick setting yang mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi tertentu dengan cepat. Ada dua smartphone apps utama yang jadi andalan Zenfon kali ini yaitu What’s Next dan Do It Later.


Apa sih What’s Next? Ini ada salah satu aplikasi Zenfone yang  menunjukkan semua informasi terkini, dan terpenting pada pengguna. Seperti tanggal ulang tahun pasangan, jadwal meeting, pesan atau panggilan tidak terjawab. Mudahnya, aplikasi ini semacam reminder untuk membantu mengingatkan apa jadwal aktivitas berikutnya.  Fitur ini langsung terintegrasi dengan ZenUI jadi selain bisa melihatnya dengan mengakses aplikasi What’s Next, kita juga bisa melihatnya pada Lock Screen dan Home Screen.

Ada lagi aplikasi Do It Later. Saya pikir ini juga menarik, karena aplikasi ini memungkinkan kita untuk membantu mengerjakan hal-hal penting yang tertunda. Contoh saja ya, saya berjualan online, saat sedang sedang melakukan rekap order ternyata ada hal penting lain yang harus segera dikerjakan, fitur ini dengan cerdik menyimpannya. Berikutnya dengan sekali klik saya bisa kembali ke pekerjaan sebelumnya. Ah ini juga penting buat saya, yang sering “terganggu” dengan urusan rumah tangga saat sedang “bekerja”.

Oh, ada satu lagi kelebihan Zenfone yang bikin saya kesengsem berat, Pixelmaster Camera. Menurut ASUS, ini salah satu teknologi kebanggaan ASUS yang bisa memberikan kualitas foto dengan hasil tajam jelas, dan berkualitas, sekelas dengan kamera digital. ASUS mengaplikasikan teknologi ini dalam 18 special camera modes yang oke banget, seperti Selfie Mode, HDR (High Dynamic Range) Beautification, Depth of Field, Smart Remove, Panorama, Low Light Mode, Time Rewind, Miniature, All Smile dan lainnya.

Disini, kita bahas sebagian aja dulu ya, kalau penasaran ya beli Zenfone aja..hehehehehe.

Yang pertama Low Light Mode. Ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar dengan kualitas bagus pada kondisi gelap hingga 400% lebih terang.Rahasianya, adalah kemampuan Zenfone menggabungkan piksel-piksel yang tepat sehingga meningkatkan sesitivitas cahaya hingga 400% dan kontras 200%.

Paling gemas kalau foto anak kecil. Disuruh bergaya malah gerak-gerak mulu. Perjuangan deh kalau mau ambil gambar Narend  dengan pose kece. Nah, Zenfone ada tuh namanya Time Rewind. Mode ini bisa mengambil foto sebelum dan setelah menekan tombol shutter.  Jadi peluang untuk mengambil foto yang bagus juga lebih besar.

Selfie Mode juga keren. Mode ini memungkinkan kamera mendeteksi secara otomatis wajah-wajah yang akan difoto. Setelah semua terdeteksi dan masuk dalam frame, kamera mulai menghitung mundur untuk memotret.Nggak bakal ada lagi yang manyun gara-gara mukanya kepotong saat foto selfie.Hehehehe

Aktif berselancar di dunia maya, membuat batere cepat habis? Tenang aja, Zenfone juga dilengkapi dengan Ultra Saving Mode kok. Mode ini memaksimalkan adaya batere dengan mematikan penggunaan data saat layar mati. Dan dengan seketika menyalakannya kembali saar layar nyala.

Kalau mau dapat gambaran lebih jelas tentang fitur-fitur Zenfone, coba deh cek video ini deh...

Dengan segudang kelebihannya itu, Zenfone emang recommended banget ya. Sejauh ini sih saya sih belum pernah mendengar review buruk soal Zenfone. Beberapa rekan pemakai Zenfone malah bangga merekomendasikannya dan menyebutkan layak menjadi smartphone Android terbaik saat ini.

You Might Also Like

1 comments

  1. Cari promo smartphone besar-besaran? Hanya di metrodataonline.com yang memberikan promo asus zenfone 2 paling murah!

    BalasHapus